Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hari Takariyadi
"Parameter yang penting dalam menilai performa suatu mesin adalah kemampuannya untuk menghasilkan efisiensi yang tinggi, untuk mendapatkannya didukung melalui penggunaan bahan bakar yang berkualitas, salah satu caranya dengan penambahan aditif yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Salah satu jenis aditif berasal dari minyak nabati yang dibuat secara ozonisasi yang biasa disebut dengan oksigenat.
Pada penelitian ini dilakukan pengujian bahan bakar dasar berupa premium, pertamax dan pertamax plus, selain itu dilakukan penambahan dua jenis aditif yang berbeda pada premiun dengan variasi masing masing 1,5 ml dan 2,0 ml. Parameter yang diambil antara lain BHP, SFC, Efisiensi Thermal dan emisi gas buang (HC dan CO). Pengujian dilakukan pada rasio kompresi dan putaran yang berbeda. Hasil terbaik yang diperoleh pada tahap ini selanjutnya diuji dengan merubah waktu penyalaan.
Hasil pengujian menunjukan bahwa penambahan aditif 2 ml terjadi kenaikan BHP sebesar 59,4 %, penurunan nilai SFC sebesar 8,7 % selain itu emisi gas buang HC dan CO yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan premium murni. Dari pengujian tersebut menunjukan bahwa penambahan aditif sebesar 2,0 ml dengan ratio kompresi 9 : 1 mempunyai pengaruh yang baik terhadap kinerja mesin VCR.

The important parameter to asses engine performance is the capability to perform high efficiency, It?s affected by using the fuel with high quality. A methode to reach good quality fuel is added by additive. A kind of additive is made from nabati oil with ozonize generally called oxygenated compund.
This research using base fuel gasoline like premium, pertamax and blend fuel that is premium with different kind of additives in different concentration, to get VCR engine performance in variation of compression ratio and speed.
The test result getting from this step of experiment will be test with variation of ignition timing. Result shows that by add some additive of oxygenated compounds of 2 ml, causing increasing break horse power up to 59,4% and decreasing of specific fuel consumption up to 8,7% and reducing emission compare with base gasoline. The best performance of VCR engine find at compression ratio of 9:1."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T24942
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Monasari
"ABSTRAK
Bioethanol saat ini banyak dikembangkan untuk penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor. Pemanfaatan low grade bioethanol merupakan awal mula penelitian ini dilakukan. Berawal dari pembuatan compact distillator pada mesin SI karburator untuk memperoleh high grade bioethanol dengan memanfaatkan gas buang sampai pada penelitian terbaru mengenai penggunaan zat aditif yang dicampurkan pada bahan bakar ethanol dengan bensin untuk mendapatkan performa dan emisi yang lebih baik. Pengujian dilakukan pada mesin SI 125cc pada engine dyno dengan menggunakan 7 variasi bahan bakar diantaranya, E0, E5, E10, E15, E5 aditif, E10 aditif, dan E15 aditif. Hasil pengujian diperoleh bahwa penambahan ethanol umumnya dapat meningkatkan performa motor uji yang dihasilkan, dan dengan penambahan zat aditif oxygenated cyclohexanol pada beberapa variasi bahan bakar dihasilkan kenaikan torsi dan daya yang dihasilkan. Sama halnya dengan performa, emisi gas buang CO dan HC pun mennurun akibat pengunaan ethanol sebagai campuran bahan bakar, dan sebaliknya nilai CO2 meningkat oleh karena molekul ndash;OH yang terkandung dalam campuran bahan bakar dengan aditif akan bereaksi dengan CO. CO2 juga dinilai sebagai salah satu indikator pembakaran yang sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh zat aditif terhadap performa dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh motor uji.

ABSTRACT
Bioethanol is currently widely developed for the use of vehicle fuel. Utilization of low grade bioethanol is the beginning of this research conducted. Starting from the manufacture of compact distillator on carburetor SI engine to obtain high grade bioethanol by utilizing exhaust gas up to the latest research on the use of additives in fuel mixture ethanol and gasoline to get better performance and emission gas. The test was performed in a 125 cc SI engine on engine dynamometer using 7 variants of fuel, E0, E5, E10, E15, E5 adfitive, E10 additive, and E15 additive. The results obtained that the addition of ethanol can generally improve the performance, and with the addition of oxygenated cyclohexanol additive in some variations of fuel produces increased torque and power generated. Same with performance, CO, and HC exhaust emissions are reduced due to the use of ethanol as a fuel mixture, and the value of CO2 increases because the ndash OH molecules contained in the fuel mixture with the additive will react with CO. CO2 is also rated as one of the perfect burning indicators. This study aims to see the effect of additives on the performance and exhaust emission produced by the motor test."
