Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Manalu, Elgina Febris Maria
"Peningkatan belanja iklan digital secara global, yang didorong oleh akselerasi cepatnya konsumen berpindah ke media online, dimanfaatkan oleh pemasar dengan menampilkan Online Behavioural Advertising (OBA). OBA dianggap sebagai salah satu taktik untuk terhubung dengan audiens karena dapat memberikan iklan yang lebih relevan kepada pengguna (personalisasi). Namun, pengumpulan dan penggunaan informasi sering kali disembunyikan, yang mengarah ke situasi di mana pelanggan menganggap pengumpulan dan penggunaan data pribadi sebagai gangguan, yang menghasilkan persepsi negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk fokus melihat bagaimana perceived benefit berupa faktor (relevance, credibility, dan perceived usefulness) mempengaruhi penerimaan OBA, niat klik, dan niat perilaku konsumen. Analisis varians dilakukan untuk menguji 2 (relevansi: high vs low) x 2 (kredibilitas: high (overt information cue) vs low (covert information cue) x 2 (perceived usefulness: more trusted seller vs less trusted seller) dan digunakan desain eksperimen antar subjek (n=198). Dari 8 stimulus yang diteliti, diperoleh hasil bahwa stimulus dengan high relevance, high credibility dan high perceived usefulness menghasilkan nilai rata-rata yang lebih tinggi terhadap penerimaan iklan. Penerimaan iklan ini yang selanjutnya berpengaruh positif terhadap click intention dan behavioral intention. Penelitian ini memberikan kontribusi akademik dan implikasi manajerial mengenai dalam merancang strategi pemasaran melalui penampilan OBA yang efektif untuk mendorong niat pembelian konsumen.
......Marketers are taking advantage of the global surge in digital advertising spending, which has been driven by the quick acceleration of consumers move to online media, by displaying Online Behavioural Advertising (OBA). OBA is considered as one of keyway to connect with the audience as it can deliver more relevant ads to users (personalization). However, the collection and use of information is frequently hidden away, leading to a situation for which customers perceive the collection and use of personal data as intrusive, resulting in negative perceptions. The purpose of this study is to see how perceived benefit (relevance, credibility and perceivedusefulness) affects OBA acceptability, click intention, and customer behavioural intention.
Analysis of variance was conducted to test 2 (relevance: high DCP vs low DCP) x 2 (credibility: overt vs covert) x 2 (perceived usefulness: more trusted vs less trusted seller), using a between-subject experimental design (n=198). Of the 8 stimuli studied, the results showed that stimuli with high relevance, high credibility and high perceived usefulness resultedin a higher average value for OBA acceptance. OBA acceptance then has a positive effect on click intention and behavioral intention. This study provides academic contributions and managerial implications regarding in form of marketing strategies through the appearance of an effective OBA to encourage consumer purchase intentions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dona Ramadhan
"Pangsa pasar keuangan syariah berada pada angka 5% pada tahun 2018. Di sisi lain, lembaga keuangan digital (fintech) mengalami pertumbuhan sangat pesat hingga 650% dalam kurun waktu setahun. Fenomena ini menunjukkan bahwa masyarakat saat ini sudah mengadopsi teknologi mutakhir. Berdasarkan asumsi bahwa fintech syariah dapat menjadi alternatif meningkatkan pangsa pasar keuangan Islam, penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh persepsi manfaat yang dirasakan, risiko yang dialami, dan maqoshid syariah terhadap intensi untuk berinvestasi melalui fintech syariah dengan mengambil reponden pekerja lembaga keuangan non-digital. Dengan menggunakan analisis structural equation modeling (SEM) terhadap 391 sampel, hasil pengujian data menunjukkan persepsi manfaat berpengaruh positif namun tidak signifikan, persepsi  risiko berpengaruh positif secara signifikan, dan persepsi Maqoshid syariah berpengaruh positif secara signifikan terhadap intensi berinvestasi menggunakan jasa fintech syariah. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu pada responden pekerja lembaga keuangan non digital, model bisnis fintech peer-to-peer, dan persepsi dari sisi investor (pemodal). Rekomendasi penelitian lebih lanjut yaitu segmen responden dari Generasi Y dan Z dan dari sisi pengguna dana. Untuk implikasi manajerial, perusahaan fintech syariah harus lebih memperhatikan masalah profitabilitas dan kebermanfaatan yang lebih luas.

