Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: UI Publishing, 2019
362.1 DES
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Brigitta Fidelita Fella Pradhita
"Amal telah menjadi peran penting dalam membantu orang yang membutuhkan. Charity adalah konsep yang diimplementasikan di seluruh dunia dan terus berkembang seiring dengan perubahan teknologi. Penelitian telah dilakukan tentang apa yang memotivasi donor untuk memberikan amal. Tesis ini ingin mengamati hubungan antara pilihan metode pembayaran dan donasi untuk amal, instrumen pembayaran pilihan adalah dompet elektronik dan mobile banking. Penelitian ini menggunakan eksperimen lapangan sebagai metode untuk mengumpulkan data. Penulis bekerjasama dengan sebuah forum amal di universitas dan menyumbangkan seluruh kontribusi kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan keuangan selama COVID-19. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan dalam tingkat partisipasi dan kontribusi rata rata antara e wallet dan m banking secara statistik. Namun, ada perbedaan ketika menganalisis secara deskriptif.

Charity has been an important role in helping people in need. Charity is a concept that is implemented all over the world and keeps developing alongside the changing of technology. Studies have been done about what motivates donors to give to charity. This thesis wants to observe the relationship between choice of payment method and donating to charity, the payment instruments of choice are electronic wallet and mobile banking. This study uses field experiment as the method for collecting data. Author collaborated with a charity forum in the university and all of the contributions were donated to students who face financial difficulty due to COVID-19. The result of this study shows no difference in participation rate and average contribution between e wallet and m banking statistically. However, there is difference when analysing descriptively."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pane, Syaiful Rusli Effendy, author
"Saat ini mobile payment sedang tumbuh dengan baik dengan nilai transaksi tumbuh tinggi dan diprediksi bakal terus tumbuh tinggi beberapa tahun ke depan, sudah ada penyedia layanan mobile payment yang harus menutup layanan mereka. Penyedia mobile payment perlu mengetahui faktor-faktor yang membuat pengguna mereka bertahan agar bisnis mereka tetap lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi continuance intention dari pengguna mobile payment. Penelitian ini menggunakan Lisrel dalam menguji signifikansi positif antara system quality, information quality, dan service quality terhadap trust, flow dan satisfaction kemudian melihat pengaruh dari trust, flow dan satisfaction terhadap continuance intention. Penelitian menggunakan 205 sampel pengguna mobile payment T-cash yang berdomisili di Jabodetabek. Hasilnya continuance intention pengguna mobile payment dipengaruhi tunggal oleh satisfaction, sementara system quality menjadi faktor yang paling kuat mempengaruhi satisfaction pengguna mobile payment.

Currently mobile payment is growing well with high transaction value and predicted to continue to grow high in the next few years, there are already mobile payment service providers who have to close their services. Mobile payment providers need to know the factors that make their users survive to keep their business going. This study aims to determine the factors that affect the continuance intention of mobile payment users. This study uses Lisrel to test the positive significance of system quality, information quality, and service quality to trust, flow and satisfaction and then to see the effect of trust, flow and satisfaction on continuance intention. The study used 205 samples of T cash mobile payment users domiciled in Jabodetabek. The result of continuance intention of mobile payment user is solely influenced by satisfaction, while system quality becomes the most powerful factor affecting mobile payment user satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69211
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Muhammad
"Skripsi ini meneliti pengaruh variabel cash-richness, tingkat persediaan kas, terhadap pemilihan metode pembayaran merger dan akuisisi di Indonesia dengan bidder yang merupakan perusahaan publik di Indonesia dengan periode penelitian tahun 2000 – 2013. Penelitian ini menggunakan pengujian non-parametric dan parametric, yaitu t-test dan multinomial logistic regression. Dari hasil pengujian ditemukan bahwa tingkat persediaan kas tidak memiliki pengaruh terhadap metode pembayaran akuisisi dan ditemukan bahwa beberapa variabel kontrol yang mempunyai pengaruh.

