Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kadek Firdhayanti
"Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan Employee Assistance Programs (EAP) yang dilakukan oleh Iradat Konsultan (IK) sebagai salah satu penyedia jasa layanan EAP di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah satu orang manajer EAP, satu orang koordinator EAP, dan psikolog atau praktisi EAP sebanyak tiga orang. Seluruh proses penelitian dilakukan sejak September 2020 sampai dengan Juli 2021. Selama jangka waktu tersebut, pengambilan data dilakukan dengan wawancara secara online menggunakan google meeting dan WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IK sebagai salah satu penyedia jasa layanan EAP melaksanakan program EAP dengan baik. Dalam melaksanakan program EAP, IK memberikan layanan kepada pekerja yang memiliki permasalahan terkait dengan keluarga, pekerjaan, dan masalah yang bersumber dari dalam diri pekerja. Dalam menyalurkan layanan EAP kepada klien, IK menerapkan model EAP komprehensif dan menggunakan metode konseling yang disesuaikan berdasarkan permasalahan pekerja. Pelaksanaan program EAP di IK mampu menghasilkan layanan yang dapat membantu pekerja menyelesaikan masalah mereka yang terlihat dari meningkatnya stabilitas emosi dan meningkatnya performa pekerja. Selain itu, dalam melaksanakan program EAP, IK juga menemukan beberapa kendala seperti kendala administrasi, permasalahan klien yang terus berkembang dari waktu ke waktu, bertemu klien yang menutup diri, serta adanya kesalahan pandangan terhadap EAP.

This study describes the implementation of Employee Assistance Programs (EAP) carried out by Iradat Consultant as one of the EAP service providers in Indonesia. This study uses a qualitative approach with descriptive design. The informants in this study were the EAP manager, EAP coordinator, and three psychologists or EAP practitioners. The entire research process was carried out from September 2020 to July 2021. During this period, data collection was carried out by online interviews using Google Meetings and WhatsApp. The results showed that IK as the EAP provider, carried out the EAP program well. In implementing the EAP program, IK provides services to workers who have problems related to family, work, and problems that originate from within the workers. In delivering EAP services to clients, IK applies a comprehensive EAP model and uses customized counseling methods based on workers' problems. The implementation of the EAP program in IK is able to produce services that can help workers solve their problems which can be seen from increasing emotional stability and increasing employee performance. In addition, in implementing the EAP program, IK also encountered several obstacles such as administrative problems, client problems that continued to develop from time to time, meeting clients who closed themselves off, as well as misperceptions about EAP."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library