Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nainggolan, Agnes Grace Sella
Abstrak :
Pada skripsi ini akan dibahas mengenai perancangan desain Switched Reluctance Motor 3 fasa dengan kapasitas minimal 25 kW. Jumlah pole stator dan rotor yang digunakan adalah 12 pole stator dan 8 pole rotor. Penelitian berfungsi untuk melihat pengaruh perubahan parameter diameter stator dan rotor, parameter pole stator dan rotor, parameter dimensi slot, parameter air gap, parameter panjang stack, nilai AWG dan number of turn kawat. Dari hasil penelitian akan didapatkan nilai dari daya keluaran, torsi dan efisiensi. Dan dengan penelitian skripsi diharapkankan didapatkan efisiensi motor sebesar lebih dari 90%. Simulasi menggunakan Finite Element Method (FEM).
This thesis discuss about the design of 3 phase switched reluctance motor with minimum capacity 25 kW. The number of stator and rotor pole used in this thesis is 12 pole stator and rotor pole 8. The research is to see the effect of the changing parameters such as diameter of stator and rotor, dimension of stator and rotor pole, dimension of slot, air gap, stack length, value and number of turn AWG wire. The aims is to obtain the value of output power, torque and efficiency. With the efficiency is more than 90%. Simulation using Finite Element Method (FEM).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64927
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vicky Lwieka
Abstrak :
Field Oriented Control adalah teknik kontrol motor induksi tingkat lanjut dengan mengendalikan vektor arus stator. Field Oriented Control atau FOC dapat menggunakan sensor atau tanpa sensor. Untuk dapat menggunakan teknik kontrol FOC diperlukan pengukuran parameter motor induksi yang akurat namun juga cukup mudah dilakukan. Penentuan parameter motor induksi dibagi menjadi dua metode yaitu metode online dan metode offline. Pada skripsi ini, cara pengukuran yang cukup sederhana digunakan dengan pengujian DC, pengujian No-Load, dan pengujian Locked-Rotor metode offline. Parameter motor induksi yang didapat nantinya diaplikasikan pada Field Oriented Control tanpa sensor dan keakuratan metode yang digunakan diuji dengan cara membandingkan nilai kecepatan sudut yang didapat dari encoder dengan kecepatan sudut yang didapat dari observer.
Field Oriented Control is an advanced technique control for induction motor by controlling stator current vector. Field Oriented Control or FOC can be controlled with or without sensor. To use FOC control technique, it rsquo s needed to get an accurate value of motor induction parameters. Induction motor parameters estimation is divided into two, online method and offline method. On this final script, a simple way to estimate the parameter is used with offline method DC test, No Load Test, Locked Rotor Test. The obtained induction motor parameter later be applied on Field Oriented Control without sensor and its method rsquo s accuracy is tested by comparing the value of angular velocity from encoder and angular velocity from observer.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69620
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bima Dipantara
Abstrak :
Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dan merupakan negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Temperatur permukaan setiap wilayah Indonesia dapat mencapai 27-37o C. KARLING merupakan kendaraan ramah lingkungan yang mempunyai sumber penggerak dari motor listrik. Kebanyakan motor listrik yang digunakan pada kendaraan listrik merupakan motor BLDC. Indonesia merupakan negara berkembang dimana motor BLDC yang digunakan merupakan produk negara-negara maju. Dengan konstanta temperatur yang menyesuaikan kondisi dari negara pembuat motor BLDC, performa motor BLDC di Indonesia akan terpengaruh terhadap temperatur tropis. Metodologi yang digunakan pada penlitian ini, yaitu melakukan pengujian motor BLDC pada laboratorium dan pada KARLING. Pada laboratorium, temperatur ambient direkayasa mencapai temperatur 55o C dari temperatur normal 23o C, sedangkan pada KARLING temperatur disesuaikan dengan keadaan di pagi hari dengan temperatur ambient 27,7o C dan sore hari dengan temperatur 34,2o C. Kenaikan temperatur motor pada pengujian laboratorium mengakibatkan perubahan paramater motor BLDC. Kenaikan temperatur motor menurunkan arus motor dan torsi motor, akan tetapi semakin tinggi temperatur semakin tinggi kecepatan putaran motor.
Indonesia is a country with a tropical climate and a country passed by the equator line. Surface temperature each region in Indonesia can reach about 27 37o C. KARLING is a eco friendly vehicle that driving source from elecetric motor. Electric motor mostly used by electric vehicle is BLDC motor. Indonesia is a developing country its means BLDC motor that used is product from developed countries. With the temperature constant that adjusting the condition of country which make BLDC motor, performance of BLDC motor in Indonesia will affected by tropical temperature. Methodology that used in this reseach, that is do the testing of BLDC motor at laboratory and KARLING. In laboratory, manipulate ambient temperature until reach 55 o C from the normal temperature 23 o C, while at KARLING temperature be adapted with the morning condition which ambient temperature until 27,7o C and the evening condition with temperature 34,2o C. Increase of ambient temperature at laboratory testing affect change of parameter BLDC motor. Increase of ambient temperature lowered motor current and motor torque, however the increase of ambient temperature will increase rotation speed of the motor.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library