Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syarif M. Helmi
"Karya akhir ini membahas kasus sederhana pada bagian rawat jalan suatu rumah sakit di bilangan Cibubur. Dibalik keseclerhanaan kasus ini, dengan menggunakan pendekatan berorientasi objek, penulis mencoba menyajikan suatu pembahasan komprehensif dan kohesif dalam konteks analisis sistem untuk tujuan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai sistem seperti "apa" yang diperlukan oleh rumah sakit tersebut.
Pendekatan berorientasi objek dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) yang digunakan dalam tulisan ini akan memberikan gambaran yang jauh lebih jelas tentang bagaimana suatu proses bisnis dapat diterjemahkan menjadi suatu system requirement dibandingkan apabila dilakukan dengan menggunakan structural approach. Dengan demikian peran analis dari kalangan akuntansi sebagai jembatan antara pengguna bisnis dan pengembang sistem akan jauh lebih bermanfaat.
Kasus yang dibahas dalam karya akhir ini mempunyai setting yang berbeda dimana saat pengumpulan data primer dan sekunder dilakukan objek penelitian yang merupakan institusi rumah sakit masih dalam tahap persiapan untuk melakukan operasional. Sehingga analisis yang dilakukan sangat mengandalkan data dari Standard Operating Procedures (SOP) rumah sakit tersebut dan diskusi dengan konsultan yang mengembangkan SOP rumah sakit tersebut.
Analisis dimulai dengan identifikasi masalah potensial yang mungkin dihadapi rumah sakit tersebut, sebut saja RSX, dalam kegiatan operasionalnya. Pemahaman terhadap masalah bisnis ini menjadi titik awal tentang dimana dan bagaimana suatu sistem informasi dapat berperan dan menjadi sebuah solusi.
Analisis berorientasi objek (Object-oriented Analysis), sebut saja OOA, dimulai dengan menterjemahkan kejadian-kejadian bisnis yang saling berkaitan dalam suatu model use case yang didukung dengan dokumentasi narasi use case yang komprehensif. Suatu model use case merupakan "kontrak" awal yang menjadi dasar dan lingkup dalam tahap pengembangan sistem selanjutnya.
Dengan mengacu pada dokumentasi narasi use case, selanjutnya digambarkan logika setiap use case dengan menggunakan activity diagram. Penggunaan diagram ini memberikan pemahaman tentang logika dari suatu proses bisnis dan gambaran awal mengenai bagaimana sistem berinteraksi dengan pengguna dan aktor bisnis.
Berdasarkan dokumentasi narasi use case, selanjutnya diidentifikasikan sejumlah objek yang menjadi komponen dasar yang dapat digunakan secara berulang dari suatu model objek ke model obejek lainnya. Objek-objek yang telah diidentifikasikan tersebut selanjutnya digunakan dalam class diagram untuk menggambarkan hubungan antar suatu objek dengan objek lainnya. Setelah mendapatkan bentuk hubungan antar objek, analisis dilanjutkan dengan model diagram kolaborasi dan diagram sequence untuk mendapatkan gambaran lebih jauh tentang bagaimana suatu objek berinteraksi dengan objek lainnya. Proses analisis ini diakhiri dengan membuat prototipe user interface yang akan digunakan oleh user untuk berinteraksi dengan sistem, dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran lebih nyata tentang apa yang harus dilakukan sistem.
Penelitian ini berakhir dengan dua kesimpulan. Pertama, RSX, jelas memerlukan dukungan sistem informasi berupa sistem informasi administrasi untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Kedua, pendekatan berorientasi objek memberikan gambaran lebih jelas proses penterjemahan proses bisnis menjadi gambaran suatu system requirement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T14765
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ambarita, Jeffry Oliver Amerson
"Proyek akhir ini menjelaskan bagaimana menerapkan metode berorientasi obyek dengan pemodelan Unified Modeling Language (UML) untuk pengembangan aplikasi portal informasi berbasis web. Studi kasus mengenai pengembangan aplikasi tersebut diambil dari PT. Sanghiang Perkasa, sebuah perusahaan Indonesia yang bergerak pada industri makanan kesehatan dan nutrisi. Perusahaan ini membutuhkan suatu wadah yang dapat memfasilitasi penyebaran dan pertukaran informasi secara internal, dan portal informasi korporat berbasis web merupakan sebuah solusi yang tepat.