The market share of Islamic banking in Indonesia remains approximately at 5 percent in 2018. On the other hand, Fintech peer-to-peer lending amount has rapidly increased up to 650% in a year. This phenomenon indicates people now have started to adopt novel technology. Based on the assumption Islamic Fintech could be an alternative way to boost Islamic finance, this paper aimed in measuring the influence of perceived benefit, perceived risk, and perceived maqoshid sharia toward intention to make investment through Islamic Fintech by non-digital financial institution employees. Using structural equation modeling (SEM) as analytical tools of 391 samples, this research found that perceived benefit has positive but insignificant impact, perceived risk has positive and significant impact, and perceived maqoshid sharia has positive and significant impact toward intention to invest using Islamic fintech. However, this research has limitations. Perception is measured from non digital financial institution employee and investor sight, and Islamic fintech peer-to-peer business model as the object of the study. The findings also suggest further research to measure the perception of Gen Y and Z, and from borrower sight of fintech. Managerial implications for Islamic fintech are to pay more attention on profitability and to deliver broader social contribution."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54636
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Oktiana Irawati
"Sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, maka pada tanggal 1 Januari 2014, seluruh rakyat Indonesia wajib menjadi peserta jaminan sosial yang salah satunya adalah Jaminan Kesehatan. Sebelumnya, jaminan sosial hanya diwajibkan untuk pekerja formal dan Pegawai Negeri Sipil padahal jumlah terbesar tenaga kerja di Indonesia berada di sektor informal.
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi motivasi pembelian asuransi kesehatan di kalangan sektor informal perkotaan dengan menggunakan pendekatan Health Belief Model dan Theory of Planned Behaviour, Konstruk yang dipergunakan untuk mengetahui motivasi pembelian adalah perceived susceptibility, perceived benefit, dan perceived behavioural control. Atribut yang diteliti meliputi risiko finansial, risiko kesehatan, paket manfaat, akses pemanfaatan asuransi, harga premi, akses pembelian premi, dan karakteristik individu. Tesis ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan single-cross sectional designs, dan uji statistik regresi linier.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa perceived susceptibility tidak berpengaruh positif terhadap motivasi pembelian sementara perceived benefit dan perceived behavioural control mempengaruhi motivasi pembelian. Atribut yang secara langsung bersifat positif terhadap motivasi pembelian adalah 1) paket manfaat; 2) akses pemanfaatan asuransi dan 3) akses pembelian premi. Atribut demografi yang berpengaruh positif terhadap motivasi pembelian adalah tingkat pendidikan. Sementara atribut yang tidak terbukti memiliki hubungan positif adalah risiko finansial dan risiko kesehatan.
......The Law number 24 year 2011 on Social Insurance Carrier has been enacted. In regards to this regulation, all Indonesian peoples are mandated to contribute to social health insurance starting January1st, 2014. Previously, only workers in formal sector and civil servants are mandated in social health insurance while the majority of labors are in the informal sector.
This study aims to find out factors that influence intention to buy health insurance among the informal sector living in Depok. The study uses the Health Belief Model and the Theory of Planned Behaviour. The construct used as predictor of intention to buy are perceived susceptibility, perceived benefits, and perceived behavioral control. This study defines the attributes as follow: financial risks, health risks, access to the utilization of insurance benefit package, premium prices, access of premium purchases, and individual characteristics. This study uses descriptive research method with a single cross-sectional designs, and linear regression to test the hypotheses.
