Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shienni Widjaja
"Suatu kebijaksanaan dalam menentukan harga suatu produk baik berupa barang maupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan merupakan salah satu jenis keputusan yang dapat mempengaruhi kinerja dari perusahaan, sehingga keputusan tersebut sangat penting agar tujuan perusahaan dapat tercapai dan tidak merugikan perusahaan. Dalam menentukan harga jual suatu produk, banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya baik faktor internal maupun eksternal. Untuk faktor internal biasanya adalah berupa tujuan, strategi pemasaran, biaya dan bentuk organisasi. Sedangkan faktor eksternal berupa sifat pasar dan permintaan, persaingan, dan faktor lainnya. Selain itu banyak pula metode yang dapat diterapkan untuk menentukan harga jual produk di mana penulis membatasi pada metode penentuan harga jual berdasarkan biaya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah:
1. Penelitian kepustakaan yang dilakukan dengan jalan meneliti buku-buku dan artikel-artikel yang berhubungan dengan harga jual, faktor-faktor yang menentukan, dan metode penentuan harga jual itu sendiri. Hasil penelitian ini digunakan untuk membangun kerangka teoritis serta sebagai dasar untuk melakukan analisa atas hasil penelitian lapangan.
2. Penelitian lapangan, dengan obyek penelitian berupa produk jasa paket wisata yang ditawarkan oleh biro perjalanan umum PT. STV Tours & Travel. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa paket wisata merupakan salah satu produk yang dijual dengan menggunakan strategi product-bundling, yaitu menawarkan produk dalam bentuk paket dengan harga yang lebih murah sehingga dapat menarik minat pembeli. Tetapi di samping itu, dengan menggunakan metode penentuan harga jual yang didasarkan atas biaya dapat memungkinkan manajemen untuk memberikan harga jual yang lebih kompetitif jika pengalokasian biaya dilakukan dengan lebih tepat. Selain daripada penentuan metode yang tepat, masih ada faktor lain yang merupakan strategi penjualan yang ingin diterapkan perusahaan untuk menentukan harga jual akhir. Jadi dengan menerapkan metode yang tepat ditambah strategi perusahaan akan menghasilkan harga jual produk akhir yang bersifat kompetitif, yang pada akhirnya akan menguntungkan perusahaan. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18653
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maharsi Anis Sabila
"Pariwisata adalah salah satu sektor ekonomi terbesar dan memiliki tingkat pertumbuhan tercepat di dunia. Indonesia memiliki program 10 destinasi baru di Bali, salah satunya adalah Kepulauan Seribu. Pemerintah daerah Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) memiliki target peningkatan 7,6% dari 2020 Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kepulauan Seribu oleh sektor pariwisata. Pariwisata di Kepulauan Seribu bergantung pada kegiatan alam yang dapat mengakibatkan kerusakan ekosistem jika jumlah kunjungan wisatawan tinggi. Oleh karena itu, perlu untuk merancang paket wisata yang dapat mengurangi jumlah kedatangan wisatawan tetapi dapat mencapai target yang ditentukan. Dalam penelitian ini dibuat paket wisata yang terdiri dari pilihan starting point, transportasi, penginapan, dan objek wisata yang tersedia. Pemilihan paket wisata didasarkan pada nilai preferensi wisatawan dan ketersediaan layanan di lokasi. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang paket wisata yang optimal dan strategi yang dilakukan untuk mencapai target yang ditentukan.

Tourism is one of the largest economic sectors and has the fastest growth rate in the world. Indonesia has a program of 10 new Bali destinations, one of them is Kepulauan Seribu. The local government of Special Capital Region of Jakarta (DKI Jakarta) has a target of 7.6% increase of 2020 Gross Domestic Regional Product (GDRP) of the Kepulauan Seribu by tourism sector. Tourism in Kepulauan Seribu relies on natural activities which can result in ecosystem damage if the number of tourist visits is high. Therefore, it is necessary to design tour packages that can reduce the number of tourist arrivals but can achieve the specified targets. In this research a tour package consist of choices of starting points, transportations, hotels, and attractions available. The selection of tour packages based on the preference value of tourists and the availability of the services on site. The purpose of this research is to design an optimal tour package to achieve a specified target."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library