Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fitria Kusumawati Wulandari
Abstrak :
ABSTRAK
Konsep pelayanan kesehatan primer pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dikembangkan dengan penguatan pelayanan primer, salah satunya dengan optimalisasi peran pelayanan primer sebagai gatekeeper dengan konsep managed care. Pada konsep managed care, suksesnya sistem gatekeeper salah satunya dinilai dari angka kunjungan dan angka rujukan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan persepsi pengguna pelayanan terhadap pemanfaatan Puskesmas sebagai gatekeeper di dua Puskesmas Kota Bekasi. Penelitian menggunakan desain cross sectional dan pengumpulan data melalui pengisian 208 kuesioner pada pasien peserta JKN di Dua Puskesmas Kota Bekasi dengan metode pengambilan sampel secara stratified purposive sampling dimana sampel diambil dari Puskesmas dengan nilai rujukan tertinggi dan Puskesmas dengan nilai rujukan terendah di Kota Bekasi dengan jumlah sampel dibagi sama besar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor pemanfaatan Puskesmas sebagai gatekeeper adalah 52.25 (SD 4.87, 95% CI 51.58-52.92), namun angka rujukan masih tinggi di atas 15%. Pekerjaan, persepsi terhadap sikap petugas kesehatan, dan lama berobat berhubungan dengan pemanfaatan Puskesmas sebagai gatekeeper. Persepsi terhadap sikap petugas kesehatan merupakan faktor dominan yang mempengaruhi pemanfaatan Puskesmas sebagai gatekeeper. Sikap petugas kesehatan mempengaruhi pemanfaatan kembali layanan di Puskesmas dan mempengaruhi pemanfaatan Puskesmas sebagai gatekeeper khususnya terkait continuity care. Penerapan konsep gatekeeper dengan baik dapat meningkatkan pemanfaatan Puskesmas dan menekan angka rujukan ke FKTL.
ABSTRACT
The concept of primary health care in the era of National Health Insurance (JKN) is developed by strengthening primary health care which one of them is by optimizing the role of primary health care as a gatekeeper with the concept of managed care. In this concept of managed care, the success of the gatekeeper system one of them is judged by the visits rates and referral rates to the Advanced Level of Health Facilities (ALHF/Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut). This study aims to determine the characteristics and perception of service users towards utilization of public health centers (PHC/Puskesmas) as gatekeeper in two PHC in City of Bekasi. This study used cross-sectional design and data collection by filling up 208 questionnaires on patients of JKN participant in two health centers in Bekasi with stratified purposive sampling methods where samples were taken from the health center with the highest reference score and health center with the lowest reference score in Bekasi with equally distributed samples. The results showed an average score of utilization of Public Health Center (PHC) as a gatekeeper: 52.25 (SD 4.87, 95% CI 51.58-52.92), but the referral rate is still high above 15%. Jobs, perceptions of the health workers? attitudes, and treatment duration are related to the utilization of PHC as a gatekeeper. Perceptions of the health workers? attitude is the dominant factor affecting the utilization of PHC as a gatekeeper. The health workers? attitude affects the repeated utilization services in PHC and affects the utilization of PHC as a gatekeeper, especially for that is related to care continuity. The proper application of gatekeeper concept can increase the utilization of PHC and reduce the number of referrals to the Advanced Level of Health Facilities (ALHF).
2016
T46007
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library