Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Akbar Maulana
Abstrak :
ABSTRAK
Hasil penelitian yang dilakukan Minarly (2008) dandata yang dikemukakan Kuswanto (2010) yang menunjukan bahwa kinerja Pengawas Sekolah Menengah Kota Cirebon menempati urutan terendah dibandingkan dengan Kinerja Pengawas Sekolah di Wilayah III Cirebon dan beragamnya frekuensi kunjungan ke sekolah Pengawas Sekolah merupakan dasar perumusan masalah penelitian ini. Ada dua masalah penelitian ini yaitu adakah kesenjangan peran Pengawas Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan SMA di Kota Cirebon dan upaya apa yang dilakukan untuk menghilangkan kesenjangan tersebut. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method sequential explanatory. hasil penelitian menunjukan adanya kesenjangan peran antara yang diharapkan dengan yang dilakukan Pengawas Sekolah sebagai developer of people, curriculum developer, instructional specialist, human relation worker, staff developer, administrator, manager of change dan evaluator. Upaya yang sebaiknya dilakukan untuk menghilangkan kesenjangan tersebut adalah (1) memperbaiki komitmen pemangku kepentingan terhadap tugas, fungsi, dan peran yang telah diatur dalam suatu peraturan tentang pendidikan (2) merancang ulang penjadwalan kunjungan ke sekolah oleh Pengawas Sekolah (3) merancang suatu aturan yang lebih operasional yang dapat memayungi dan mengatur sistem kepengawasan (4) meningkatkan kompetensi Pengawas Sekolah melalui suatu program kegiatan yang berkelanjutan (5) Disdik Kota Cirebon bersama Pengawas Sekolah menindaklanjuti hasil evaluasi Pengawasan
Abstract
Results of research conducted Minarli (2008) and the data presented Kuswanto (2010) which showed that the performance of Schools Supervisor in City III Cirebon and varying the frequency of visits Schools Supervisor to school are the basis for formulation of research problems. Two problem of research are some gaps of Schools Supervisory role in improving the quality of school education in Cirebon City and what efforts are made to eliminate the gaps. The method used in this study is mixed methods sequential explanatory. The results indicate some gaps between the expected role undertaken by the School supervisor as a developer of people, curriculum developers, administrators, managers of change and evaluators. Efforts should be made to eliminate the gaps are (1) improve stakehodres commitment to the role, duties and functions of each, (2) redesign of scheduling visits to schools by the School Supervisor, (3) designing a more operational rules that can be overaching and adjust the supervisory system, (4) increasing the competence Supervisory School through an ongoing program of activities and (5) Disdik Cirebon City and Schools Supervisor follow up the supervisory evaluation results.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T29798
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library