Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 67 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sari Nurhayanti
"Penting bagi perpustakaan sekolah untuk mengetahui sikap guru terhadap koleksi dan layanannya karena sikap ini akan mempengaruhi perilaku guru terhadap perpustakaan. Perilaku guru terhadap perpustakaan mempunyai pengaruh besar terhadap penggunaan perpustakaan oleh para siswa. Bila guru merekomendasikan penggunaan perpustakaan sekolah secara baik maka banyak siswa akan menggukan perpustakaan, begitupun sebaliknya. Maka tidak salah bila kemudian prioritas pelayanan perpustakaan diberikan pada guru. Penelitian yang mengambil sampel di SMUN 70 Jakarta sebagai salah satu sekolah plus di DKI Jakarta ini bertujuan untuk memberikan gambaran deskriptif sikap guru terhadap koleksi dan layanan perpustakaan SMUN 70 Jakarta. Menggunakan tipe penelitian deskriptif dan metodologi survei penulis menganalisis 52 lembar kuesioner yang dibagikan kepada para guru selaku responden. Hasil yang diperoleh secara umum sikap guru terhadap koleksi dan layanan perpustakaan SMUN 70 Jakarta adalah cenderung positif. Empat aspek dalam koleksi perpustakaan yang diteliti yaitu sikap guru terhadap relevansi koleksi dengan kurikulum sekolah, ketersediaan koleksi, pengorganisasian koleksi dan sarana temu kembali secara umum adalah cenderung positif. Sikap ini lebih dikarenakan masih kurang representatifnya koleksi perpustakaan yang ada, walaupun sebagian besar dari guru mengakui bahwa koleksi yang ada sudah cukup mendukung untuk sebagian besar mata pelajaran. Sikap guru terhadap layanan dilihat dari 7 aspek yaitu layanan sirkulasi, layanan rujukan, layanan bimbingan pemakai, layanan audio visual, layanan kesiagaan informasi dan promosi, layanan bahan pustaka pesan, dan unsur penting yang ada dalam sebuah layanan perpustakaan. Secara umum sikap mereka terhadap layanan ini juga cenderung positif. Hampir semua layanan disikapi secara positif oleh guru kecuali layanan audio visual yang memang masih sangat terbatas disediakan oleh perpustakaan sekolah. Dari penelitian ini diketahui bahwa memang sikap guru perpustakaan SMUN 70 Jakarta pada dasarnya adalah positif, tinggal bagaimana pihak perpustakaan sekolah mengelola dan memperbaiki hal-hal yang selama ini masih menjadikan perpustakaan kurang dihargai oleh para guru."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S16220
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aji Subekti
"Judul penelitian iniadalah _Opini Pustakawan Sekolah Terhadap Penyensoran Buku di Perpustakaan Sekolah _. Permasalah yang muncul adalah perbedaan opini pustakawan dalam menanggapi penyensoran dan kriteria penyeleksian buku di perpustakaan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan opini pustakawan sekolah terhadap penyensoran buku di perpustakaan sekolah. Disamping itu penelitian juga dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai penyeleksian buku di perpustakaan sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan metode survey dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penentuan sampel dengan teknik purposif, dengan criteria pustakawan yang bekerja di perpustakaan sekolah yang bernaung di Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan standar Nasional/Internasional yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan menengah dan Tinggi (Dikmenti) tahun 2006/2007 di Jakarta. Jumlah sampel yang didapat adalah 16 pustakawan. Teknik analisis statistic deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisa data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar opini pustakawan sekolah yang bekerja di SMA Standar Nasional/Internasional di Jakarta menyatakan mendukung jika ada penyensoran buku dilakukan di perpustakaan sekolah. Pustakawan sekolah juga mendukung bentuk penyensoran dalam pembatasan akses siswa ke suatu buku dengan topik controversial di perpustakaan sekolah. Akan tetapi, opini sebagian pustakawan sekolah menolak bentuk penyensoran dengan menghilangkan beberapa bagian dari buku, seperti menyobek halaman. Opini pustakawan sekolah tentang menghapus dan mengeluarkan buku dari jajaran koleksi yang dianggapberbahaya, maka sebagian besar menyatakan mendukung"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15026
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Sumarningsih
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Sumarningsih
"Sekolah dasar merupakan peudidikan dasar yang panting untuk membekali siswa
dalam menjalani tahap pembelajaran ke tingkat yang Iebih tinggi. Keberadaan
perpustakaan sebagai pemmjang kegiatan belajar mengqiar, merupakan tcmpat
bagi siswa man pun gunmya dalam mencari informasi yang diperlukan, yang
d1:harapkan dapat mengembangkan kemampuan si pemakai.