This study investigates the influence of cash-richness towards the preference of payment method of acquisition amongst public companies in Indonesia in 2000 - 2013. Both non-parametric and parametric approach are applied in this research by running t-test and multinomial logistic regression. This research refutes the old assumptions by finding that cash-richness has no effect on the choice of payment method of acquisition. There are, however, other determinants that show influence towards payment method preference.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S58339
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfi Hidayatul Rahmawati
"ABSTRAK

Kemacetan lalu lintas merupakan ancaman yang serius untuk aksesibilitas dan mobilitas pengguna jalan di Indonesia. Dalam kasus jalan tol, salah satu penyebab kemacaten karena adanya perlambatan dan perhentian kendaraan di gerbang tol ketika melakukan pembayaran. untuk merespon kemacetan karena sitem pembayaran tersebut, diberlakukan sistem pembayaran secara elektronik yang lazim disebut Electronic Toll Collection (ETC) untuk memperpendek watu transaksi dan meningkatkan standar pelayanan jalan tol. Studi terdahulu menunjukkan penggunaan ETC memberikan manfaat baik untuk pengguna jalan tol maupun operator jalan tol. Tesis ini menggunakan metode kuantitatif regresi data panel dari data sampel gerbang tol jaringan jalan tol di Indonesia periode bulan Januari tahun 2017 sampai dengan bulan Desember 2018 untuk menganalisis bagaimana pengaruh kebijakan penerapan ETC terhadap efisiensi sistem transportasi. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa intervensi penerapan ETC secara signifikan mengurangi waktu transaksi di gerbang tol sebesar 93,5%, cateris paribus. Kebijakan intervensi tersebut meningkatkan aksebilitas dan efisiensi waktu transaksi. Strategi komprehensif untuk merespon dampak penerapan intervensi kebijakan tersebut dapat dipertimbangkan, terutama dalam hal melonjaknya jumlah kendaraan yang memasuki gerbang tol akibat semakin cepatnya waktu transaksi yang bisa menimbulkan efek bottleneck setelah kendaraan memasuki gerbang tol.


ABSTRACT

 


Traffic congestion represents a significant threat to accessibility and mobility in Indonesia. In the case of the toll road, the stop and go movement along the toll road plaza as the effect of the payment mechanism often causes the delay at toll gates, which results in traffic congestion. As the situation becomes more serious, a technology innovation called the Electronic Toll Collection (ETC) has been deployed in Indonesia toll road network to curb the transaction time in toll payment and thereby increase the level of service. Previous research indicated that the ETC implementation brings benefits for both toll road users and operators in many ways. The study utilizes a quantitative method of econometric panel regression using data from selected toll gates in the Indonesia toll road network from January 2017 to December 2018 to analyze how the ETC deployment affects transport system efficiency. The findings indicate that the intervention of ETC implementation significantly decreases the transaction time in toll gates by 93.5%, cateris paribus. Thus, the intervention eases the accessibility and yield efficiency in transaction time. Furthermore, an adapted strategy after the implementation could be considered, especially regarding the trend of surging traffic on toll roads that may cause bottlenecks after entering toll gates.

 

"
2019
T52903
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Zaqy Arif
"Perkembangan metode pembayaran selalu di implementasikan sebagai suatu bentuk nyata pada setiap dekade. Pada saat ini tiket isi ulang adalah bentuk metode pembayaran yang sangat populer yang juga digunakan dalam bisnis seperti pada sektor hiburan dan transportasi. Tiket isi ulang pada sektor transportasi dapat diimplementasikan dengan menggunakan kartu pintar, biasanya menggunakan kartu pintar tanpa kontak. Kartu pintar memberikan keuntungan kepada penumpang dan juga pemilik bisnis. Kartu pintar, disebut sebagai tamper resistant security devices, adalah suatu teknologi chip VLSI yang berfungsi bukan hanya untuk menyimpan data tetapi dapat memproses suatu informasi dan mengontrol secara internal suatu algoritma kriptografi sehingga cocok digunakan untuk pengecekan identitas, pembayaran dan pengembangan suatu sistim keamanan secara logika dan elektronik. Untuk merancang sistem ini dibutuhkan suatu program aplikasi, dalam hal ini yang digunakan adalah java card, sementara program aplikasi yang dibuat berdasarkan bahasa pemrograman java. Java card dapat disebut sebagai sebuah kartu pintar yang dapat menjalankan program-program java. Tantangan terbesar dari disain teknologi Java card adalah menyelaraskan sistem software java di dalam kartu pintar dengan keterbatasan ruang untuk aplikasi. Solusinya adalah dengan hanya mendukung sebuah subset dari fitur-fitur java dan untuk mengaplikasikan sebuah model terpisah untuk diimplementasikan ke java virtual machine (JVM).