The study found that perceived susceptibility was not correlated to the intention to purchase health insurance. Perceived benefits and perceived behavioral control positively associated with the intention to buy health insurance. Variables directly attributed to the intention to buy health insurance are 1) perceived benefit, 2) perceived access to health care providers and 3) access to sales agents. Education positively correlated with the intention to buy health insurance. However, perceived financial risks and health risks that were hypothesized to influence the intention to buy health insurance were not significant."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sadewo Ahmad Musa
"ABSTRAK
Teknologi telah berhasil mendisrupsi semua yang kita ketahui, termasuk sektor keuangan. Ribuan startup telah tercupta di seluruh dunia, dengan yang paling populer selama beberapa tahun terakhir ini adalah fintech. Di Indonesia, fintech baru mulai mencuat baru-baru ini. Berfokus pada Peer-to-Peer Lending, penelitian ini mencoba untuk memahami bagaimana persepsi investor terhadap layanan peer-to-peer lending dan bagaimana hal itu mempengaruhi niat berkelanjutan untuk menggunakan platform. Studi ini telah mengumpulkan 110 responden yang memiliki pengalaman dalam berinvestasi dalam platform Peer-to-Peer Lending. Metode Partial Least Square digunakan untuk menguji model yang diusulkan, yang menghasilkan risiko keuangan memiliki efek paling negatif pada intensi berkelanjutan pengguanaan Peer-to-Peer Lending, sedangkan Economic Benefit memiliki efek positif terkuat. Studi ini dapat berkontribusi untuk memahami manfaat dan faktor risiko yang mempengaruhi intensi penggunaan Peer-to-Peer Lending secara berkelanjutan, karena studi tentang topik ini masih sangat sedikit.

ABSTRACT
Technology has come to disrupt everything we know, including the financial sector. Thousands of startups had has risen around the world, with the most popular one for these few years were Financial Technology. In Indonesia, such thing has just gained its fame recently. Focusing on Peer to Peer Lending, this study tries to understand how people on lender side perceived the services and how that affecting the continuous intention to use the platform. This research has collected 110 participants that have experience on investing at Peer to Peer Lending platforms. Partial Least Square method was used to test the proposed model, resulting on financial risk had the most negative effect on Peer to Peer Lending continuance intention, while economic benefit had the strongest positive effect. This study can contribute to understand the benefit and risk factors that affecting the Peer to Peer Lending continuance intention, as there are very limited number of study regarding the topic. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mulida Arifiati
"Operasi CABG merupakan salah satu penanganan bedah pada PJK dan meningkatkan kualitas pasien kehidupan baik. Namun pasien yang telah menjalani CABG tetap berisiko untuk kejadian iskemik. Pencegahan sekunder kardiovaskular memainkan peran penting untuk mempertahankan jangka panjang patensi cangkok, memperlambat proses aterosklerotik, dan mencegah hasil kardiovaskular yang merugikan. Perubahan perilaku dipengaruhi oleh keyakinan seseorang untuk berubah dan dukungan disekitarnya. Keyakinan yang dianggap berpengaruh terhadap pola perubahan perilaku adalah perceived benefit dan perceived barrier. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perceived benefit, perceived barrier dan dukungan sosial terhadap perawatan diri pasien setelah operasi CABG. Metode: desain cross-secrtional, dengan jumlah sampel 75 responden, kriteria inklusi: Pasien operasi CABG lebih dari 6 bulan, Usia lebih dari 30 tahun, Hasil analisis terdapat empat hubungan yang bermakna terhadap perawatan diri, didapatkan pendidikan nilai p 0,015, perceived benefit  nilai p 0,001, perceived barrier dengan nilai p 0,004 , dan dukungan sosial nilai p 0,000. Dan hasi tidak bermakna pada usia nilai p 0.631 dan pengetahuan nilai p 0.418 Jenis kelamin nilai p 0,357. Kesimpulan : terdapat hubungan yang bermakna anatara perceived benefit, perceibved barrier, dan dukungan sosial terhadap perawatan diri pasien setelah operasi CABG
......CABG surgery is one of the surgical treatments for CHD and improves the patient's quality of life. However, patients who have undergone CABG remain at risk for ischemic events. Cardiovascular secondary prevention plays an important role in maintaining long-term graft patency, slowing the atherosclerotic process, and preventing adverse cardiovascular outcomes. Behavior change is influenced by a person's belief to change and support around him. The beliefs that are considered to have an effect on the pattern of behavior change are perceived benefits and perceived barriers. The purpose of this study was to determine the relationship of perceived benefit, perceived barrier and social support to patient self-care after CABG surgery. Methods: cross-sectional design, with a sample of 75 respondents, inclusion criteria: CABG surgery patients more than 6 months, age more than 30 years, the results of the analysis there are four significant relationships with self-care, education p value is 0.015, perceived benefit value p 0.001, perceived barrier with p value 0.004 , and social support p value 0.000. not significant, namely age p value 0.631 and knowledge p value 0.418 Gender p value 0.357. Conclusion: there is a significant relationship between perceived benefit, perceived barrier, and social support for patient self-care after CABG surgery."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ikhsan Budiarto
