Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maharani Cyrilla
Abstrak :
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat apakah learning approach (pendekatan belajar) mahasiswa, yaitu pendekatan belajar deep,strategic, atau surface memiliki hubungan dengan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi, khususnya pada masa pembelajaran secara hybrid setelah sebelumnya mahasiswa mengalami pembelajaran jarak jauh di masa sekolah menengah atas mereka. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama angkatan 2022 di Indonesia (N = 122). Pengumpulan data penelitian dilakukan secara online dengan cara menyebarkan link Google form melalui media sosial. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur penyesuaian diri di perguruan tinggi adalah College Adjustment Questionnaire (CAQ), sedangkan untuk pendekatan belajar adalah The Approaches and Study Skills Inventory for Student (ASSIST). Teknik analisis yang digunakan untuk melihat hubungan antara dua variabel adalah Pearson Product Moment Correlation Coefficient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi (r = 0.335, p < 0.01) dan pendekatan belajar strategic memiliki hubungan yang paling kuat terhadap penyesuaian diri mahasiswa (r = 0.527, p < 0.01). Untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar sampel dapat merepresentasikan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. ......The background of this research is to see whether the student learning approach, namely deep, strategic, or surface learning approaches has a relationship with the adjustment of first-year students in tertiary institutions, especially during the hybrid learning period after previously students experienced distance learning in their high school. The participants in this study were first-year students from batch 2022 in Indonesia (N = 122). Research data was collected online by distributing Google form links via social media. The measuring tool used to measure college adjustment was the College Adjustment Questionnaire (CAQ), while the learning approach was The Approaches and Study Skills Inventory for Students (ASSIST). The analysis technique used to see the relationship between the two variables isthe Pearson Product Moment Correlation Coefficient. The results showed that the learning approach had a significant relationship with the adjustment of first-year students in tertiary institutions (r = 0.335, p < 0.01), and the strategic learning approach had the strongest relationship with the adjustment of students in their first year (r = 0.527, p < 0.01). Forfurther research, it is hoped that the sample can represent students from various tertiary institutions in Indonesia.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naila Arrania
Abstrak :
Pada tahun pertama perkuliahan, mahasiswa baru dituntut untuk beradaptasi dengan berbagai tantangan akademis, sosial, dan emosional baru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran resiliensi dan masing-masing dimensinya, yakni kompetensi personal serta penerimaan diri dan hidup, dalam memprediksi penyesuaian diri di perguruan tinggi pada mahasiswa baru. Studi kuantitatif dilakukan terhadap mahasiswa baru dalam rentang usia 18-20 tahun dari berbagai universitas di Indonesia (N = 130). Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa dimensi kompetensi personal serta dimensi penerimaan diri dan hidup dapat memprediksi penyesuaian diri di perguruan tinggi, dengan dimensi penerimaan diri dan hidup sebagai prediktor yang paling signifikan atas penyesuaian diri di perguruan tinggi. Institusi pendidikan perguruan tinggi dapat mempertimbangkan aktivitas yang dapat membangun resiliensi pada individu untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri di perguruan tinggi pada mahasiswa baru. ......During the first year of college, college freshmen must adapt to many novel academic, social, and emotional challenges. The goal of this study is to examine the role of resilience and its dimensions, which are personal competence and acceptance of self and life, as a predictor for college adjustment among college freshmen. A quantitative study was conducted on college freshmen aged between 18-20 years old across universities in Indonesia (N = 130). Based on our findings, personal competence and acceptance of self and life simultaneously and significantly predicted college adjustment, with acceptance of self and life as the most significant predictor of college adjustment. Higher education institutions need to consider developing certain activities that can build resilience in individuals to improve college adjustment among college freshmen.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhifah Ramadhanti
Abstrak :
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat mahasiswa yang berada di tahun pertama mengalami banyak tantangan tambahan selama masa transisi ke dunia perkuliahan. Dalam keadaan ini, kemampuan mahasiswa baru untuk dapat berpikir rasional, meregulasi emosinya, dan juga menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran diferensiasi diri dalam memprediksi penyesuaian diri di perguruan tinggi pada mahasiswa baru selama PJJ. Dalam penelitian yang merupakan penelitian kuantitatif ini, pengambilan data dilakukan secara daring dengan menggunakan dua alat ukur, yaitu Differentiation of Self Inventory-Short Form (DSI-SF) untuk mengukur diferensiasi diri dan College Adjustment Questionnaire (CAQ) untuk mengukur penyesuaian diri di perguruan tinggi. Melalui teknik convenience sampling, didapatkan 132 partisipan. Mereka merupakan mahasiswa baru yang masuk kuliah di tahun 2021 dan melaksanakan PJJ. Berdasarkan hasil analisis regresi, ditemukan bahwa diferensiasi diri secara signifikan dapat memprediksi penyesuaian diri mahasiswa baru di perguruan tinggi selama PJJ (R2= 0,225, adjusted  R2= 0,219, p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa individu dengan diferensiasi diri yang baik akan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri lebih baik di perguruan tinggi. Selain itu, analisis tambahan yang dilakukan peneliti juga menemukan bahwa dimensi I-position merupakan dimensi dari diferensiasi diri yang memberikan kontribusi paling besar dalam memprediksi penyesuaian diri di perguruan tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa penting bagi mahasiswa baru untuk mengembangkan diferensiasi diri mereka agar dapat menyesuaikan diri lebih baik di perguruan tinggi. ......Distance Learning exposes first year students to many additional challenges during their transition to college life. In this situation, their ability to be able to think rationally, regulate their emotions, and also maintain healthy relationships with other people is very important. This study aims to examine the role of differentiation of self in predicting college adjustment in first year students during distance learning. In this quantitative research, the data collection is done online using two measuring tools, namely the Differentiation of Self Inventory – Short Form (DSI-SF) to measure differentiation of self and the College Adjustment Questionnaire (CAQ) to measure college adjustment. Through convenience sampling technique, obtained 132 participants. They are new students who enter college in 2021 and carry out distance learning. Based on the results of the regression analysis, it was found that differentiation of self could significantly predict college adjustment during distance learning (R2 = 0.225, adjusted R2 = 0.219, p < 0.05). These results indicate that individuals with good differentiation of self will have a better ability to adapt better in college. In addition, additional analysis conducted by researchers also found that the I-position dimension from differentiation of self contributes the most in predicting college adjustment. These findings indicate that it is important for freshmen to develop their differentiation of self in order to better adjust to college.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library