Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adinda Tri Wardhani
Abstrak :
ABSTRAK
Program yang disusun dalam tulisan ini bertujuan membantu F, seorang siswa kelas 6 SD yang menunjukkan gejala underachiever di sekolah untuk meningkatkan performa akademisnya terutama dalam menghadapi U AS BN (Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional). Berdasarkan prinsip yang dikemukakan oleh Zimmerman, Bonner & Kovach (1996), program ini menerapkan empat proses dalam Self Regulcited Learning (SRL) , yaitu Evaluasi Diri dan Pengawasan, Perencanaan Target dan Strategi, Penerapan Strategi dan Pengawasan serta Evaluasi Penerapan Strategi untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Perencanaan Belajar dan Pengaturan Waktu. Konsep SRL dipilih karena dapat mendorong siswa untuk secara aktif mengatur kognisi, motivasi dan perilaku mereka sendiri untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan dan berprestasi dengan lebih baik (Schunk & Zimmerman, 1998). Dengan demikian, kemampuan SRL merupakan hal yang penting bagi siswa underachiever dalam peningkatan prestasi akademis siswa karena SRL memungkinkan siswa untuk melihat proses belajar sebagai suatu tantangan, berusaha untuk memahami dan mempraktekkan apa yang mereka pelajari serta mampu menampilkan usaha yang lebih baik untuk mencapai prestasi yang optimal (Perry et.al, 2006). Secara umum, program ini berjalan dengan lancar dan membantu F untuk membuat target belajar yang realistis serta menumbuhkan inisiatif belajarnya secara mandiri untuk menghadapi UAS BN. Meskipun demikian, kemampuan pengaturan waktu yang baik belum dapat terbentuk dalam diri F mengingat terbatasnya waktu pelaksanaan program menjelang UAS BN. Saran penting yang diajukan sebagai evaluasi dari pelaksanaan program adalah pemantauan lebih lanjut yang dapat dilakukan orang tua terhadap kebiasaan belajar F di tingkat SMP.
ABSTRACT
An intervention program is designed to help F, a sixth grader who shows underachievement symptomps at school, in order to improve his academic performance in facing final exams given by his shool. This program uses Self Regulated Learning (SRL) process based on the principal of Zimmerman, Bonner & Kovach (1996). SRL consists of four processes namely Self Evaluation and Monitoring, Goal Setting and Strategic Planning, Strategy Implementation and Monitoring and Strategic Outcome Monitoring to Increasing Planning in Learning and Time Management Skill. SRL has been chosen for the intervention because it can motivate students to actively regulate their cognition and behavior to achieve their goals and gain better achievements (Schunk and Zimmerman, 1998). Therefore, students’ ability to regulate themselves is important for underachiever students in increasing academic achievements because SRL help students to look at learning process as a challenge, try to understand and apply what they have studied and to show better effort in gaining fully optimized achievement (Perry et. al, 2006). In general, this program has been successfully implemented and helped F in making realistic study goals and built his initiative to study independently in facing the final examination. On the other hand, F has not master good time management skill because the lack of time in implementing the intervention program. In the future, it is suggested that parents monitor F’s study habits in the secondary school.
2008
T37937
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library