Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Evfrat Sinna Al Akbar
"Telah dilakukan penelitian mengenai Polimer SBR untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hotmix menggunakan Aspal Non-lokal (Esso). Agregat yang tercampur dengan komposisi optimum, dipanaskan hingga suhu 150oC lalu dicampurkan dengan Aspal, kemudian diaduk. Saat suhu turun hingga 80oC, Polimer SBR dimasukkan ke dalam hotmix dan diaduk kembali. Setelah itu, dimasukkan ke dalam cetakan dan dilakukan pemadatan 2x75 kali tumbukan hingga dilakukan pengujian Marshall.
Hasil pengujian Marshall yang mencampurkan hotmix dengan Polimer SBR dengan komposisi 1% dan 2% variasi 1:0, 1:1, 1:3, dan 1:6, yakni nilai Stabilitas berada antara 200-350 Kg, nilai Kelelehan berada antara 4,8-5,8 mm, VIM berada antara 11-18 %, VMA berada antara 18-24 %, dan nilai MQ berada antara 30-107 Kg/mm. Polimer SBR ini terlihat berpengaruh pada hotmix terhadap peningkatan kelelehan, namun stabilitas justru menurun. Hal ini karena Polimer SBR bersifat merekat, yang akan memberikan kelenturan yang lebih baik.

This work has been performed to evaluate the influence of SBR Polymer on asphalt hotmix using imported asphalt, so called ESSO asphalt. Using technical standard compositions of aggregates and Esso asphalt were heated separately until 150oC and then mixed together until the homogenity reached. Following this mixtured procedure, this materials were cooled in air until the temperature reached to 80oC and then compacted for Marshall test. The SBR Polymer composition were variated by persentage 1% and 2% and by ration between SBR Polymer and water of 1:0, 1:1, 1:3 and 1:6 were compacted using Proctor standard procedure.
The Mashall test shows the results: stability between 200-350 Kg, flow between 4.8-5.8 mm, VIM between 11-18 %, VMA between 18-24 %, and MQ value between 30-107 Kg/mm. The work concluded that the influence of SBR Polymer addition on Esso asphalt hotmix shows the increasing of the flow but decreases the stability due to the adhesive properties of the SBR polymer and therefore increase the ductility of the asphalt concrete.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S54864
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Fikri
"Limbah beton merupakan limbah yang dihasilkan dari pembangunan dan pembongkaran bangunan. Pembangunan yang dilakukan secara terus-menerus meningkatkan kebutuhan produksi beton yang nantinya juga akan menghasilkan pertambahan jumlah limbah beton. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan limbah beton sebagai pengganti agregat menengah dalam campuran AC-WC dengan suhu pencampuran panas (HMA) terhadap nilai volumetrik marshall yang meliputi : Voids in Mixture (VIM), Voids in Mineral Aggregates (VMA), Voids Filled with Bitumen (VFB), Stabilitas, Kelelehan (flow), Marshall Quotient (MQ), dan Indeks Kekuatan Sisa (IKS). Limbah beton yang digunakan sebelumnya dilakukan peremajaan berupa pencucian dengan tujuan untuk mengurangi kandungan abu beton yang terdapat dalam limbah beton. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan jumlah limbah beton sebanyak 43% didapatkan peningkatan nilai dalam hal KAO, VIM, VMA, stabilitas, dan MQ serta penurunan nilai dalam hal VFB, kelelehan, dan IKS.

