Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hanina Fadilah
Abstrak :
ABSTRAK
Jurnal ini membahas tentang analisis webtoon It Sun yang berjudul Ubau. Dewasa ini, webtoon menjadi jauh lebih populer dibandingkan buku komik. Pada 2004, NAVER merilis Naver Manhwa sebagai wadah bagi komikus berkarya, juga sebagai sebuah upaya untuk mengurangi membaca komik secara ilegal. Naver Manhwa mdash;di Indonesia berada di bawah naungan Line mdash;telah mengubah lanskap komik digital dengan memberikan kemudahan dan aksesibilitas bagi para pembaca Agnes, 2016 . Selain lebih mudah untuk diakses dan formatnya lebih nyaman untuk digunakan, penyampaian cerita lewat webtoon juga lebih mudah dibaca. Tujuan jurnal ini adalah untuk menjelaskan bahwa delapan tokoh binatang yang paling sering muncul di dalam webtoon ini adalah penggambaran karakteristik pribadinya It Sun. Dalam makalah ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif dan teknik studi pustaka. Penelitian ini memiliki hasil bahwa penggambaran karakteristik pada tokoh-tokoh binatang tersebut adalah penggambaran sifat-sifatnya sang webtoonist sendiri. Selain itu, semua pendapat dan pemikiran It Sun ia salurkan lewat webtoon Ubau sebagai perantaranya.
ABSTRACT
This journal will talk about the analysis results of It Sun rsquo;s webtoon titled Ubau. These days, webtoons have become more popular compared to comics. In 2004, NAVER released Naver Manhwa as a vessel for comic book makers, also as an effort to decrease illegal readings of comic books. Naver Manhwa mdash;under the patronage of Line in Indonesia mdash;has changed the digital comic book landscape by providing easisness and accessibility for the readers Agnes, 2016 . In addition to being easier to access and more convenient to use format, the delivery of stories via webtoon is also easier to read. This journal rsquo;s intention is to describe the animal characters that are in this webtoon are the depiction of It Sun rsquo;s own characteristics. The method that would be used in this journal is the qualitative method with descriptive analysis and the literature study technique. This journal has a result that the depiction of characters that are present in these animal characters are the webtoonist rsquo;s own characteristics. Moreover, It Sun used Ubau as his media to channel his thoughts and opinions.
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Zainul Asikin Said
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini berusaha melihat persepsi masyarakat daerah kumuh terhadap salah satu film seri yang pernah di tayangkan TVRI, yaitu The A-Team. Persepsi di sini ditekankan pada usaha dari para pemirsa untuk memberikan 1 penilaian maupun penggambaran kekerasan dalam film tersebut. Sedangkan yang dimaksud dengan penggambaran kekerasan, adalah adegan atraktif di dalam film tersebut seperti tembak menembak, perkelahian, kebut-kebutan kendaraan bermotor dan peledakan-peledakan kendaraan maupun bangunan, sebagai perwujud cara , membasmi musuh, dalam mana adegan atraktif ini merupakan unsur utama film action. Penulis merasa perlu menelaah hal tersebut di atas, dikarenakan oleh adanya kekhawatiran-kekhawatiran tertentu, terutama dari kalangan akademisi, yang menyatakan bahwa film tersebut sarat dengan pesan kekerasan yang dapat mempengaruhi pemirsa. Pengaruh yang dikhawatirkan adalah pengaruh buruk, yakni pemirsa dapatmenampilkan kekerasan sebagai hasil pencerapan pesan kekerasan film tersebut. Di sini penulis ingin melihat hasil penerimaan khalayak golongan ini terhadap, film The A-Team dengan membahas pada persepsi yaitu faktor umur, pendidikan, frekuensi menonton film sejenis dan media uang dipilih untuk menonton film tersebut. Adapun lokasi dari penelitian ini ialah di kelurahan Pegangsaan Jakarta Pusat, tepatnya di wilayah Matraman Dalam. Dari hasil penelitian yang dilakukan terlihat bahwa bila ditinjau dari jenis film, maka The A-Team ditanggapi sebagai film kekerasan, namun oleh pemirsa tidak dipandang sebagai film yang menyampaikan pesan kekerasan. Kekerasan oleh pemirsa dilihat sebagai hal yang biasa (sebagai bumbu) dalam film action. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak menutup kemungkinan adanya pengaruh buruk yang ditimbulkan film tersebut. Namun penyebab utama bukan dari filmnya, melainkan dari pemirsa itu sendiri. Dengan kata lain, kecenderungan bertindak kekerasan berasal dari faktor personal maupun sosial. Sedangkan film pengaruhnya masih sangat perlu dikaji lebih dalam lagi.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marbun, Rindang Manola