"Indonesia telah mengimplementasikan kebijakan cukai cairan rokok elektronik, namun penelitian tentang rokok elektronik belum banyak dilakukan. Studi ini menguji tentang efek kebijakan cukai terhadap persepsi risiko dan persepsi manfaat rokok elektronik serta faktor yang mempengaruhinya. Data berasal dari studi kohort online dengan sampel pengguna rokok elektronik dewasa di Indonesia. Data diambil sebelum implementasi cukai pada September 2018 (wave 1, n=1322) dan sesudah implementasi cukai pada November-Desember 2018 (wave 2, n=1039). Variabel dependen berupa Persepsi risiko dan Persepsi manfaat. Sedangkan variabel independen utama berupa status vaping, punya teman yang vaping, persepsi keterjangkauan harga, persepsi risiko dan persepsi manfaat sebelum implementasi cukai. Analisis menggunakan regresi linier berganda untuk mengestimasi hubungan antara variabel dependen dan variabel independen utama setelah dikontrol oleh variabel sosiodemografi. Hasil analisis menunjukkan peningkatan persepsi risiko (t=-3.549; p=0.001) dan persepsi manfaat (t=-20.182; p=0,001). Persepsi risiko berhubungan secara positif dengan status vaping (b=0,21, SE=0,07, p=0,003) dan persepsi risiko sebelum implementasi cukai (b=0,45, SE=0,03, p=0,001), serta berhubungan secara negatif dengan persepsi keterjangkauan harga (b=-0,09, SE=0,03, p=0,001) dan persepsi manfaat sebelum implementasi cukai (b=-0,13, SE=0,03, p=0,001). Sedangkan persepsi manfaat berhubungan secara positif dengan persepsi keterjangkauan harga (b=0,05, SE=0,02, p=0,006) dan persepsi manfaat sebelum implementasi cukai (b=0,05, SE=0,02, p=0,011), serta berhubungan secara negatif dengan persepsi risiko sebelum implementasi cukai (b=-0,05, SE=0,02, p=0,039). Kebijakan cukai seharusnya dapat meningkatkan persepsi risiko dan menurunkan persepsi manfaat, namun kondisi tersebut tidak tercapai. Variabel persepsi keterjangkauan harga menjadi faktor yang mempengaruhinya. 

Indonesia has implemented an electronic cigarette excise tax policy, but not much research on electronic cigarettes. This study examines the effect of tax policy on risk and benefits perception of electronic cigarettes and the factors that influence it. Data comes from an online cohort study with sample of Indonesian adult electronic cigarette users. Data is taken before implementation of tax in September 2018 (wave 1, n = 1322) and after implementation of tax in November-December 2018 (wave 2, n = 1039). Dependent variables of this research is perceived risk and perceived benefit. Main independent variables are vaping status, social support, perceived affordability of electronic cigarette, perceived risk and perceived benefit before implementation tax. The analysis uses multiple linear regression to estimate the relationship between dependent variables and users characteristics after being controlled by sociodemographic variables. The analysis showed an increase of perceived risk (t=-3.549; p=0.001) and perceived benefit (t=-20.182; p=0,001). Perceived risk was positively associated with vaping status (b=0.21, SE=0.07, p=0.003) and perceived risk before implementation tax (b=0.45, SE=0.03, p=0.001) and was negatively associated with perceived affordability (b=-0.09, SE=0.03, p=0.001) and perceived benefit before implementation tax (b=-0.13, SE=0.03, p=0.001). Perceived benefit was positively associated with perceived affordability (b=0.05, SE=0.02, p=0.006) and perceived benefit before implementation tax (b=0.05, SE=0.02, p=0.011) and was negatively associated with percdeived risk before implementation tax (b=-0.05, SE=0.02, p=0.039). Tax policies should be able to increase risk perceptions and reduce perceived benefits, but this condition is not achieved. Variable perceived affordability of price is a factor that affects it. "
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
T54979
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diajeng Salsabila Desideria