The development of payment method is always implementing from one into another real form every decade. Nowadays, refill ticket is a very popular form of payment method which is also widely used in business such as entertainment and transportation sectors. Refill ticket on transportation sector can be implemented by using smartcard, usually use the contactless smart card. It gives benefits to both passenger and transport owner. Smart card that usually called as tamper resistant security devices, is a VLSI chip technology which is used not only for saving data but can process information and control a cryptography algorithm. Thus, it's usually fits for identity checking, payment and development of a security system. For designing this system an application program is needed. The java card application is used, as well as the application program that was also made base on java. Java card can is a smart card that can run java programs. The biggest challenge in designing the java card technology is combining the java system software in the smart card with limited space for application. The solution is to support a subset of java features and to apply a separated model of the implementation in to java virtual machine (JVM).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S40402
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rr Sinom Prianti
"ABSTRAK
Bedah paru merupakan layanan unggulan RSUP Persahabatan. Metode
pembayaran memiliki efek yang berbeda terhadap kendali kualitas dan kendali
biaya.
Belum diketahuinya perbandingan kendali kualitas dan kendali biaya pada
pasien rawat inap dengan tindakan bedah paru maka perlu dilakukan
perbandingan tiga jenis metode pembayaran yaitu Paket dan Fee For Service, Fee
For Service, dan INA-CBG’s terhadap kendali kualitas meliputi utilisasi
pelayanan dan jumlah visit dokter, serta kendali biaya meliputi besaran
pembayaran dan lama hari rawat.
Dilakukan penelitian kuantitatif dengan metode survey untuk mengetahui
utilisasi pelayanan, jumlah visit dokter, besaran pembayaran, dan lama hari rawat
dari data sekunder berupa catatan rekam medic, billing, dan luaran SIM RS.
Untuk menjelaskan hasil yang diperoleh pada penelitian kuantitatif, dilakukan
penelitian kualitatif dengan desain deskriptif evaluative terhadap penentu
kebijakan; koordinator dan pemantau profesi; pusat pencatatan, pelaporan, dan
pengklaiman; dan pemberi pelayanan.
Diperoleh hasil terdapat item Laboratorium, Radiodiagnostik,
Elektromedik, Paru, Konsultasi dan Rehabilitasi Medik, Akomodasi, Tindakan,
Labu Darah, dan obat-obatan yang rata-rata pemeriksaan atau penggunaannya
sama dan ada yang berbeda diantara ketiga metode pembayaran. Untuk jumlah
visit dokter, tidak terdapat perbedaan akan tetapi terdapat perbedaan untuk
besaran pembayaran dan lama hari rawat diantara ketiga metode pembayaran.
Diperoleh kesimpulan bahwa belum dapat disimpulkan perbandingan
antara metode pembayaran Paket dan Fee For Service, metode pembayaran Fee
For Service, dan metode pembayaran INA-CBG’s dalam hal kendali kualitas dan
kendali biaya karena adanya keterbatasan variabel selama penelitian untuk
mencapai perbandingan apple to apple dari ketiga metode pembayaran tersebut.

ABSTRACT
Pulmonary Surgery is the main service in RSUP Persahabatan. The
Payment methods has different effect on quality control and cost control.
The comparison of quality control and cost control on inpatient with
pulmonary surgery is unknown yet. Three types of payment methods i.e package
and fee for service, fee for service, and INA-CBG’s will be comparized against
quality control includes services utilization and number of physician visits, as
well as cost control for cost payment, and length of stay.
Quantitative research is conducted by survey methods to find out services
utilization, number of physician visits, cost payment, and length of stay from
secondary data of medical record, billing, and data SIM RS. To explain the
results in quantitative research, qualitative research conducted by evaluative
descriptive design against policy, coordinators and profession supervisor; logging
centre, reporting, and claim; and physician service.
The obtained result such as laboratory, Radio diagnostic, electro medic,
pulmonary, consultation and medical rehabilitation, accommodation, medical
treatment, blood SAC, and medicine, has equal average on examination or
utilization with minor differentiation between the three method. There are no
difference for physicians visit but there are some difference for cost payment and
length of stay between the three types of the payment method.
As for conclusion, it could not be inferred comparison between package and
fee for service, fee for service, and INA-CBG’s payment method in terms of
quality control and cost control due to the limitation of the variables during the
research to reach apple to apple comparison of three types of payment method.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library