Abstrak :
ABSTRAK Skripsi ini membahas penggambaran puri dalam roman Liebe und Tod auf Bali karya Vicki Baum. Analisis dilakukan berdasarkan teori semantik dengan bantuan antropologi linguistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan kesesuaian penggambaran puri dalam roman dan dengan puri dalam kehidupan masyarakat Bali sebelum abad ke-20. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Vicki Baum mampu menggambarkan puri sesuai dengan kenyataannya pada saat itu. Akan tetapi, terdapat ketidaktepatan penggunaan kata puri, yaitu Baum menggeneralisasi jero sebagai puri. Padahal keduanya memiliki perbedaan.
[, ], 2014
S53816
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya
Abstrak :
Skripsi ini membahas gambaran rasisme yang terjadi di Prancis yang diambil dari dua lagu karya Akli D, seorang musisi Kabyle, berjudul Malik dan C_facile. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan tekstual dan kontekstual. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dalam lagu Malik, tema rasisme ditampilkan melalui peristiwa kematian Malik oleh aparat kepolisian pada kerusuhan pelajar pada tahun 1986. Dalam lagu C_facile, tema rasisme ditampilkan melalui kesulitan kaum imigran dalam berintegrasi di Prancis.
This study focuses on the portrait of racism which is happened in France based on two songs of Akli D, a Kabylian musician, Malik and C_facile. This research is qualitative, using text-oriented and context-oriented approaches. The result of this research shows that in Malik, racism theme is presented by the death of Malik in student_s riot at 1986 by policemen. In C_facile, racism theme is presented by the difficulty of immigrant in integration in France.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S14487
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Qoonitah Amiza Rahma
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai analisis resepsi tentang penggambaran perpustakaan dan pustakawan pada role playing game (RPG), Genshin Impact, khususnya Rumah Daena sebagai perpustakaan terbesar dan Lisa sebagai pustakawan pada Perpustakaan Ksatria Favonius. Melalui Genshin Impact, pemaknaan perpustakaan dan pustakawan diteliti melalui pendekatan yang berbeda dari penelitian dalam media lainnya. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi resepsi dan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan lima informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) informan sebagai pemain memberikan makna bahwa Perpustakaan Ksatria Favonius dan Rumah Daena memiliki peraturan dan fungsi yang sama seperti perpustakaan asli; dan (2) Lisa dan Katayoun sebagai pustakawan, menurut informan digambarkan lebih ramah serta profesional dibandingkan dengan pustakawan asli meski dijelaskan dalam dialog bahwa Lisa terkadang malas dan Katayoun sering mengeluh. Dapat disimpulkan bahwa penggambaran perpustakaann dan pustakawan dalam Genshin Impact menghadirkan kesan positif yang diharapkan dapat meningkatkan pandangan pengguna perpustakaan yang sebelumnya negatif terhadap perustakaan dan pustakawan di dunia nyata. ......This study discusses reception analysis regarding the depiction of libraries and librarians in the role-playing game (RPG) Genshin Impact, especially House of Daena as the most extensive library and Lisa as the librarian at the Knights of Favonius Library. Through Genshin Impact, the description of libraries and librarians is examined through a different approach from research in other media. This writing uses a qualitative method with a reception study approach and data collection techniques in the form