"Penelitian ini bertujuan untuk memiliki pemahaman yang mendalam terkait faktor yang mempengaruhi keinginan konsumen untuk menggunakan mobile wallet secara berkelanjutan. Serta juga untuk melihat apakah terdapat perbedaan antara pengaruh perceived benefit dan perceived risk berdasarkan user type. Penelitian ini menggunakan sampel pengguna DANA di No. dengan usia 17-35 tahun yang dikategorikan sebagai pengguna aktif mobile wallet. Smart PLS digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini No. bahwa perceived benefit dan perceived risk memiliki pengaruh terhadap continuance intention. Pada perceived benefit ditemui faktor economic benefit, seamless transaction, dan convenience sebagai variabel yang signifikan berpengaruh terhadap perceived risk. Sementara No. risk, security risk dan legal risk mempengaruhi perceived risk. Penelitian ini menemukan tidak ada pengaruh yang signifikan dari operational risk terhadap perceived risk. Serta penelitian ini juga menemukan adanya perbedaan pengaruh perceived benefit yang berbeda berdasarkan user type. Dengan demikian, melalui penelitian ini dapat diketahui faktor apa saja yang mendorong serta mengurangi continuance intention mobile wallet dan bagaimana benefit dan risk memiliki pengaruh yang berbeda berdasarkan user type."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mukhlis Diphda Veryananda
"Industri layanan pesan-antar makanan online (OFDS) merupakan salah satu inovasi signifikan di seluruh dunia dalam pasar industri makanan yang sudah jenuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik mengenai faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi sikap konsumen dan niat pembelian ulang. Penelitian ini disusun untuk menyelidiki signifikansi manfaat yang dirasakan, risiko yang dirasakan, dan persuasi online terhadap sikap konsumen dan niat membeli ulang dengan norma subjektif dan kontrol perilaku yang dirasakan sebagai elemen tambahan. Pengaruh mediasi juga diteliti. Berdasarkan hasil analisis terhadap 209 responden yang berdomisili di Indonesia dengan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modelling, ditemukan bahwa perceived benefit dan online persuasion mempengaruhi sikap konsumen, sikap konsumen juga memediasi hubungan tersebut dengan repurchase intention, dan subjective norm serta perceived behavior control ditemukan memiliki pengaruh terhadap repurchase intention. Namun, perceived risk ditemukan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap konsumen. Hasil penelitian menyarankan penyedia aplikasi OFDS untuk menyediakan desain yang menarik secara visual, aplikasi dan pengalaman pengguna yang mudah dinavigasi, pembelajaran mesin untuk preferensi konsumen, evaluasi akurasi pesanan secara internal, peningkatan privasi dan promosi makanan popular.
......The online food delivery services (OFDS) industry is one of the most significant worldwide innovations in the saturated market of food industry. Thus, it is crucial to gain a better insight of both the internal and external factors that influence the attitudes of consumer and repurchasing intention. The study was arranged to investigate the significancy of perceived benefits, perceived risk, and online persuasion towards the attitudes of consumer and repurchase intention with subjective norm and perceived behavior control as its additional element. The mediating influence were also examined. Based on the analyzed result on 209 respondents domiciled in Indonesia using Partial Least Squares Structural Equation Modelling, it was found that perceived benefit and online persuasion were found to influence the attitude of consumer, attitude also mediate those relationship, and subjective norm and perceived behavior control was found to have influence toward repurchase intention. However, perceived risk was found to have no significant influence towards the consumer attitude. The research result suggests the OFDS application provider to provide a visually appealing design, easy to navigate application and user experience, machine learning for consumer preference, internal order accuracy evaluation, improved privacy and security, and highlighting popular food among social circles."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Karen Jessica
"Pandemi COVID-19 telah berdampak besar pada pelemahan sektor pariwisata di Indonesia. Dari sisi konsumen, terdapat pula dilema pertimbangan risiko tertular penyakit dengan keinginan untuk berwisata. Untact tourism hadir sebagai alternatif solusi kedua permasalahan tersebut. Penelitian ini mengkaji hubungan risk perception COVID-19 terhadap intensi perilaku untact tourism secara langsung dan dengan mediasi kerangka theory of planned behavior (TPB). Penelitian ini juga melengkapi model penelitian sebelumnya dengan menambahkan variabel untact tourism benefit perception. Penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah responden 501 individu yang belum pernah melakukan untact tourism serta dianalisis menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan langsung perceived risk dan perceived benefit terhadap behavioral intention tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Namun, variabel-variabel TPB menunjukkan hubungan mediasi yang signifikan dalam hubungan perceived risk dan perceived benefit terhadap behavioral intention.
