Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhamad Sigit Al Furqon
"Hak desain industri merupakan hak milik eksklusif bagi pemegang haknya untuk mempertahankan, memonopoli dan menggunakan haknya. Pemegang hak desain industri mempunyai hak monopoli atau eksklusif, artinya dia dapat mempergunakan haknya dengan melarang siapapun tanpa persetujuannya membuat, memakai, menjual, mengimpor, mengekspor, dan/atau mengedarkan barang yang diberi hak desain industri, serta mempunyai kedudukan kuat sekali terhadap pihak lain. Hak Desain Industri diberikan kepada desain industri baru. Suatu Desain Industri dianggap baru apabila tanggal penerimaan Desain tersebut berbeda dengan Desain yang telah diungkapkan sebelumnya. Kebaruan suatu desain industri tidak ditentukan oleh tidak adanya desain terdaftar yang sebanding, melainkan oleh persyaratan bahwa desain tersebut belum pernah digunakan di Indonesia atau negara lain. Oleh karena itu, penilaian suatu Desain Industri baru tidak hanya mengandalkan pengajuan pendaftaran terlebih dahulu, namun mempertimbangkan apakah pernah ada pengungkapan atau publikasi sebelumnya, baik tertulis maupun tidak tertulis.

Industrial design right is an exclusive property right for the right holder to maintain, monopolize and use the right. The holder of an industrial design right has a monopoly or exclusive right, meaning that he/she can exercise his/her right by prohibiting anyone without his/her consent from making, using, selling, importing, exporting, and/or distributing the goods granted the industrial design right, and has a very strong position against other parties. Industrial Design Right is granted to a new industrial design. The novelty of an industrial design is not determined by the absence of a comparable registered design, but rather by the requirement that the design has never been used in Indonesia or other countries. Therefore, the assessment of a new Industrial Design does not rely solely on the filing of registration first, but considers whether there has been any prior disclosure or publication, either written or unwritten."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Nadhira
"Penelitian ini membahas mengenai prinsip kebaruan dalam permohonan Paten dan Desain Industri. Baik UndangUndang Paten maupun Undang-Undang Desain Industri keduanya mempersyaratkan prinsip kebaruan. Pasal 2 Undang-Undang No, 14 Tahun 2001 Tentang Paten memberi syarat permohonan Paten memiliki: (i) adanya unsur kebaruan, (ii) mengandung langkah inventif, (iii) dapat diterapkan dalam Industri. Undang-Undang Desain Industri No. 31 Tahun 2000 pada Pasal 2 juga menyatakan bahwa Hak Desain Industri diberikan untuk Desain Industri yang baru. Dalam beberapa kasus pengadilan seperti putusan No. 03/Pdt-Sus-HKI/Desain/2020/PN. Niaga Sby, terdapat persinggungan antara kebaruan dalam Paten dan Desain Industri. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti perbedaan baik secara substansi maupun penerapan prinsip kebaruan dalam Paten dan Desain Industri. Penelitian memiliki bentuk penelitian hukum normatif dengan studi Pustaka dan hukum positif yang berlaku di Indonesia.

This paper discusses the principle of novelty in Patent and Industrial Designs applications. Both the Patent Law and the Industrial Design Law require the principle of novelty. Article 2 of Law No. 14 of 2001 concerning Patents stipulates that patent applications should have: (i) an element of novelty, (ii) contain inventive steps, (iii) can be applied in industry. Industrial Design Law No. 31 of 2000 in Article 2 also states that Industrial Design Rights are granted for new Industrial Designs. In several court cases, such as decision No. 03/Pdt-Sus-HKI/Desain/2020/PN. Niaga Sby, there is an overlap between novelty in patents and industrial designs. This research was conducted to examine differences in substance and the application of the principle of novelty in Patents and Industrial Designs. The research has a form of normative legal research with literature studies and positive laws that apply in Indonesia."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahid Nurhidayat
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh fashion interest, product novelty dan product quality terhadap brand consciousness dan brand loyalty. Penelitian ini adalah penelitian kuantitiatif dengan metode analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fashion interest, product novelty, dan product quality terhadap brand consciousness dan brand consciousness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Peneliti menyarankan bahwa perlunya pemasar sepatu olahraga memperhatikan beberapa aspek yaitu ketertarikan fashion pada konsumen, kebaruan produk, dan kualitas produk untuk membuat konsumen lebih sadar akan merek sepatu yang dijual yang nantinya akan mempengaruhi loyalitas konsumen pada merek sepatu olahraga yang dijual.