of in-depth interviews using a purposive sampling technique with five informants. The results showed that (1) the informant, as a player, had the view that the Knight of Favonius Library and House of Daena had the same rules and functions as the original library; and (2) Lisa and Katayoun, as librarians, described as more friendly and professional than the original librarians even though it was explained that Lisa was sometimes lazy and Katayoun often complained. The depiction of libraries and librarians in Genshin Impact presents a favorable impression expected to increase the views of library users who were previously hostile towards libraries and librarians in the real world.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Wisramwan
Abstrak :

ABSTRAK
Skripsi ini membahas karakteristik penggambaran tekstur dengan menggunakan transformasi wavelets dan membandingkannya dengan penggunaan FFT. Latar belakang pemilihan tekstur sebagai objek adalah karakteristik tekstur yang berbeda dengan gambar umum pada umumnya, dimana tekstur memiliki poly-pola gambar tertentu. Seiain itu aplikasi tekstur pada pengolahan gambar yang semakin meluas sedangkan proses penyimpanan media penyimpanannya sangat mahai. Oleh karena itu perlu diterapkan suatu metode pengolahan gambar untuk mengefisienkan dan meminimalkan penggunaan media penyimpanan. Transformasi wavelet mendapat perhatian karena kemampuannya dalam melakukan analisis menurut waktu-frekuensi yang terlokalisir, serta kemampuannya menganalisa sinyal gambar menurut arah horizontal, vertikal dan diagonal, sehingga sangat menarik untuk analisis tekstur. Tujuan analisis tersebut adalah untuk membandingkan unjuk keda transformasi wavelets dengan FFT serta menentukan jenis transformasi wavelets yang paling tepat untuk diterapkan pada analisis tekstur.

Analisis yang dilakukan meliputi energi dan distribusi koefisien, jenis wavelet, waktu proses, entropi clan PSNR. Perangkat lunak simulasi untuk keperluan analisis ini dibuat dan dijalankan dalam lingkungan pemrograman Matlab. 4.0. pada komputer dengan prosesor Intel Pentium 120 dart memori 16 Mbyte.
1997
S39419
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmadi
Abstrak :
ABSTRAK
Proyekxi stereagrajs merupalrarz metode pengganzbaran yang dapat merepresentasllfan sebuafz krlstal dari benruk tiga dimens! merzjadf tampllan dalam dua dtmensi. Perzggambafan proyeks! pada sebuafz Irristal slstem bcc akan menghasilkafz tangpilarz dua dimensf pada bidang ekuatorfal yang memperlfhatkan posts! senfap resultan arah muka krisral dan zona sumbu. Proses penggambaran secara manual membumhkarz waktu yang Iama, makrz berdasarkan pada alasan rersebutpada penelitian in! akan diusahakan menemukarz cara perzggambaran yang Iebih cepat derzgan memarzfaarkan kompurer.

Karya tulis ini akarz membahas pembuarafz program korrgrurer yang dqpar melakukan penggarnbamn proyeksi .s'tereo_gra_;?s rerhadap kristal bcc, sekirzgga dihasilkarz rampiian pada bidang ekuarorial. Program diharapifan jizga dapar melafeuifan perhimngan marematisyarzg menenrulran rzilaf koordinat setlap resulran arab muka krisral, sudut yang diberzruk terhadap zona sumbu serta posis-inya ferhadappusat bfdafzg elruatorial.
2000
S41614
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Akbar
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini berusaha melihat makna di balik penggambaran kejahatan dalam video game GTA IV serta melihat bagaimana kisah tersebut berpotensi menjadi pembelajaran kejahatan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus deskriptif dengan menggunakan Literary Theory sebagai metode. Untuk menganalisis penggambaran kejahatannya, penelitian ini menggunakan Strain Theory dan Differential Association. Untuk mengidentifikasi potensi dampaknya digunakan Social Learning Theory. GTA IV menunjukkan. GTA IV menunjukkan penggambaran kejahatan yang sangat nyata melalui proses sang karakter utama menjadi penjahat sampai dengan ditunjukkannya teknik, motif, dorongan dan rasionalisasi si karakter utama. Penggambaran tersebut pun punya potensi pembelajaran kejahatan.
