Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4578
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Budidarmawan Prasodjo
1986
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutadji
Abstrak :
Penelitian ini bermula dari suatu peinikiran bahwa kualitas lulusan perguruan tinggi di masyarakat ada kaitanny.a dengan prestasi studi yang diperoleh nahasiswa selama studi di perguruan tinggi. Mahasiswa yang ineniiliki prestasi studi yang inenivaskan akan mexnungkinkan untuk berprestasi di masyarakat.

Prestasi belajar tnahasiswa yang diperoleh selania studi di perguruan tinggi berhubungan dengan keniaznpüan inahasiswa dalarn znenyerap ilinu pengetahuan yang disampaikan oleh setiap dosen pada waktu perkuliahan.

Untuk menyerap ilmu pengetahuan yang disajikan dosen ada faktor-faktor yang ikut inenentukannya yaitu factor dari dal am diri iridividu seperti inotivasi, inteligensi, minat dan persepsi inahasiswa terhadap kepengajaran dosen, kebiasaan belajar, sikap, serta faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan teinan, lingkungan perididika.n, sarana belajar, serta sarana pendidikan. Salah satu faktor dari dalani individu (internal) yang berhubungan dengan prestasi belajar inahasiswa adalah inotivasi berpr.estasi. Menurut McClelland (1953) siswa Yang meinpunyai niotivasi berprestasi akan belajar lebih gigih, sedangkan menurut Heckhausen (1968) pada uxnuinnya seseorang yang Inenipunyai motivasi berprestasi tinggi cenderung akan menyelesaikan tugas-tugas belajarnya.

Faktor internal lainnya yang berhubungan dengan prestasi belajar inahasiswa adalah persepsi inahasiswa tentang kepengajaran dosen. Persepsi inahasiswa nerupakan pemberian arti dari inahasiswa terhadap suatu obyek yang ada pada lingkungannya. WR.Nord dikutip oleh Gibson dkk.(1973) menyatakan bahwa persepsi adalah proses peinbenian arti terhad-ap lingkungan oleh individu. Adapun lingkungan yang dimaksudkan disini adalah tentang kepengajaran dosen mereka. Sedangkan f aktor dari luar individu (eksternal) yang berhubungan dengan hasil belajar inahasiswa adalah tentang kepeng.ajaran dosen. Menurut Braskainp dan kawan-kawan (1979) terdapat korelasi antara pengajaran dosen dengan hasil belajar inahasiswa, deniikian pula studi yang pernah dilakukan oleh Centra (1979) inenunjukkan bahwa ada korelasi yang cukup baik antara kepengajaran dosen dengan hasil belajar mahasiswa.

Ada faktor lain pula yang berkaitan dengan prestasi belajar inahasiswa yaitu sikap terhadap kegiatan belajar ditentukan oleh bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kegiatan belajar yang dialaminya. Menurut Sinibolon (1984) mahasiswa yang senang terhadap aktivitas belajar cenderung nelaksanakan tugas-tugas belajar dengan perasaan lapang dan gembira, sehingga beban studi yang ada pada mahasiswa dapat diselesaikan. Tetapi sebaliknya jika mahasiswa tidak senang terhadap kegiatan belajar ia cenderung inenghindar bahkañ menolaknya. Dengan demikian tuga-tugas tidak diselesaikannya.

Melalui kajian teoritis tentang persepsi mahasiswa terhadap kepengajaran dosen, inotivasi berprestasi serta sikap dan kebiasaan belajar dalam hubungannya dengan prestasi belajar inahasiswa diajukan empat hipotesis. untuk diuji kebenarannya. Penelitian dengari sampel dua ratus einpat inahasiswa di Universitas Borobudur, rnengungkap hasil pengujian hipotesis-hipotesis sebagai berikut; tiga hipotesis ditolak dan satu diterima, hipotesis yang diteriina adalah hipotesis ketiga sedangkan hipotesis yang lainnya ditolak.

Dengan demikian terungkap hasil penelitian sebagai berikut: 1. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi xnahasiswa tentang kepengajaran dosen dengan prestasi belajar inahasiswa, 2. Tidak ada hubungan yang signifikan antara inotivasi berprestasi dengan prestasi belajar uiahasiswa. 3. Ada hubungan yang signifikan antara sikap dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. 4. Tidak Ada hubungan yang signifikan secara bersainasama antara persepsi mahasiswa terhadap kepengajaran dosen, inotivasi berprestasi, sikap dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa.

Penulis menyarankan agar dalani penerimaan ealon-calon inahasiswa baru diadakan seleksi agar inahasiswa yang diterima adalah mahasiswa yang memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif, mahasiswa yang mempunyai keinginan tinggi untuk meperdalam ilmu pengetahuan, mahasiswa yang memuliki disiplin tinggi dalam melaksanakan tugas-tuugas, serta mahasiswa yang memiliki potensi yang meniadai untuk belajar di Perguruan Tiriggi.

