Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Vichy
Abstrak :
Industri kemasan kertas di Indonesia baru mulai tumbuh diawal tahun 1990, permintaan ini tumbuh akibat berkembangnya industri makanan cepat saji yang mulai marak di Indonesia. Pada tahun 1994 PT.DETPAK Indonesia didirikan sebagai rangkaian ekspansi Detmold packaging Group di Asia Pasific. Pada tahun-tahun berikutnya usaha PT. DETPAK Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, ditandai dengan terus berkembangnya kapasitas dan luas pabrik. Selama lebih dari 10 tahun terakhir di Indonesia PT.DETPAK tidak mengalami tantangan persaingan yang berarti dari pesaing lokal, hampir dikatakan tidak mempunyai kompetitor yang kuat. Ini disebabkan oleh sulitnya masuk ke dalam industri cepat saji yang mempunyai standard keamanan makanan yang cukup tinggi, material yang sulit didapat dan karyawan yang mempunyai skill di bidang ini terbatas. Sebagai pemain yang dominan sangat menarik bagi penulis untuk mengetahui tingkat pelayanan yang telah dilakukan PT.DETPAK Indonesia. Untuk mengetahui kualitas pelayanan PT. DETPAK penulis melakukan penelitian tentang seberapa besar tingkat kesenjangan kualitas pelayanan PT. DETPAK dibanding dengan ekspektasi pelangganya. Metode penelitian yang dipergunakan adalah memakai penelitian kuantitatif yang berbentuk deskriptif, yang didahului wawancara penulis dengan beberapa pelanggan PT.DETPAK untuk mengetahui atribut-atribut panting bagi pelayanan PT.DETPAK. Setelah atribut-atribut tersebut diperoleh maka disusun kedalam kuesioner untuk memperoleh data apakah terdapat kesenjangan (Gap) kualitas pelayanan berdasarkan performa dan ekspektasi pelayanan PT,DETPAK Indonesia. Penelitian juga melibatkan observasi atau pengamatan penulis terhadap keadaan internal perusahaan berdasarkan pengalaman bekerja di PT.DETPAK selama 4 tahun. Dari basil analisis data survey menunjukan bahwa telah terjadi kesenjangan mutu pelayanan PT.DETPAK dibandingkan dengan ekspektasi pelanggannya, hal ini di indikasikan dengan rata-rata seluruh atribut pelayanan PT. DETPAK ternyata kinerjanya masih berada dibawah ekspektasi pelanggannya. Sebagian besar atribut harus segera diperbaiki karena kinerjanya yang underperformed, berdasarkan analisis matrik Importance-Performance. Penelitian ini banyak memiliki keterbatasan yang dikarenakan sempitnya waktu yang dimiliki penulis, kesibukan nara sumber, serta tersebarnya responden di Indonesia maupun diluar negeri. Jumlah responden adalah 86 perusahaan yang merupakan total seluruh pelanggan PT.DETPAK Indonesia saat ini. Dari hasil analisis dan observasi penulis diharapakan PT. DETPAK. Indonesia segera melakukan perbaikan-perbaikan dalam mutu pelayanannya. Segera memperbaiki dengan melakukan kajian-kajian yang mendalam untuk mempersempit kesenjangan yang ada.
Paper packaging industry started to growth at early 1990 in Indonesia at the same time as the growing of fast food industry. PT DETPAK Indonesia was established in 1994 as part of the expansion of Detmold Packaging Group in Asia Pacific. In the following years PT DETPAK Indonesia is growing very fast which indicated by increase in capacity and capacious of plant. For more than 10 years in Indonesia PT DETPAK do not have substantial local competitor or almost no strong competitor available. This is caused by the difficulty to get in to fast food industry, which has high standard food safety, specific material and limited expert employees in this industry. As a dominant player, the writer is interested to find out the service given by PT DETPAK Indonesia to their customers. In order to know the service quality of PT DETPAK, the writer was conducting a research on the deviation of service given by the company and service expected by customers. The writer is using descriptive - quantitative research method, which started by interviewing customers of PT DETPAK to find out the important service attributes expected by customers. Questioner was prepared based on the attributes obtained from customers to get data on the gap of service delivered by company and service expected by customers. The research also included observation of company internal condition based on the working experience of the writer at PT DETPAK for more than 4 years. The analysis result of data survey showed a gap quality between company performance and customer's expectation. Data survey indicated that in average the service performance given by the company is lower than the attributes given by customers. Most of the attributes with under performed category need to be fixed quickly - based on the matrix Importance - Performance. The research has limitation due to time constraint, schedule of resources and the spread out of respondents, which are located in Indonesia and abroad. Total respondents are 86 companies, which are total of current PT DETPAK customers. The writer hopes that the result of the analysis and observation can be implemented soon to improve the service quality of the company. Immediately improve the service quality by conducting deeper analysis to close or narrow down the gap.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18310
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Karomy
Abstrak :
ABSTRAK
Outbound logistik dipengaruhi oleh berbagai aspek yang perlu diperhatikan agar dapat menekan biaya dan membuat pelaksanaannya lebih efisien. Dalam kondisi dimana sebuah perusahaan menggunakan third party logistic (3PL), perusahaan perlu memperhatikan pilihan biaya dan metode pengiriman yang disediakan oleh setiap 3PL. Pada penelitian ini, dikembangkan sebuah model optimasi menggunakan pendekatan pemrograman non linier integer campuran yang diselesaikan dengan algoritma branch and bound. Hasil dari penelitian ini berupa model optimasi yang dapat menurunkan biaya pengiriman perusahaan dengan melakukan pemilihan metode perhitungan biaya, jenis truk, serta perusahaan 3PL yang cocok untuk setiap pengiriman produk perusahaan kepada pelanggannya.