This paper discusses the influence of fashion interest, novelty product and product quality toward brand consciousness and brand loyalty. This research method use quantitative research with Structural Equation Modeling (SEM) analysis method. Results of the study explains that there is a positive and significant influence between fashion interest, novelty product and product quality toward brand consciousness and brand consciousness has a positive and significant influence on brand loyalty. Researcher suggest that the need for the marketers to pay attention to some aspects of consumer interest in fashion, novelty products and the quality of products to make consumers more consciouss toward the brand of shoes that they bought and eventually it will affect to consumer loyalty."
Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzia Fitrianingtyas
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perceived novelty terhadap customer loyalty melalui customer inspiration dalam industri retail omnichannel.. Dimana sistem ini mengintegrasi di semua saluran penjualan, tanpa terbatas. Hal ini agar pelanggan menikmati pengalaman belanja yang terintegrasi dan cepat melalui berbagai saluran penjualan, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas terhadap merek. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menyelidiki peran perceived novelty yang dapat meningkatkan customer inspiration sehingga menciptakan customer loyalty pada kedua saluran ritel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian konklusif deskriptif cross-sectional dengan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengumpulkan data primer menggunakan metode survey dengan sebanyak 299 partisipan berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling berupa judgement sampling dengan menggunakan metode analisis statistik yaitu Partial Least Square - Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menujukkan bahwa perceived novelty secara signifikan meningkatkan customer inspiration, yang dimana hal tersebut dapat mempengaruhi customer loyalty. Implikasi praktisi dari temuan ini adalah bahwa perusahan ritel harus terus meningkatkan persepsi kebaruan pada channel online dan offline karena dapat meningkatkan motivasi pelanggan untuk melakukan pembelian dan loyalitas terhadap perusahaan.

This study aims to analyze the role of perceived novelty in influencing customer loyalty through customer inspiration in the omnichannel retail industry. This system integrates across all sales channels, without limitation, enabling customers to enjoy an integrated and efficient shopping experience through various channels, thereby enhancing customer satisfaction and fostering brand loyalty. In this study, the researcher intends to investigate the role of perceived novelty in enhancing customer inspiration to create customer loyalty across both retail channels. The research adopts a descriptive cross- sectional conclusive research design using quantitative methods. Primary data were collected through a survey involving 299 participants. Non-probability judgment sampling was utilized, and data were analyzed using Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The findings indicate that perceived novelty significantly enhances customer inspiration, which in turn can influence customer loyalty. The practical implications of these findings suggest that retail companies should continuously enhance perceptions of novelty across online and offline channels to increase customer motivation for purchases and loyalty towards the company. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christina Lipuringtyas Rudatin
"ABSTRAK
Kegiatan peserta konferensi sebagai business traveler umumnya agak
terikat, ditentukan oleh keterlibatan peserta dalam agenda penyelenggara
konferensi. Sedangkan pengalaman selama kegiatan konferensi di sebuah destinasi
bisa menjadi peluang munculnya kesan abadi di benak para peserta. Penelitian ini
bertujuan untuk mengkaji bagaimana kegiatan di Peripheral Conference Service
dapat mempengaruhi loyalitas peserta konferensi pada destinasi tuan rumah
konferensi, dan bagaimana penciptaan nilai terjadi selama kegiatan berlangsung.
Data dikumpulkan dari 214 peserta internasional di 3 lokasi di Indonesia dengan
menggunakan kuesioner dengan skala 7 Likert dan analisis dilakukan dengan
menggunakan. Partial Least Square Structural Equation Model (PLSSEM).
Hasilnya menunjukkan bahwa value co-creation oleh berbagai aktor yang terlibat
dalam Peripheral Conference Service telah mempengaruhi keinginan peserta
konferensi untuk berkunjung kembali ke destinasi konferensi dan melakukan Wordof-
Mouth, baik secara langsung atau melalui mediasi sense of place dan kepuasan.
Novelty Seeking memiliki pengaruh terhadap kekuatan efek Sense of Place kepada
keinginan peserta konferensi untuk berkunjung kembali ke destinasi tuan rumah
konferensi. Studi ini telah memberikan kontribusi untuk memperkuat dan juga
menambahkan generalisasi proses value co-creation dalam teori Service Dominant
Logic dalam konteks pemasaran tujuan. Hasil studi ini juga memberikan implikasi
manajerial bagi pengembangan paradigma baru dalam melakukan pemasaran
destinasi pariwisata di Indonesia, yaitu yang semula lebih fokus pada sasaran
leisure traveler menjadi memberi perhatian pada business traveler.

