Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
William
"Limbah plastik adalah salah satu persoalan utama dalam manajemen lingkungan. Dari semua jenis limbah plastik, kemasan makanan berbasis polipropilena (PP) memiliki kesulitan tersendiri untuk didaur ulang. Struktur kemasan yang berbasis polipropilena multi lapis ini mempersulit serta meningkatkan biaya daur ulang. Pada saat yang bersamaan, persoalan mengenai kualitas jalan yang buruk masih dialami daerah-daerah di Indonesia. Untuk menyelesaikan kedua persoalan ini, telah dilakukan berbagai upaya untuk menggunakan limbah plastik sebagai modifier aspal. Penambahan plastik seharusnya dapat meningkatkan karakteristik perkerasan aspal. Namun, perbedaan sifat permukaan plastik dengan bitumen menimbulkan kesulitan dalam proses pencampuran dan mengorbankan kualitas akhir. Oleh sebab itu, penelitian ini mengajukan upaya modifikasi sifat permukaan dari limbah multi lapis demi meningkatkan kompatibilitas campuran bitumen termodifikasi polimer. Metode yang digunakan adalah metode plasma dingin dan oksidasi termal untuk mengubah sifat kimia dari limbah plastik. Dalam penelitian ini, plastik termodifikasi ditambahkan ke dalam bitumen untuk menghasilkan campuran bitumen termodifikasi polimer, dengan variasi kadar 1, 3, dan 5 wt.%. Pengujian daktilitas, penetrasi, serta mikroskop optik dilakukan untuk mengetahui karakteristik campuran bitumen. Kemudian, campuran ini dijadikan sebagai binder untuk perkerasan aspal. Karakterisasi perkerasan aspal dilakukan dengan pengujian Marshall. Hasil pengujian mengindikasikan bahwa modifikasi permukaan meningkatkan kompatibilitas antara limbah plastik dengan bitumen, serta campuran bitumen termodifikasi polimer ini pun meningkatkan sifat stabilitas dan densitas dari perkerasan aspal. Peningkatan stabilitas Marshall mencapai 837 kg terjadi pada penambahan plastik sebanyak 5 wt.%.

Plastic waste is one of the leading issues in environmental management. From all kinds of plastic waste, multilayered polypropylene food packaging particularly poses a huge challenge in its recycling. The multi-layered, polypropylene-based (PP) structure of these packaging increases the complication and cost of recycling. At the same time, issues regarding poor-quality roads still plague regions in Indonesia. Hence, there have been efforts to utilize plastic waste as asphalt modifiers. On paper, plastic addition should increase the properties of asphalt paving. However, the difference in surface properties between plastic and bitumen has brought rise to difficulties in the mixing process and sacrificed the end-quality as a result. As such, this research proposes to modify the surface properties of the multilayer waste to increase the compatibility of the polymer-modified bitumen mix. The method proposed is to use Dielectric Barrier Discharge Plasma treatment and thermal oxidization to alter the chemical properties of the plastic waste. In this research, modified plastic waste is added into bitumen to create a polymer-modified bitumen mix, with 1, 3, and 5 wt.% variations. Ductility testing, penetration testing, and optical microscopy are conducted to examine the characteristics of the bitumen mix.  This mix in turn acts as a binder for asphalt concrete to investigate the performance. To examine the properties of the asphalt concrete, Marshall Testing is conducted. Test results indicate that surface modification does indeed increase the compatibility of plastic waste and bitumen, with the polymer-modified bitumen mix acting as a binder for asphalt concrete increases stability and density properties. Marshall stability increase of 837 kg is reached with the addition of 5 wt.% plastic. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rasyid Sahirul Masjidi
"Limbah plastik telah menjadi permasalahan global yang sangat rumit. Salah satu penyumbang sampah plastik terbesar berasal dari kemasan FMCG (Fast Moving Consumer Goods). Hal ini menjadi masalah baru oleh sebab jenis plastik yang dipakai merupakan plastik berlapis (multilayer) yang memiliki nilai ekonomi rendah untuk didaur ulang. Pada penelitian ini, telah dilakukan upaya daur ulang dengan percobaan menambahkan limbah plastik multilayer berbasis polipropilena (PP) ke dalam bitumen PEN 60/70 yang kemudian digunakan ke dalam campuran perkerasan aspal. Pencampuran bitumen termodifikasi plastik dilakukan menggunakan alat Hot Melt Mixer dengan waktu pengadukan 30 menit pada suhu 180oC serta penambahan aditif lignin sebagai compatibilizer sebesar 0,3 wt.% terhadap berat bitumen. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah persentase kadar plastik terhadap berat bitumen, meliputi: 0 wt.% (bitumen murni), 3 wt.%, 4 wt.% dan 5 wt.%. Keempat jenis bitumen kemudian dicampur dengan agregat dan dilakukan pengujian Marshall sesuai dengan standar ASTM D6927 untuk mendapatkan karakteristik perkerasan aspal serta kadar aspal optimum (KAO). Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan Polymer Modified Bitumen (PMB) dapat meningkatkan kualitas campuran perkerasan aspal ditandai dengan bertambahnya kekuatan dan ketahanan terhadap deformasi dilihat dari peningkatan nilai stabilitas dan penurunan nilai kelelehan (flow). Komposisi plastik pada PMB juga berpengaruh terhadap karakteristik Marshall serta KAO pada campuran perkerasan aspal. Semakin tinggi kadar plastik, maka kekuatan campuran perkerasan aspal juga semakin meningkat serta memiliki nilai KAO yang lebih rendah. Adapun jenis perkerasan aspal yang memiliki kekuatan paling tinggi serta nilai KAO paling rendah adalah pada penggunaan bitumen jenis PMB dengan kadar plastik 5 wt.%.

Plastic waste has become a very complicated global problem. One of the biggest contributors to plastic waste comes from FMCG (Fast Moving Consumer Goods) packaging. This is a new problem because the type of plastic used is multilayer plastic which has low economic value for recycling. In this research, recycling efforts have been carried out by experimenting with adding polypropylene (PP) based multilayer plastic waste into the PEN 60/70 bitumen which is then used in the asphalt pavement mixture. The mixing of the plastic modified bitumen was carried out using a Hot Melt Mixer with a stirring time of 30 minutes at a temperature of 180oC and by adding lignin as an additive compatibilizer of 0.3 wt.% of bitumen. The independent variables used in this study were the percentage of plastic content to bitumen weight, therefore: 0 wt.% (pure bitumen), 3 wt.%, 4 wt.%, and 5 wt.%. The four types of bitumen were then mixed with aggregate and tested by Marshall testing according to the ASTM D6927 standard to obtain asphalt pavement characteristics and optimum asphalt content (OAC). The test results show that the use of Polymer Modified Bitumen (PMB) can improve the quality of the asphalt pavement mixture characterized by increased strength and resistance to deformation seen from the increase in stability value and decrease in flow value. The plastic composition of the PMB also affects the Marshall characteristics and OAC of the asphalt pavement. The higher the plastic content, the strength of the asphalt pavement mixture also increases and has a lower OAC value. The type of asphalt that has the highest strength and the lowest OAC value is the PMB bitumen with a 5 wt.% plastic content."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library