Selain itu penulis juga menyarankan untuk mengadakan penelitian dengan tujuan untuk inengetahui bagaimana hubungan antara persepsi nahasiswa terhadap kepengajaran dosen dengan inotivasi berprestasi inahasiswa, hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap kepengajaran dosen dengan sikap dt kêbiasaart belajar. mahaiswa, serta hubungan antara irotivasi berprestasi dengan sikap dan kebiasaan belajar thahasiswa. Penulis juga menyarankan agar kesejahteraan dosen perlu dlperhatikan agar dosen dapat mengemban dedikasi secara optimal. Dalam instruinen penelitian penulis menyarankan pula perlu dicari validitas eksternal jadi tidak hanya validitas internal saja.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1993
T6939
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purwatiningsih
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Pujiono
Abstrak :
ABSTRAK
Sejak dahulu mahasiswa banyak terlibat dalam masalah sosial, termasuk melakukan kritik dengan melakukan demonstrasi. Akhir-akhir ini banyak sekali media yang memberitakan penanganan tindak kejahatan oleh Polisi, ada yang berkesan positif maupun negatif. Salah satu kesan negatifnya adalah banyak kasus kejahatan besar yang membeku, seperti Marsinah, Edi Tansil, wartawan Udin, dan sebagainya. Tapi mahasiswa jarang atau tidak mengkritik hal tersebut, mereka lebih sering mengkritik terhadap hal-hal yang berbau politik praktis. Perilaku mahasiswa yang kurang atau tidak mengkritik Polisi ini bisa dilihat dari segi psikologi, salah satunya adalah studi persepsi. Kalau persepsi mahasiswa baik atau netral memang bisa menyebabkan tidak melakukan kritik (demonstrasi). Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran persepsi mahasiswa mengenai peran Polri dalam menangani tindak kejahatan. Sampel diambil menggunakan metode incidental berjumlah 100 mahasiswa Universitas Indonesia. Untuk melihat gambaran persepsi mahasiswa tersebut digunakan perhitungan skor rata-rata (mean) dari setiap aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran persepsi mahasiswa Universitas Indonesia adalah cenderung netral yang berarti tidak positif juga tidak negatif. Dari 7 aspek ada 2 yang mempunyai mean positif, yaitu aspek penyitaan dan pembuatan BAP, dan 5 mempunyai mean negatif, yaitu aspek penyelidikan, penangkapan, penahanan, penggeledahan, dan pemeriksaan. Dilihat dari karakteristik sampel, mahasiswa yang tidak pernah ikut demonstrasi mempunyai nilai mean lebih besar dari mahasiswa yang tidak pernah ikut demonstrasi, tapi perbedaannya tersebut tidak signifikan. Demikian juga mahasiswa yang tidak aktif kegiatan kemahasiswaan mempunyai mean lebih besar dari mahasiswa yang aktif kegiatan kemahasiswaan, namun perbedaan tersebut tidak signifikan. Mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan sebagai anggota mempunyai mean lebih besar dari mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan sebagai pengurus, tapi perbedaannya juga tidak signifikan. Ditemukannya hasil persepsi mahasiswa netral (tidak positif maupun negatif) ini membenarkan bahwa jika persepsi mahasiswa positif atau netral cenderung untuk tidak melakukan demonstrasi terhadap Polri dalam perannya untuk menangani kasus-kasus kejahatan. Untuk perbedaan antara mahasiswa aktif dan tidak aktif, antara mahasiswa yang pemah demo dan tidak pemah demo, walaupun tidak signifikan perbedaan tersebut disebabkan oleh faktor yang berpengaruh dalam proses persepsi, baik orang yang mempersepsi, obyek yang dipersepsi maupun situasi saat persepsi dilakukan. Stereotipi juga dapat menyebabkan timbulnya perbedaan persepsi tersebut.
2003
S3207
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Dzarin Fadhilah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti fungsi Excel manakah yang dirasakan penting dan berguna bagi pegawai baru. Survei dilakukan terhadap akuntan publik di the big four dan juga mahasiswa S1 akuntansi dari Universitas Indonesia dan universitas lainnya di Indonesia untuk mengukur persepsi mereka terkait pentingnya, pengetahuan, dan penggunaan Excel di kantor akuntan publik. Peneliti menemukan responden akuntan publik percaya bahwa basic formula, filter and sort data, vertical horizontal lookup, pivot table, keyboard shortcuts, dan format functions merupakan fungsi-fungsi yang paling penting dalam mendukung pekerjaan mereka di kantor akuntan publik. Sedangkan mahasiswa cenderung tidak menganggap penting beberapa fungsi yang akuntan publik persepsikan penting.
ABSTRACT This research aims to investigate which Excel functions that perceived to be important and useful for new hires. This study conducts a survey to public accountants in the big four and also undergraduate accounting students from Universitas Indonesia and other universities to measure their perceptions about Excel importance, knowledge, and usage in accounting firms. This study finds that public accountants perceive that basic formula, filter and sort data, vertical horizontal lookup, pivot table, keyboard shortcuts, and format functions are the most important functions that support their tasks in accounting firms. This study also finds that students tend to underestimate several functions that are perceived as important by public accountants.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S66133
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Gunarya Noor Indah Ratnasari
Abstrak :