2018
T51548
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Fakri Pirdaus
"Saat ini masih terdapat beberapa kendala dalam penggunaan bio oil sebagai bahan bakar yaitu rendahnya nilai heating value tingginya tingkat keasaman korosif dan tidak stabil disebabkan tingginya kandungan senyawa oksigenat di dalam bio oil Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bio oil dengan kadar oksigenat lebih rendah dan aromatik lebih tinggi Dalam penelitian ini digunakan metode fast pyrolysis pada temperatur 550oC dengan empat variasi yaitu produksi bio oil tanpa katalis dan produksi bio oil dari 3 jenis biomassa jerami padi kayu karet dan tandan kosong kelapa sawit dengan katalis Ni ZSM 5 Penggunaan katalis terbukti berpengaruh aktif terhadap proses deoksigenasi dan aromatisasi Secara berurutan kandungan senyawa aromatik paling tinggi didapat dari proses pirolisis katalitik biomassa kayu karet 10 25 pirolisis katalitik jerami padi 7 8 pirolisis katalitik TKKS 6 22 dan pada pirolisis non katalitik tidak ditemukan senyawa aromatik Kayu karet merupakan biomassa yang paling banyak mengandung selulosa.
......
There are several obstacles that inhibit the use of bio oil as fuel such as low heating value high levels of acidity corrosive and unstable due to high content of oxygenated compounds in the bio oil This study aims to obtain bio oil with less oxygenated compounds and higher aromatics This study use fast pyrolysis method at 550oC with four variations ie the production of bio oil without catalyst and bio oil production from 3 types of biomass rice straw rubber wood and empty fruit bunches with Ni ZSM 5 catalyst The use of catalyst proved to affect the process of deoxygenation and aromatization Sequentially the high content of aromatic compounds derived from catalytic pyrolysis of rubberwood 10 25 catalytic pyrolysis of rice straw 7 8 catalytic pyrolysis of EFB 6 22 and aromatics were not found in non catalytic pyrolysis Rubber wood is biomass that mostly contain cellulose and hemicellulose as the largest contributor to the content of aromatic hydrocarbons."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54742
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Abi Nubli
Pengaruh Pemanfaatan Low-Grade Bioethanol dan Aditif Oxygenated Cyclooctanol Terhadap Daya, Torsi, dan Coefficient of Variation Pada Motor Honda Supra 125 cc = Indonesia’s consumption of oil energy for transportation sector in in 2018 as much as 40% of total energy consumption in Indonesia, which is the largest energy consumption in Indonesia compared to other sectors. However, the high needs of oil energy in Indonesia is not balanced with it’s production. For the last 10 years, the production of oil energy became decline. In 2009, Indonesia produced a total of 346 million barrels of oil, while in 2018 it fell to 283 million barrels of oil. So, to fulfill the needs of oil energy in Indonesia, the government have to import oil as much as 35% mainly from Middle Eastern countries. Therefore, the needs of alternative fuel energy as bioethanol and the addition of additives to make the property of fuel become better, so that the government can reduce imports of oil from other countries and the need of oil energy can be fulfilled. This research was conducted to analyze the effect of COV’s value change from each fuel variable to the power and torque that produced from the engine. The fuel variable used is E10, E10 + 0.3% cyclooctanol, E10 + 0.5% cyclooctanol, and E10 + 1, 3% cyclooctanol. The results of this research are E10 with the addition of 1,3% concentration of oxygenated cyclooctanol addtitive resulted in the smallest value of COV is 5% at 8500 rpm and the largest value of COV is 10,1%, obtained by E10 fuel without additives at 4000 rpm. With the addition of the concentration of cyclooctanol additive to E10, it can make the value of COV become smaller, so the combustion process becomes better and more stable. This is proved by the increased power and torque that generated by the engine with the addition of the concentration of the oxygenated cyclooctanol additive to E10
"Konsumsi energi minyak bumi pada sektor transportasi di Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 40% dari total keseluruhan konsumsi energi di Indonesia, dimana trasnportasi merupakan konsumsi energi minyak bumi terbesar di Indonesia dibandingkan dengan sektor – sektor lainnya. Akan tetapi, dengan banyaknya kebutuhan energi minyak bumi di Indonesia, produksi minyak bumi yang dihasilkan pada 10 tahun terakhir menjadi penurunan. Pada tahun 2009, Indonesia memproduksi minyak bumi sebanyak 346 juta barel, sedangkan pada tahun 2018 turun menjadi 283 juta barel minyak bumi. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut, Indonesia harus mengimpor minyak bumi sebanyak 35% terutama dari negara timur tengah. Oleh karena itu dibutuhkannya energi bahan bakar alternatif seperti bioetanol dan penambahan zat aditif untuk membuat properties dari bahan bakar menjadi lebih baik, sehingga pemerintah dapat mengurangi impor minyak bumi dari negara lain dan kebutuhan energi minyak bumi dapat dipenuhi dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh perubahan nilai COV dari masing – masing variabel bahan bakar terhadap daya dan torsi yang dihasilkan. Variabel bahan bakar yang digunakan yaitu E10, E10+0,3% cyclooctanol, E10+0,5% cyclooctanol, dan E10+1,3% cyclooctanol. Hasil penilitan ini menunjukkan bahwa E10 dengan penambahan konsentrasi zat aditif sebanyak 1,3% menghasilkan nilai COV yang terkecil yaitu 5% pada putaran mesin 8500 rpm, sedangkan COV yang terbesar diperoleh pada bahan bakar E10 tanpa zat aditif sebesar 10,1% pada putaran 4000 rpm. Dengan adanya penambahan konsentrasi zat aditif cyclooctanol kepada E10, dapat memberikan nilai COV yang semakin kecil, sehingga proses pembakaran menjadi lebih baik dan lebih stabil. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya daya dan torsi yang dihasilkan dengan penambahan konsentrasi zat aditif oxygenated cyclooctanol kepada E10.