Proyek akhir ini bertujuan untuk menghasilkan analisa dan rancangan portal informasi korporat PT. Sanghiang Perkasa, dengan menggunakan pendekatan berorientasi obyek yang menggunakan UML sebagai notasi pemodelan. Tahapan-tahapan yang dilalui pada proyek pengembangan portal informasi korporat ini adalah tahapan perencanaan, analisa dan perancangan. Rangkaian tahapan tersebut mengacu terhadap pendekatan analisa dan perancangan sistem berorientasi obyek yang disederhanakan menurut Dennis et al. (2005). Tahapan perencanaan mencakup identifikasi proyek, analisa kelayakan proyek, serta pemilihan proyek; tahapan analisa meliputi kegiatan pendefinisian kebutuhan pengguna, pemodelan fungsional, pemodelan struktural dan pemodelan perilaku; dan pada tahapan perancangan dilakukan perencanaan perancangan, perancangan lapisan manajemen data, perancangan lapisan antarmuka dan perancangan lapisan arsitektur fisik. Proyek akhir ini tidak mencakup tahapan implementasi aplikasi portal informasi.
Hasil dari proyek akhir ini adalah dokumentasi analisa dan rancangan portal informasi korporat PT. Sanghiang Perkasa. Proyek akhir ini menunjukkan bahwa pendekatan berorientasi obyek dengan pemodelan UML dapat diterapkan untuk menganalisa dan merancang sebuah portal informasi berbasis web. Namun juga ditemui kesulitan dalam menyusun dokumentasi dari setiap tahapan, kesulitan ini berkaitan dengan sifat iterative dan incremental dari pengembangan sistem dengan pendekatan berorientasi obyek. Kesulitan ini juga disebabkan oleh adanya beberapa tahapan yang dilakukan secara bersamaan, sehingga seringkali perlu kembali ke tahapan sebelumnya untuk melakukan perbaikan jika ditemukan gagasan-gagasan baru.
Karena proyek akhir ini hanya dilakukan hingga tahap perancangan, disarankan pengembangan selanjutnya dapat meneruskan tahap implementasi yang belum dilakukan. Selain itu, setiap tahapan pada proyek pengembangan portal informasi korporat ini sebaiknya dilakukan dengan lengkap, sesuai dengan panduan yang direkomendasikan oleh Dennis et al. (2005).

This final project examines how to apply object oriented modeling method using Unified Modeling Language (UML) notation to develop a web-based information portal application. The corporate information portal project at PT. Sanghiang Perkasa is selected as the case study for this final project. PT. Sanghiang Perkasa is an Indonesian health food company, which currently in need of a tool that can facilitate internal information broadcast and exchange, and a web-based corporate information portal is seen as the best solution.
The objective of this final project is to construct an analysis and design of the corporate information portal for PT. Sanghiang Perkasa, by using the object oriented approach with UML notations. This project follows a series of phases, which includes planning, analysis and design. These phases are in accordance to the minimalist object-oriented systems analysis and design by Dennis et al. (2005). The planning phase includes project identification, feasibility analysis and project selection; the analysis phase includes requirements determination, functional modeling, structural modeling and behavioral modeling; and during the design phase, the activities conducted are design planning, data management layer design, interface layer design, and physical architecture layer design. This project does not cover the implementation of the information portal application.
The deliverable of this final project is a documentation of analysis and design of the corporate information portal of PT. Sanghiang Perkasa. The documentation provides an analysis result that defines the user requirements, and shows the functional, structural and behavioral model that should be considered when implementing the information portal. This final project also shows that object oriented approach with UML notations can be applied to analyze and design a web-based corporate information portal. Difficulties were also encountered when documenting each phase and the difficulties relates to the iterative and incremental nature of the object-oriented approach. The difficulties are also caused by the phases that are conducted in a parallel manner, which often leads to going back to the previous phase(s) to make improvements if new ideas are found.
Because this project is limited to the design phase, it is recommended that the implementation phase should be completed in future development. In addition, each phase of the corporate information portal development project should be entirely performed, in accordance to the guidelines recommended by Dennis et al. (2005).
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
PA-92
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moh. Nurcahyo H.
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses warranty dan mencari solusi atas banyaknya klaim warranty yang penyelesaian klaimnya lebih dari lima hari di jaringan diler PT. XYZ dan memberikan usulan perbaikan atas prosedur warranty. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan adanya kelemahan dalam proses warranty di diler PT. XYZ terutama pada pengelolaan kontrol internal di masing-masing diler tersebut. Hasil dari penelitian ini menyarankan perbaikan standar operasi baku atas proses warranty di diler yaitu dari proses membuat klaim warranty, proses klaim dan pengiriman warranty sampai dengan menerima jawaban klaim warranty.

The purpose of this study is to analyze the process of warranty and to find the solutions of why there are so many claims of warranty that settled more than five days in the dealer network of PT. XYZ and to provide the proposal of improvements over warranty procedures. This research uses qualitative method with case study approach. In this research presents the facts on the warranty process in the dealer network of PT. XYZ from the process of creating warranty claims, claims and delivered warranty claim process until the receiving of warranty claims. The result of the research shows the weakness in the warranty process in the dealer of PT. XYZ mainly on the management of internal controls in each dealers. The results of this study suggest the improvement of standard operating procedures on the warranty process in the dealership of the process of making warranty claims, claims process and warranty delivery until receive warranty claim answers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library