Concrete waste are waste that are produced from construction works and demolitions. Construction works that keeps increasing create the needs for concrete production that will eventually increase the amount of concrete waste. This research was conducted to know the effects of using recycled concrete aggregates (RCA) as replacement for medium aggregates in an AC-WC HMA mixture to the marshall volumetric values that includes : Voids in Mixture (VIM), Voids in Mineral Aggregates (VMA), Voids Filled with Bitumen (VFB), Stability, Flow, Marshall Quotient (MQ), and Residual Strength Index. Before using the RCA, treatment was given by washing the RCA to reduce the amount of cement that are contained within the RCA. The result shows from using 43% of RCA there is an increase in terms of OAC, VIM, VMA, stability, and MQ as well as a reduction in terms of VFB, flow, and Residual Strength Index."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rasyid Sahirul Masjidi
"Limbah plastik telah menjadi permasalahan global yang sangat rumit. Salah satu penyumbang sampah plastik terbesar berasal dari kemasan FMCG (Fast Moving Consumer Goods). Hal ini menjadi masalah baru oleh sebab jenis plastik yang dipakai merupakan plastik berlapis (multilayer) yang memiliki nilai ekonomi rendah untuk didaur ulang. Pada penelitian ini, telah dilakukan upaya daur ulang dengan percobaan menambahkan limbah plastik multilayer berbasis polipropilena (PP) ke dalam bitumen PEN 60/70 yang kemudian digunakan ke dalam campuran perkerasan aspal. Pencampuran bitumen termodifikasi plastik dilakukan menggunakan alat Hot Melt Mixer dengan waktu pengadukan 30 menit pada suhu 180oC serta penambahan aditif lignin sebagai compatibilizer sebesar 0,3 wt.% terhadap berat bitumen. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah persentase kadar plastik terhadap berat bitumen, meliputi: 0 wt.% (bitumen murni), 3 wt.%, 4 wt.% dan 5 wt.%. Keempat jenis bitumen kemudian dicampur dengan agregat dan dilakukan pengujian Marshall sesuai dengan standar ASTM D6927 untuk mendapatkan karakteristik perkerasan aspal serta kadar aspal optimum (KAO). Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan Polymer Modified Bitumen (PMB) dapat meningkatkan kualitas campuran perkerasan aspal ditandai dengan bertambahnya kekuatan dan ketahanan terhadap deformasi dilihat dari peningkatan nilai stabilitas dan penurunan nilai kelelehan (flow). Komposisi plastik pada PMB juga berpengaruh terhadap karakteristik Marshall serta KAO pada campuran perkerasan aspal. Semakin tinggi kadar plastik, maka kekuatan campuran perkerasan aspal juga semakin meningkat serta memiliki nilai KAO yang lebih rendah. Adapun jenis perkerasan aspal yang memiliki kekuatan paling tinggi serta nilai KAO paling rendah adalah pada penggunaan bitumen jenis PMB dengan kadar plastik 5 wt.%.

Plastic waste has become a very complicated global problem. One of the biggest contributors to plastic waste comes from FMCG (Fast Moving Consumer Goods) packaging. This is a new problem because the type of plastic used is multilayer plastic which has low economic value for recycling. In this research, recycling efforts have been carried out by experimenting with adding polypropylene (PP) based multilayer plastic waste into the PEN 60/70 bitumen which is then used in the asphalt pavement mixture. The mixing of the plastic modified bitumen was carried out using a Hot Melt Mixer with a stirring time of 30 minutes at a temperature of 180oC and by adding lignin as an additive compatibilizer of 0.3 wt.% of bitumen. The independent variables used in this study were the percentage of plastic content to bitumen weight, therefore: 0 wt.% (pure bitumen), 3 wt.%, 4 wt.%, and 5 wt.%. The four types of bitumen were then mixed with aggregate and tested by Marshall testing according to the ASTM D6927 standard to obtain asphalt pavement characteristics and optimum asphalt content (OAC). The test results show that the use of Polymer Modified Bitumen (PMB) can improve the quality of the asphalt pavement mixture characterized by increased strength and resistance to deformation seen from the increase in stability value and decrease in flow value. The plastic composition of the PMB also affects the Marshall characteristics and OAC of the asphalt pavement. The higher the plastic content, the strength of the asphalt pavement mixture also increases and has a lower OAC value. The type of asphalt that has the highest strength and the lowest OAC value is the PMB bitumen with a 5 wt.% plastic content."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library