Berawal dari kata yang terbentuk di situs internet, riajuu kini menjadi salah satu fenomena dalam masyarakat Jepang, terutama kalangan remaja Jepang. Riajuu secara harfiah berarti ldquo; orang-orang yang memiliki kehidupan di dunia nyata yang memuaskan. rdquo; Penelitian ini meneliti tentang sosok dan citra riajuu, serta penggunaan kata riajuu sebagai wakamono kotoba menurut mahasiswa Jepang untuk menjelaskan persepsi mereka terhadap riajuu. Metode pengumpulan data primer adalah metode survei dengan instrumen kuesioner. Penelitian ini menunjukkan bahwa menurut mahasiswa Jepang yang menjadi responden penelitian ini, seorang riajuu identik dengan seseorang yang mempunyai kekasih. Namun, tidak hanya keberadaan kekasih, keberadaan dan kuantitas teman juga menentukan seorang riajuu. Penggunaan kata riajuu sebagai wakamono kotoba juga mendukung pandangan mahasiswa Jepang terhadap citra seorang riajuu yang positif. Persepsi mahasiswa Jepang terhadap riajuu berkaitan dengan bagaimana pandangan hidupnya dalam memenuhi kepuasan hidup. Oleh karena itu, berdasarkan persepsi mahasiswa Jepang terhadap riajuu, penelitian ini juga menggambarkan pandangan mahasiswa Jepang terkait pandangan hidup mereka.
Started as a word which was formed on internet, riajuu is now becoming a phenomenon in Japanese society, especially among the Japanese young generation. Riajuu literally means ldquo someone who leads a fulfilling real life. rdquo This research will explain about Japanese university students rsquo perception of riajuu through their opinion about the figure and image of riajuu, and its use as wakamono kotoba. The method used to gather this research rsquo s primary data is survey method with questionnaire as the instrument. This research shows that for Japanese university students, not only lover, the existence and quantity of friends are also important to define riajuu. The use of riajuu as wakamono kotoba by Japanese university students also shows their perception of riajuu rsquo s positive image. Japanese university students rsquo perception about riajuu also related to their sense of value. Hence, based on their perception of riajuu, this research also reflects Japanese university students rsquo sense of value.
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurma Risa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T27063
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Armanda Murdita
Abstrak :
Dalam dunia bisnis, perusahaan berhubungan dengan three bottom line yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat dari laporan keberlanjutan dari persepsi mahasiswa. Penelitian ini membuktikan bahwa keuntungan tertinggi dari pengungkapan laporan keberlanjutan adalah meningkatkan reputasi serta kerugian tertingginya adalah biaya jangka pendek dan kekhawatiran tentang akurasi dan kelengkapan informasi. Laporan keberlanjutan memberikan keuntungan lebih kepada perusahaan pada industri sensitif (berhubungan langsung dengan alam) daripada perusahaan di bukan industri sensitif. Selain itu, perusahaan publik lebih penting daripada perusahaan privat dalam mengungkapkan laporan keberlanjutan. Serta, informasi kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola tahun berjalan dan perubahan tahun komparatif sama pentingnya pada pengungkapan laporan keberlanjutan. ...... In business, companies often relate to the three bottomline; Economy, Social and environment. The purpose of this research is to analyze the benefit of the student?s perception of sustainability report. This research prove that the most advantage of sustainability report?s disclosure is come from enhanced reputation, also the most disadvantages are short-term reporting cost and concerns about accuracy and completeness of information. Sustainability report is benefical to companys? in industry sensitive(in direct contact with nature) than companys? in industry non-sensitive. Besides, public companies? sustanability report are more important than private companies?. Also, sustainability-related information for current and change over comparative years as equally important.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65439
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arum Raesita Ulfa
Abstrak :
Persepsi dapat dipengaruhi oleh banyak hal seperti pengetahuan, pengalaman dan lain-lain. Mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia mendapatkan pengetahuan dan informasi mengenai pertolongan pertama dari mata kuliah di kampus, organisasi kegawatdaruratan, maupun dari luar kampus. Persepsi mahasiswa terhadap pertolongan pertama dapat dipengaruhi oleh pengetahuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia terhadap pertolongan pertama. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif sederhana, menggunakan sampel mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia sebanyak 295 responden yang dipilih menggunakan proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang dikembangkan sendiri untuk mengetahui persepsi terhadap pertolongan pertama. Hasil penelitian menunjukan 52,46% mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia memiliki persepsi positif terhadap pertolongan pertama. Penelitian selanjutnya dapat meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi terhadap pertolongan pertama. ...... Perception affected by many factors such as knowledge, experience, and many more. Students in faculty of health science Universitas Indonesia had knowledge and information about first aid from many sources. Perception about first aid can be affected by knowledge. This study aimed to describe Students Perception Regarding First Aid in Faculty of Health Science Universitas Indonesia. This study used quantitative descriptive design, with 295 students of health sciences at University of Indonesia as respondents, samples were selected by proportional stratified random sampling. The instrument used in this study is self-developed questionnaire to determine perception regarding first aid. The results show 52,46% students have positive perception regarding first aid. This research recommends to conduct a study about factors that correlate with perception regarding first aid.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
S69328
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>