......Indonesia’s consumption of oil energy for transportation sector in in 2018 as much as 40% of total energy consumption in Indonesia, which is the largest energy consumption in Indonesia compared to other sectors. However, the high needs of oil energy in Indonesia is not balanced with it’s production. For the last 10 years, the production of oil energy became decline. In 2009, Indonesia produced a total of 346 million barrels of oil, while in 2018 it fell to 283 million barrels of oil. So, to fulfill the needs of oil energy in Indonesia, the government have to import oil as much as 35% mainly from Middle Eastern countries. Therefore, the needs of alternative fuel energy as bioethanol and the addition of additives to make the property of fuel become better, so that the government can reduce imports of oil from other countries and the need of oil energy can be fulfilled. This research was conducted to analyze the effect of COV’s value change from each fuel variable to the power and torque that produced from the engine. The fuel variable used is E10, E10 + 0.3% cyclooctanol, E10 + 0.5% cyclooctanol, and E10 + 1, 3% cyclooctanol. The results of this research are E10 with the addition of 1,3% concentration of oxygenated cyclooctanol addtitive resulted in the smallest value of COV is 5% at 8500 rpm and the largest value of COV is 10,1%, obtained by E10 fuel without additives at 4000 rpm. With the addition of the concentration of cyclooctanol additive to E10, it can make the value of COV become smaller, so the combustion process becomes better and more stable. This is proved by the increased power and torque that generated by the engine with the addition of the concentration of the oxygenated cyclooctanol additive to E10"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Purnama Adrian
"Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 8,19% hingga tahun 2017. Meningkatnya jumlah kendaraan menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan ketersediaan bahan bakar yang banyak untuk memfasilitasi kegiatan sehari - hari. Tetapi, pertumbuhan jumlah kendaraan tidak diiringi dengan peningkatan produksi minyak dan juga menunjukkan ketergantungan yang tinggi terhadap sumber energi tak terbarukan masih tinggi. Salah satu sumber energi yang berpotensi untuk dikembangkan dan dapat menjadi alternatif bahan bakar adalah bioetanol. Campuran bioetanol membuat bahan bakar lebih sulit terbakar dengan sendirinya sehingga tekanan yang dihasilkan akan lebih konsisten. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan campuran bahan bakar bioetanol E10 dengan modifikasi penggunaan zat aditif oxygynated cyclooctanol sebesar 0,3%; 0,5%; dan 1,3% terhadap produksi emisi gas buang yaitu nilai CO, CO2, HC, dan O2 serta kaitannya dengan Coefficient of Variations (COV). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak persentase zat aditif oxygenated cyclooctanol menyebabkan nilai CO dan HC menurun sedangkan nilai CO2 dan O2 meningkat. Nilai COV terkecil diperoleh sebesar 5% juga dihasilkan oleh campuran E10+1,3% oxygenated cyclooctanol pada putaran 8500 rpm. Penambahan zat aditif oxygynated cyclooctanol memiliki pengaruh yang baik terhadap produksi emisi gas buang. Penurunan COV juga memberikan dampak yaitu membuat proses pembakaran yang lebih konsisten dan juga memiliki pengaruh yang baik terhadap emisi gas buang yang dihasilkan.

The number of motorized vehicles in Indonesia experienced a growth of 8.19% until 2017. The increasing number of vehicles shows that Indonesia needs the availability to a lot of fuel to facilitate daily activities. However, the growth in the number of vehicles was not accompanied by an increase in oil production and this also showed a high dependence on non-renewable energy sources. One source of energy that has the potential to be developed and can be an alternative fuel is bioethanol. Bioethanol mixture will make the fuel more difficult to burn by itself so that the pressure generated in the combustion chamber will be more consistent. This research was conducted to analyze the effect of using a mixture of bioethanol E10 with the modification of using oxygynated cyclooctanol by 0.3%; 0.5%; and 1.3% to the fuel emissions released namely CO, CO2, HC, O2 and its relation to the Coefficient of Variations (COV). The results showed that the increasing percentage of oxygenated cyclooctanol additives caused CO and HC values ​​to decrease while CO2 and O2 values ​​increased. The smallest COV value that is 5% was also produced by a mixture of E10 + 1.3% oxygenated cyclooctanol at 8500 rpm. This shows that the addition of oxygynated cyclooctanol additive has a good effect on the production of exhaust emissions. The reduction in COV also has an impact of making the combustion process more consistent and has a good effect on the resulting emissions produced.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library