Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bernadus Budhiprayoga Suryanto
"Prototipe website ekowisata di Indonesia ini mewakili komoditas media baru terhadap pengelolaan informasi daerah tujuan ekowisata di seluruh Indonesia. Berdasarkan hasil research yang dilakukan penulis terhadap para narasumber dengan membagikan kuesioner, maka dibutuhkan suatu situs portal bagi calon wisatawan asing minat khusus yang hendak mencari informasi tentang objek wisata alam di Indonesia. Selain bertujuan bagi pengembangan promosi ekowisata di Indonesia, situs ini untuk menambah nilai edukasi masyarakat tentang industri pariwisata, serta pelestarian lingkungan hidup. Situs www.indonesiaecotourism.com dikelola secara profesional dan diperbarui secara berkala dalam waktu mingguan, dan juga dilakukan evaluasi dalam kurun waktu 6 bulan pasca produksi untuk melihat kualitas performa situs baik dari segi konten maupun rangking dalam situs mesin pencari.

The prototype website of eco-tourism in Indonesia represents commodities of a new media for the information eco-tourism destinations in Indonesia. Based on the authors research by distributing a questionnaire, thus required a website for prospective tourists special interests who want to find information about ecotourism in Indonesia. Besides aiming to promote the development of ecotourism in Indonesia, this site is to add value public’s education about tourism industry, as well as environmental protection. The site www.indonesiaecotourism.com are professionally managed and weekly updated, and also conducted an evaluation within 6 months of post-production to look at the quality of site performance in terms of both content and site ranking in search engines.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hilman Firmansyah
"Di era informasi saat ini, perpustakaan sebagai lembaga yang berperan dalam mencerdaskan bangsa dituntut untuk senantiasa mengembangkan fungsi nya sebagai pusat informasi bagi masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari peran pustakawan sebagai pelaksana kegiatan perpustakaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas lembaga induknya. Disamping harus meningkatkan kemampuan di bidang pengelolaan informasi pustakawan juga dituntut untuk berpartisipasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Diantara bentuk partisipasi pustakawan adalah kompetensi dan kemauan yang keras untuk senantiasa melayani serta memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap penggunanya."
Bogor: Perpustakaan IPB, 2014
020 JPI 13:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aat Ruchiat Nugraha
"Abstrak
Potensi sumber daya alam Pangandaran menjadi strategis seiring dengan statusnya menjadi
kabupaten secara definitif. Dengan menyandang kabupaten baru, Pangandaran memiliki
sejumlah pekerjaan yang harus segera dipenuhi dalam menyongsong era ekonomi perdagangan
bebas yang semakin dekat. Diperlukan suatu keterampilan yang mumpuni dari para pengelola
kebijakan pemerintahan, seperti pengelolaan informasi bagi publik. Tujuan kegiatan pengabdian
kepada masyarakat ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan cara meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan para aparatur sipil negara (ASN) yang bergerak di bidang
pelayanan informasi di Kabupaten Pangandaran mengenai teknik pengelolaan informasi yang
memiliki nilai berita. Metode pelaksanaan dilakukan dengan ceramah, tanya jawab, dan
simulasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para aparatur sipil negara yang bergerak di bidang pelayanan informasi bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Pangandaran memiliki pengetahuan
dan keterampilan yang cukup memprihatinkan dalam hal pengelolaan informasi yang
dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini terbukti dari minimnya informasi yang terdapat di website
lembaga-lembaga pemerintahan mengenai updating kegiatan-kegiatan di wilayah Kabupaten
Pangandaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menyimpulkan adanya peningkatan
pengetahuan dan keterampilan yang ditunjukkan dari keaktifan para peserta dalam mencari,
mengelola, dan mengemas informasi menjadi bernilai berita yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Sebaiknya pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bersifat pendampingan
sehingga narasumber dapat menanamkan nilai-nilai profesionalitas dalam pengelolaan informasi
yang penting bagi masyarakat, khususnya bagi para aparatur sipil negara, di Kabupaten
Pangandaran secara berkelanjutan ke tahap peningkatan kapasitas dan pemberdayaan aparatur
sipil negara yang profesional di bidang komunikasi."
Jakarta: Pusat Pemberdayaan Masyarakat - Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 2018
300 JPM 2:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sukmawati Nila Agustin
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengelolaan informasi pada layanan E-Paper di perpustakaan DPR RI serta mengidentifikasi masalah-masalah yang timbul pada saat proses pengelolaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Penelitian ini menggunakan audit informasi dari Susan Henczel sebagai metode penelitiannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan E-Paper di perpustakaan DPR RI sudah mencakup keenam komponen dalam alat manajemen yang terdiri dari man, money, materials, machines, methods, dan market. Man atau sumber daya manusia yang terdiri dari 2 jenis, yaitu sumber daya struktural berjumlah empat orang dan pustakawan fungsional berjumlah tiga belas orang yang dianggap sudah cukup untuk mengelolaa perpustakaan DPR RI. Money atau uang yang dikatakan memadai untuk menunjang sarana dan prasarana serta kebutuhan perpustakaan DPR RI untuk memaksimalkan layanannya. Materials atau bahan-bahan yang diperlukan tenaga kerja untuk mencapai tujuannya yang terdiri dari sumber informasi yang disediakan perpustakaan untuk pustakawan DPR RI untuk diolah menjadi E-Paper. Machines atau mesin berupa fasilitas yang disediakan perpustakaan kepada pustakawan yang terdiri dari komputer, alat pindai, mesin fotokopi, dan alat penunjang lainnya untuk mendukung dan memudahkan tenaga kerja dalam menciptakan efisiensi kerja. Methods atau cara yang digunakan organisasi untuk mencapai tujuan. Methods tersebut berupa alur informasi pada pengelolaan E-Paper serta komponen terakhir yaitu market atau target pasar yang terdiri dari tenaga ahli dan anggota DPR RI. Selain itu, saat proses analisis dan evaluasi data, peneliti menemukan bahwa secara tidak langsung perpustakaan sudah melakukan proses audit informasi pada tahap pertama menurut Henczel 2001 yaitu tahap perencanaan. Dalam hal ini, peneliti menggabungkan hasil kegiatan audit informasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri dengan kegiatan audit yang secara tidak langsung sudah mereka lakukan.

ABSTRACT
This study aims to analyze the process of managing information on E Paper services in the library of the House of Representatives and to identify problems that arise during the management process. This research uses qualitative approach with case study method. Data collection is done by interview, observation and document analysis. This study uses information auditing from Susan Henczel as her research method. The results of this study indicate that the E Paper service in the House of Representatives library already includes the six components in the management tools consisting of man, money, materials, machines, methods, and markets. Man or human resources consisting of 2 types, namely structural resources amounted to four people and functional librarian amounted to thirteen people who are considered sufficient to manage the library DPR RI. Money or money that is said to be adequate to support facilities and infrastructure and library needs of the House of Representatives to maximize its services. Materials or materials needed by the workforce to achieve its objectives consisting of information sources provided by libraries for librarians of the House of Representatives to be processed into E Paper. Machines or machines of libraries provided to librarians consisting of computers, scanners, photocopiers, and other supporting tools to support and facilitate the workforce in creating work efficiency. Methods or ways the organization uses to achieve its goals. Methods are the flow of information on the management of E Paper and the last component of the market or target market consisting of experts and members of the House of Representatives. In addition, during the process of data analysis and evaluation, the researchers found that indirectly the library has done the information audit process in the first stage according to Henczel 2001 , namely the planning stage. In this case, the researchers combine the results of information audit activities conducted by researchers themselves with audit activities that they have indirectly done. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library