......The COVID-19 pandemic has caused a devastating impact on the tourism sector in Indonesia. Problem intensifies by an emerging dilemma in the consumer's side between their risk of contracting the disease and their desire to travel. Untact tourism becomes an alternative solution to alleviate these problems. This study examines the relationship between the effect on risk perception of COVID-19 and untact tourism, both directly and through the mediation of the theory of planned behavior framework (TPB). This study also complements the previous research model by adding new variables of untact tourism benefit perception. The research was conducted using a purposive sampling method with 501 respondents that has not participated in untact tourism before and was analyzed using Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results showed that direct effects between perceived risk and perceived benefit towards behavioral intention are not significant, yet TPB variables show significant mediating effects."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Setya Sultani
"ABSTRAK
Artikel ini berusaha menjelaskan gejala digital piracy terjadi di kalangan mahasiswa menggunakan theory of planed behavior, persepsi risiko dan keuntungan, rasionalisasi dan habit. Penambahan komponen pada theory of planned behavior ditujukan untuk menjawab keterkaitan kondisi ekonomi dengan digital piracy di negara berkembang, serta mengapa terdapat stagnansi tingkat penggunaan digital piracy di suatu negara, sebagian dari artikel ini juga menelaah potensi mengurangi digital piracy menggunakan pendekatan kesejahteraan menggunakan subsidi oleh pemerintah. Dalam penulisan artikel ini digunakan studi pustaka sebagai metode penulisan serta penyusunan, temuan data menunjukkan adanya signifikansi antara persepsi keuntungan, rasionalisasi dan habit terhadap perilaku digital piracy di kalangan mahasiswa, persepsi keuntungan menjadi komponen yang mendasari hubungan digital piracy dengan kondisi ekonomi, komponen rasionalisasi menjelaskan adanya bentuk justifikasi oleh mahasiswa terhadap digital piracy yang mereka lakukan, serta habit yang menjelaskan mengapa terjadi stagnansi tingkat digital piracy. Persepsi risiko dalam bentuk IPR dan regulasi ditemukan gagal mengurangi niat digital piracy mahasiswa. Telaah menenai pendidikan tinggi dan subsidi menunjukkan suatu potensi jalan keluar dari gejala digital piracy yang dilakukan oleh mahasiswa.

ABSTRACT
This article attempts to explain the digital piracy behavior among students using the theory of planned behavior, perceived risk and benefit, rationalization, and habit. The modification of components to the theory of planned behavior is intended to address the relation of economic condition with digital piracy in developing countries, and why there is a stagnant level of digital piracy use in a certain country, part of this article also examines the potential for reducing digital piracy using a welfare approach by using subsidies from governments. Writer in this article used library research of the relevant past literature as the writing method, data findings indicate a significance between the perceived benefit, rationalization and habit of digital piracy behavior among students, the perceived benefit found to be relevant explaining the relationship of digital piracy with economic condition, the rationalization component explains the form of student justification for their digital piracy behavior, as well as a habit that explains why stagnation occurs in the digital piracy level. Risk perceptions in the form of IPR and regulation were found to fail to reduce the level of students 39 digital piracy intention. Studies on higher education and subsidies suggest a potential solution to the digital piracy behavior by students"
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>