ABSTRACT
This research is trying to see the meaning behind of crime depiction on GTA IV video game. Later on that crime depiction will be used to identified, how that crime depiction has crime learning potential. This research is a descriptive case study using Literary Theory as a method. To analyze the crime depiction, this research is using Social Strain Theory and Differential Association Theory as theoritical framework. To analyze the crime learning potential this research using Social Learning Theory as theoretical framework. GTA IV showed very real crime depiction, through the process of main character being a criminal and crime technique, motives, drives, and rationalization. That depiction too have a crime learning potential.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S61787
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Mathilda Fridauli
Abstrak :
Studi ini memberikan gambaran bagaimana penggambaran diri remaja dijadikan objek dalam konten visual terkait depresi ciptaan @adhimuff2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma kritis. Terdapat tiga sampel dari unggahan @adhimuff2 yang akan dianalisis menggunakan metode semiotika sosial, yaitu sampel yang menggambarkan bunuh diri, kondisi remaja kesepian yang melakukan perbandingan sosial, dan perundungan. Ketiga sampel dipilih karena dapat menggambarkan isu yang relevan dengan remaja. Penggambaran diri remaja dijadikan objek oleh @adhimuff2 dengan menggambarkan kesendirian, ketidakberdayaan, ketakutan, kesedihan, dan tidak ada bantuan untuk keluar dari kondisi depresi. Kondisi ini juga didukung oleh teknik pewarnaan dan pemakaian elemen-elemen yang berkaitan dengan depresi. ......This study provides an overview of how self-depiction of adolescent is made as an object in the visual content related to depression created by @adhimuff2. This study uses a qualitative approach with a critical paradigm. There are three samples taken from posts by @adhimuff2 that will be analyzed using social semiotics method, which are samples that depict suicide, condition of adolescent’s loneliness that leads to social comparison, and bullying. This study found that self-depiction of adolescent was made as an object by @adhimuff, depicted by solitariness, helplessness, fear, sadness, and there was no help to get out of depression state. This condition is also supported by coloring techniques and the se of elements that are associated with depression.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferry Artajaya
Abstrak :
Shitamachi Rocket 2 adalah drama bisnis yang menggambarkan permasalahan sektor pertanian sebagai krisis yang dialami Jepang akibat terjadinya fenomena koreika, keterbatasan akses mesin pertanian berkualitas, dan bencana alam. Tugas akhir ini bertujuan menganalisis narasi atas gagasan utama penggambaran tanggung jawab sosial melalui konflik yang terjadi dan penggunaan social power oleh individu dengan teori Base of Power menurut French dan Raven dan teknik mise-en-scène. Berdasarkan hasil analisis, tanggung jawab sosial perusahaan diperlihatkan melalui pemanfaatan teknologi sebagai alternatif solusi krisis sektor pertanian Jepang serta penggunaan kekuasaan oleh tokoh-tokoh sentral. Unsur narasi dalam drama ini dibangun melalui penggambaran nilai-nilai heroisme pada tokoh sentral yang digambarkan sebagai pihak marginal dalam melawan pihak berkuasa sebagai tokoh antagonis. Narasi fiksi di dalam drama ini sebaiknya dimaknai sebagai optimisme untuk menghadapi konflik yang terjadi di kehidupan sehari-hari terkait usaha pelaksanaan tanggung jawab sosial. ......Shitamachi Rocket 2 is business drama TV series which depicts problems in the agricultural sector as a crisis experienced by Japan due to the koreika phenomenon, limited access to quality agricultural machinery, and natural disasters. This research aims to analyze the main idea narration of social responsibility depiction through the conflicts that occur and the use of social power by individuals using the theory of Base of Power according to French and Raven and the mise-en-scène technique. This research finds that companies’ social responsibility is depicted by the using of technology as an alternative solution to the crisis in the Japanese agricultural sector and the using of power by protagonists. The narrative element in this drama is built through the depiction of the values of heroism in the protagonists who described as marginal figures against the ruling figures as the antagonist. The fictional narrative in this drama should be interpreted as optimism in dealing with conflicts that occur in everyday life related to the efforts to implement social responsibility.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library