Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maya Eka Sari Prawiro
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran penalaran moral prososial dan persepsi gaya pengasuhan sebagai prediktor tingkah laku prososial. Penelitian ini melibatkan 307 orang remaja (219 remaja putri, 88 remaja putra) dengan rata- rata usia 17,63 tahun (rentang usia 13-24 tahun). Tingkah laku prososial diukur dengan Prosocial Tendencies Measures-Revised (Carlo & Randall, 2003) yang mencakup kategori altruism, anonymous, compliant, dire, emotional dan public Penalaran Moral Prososial diukur dengan Prosocial Reasoning Objective Measures (Eisenberg, Carlo & Knight, 1992) yang mengidentifikasi orientasi penalaran hedonistic, approval, needs, stereotyped dan internalized. Persepsi gaya pengasuhan diukur dengan Parental Authority Questionnaire (Trinkner, 2012) yang memilah gaya otoritatif, otoritarian dan permisif. Ketiga instrumen tersebut memiliki nilai reliabilitas yang tinggi dengan nilai r berturut-turut r = 0,78, r = 0,71 dan r = 0,72.
Penalaran moral prososial dan persepsi gaya pengasuhan dapat memprediksi tingkah laku prososial pada remaja. Persepsi remaja terhadap gaya pengasuhan orang tua berkontribusi lebih besar (11,4%) dibandingkan penalaran moral prososial (5,2%). Semakin kuat persepsi bahwa orang tua bergaya pengasuhan otoritatif, semakin kuat kecenderungan remaja untuk bertingkah laku altuistik. Semakin kuat persepsi bahwa orang tua bergaya pengasuhan permisif, semakin kuat kecenderungan remaja untuk bertingkah laku prososial emosional. Remaja putra lebih banyak menampilkan tingkah laku prososial dire, sementara remaja putri lebih banyak bertingkah laku altruistik

ABSTRACT
This research aimed at exploring prosocial moral reasoning and perceived parenting style as predictors of prosocial behavior. Involving 307 adolescents (219 female, 88 male, Mage = 17,6, range = 13-24), prosocial behavior was measured using Prosocial Tendencies Measure-Revised (Carlo & Randall, 2003) which identifies altruism, anonymous, compliant, dire, emotional and public. Prosocial moral reasoning was measured using Prosocial Reasoning Objective Measure (Eisenberg, Carlo & Knight, 1992) indicating hedonistic, approval, needs, stereotyped and internalized reasoning orientation. Perceived Parenting Style measured by PAQ (Parental Authority Questionnaire, Trinkner 2012) identifying authoritative, authoritarian and permissive parenting style. Those instruments have high reliability i.e, r = 0,78, r = 0,71, and r = 0,72 respectively.
Prosocial behavior was predicted by prosocial moral reasoning and perceived parenting style. Perceived parenting style contributed (11,4%) more than prosocial moral reasoning (5,2%). The stronger the adolescent?s perception that their parents used authoritative parenting style, the more they showed altruistic prosocial behavior. The stronger adolescent?s perception that their parents used permissive parenting style, the more they showed emotional prosocial behavior. Male adolescent showed more dire prosocial behavior while female adolescent more altruistic prosocial behavior"
2016
T46452
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vanness Callista Lafida
"Kecurangan akademik merupakan masalah yang kerap ditemukan di dunia pendidikan padahal perbuatan tersebut memberikan kerugian pada diri sendiri dan orang lain. Masalah ini semakin berkembang terutama dengan kehadiran internet yang semakin memfasilitasi perilaku tersebut. Salah satu faktor yang berhubungan dengan kecurangan akademik adalah penalaran moral yang berkaitan dengan penilaian mahasiswa terhadap benar atau tidaknya suatu hal. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penalaran moral dan kecurangan akademik dengan internet pada mahasiswa sarjana. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa sarjana (N = 100) di Indonesia yang berusia 18-25 tahun. Pengukuran variabel kecurangan akademik dengan internet menggunakan alat ukur Internet Triggered Academic Dishonesty Scale (ITADS) dan penalaran moral menggunakan Defining Issues Test (DIT). Hubungan kedua variabel diuji menggunakan metode Spearman correlation dan ditemukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara penalaran moral dan kecurangan akademik dengan internet, (r(98) = -0,100, p = 0,320, two-tailed). Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih menjelaskan hubungan antara kedua variabel. Akan dibahas beberapa permasalahan, limitasi, dan saran untuk penelitian selanjutnya.

Academic dishonesty is a prevalent issue in the educational world, causing harm to both individuals and others. This problem has been exacerbated by the presence of the internet, which increasingly facilitates such behavior. One factor related to academic dishonesty is moral reasoning, which pertains to students' judgments about the rightness or wrongness of actions. The hypothesis of this study is that there is a significant relationship between moral reasoning and internet-facilitated academic dishonesty among undergraduate students. This research was conducted on undergraduate students (N = 100) in Indonesia aged 18-25 years. The measurement of the academic dishonesty variable with the internet used the Internet Triggered Academic Dishonesty Scale (ITADS), and moral reasoning was measured using the Defining Issues Test (DIT). The relationship between the two variables was tested using the Spearman correlation method, and it was found that there was no significant relationship between moral reasoning and internet-facilitated academic dishonesty (r(98) = -0.100, p = 0.320, two-tailed). Therefore, further research is expected to better explain the relationship between these two variables. Several issues, limitations, and suggestions for future research will be discussed."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library