ABSTRACT
Outbound logistics is influenced by various aspects that need to be considered in order to reduce costs and make implementation more efficient. In cases where companies use third party logistics (3PL), the company needs to consider the costs and shipping methods provided by each 3PL. In this research, an optimization methodology based on Mixed Integer Non-Linear Programming (MINLP) approach is developed and solved with branch and bound algorithm. The result of which is an optimization model that could reduce the cost of outbound logistics of the company by selection of method of calculating transportations cost, truck type, and the third party logistics (3PL) used to transport products a production company makes to their customer.
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alia Mutia Mayanda
Abstrak :
Karya akhir ini membahas tentang strategi transformasi digital pada UMKM industri kemasan dalam hal ini studi kasus penelitian pada Toko Warsin Jaya. Dalam keadaan bisnis sehari-hari, Toko Warsin Jaya menghadapi beberapa tantangan dalam transaksi online. Tantangan yang paling dirasakan yaitu perang harga yang sangat kompetitif antar competitor dan belum adanya integrasi data penjualan online dan offline di internal Toko Warsin Jaya. Disisi lain, faktor eksternal seperti kehidupan setelah COVID19 dan program pemerintah dalam akselerasi UMKM Indonesia dibidang digital juga mendorong Toko Warsin Jaya untuk melakukan transformasi digital. Hal ini menyebabkan Toko Warsin Jaya perlu membuat suatu inovasi produk digital untuk menarik minat pembeli, tidak hanya dari produk utama namun juga dari segi pelayanan dan pengalaman berbelanja konsumen. Oleh karena itu, Toko Warsin Jaya membutuhkan strategi dalam prosesnya bertransformasi digital. Dalam perumusan strategi transformasi digital, penelitian ini menggunakan kerangka kerja Digital Leadership oleh Sunil Gupta yang memiliki empat tahapan secara adaptif dan fleksibel. Penelitian ini juga menganalisis kondisi internal dan eksternal perusahaan, dan analisis kondisi ideal transformasi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menghasilkan analisis deskriptif untuk penjelasannya. Penelitian ini menghasilkan 17 rekomendasi strategi transformasi digital yang dapat diterapkan oleh Toko Warsin Jaya. Tujuh belas strategi yang dihasilkan ini sudah divalidasi oleh empat orang pakar dibidang digitalisasi dan dapat diimplementasikan secara bertahap pada Toko Warsin Jaya. ......This final work discusses digital transformation strategies in the packaging industry SMEs, in this case a research case study at Toko Warsin Jaya. In its daily business situation, Toko Warsin Jaya faces several challenges in online transactions. The most felt challenge is the very competitive price war between competitors and the absence of integration of online and offline sales data within the Warsin Jaya Store internally. On the other hand, external factors such as life after COVID-19 and government programs in accelerating Indonesian MSMEs in the digital field have also encouraged Toko Warsin Jaya to carry out digital transformation. This causes Toko Warsin Jaya need to create a digital product innovation to attract buyers, not only from the main product but also in terms of services and consumer shopping experiences. Therefore, Toko Warsin Jaya needs a strategy for its digital transformation process. In formulating a digital transformation strategy, this research uses the Digital Leadership Framework by Sunil Gupta which has four adaptive and flexible stages for MSMEs. This study also analyzes the company's internal and external conditions and analyzes the ideal conditions for digital transformation. This study uses a qualitative approach and produces a descriptive analysis for the explanation. This research produces 17 recommendations for digital transformation strategies that can be implemented for Toko Warsin Jaya. The seventeen strategies that have been produced have been validated by four experts in the field of digitalization and can be implemented in stages at Toko Warsin Jaya.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nian Putri Floria
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai pengurangan dampak lingkungan pada industri manufaktur secara umum, dengan mengambil sampel pada industri kemasan. Pengurangan dampak lingkungan dilakukan dengan mengidentifikasi dan mengurangi buangan yang berpengaruh terhadap lingkungan (environmental waste) di sepanjang proses produksi. untuk mengidentifikasi environmental waste menggunakan metode environmental value stream mapping. Hasil yang didapat dari current state map adalah terdapat proses yang memiliki dampak lingkungan karena menggunakan material yang berbahaya, proses yang memiliki tingkat cacat tinggi, dan adanya overprocessing dalam bentuk inspeksi dan rework di sepanjang value stream. Untuk mengatasinya, dibuatlah strategi-strategi untuk mencapai future state map dengan menggunakan tree diagram. ......This study discusses about the reduction of environmental impacts on manufacturing industry in general, by taking samples in the packaging industry. Reducing environmental impact is done by identifying and reducing waste that affect the environment (environmental waste) throughout the production process. to identify environmental wastes using value stream mapping environmental methods. The result from the current state map is there are processes that have environmental impacts due to use of hazardous materials, a process that has a high defect rate, and the presence of overprocessing in the form of an inspection and rework along the value stream. To overcome this, they invented the strategies to achieve future state map by using tree diagrams.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51843
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library