Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
Yasmine Karenita, author
Peningkatan jumlah emisi karbon menyebabkan pemerintah Indonesia memasang target bebas gas rumah kaca pada tahun 2060 dan membuat kebijakan penggunaan kendaraan listrik untuk mendukung tercapainya target tersebut. Pada kendaraan listrik, terdapat motor listrik yang berfungsi untuk mengonversikan energi listrik menjadi energi mekanik agar dapat bergerak, namun dalam proses konversi ini...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rindang Caesariva, author
Pada saat terjadi gangguan pada saluran transmisi, beban dinamis seperti motor induksi akan mensuplai arus gangguan ke titik gangguan. Arus gangguan yang diherikan oleh motor induksi tidak begitu besar bila dibandingkan dengan arus gangguan dari pusat listrik, akan tetapi besar arus tersebut perlu diperhitungkan karena arus tersebut dapat merusak komponen...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40181
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nurasih Asriningtyas, author
DTC (Direct Torque Control) atau pengendalian torsi langsung merupakan teknik pengendalian torsi motor dengan respon yang cepat. Pada DTC, pengendalian torsi dan fluks dilakukan dengan menggunakan histeresis komparator yang membandingkan nilai estimasi dan acuan dari torsi elektromagnetik dan fluks stator. Nilai torsi dan fluks stator estimasi dihitung berdasarkan variabel model...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40225
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Setya Palawa Andy P., author
Motor fnduksi riga fasa dapat dimodelkan dengan persamaan-persamaan motor dalam kerangka acu stator, sehingga kondisinya saat transien dapat dianalisis. Motor induksi tiga fasa dapat dikendalikan seperti motor arus searah dengan prinsip orientasi fluks medan, dengan torsi yang dihasilkan dan fluks medannya dikendalikan secara terpisah. Metode yang digunakan adalah kontrol torsi...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39740
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Faisal Habibie Yurzal, author
Adopsi kendaraan listrik menghadapi banyak kendala, penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli kendaraan listrik. Penelitian ini menggunakan fungsional dan non-fungsional value yang di adopsi dari Theory of Consumption Value dan telah digunakan dalam penelitan sebelumnya untuk menganalisis pertimbangan konsumen. Theory of Consumption Value (TCV)...
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Parulian, Marius Kevin, author
Penelitian ini merupakan pengembangan lanjutan dari konsep sepeda roda tiga segala medan (all-terrain tricycle) yang telah dikembangkan sebelumnya.
Tujuan penelitian ini adalah menciptakan sepeda roda tiga segala medan bertenaga listrik yang fleksibel, nyaman, ergonomis, dan compact bagi kaum lanjut usia. Pengembangan yang dilakukan meliputi konsep, simulasi computer, pembuatan prototip, dan...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hikaru Trinita Salsabila, author
Perkembangan teknologi terasa semakin inovatif, tidak terkecuali dengan teknologi transportasi. Berbagai inovasi alat transportasi terus dikembangkan untuk memudahkan manusia dalam melakukan mobilitas. Kebutuhan akan transportasi dirasakan oleh semua kalangan, termasuk bagi para penyandang tuna daksa, Inovasi kendaraan listrik pribadi yang ramah bagi penyandang tuna daksa dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Benni Mustafa, author
Studi ini membahas tentang perencanaan motor listrik yang layak digunakan pada Bis Listrik Terpandu. Pembahasan mencakup pemilihan jenis motor yang digunakan, besar torsi, rpm, daya serta tegangan yang dibutuhkan untuk menggerakkan sebuah Bis Listrik Terpandu. Penentuan aspek-aspek tersebut disesuaikan dengan kriteria massa Bis yang digunakan 16 ton, massa penumpang maksimum...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63673
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Indra Putranto, author
Studi tentang perancangan motor listrik jenis BLDC magnet permanen semakin banyak dilakukan. Motor BLDC banyak dipilih karena tipe motor ini dikenal memiliki ketahanan yang tinggi, disain yang sederhana, dan kemampuan bekerja pada RPM tinggi. Dalam perancangan, perubahan ukuran baik diameter stator dan rotor maupun ketebalan motor pun menjadi hal yang...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S65664
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nurhalimah Aprianingsih, author
ABSTRACT
Panas yang dihasilkan pada sebuah motor listrik dapat meningkatkan temperatur kerja. Temperatur kerja yang berlebihan akan menurunkan performa dan mempersingkat masa pakai. Oleh karena itu, sebuah sistem manajemen termal yang tepat diperlukan untuk menurunkan temperatur kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan nilai performa motor listrik menggunakan pulsating heat...
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library