ABSTRACT
Activities of conference participants as a business traveler are generally
somewhat bound, determined by the involvement of the participants on the agenda
of the conference organizers. While the experience during the conference activities
in a destination can be an opportunity for the emergence of a lasting impression in
the minds of participants. This study aims to examine how the activities in
Peripheral Conference Service may influence conference participants loyalty to the
conference destination, and how value co-creation occurred during the activity. The
data was collected from 214 international participants from 3 locations in Indonesia
by using a questionnaire with 7 Likert scale and the analysis was performed using
Partial Least Square Structural Equation Model (PLSSEM). The results show that
the Value co-creation by the various actors involved in the Peripheral Conference
Service has affected conference participants intention to revisit the conference
destinations and perform Word-of-Mouth, either directly or through the mediation
of a sense of place and satisfaction. Novelty Seeking has an influence on the
strength of the effect of Sense of Place to Conference participants intention to revisit
conference destination. This study has contributed to strengthening as well as add
the generalization of value co-creation process in the theory of Service Dominant
Logic in the context of destination marketing. The results of this study also have
managerial implications for the development of a new paradigm in tourism
destinations marketing in Indonesia, which is initially more focused on the leisure
traveler to be more concern on the business traveler."
2017
D2744
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septiana Pratama Nugraheni
"ABSTRAK
Salah satu agenda Nawacita yang diusung pemerintah Indonesia adalah meningkatkan produktivitas rakyat, salah satunya melalui UMKM di bidang makanan. Perkembangan internet dan pertumbuhan pengguna media sosial yang pesat di Indonesia turut memberikan andil dalam memberikan peluang baru dengan adanya kanal dan metode pembelian baru, akan tetapi sekaligus menambah persaingan. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang kuat untuk meningkatkan pembelian produk makanan secara online agar bisnis dapat bertahan. Dalam pembuatan strategi tersebut, diteliti pengaruh faktor Freshness, Novelty, Importance of Product Information, Wired Lifestyle, Perceived Risk, Perceived Difficulty, Perceived Control, Subjective Norms, dan Attitude terhadap niat beli terhadap produk makanan secara online dengan menggunakan metode SEM. Selain itu, digunakan Importance-Performance Analysis untuk mendapatkan action items dan prioritas pelaksaan untuk setiap action items. Penelitian ini mengambil studi kasus untuk UMKM Kai Laziz Food dalam perencanaan strategi, akan tetapi faktor yang berpengaruh terhadap niat beli diperoleh melalui kuesioner kepada pengguna media sosial secara umum. Hasil penelitian ini adalah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat beli terhadap produk makanan secara online dan strategi untuk meningkatkan niat beli, khususnya Kai Laziz Food, sehingga dapat bersaing dan bertahan di tengah persaingan yang ketat.
One of Nawacita agenda carried out by Indonesian government is to impr

ABSTRACT
ove peoples productivity, one of which is through MSMEs in food sector. The development of the internet and the rapid growth of social media users in Indonesia have contributed to providing new opportunities, such as new channels and purchasing methods, but at the same time increasing competition. Therefore, a strong marketing strategy is needed to increase the purchase of food products online so that businesses can survive. In making this strategy, the influence of Freshness, Novelty, Importance of Product Information, Wired Lifestyle, Perceived Difficulty, Perceived Control, Subjective Norms, and Attitude on buying intention towards food products online was examined using SEM. In addition, Importance-Performance Analysis is used to obtain action items and prioritize the implementation of each action item. This study took a case study for Kai Laziz Food in making the marketing strategy, but the factors that influence purchase intention were obtained through a questionnaire in which respondents were users of social media in general. The results of this study are factors that influence purchase intention to buy food online and strategies to increase purchase intentions, especially for Kai Laziz Food, so they can compete and survive on the midst of this intense competition.

"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Priyo Hutomo
"Penggelaran jaringan fiber optic saat ini sedang pesat pesatnya dilakukan di hampir seluruh wilayah Indonesia, khususnya di kota Depok. Modernisasi infrastruktur terus dilakukan oleh operator dan provider telekomunikasi. Untuk mendukung semua aplikasi digital dengan media transmisi Fiber Optik. Potensi yang sangat besar di Depok dengan berbagai bidang menjadi sangat menarik investasi dan penggelaran jaringan telekomunikasi termasuk didalamnya. Buruknya lingkungan terdampak galian, estetika yang rendah dengan banyak tiang, waktu penggelaran lama dan biaya mahal menjadi masalah utama. Penggunaan Blown Fiber diharapkan menjadi solusi terbaik dengan metode penggelaran Burial, Aerial, dan Kombinasi yang bisa saling melengkapi. Analisis Benefits Cost Ratio Analysis, Sensitivitas Fungsi Biaya Investasi
dan Rekomendasi Faktor Penggelaran Ideal dengan parameter Lingkungan, Cost Benefit, Trend dan Kebaruan Teknologi menjadi bahasan penelitian. Kelayakan 3 metode penggelaran, blown fiber sebagai solusi penggelaran utama dan potensi Ducting yang belum teroptimalisasi.