Tujuan palelitian ini untuk mengetahui kondisi perpustakaan SD Negeri di DK!
Jakarta, unmk dapat dijadxkan masukan kepada yang beawenang deugan harapan
menjadi perhatian dan dapat ditindak lanjuti. Sesuai dengan Rencana UndangĀ»
Undang Sistem Pendidikan Nasional yang akan memperbaiki mutu pendidikan
nasional melalui pendidikan dasar.
Pcnelitian ini menggunakan metode s\urvai, dengan menyebarkan kuesioner
kepada Kepala Sekolah atau yang bertanggung jawab atas pengelolaan
perpustakaandilima wilayah DK1 Jakarta
Diperoleh kesimpulan bahwa perpustakaan SDN bclum memenuhi standar
minimal, baik dari pengelolanya, yang rata-rata hanya mendapat kursus selama
dua minggu mau pun koleksi dan fasilitas ruangannya
"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
LP.pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Hart, Thomas L.
Englewood, Colorado : Libraries Unlimited, 1990
022 HAR c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Woolls, Blanche
Englewood Cliffs, NJ: Libraries Unlimited, 1990
027.822 WOO s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Stein, Barbara L.
New York ; London: Neal-Schuman, 1992
R 027.8 STE r
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Ariane
"ABSTRAK
Adanya pergeseran makna pada istilah school library kepada istilah school library resources center menjadikan kegiatan-kegiatan yang ada di perpustakaan sekolah lebih terintegrasi pada proses belajar mengajar di sekolah. Program Jam Perpustakaan adalah satu kegiatan yang dilakukan perpustakaan sekolah untuk menginteggrasikan kurikulum dengan perpustakaan. Tidak banyak sekolah yang memiliki kegiatan ini. SDIT Nurul Fikri adalah salah satunya. Walaupun keberadaan perpustakaan di SDIT Nurul Fikri tidak sepenuhnya mendapat dukungan dan perlindungan terhadap ruangan dan koleksi dari pihak yayasan, namun pustakawan yang ada mampu menciptakan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan bagi para muridnya. Dengan adanya skripsi ini penulis berharap pihak yayasan dapat lebih memberi dukungan terhadap keberadaan perpustakaan.

"
1999
S15340
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Redita Yuliawati
"Perpustakaan sekolah mengambil peranan penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pembangunan nasional. Salah satu peranan yang terus dikembangkan adalah perpustakaan sekolah sebagai penyedia bahan pustaka berkualitas dan bervariasi.
Tujuan utama proses biblioterapi adalah siswa mampu mengambil informasi, nilai, dan solusi tepat dari permasalahan yang dihadapi melalui buku yang dibaca. Dengan terlaksananya layan biblioteraphy secara tidak langsung siswa diarahkan untuk meningkatkan minat baca mereka terhadap koleksi bahan pustaka yang disediakan oleh perpustakaan sekolah. Selain itu proses biblioterapi memungkinkan siswa untuk menciptakan banyak kelompok diskusi berdasarkan bahan pustaka yang dirujuk sebagai buku terapi."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2011
020 VIS 13:3 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Agung Raisa Wedangga
"Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan pengembangan koleksi yang meliputi analisis pengguna, kebijakan pengembangan koleksi, seleksi, akuisisi, penyiangan dan evaluasi koleksi di Perpustakaan Labschool Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan interprestasi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perpustakaan Labschool Jakarta belum efektif dalam melakukan pengembangan koleksi karena tidak menganalisis kebutuhan penggunanya secara sistematis dan tidak memiliki kebijakan pengembangan koleksi. Perpustakaan menghadapi hambatan ketika melakukan pengembangan koleksi mulai dari kurangnya anggaran, susahnya pencarian koleksi, sibuknya guru dan kurang aktifnya siswa dalam memberi usulan. Perpustakaan Labschool Jakarta diharapkan menganalisis kebutuhan penggunanya secara sistematis dan membuat kebijakan pengembangan koleksi agar kegiatan pengembangan koleksi dapat berjalan lebih efektif dan dapat dijadikan alat komunikasi bagi staff perpustakaan dan pengguna perpustakaan.

This study aimed to describe the collection development activities that include user analysis, collection development policy, selection, acquisition, weeding and evaluation of the collection in the Library Labschool Jakarta. This study used a qualitative approach and descriptive interpretation. These results indicate that the Library Labschool Jakarta less effective in developing the collection because it did not systematically analyze the needs of its users and does not have a collection development policy. Libraries face barriers when developing collections ranging from the lack of budget, hard to find collectibles, busy teachers and students are less active in giving proposals. Library Labschool Jakarta are expected to systematically analyze users needs and make the collection development policy so that collection development activities can run more effective and can be used as a communication tool for library staff and library users."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64340
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>