The deployment of fiber optic networks is currently undergoing rapid growth in almost all regions of Indonesia, especially in the city of Depok. Infrastructure modernization continues to be carried out by telecommunications operators and providers. to support all digital applications with Fiber Optic transmission media. The huge potential in Depok with various fields has become very attractive for investment and deploying telecommunications networks including. Poor environmental impacted by excavation, low aesthetics with many poles, long deployment time and high costs are the main problems. The use of Blown Fiber is expected to be the best solution with Burial, Aerial and Combination methods that can complement each other. Benefits Analysis Cost Ratio Analysis, Sensitivity of Investment Cost Functions and Recommendations for the Ideal Performance Factor with Environmental, Cost Benefit, Trend and Technology Novelty parameters are the research topics. The feasibility of 3 deployment methods, blown fiber as the main deployment solution and the potential for ducting that has not been optimized."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Kevin Anggiat
"Industri busana mode adalah permintaan pasar yang penting untuk kebutuhan manusia yang telah berbudaya menuju kemajuan baru. Kemajuan di industri ini sebagai salah satu bagian pokok dalam industri kreatif Indonesia telah berkembang ke kemajuan yang lebih tinggi, namun hukum Indonesia terhadap industri ini dalam UU No. 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri sebagai landasan hukum dalam Ketentuan Pemeriksaan Substantif atas Asas Kebaruan masih menimbulkan permasalahan dalam implementasinya. Tujuan utama dari penelitian ini, selain permasalahan ini belum diangkat secara detil oleh penelitian-penelitian sebelumnya, topic ini akan mempertegas pentingnya proses Pemeriksaan Substantif atas Asas Kebaruan dalam hukum Desain Industri terhadap jenis Industri ini.

The fashion garment industry is an essential market demand for human necessity as it has cultured towards new advancements into the minds of the modern human as a form of personal self-expression, asserting itself as a requirement as well as means to selfactualization towards its buyers and customers. The progression of this industry as one of the staples in the Indonesian creative industry has cultivated to higher advancements, however the Indonesian supporting law towards this industry in Law No. 31 year 2000 Regarding Industrial Design as a legal foundation attracts criticism in its implementations. The provisions of Substantive Examination of the Novelty Principle is not a necessary administrative process unless there is opposition – due to this, industrial design rights registration towards fashion garments has exposed legal issues where garment manufacturers holding Industrial Design Rights are being alleged by the public for using designs from other designers which are arguably not inline with the Novelty Principle and/or considered as “Public Domain”. The main purpose of this research is that prior authors have not highlighted the importance of the Novelty Principle in Industrial Design law towards this type of Industry as a solution towards this issue."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Agustin Pratama Sari
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh travel motivation dan destination image terhadap intention to visit halal destinaton yang dimoderasi oleh novelty seeking behavior. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan responden sebanyak 229 wisatawan nusantara. Peneliti menggunakan survey online sebagai cara memperoleh responden. Data diolah dengan menggunakan Equation Structural Modelling.
Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa faktor yang signifikan dan berhubungan positif terhadap intention to visit halal destination hanya travel motivation dan affective destination image. Untuk faktor lainnya tidak signifikan terhadap intention to visit halal destination. Selain itu, dalam penelitian ini juga diketahui adanya pengaruh moderasi baik dari cognitive destination image maupun affective destination image, meskipun begitu kedua variabel tersebut memiliki hasil pengaruh yang berbeda.

The purpose of this study is to understand the effect of travel motivation and destination image to intention to visit halal destination. This study also use novelty seeking behavior as moderating variable. This researh is quantitative research with 229 respondents. Researcher use online survey to get respondents. The data is processed by using Equation Structural Modeling.
The result of the research is only travel motivation and affective destination image that significant and positively related to intention to visit halal destination. The other factors not significant to intention to visit halal destination. In addition, in this study also known the influence of moderation both from cognitive destination image and affective destination image, although both variables have different effects.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52050
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Izzuddin Alghifari
"

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh expectancy for character growth (learning, novelty, escapism, enjoyment, social value, audio-visual value, dan value for money) pada game online terhadap online gamer loyalty. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 375 responden. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa learning, escapism, audio-visual value dan value for money berpengaruh positif terhadap expectancy for character growth. Sedangkan novelty, enjoyment dan social value tidak memiliki pengaruh terhadap expectancy for character growth. Selanjutnya, expectancy for character growth memiliki pengaruh positif terhadap online gamer loyalty.


This study aims to understand the influence of expectancy for character growth (learning, novelty, escapism, enjoyment, social value, audio-visual value, and value for money) on online games to online gamer loyalty. This quantitative research uses a purposive sampling method with a sample of 375 respondents. Data is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results showed that learning, escapism, audio-visual value and value for money had a positive effect on expectancy for character growth. While novelty, enjoyment and social value do not have an influence on expectancy for character growth. Furthermore, expectancy for character growth has a positive influence on online gamer loyalty.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>