Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Amrisandha Pranantya Prasetyo
"Aplikasi personal financial management (PFM) merupakan salah satu kategori aplikasi keuangan yang tumbuh cepat saat ini. Dalam aplikasi PFM, gamifikasi diterapkan untuk menjadikan manajemen keuangan menyenangkan, memotivasi pengguna untuk memiliki perilaku keuangan yang baik, meningkatkan literasi keuangan pengguna, dan meningkatkan kesejahteraan keuangan. Namun, meskipun dalam beberapa tahun terakhir gamifikasi telah memperoleh banyak perhatian dari peneliti akademis dan praktisi, masih sedikit penelitian gamifikasi dalam domain keuangan. Selebihnya, terdapat suatu kebutuhan untuk meningkatkan penerapan gamifikasi aplikasi PFM Finku untuk meningkatkan kualitas adopsi aplikasi sehingga memicu keberlanjutan penggunaan dan mempertahankan posisi saat ini sebagai pemimpin pasar aplikasi PFM di Indonesia. Penelitian dengan pendekatan design science research ini (1) menganalisis pengaruh gamifikasi dan faktor-faktor psikologis terhadap niat perilaku pengguna aplikasi PFM Finku menggunakan theory of planned behavior dan technology acceptance model; (2) menetapkan kebutuhan dan prinsip desain yang perlu diterapkan untuk menyelesaikan isu perilaku keuangan pengguna dan isu aplikasi Finku yang relevan; (3) merancang prototipe sesuai kebutuhan dan prinsip desain yang telah ditetapkan; dan (4) mengevaluasi rancangan prototipe yang telah dihasilkan. Hasil dari penelitian ini antara lain (1) pemahaman bahwa sikap pengguna terhadap aplikasi Finku merupakan penentu paling penting niat pengguna untuk menggunakan aplikasi dalam mengatur keuangan, diikuti gamifikasi dan persepsi kegunaan; (2) delapan kebutuhan dan empat prinsip desain untuk menyelesaikan 20 isu perilaku keuangan pengguna dan isu aplikasi Finku; (3) prototipe aplikasi Finku baru dengan penerapan gamifikasi baru berdasarkan kerangka kerja Octalysis; dan (4) nilai SUS 78,9 berdasarkan tujuh skenario penggunaan prototipe. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi research gap yang ada terkait gamifikasi dalam domain keuangan, memberikan kontribusi terhadap teori desain dan penelitian design science, serta memberikan rekomendasi yang dapat diterapkan para pengembang aplikasi Finku.
Personal financial management (PFM) application is a rapidly growing category of financial applications today. In PFM apps, gamification is applied to make financial management fun, improve financial behavior, increase financial literacy, and improve financial well-being. However, although gamification has received much attention from academic researchers and practitioners in recent years, there is still little research on gamification in the financial domain. Moreover, there is a need to improve the gamification implementation of the PFM app Finku to improve its adoption quality, facilitate continuance use, and maintain its current position as the market leader for PFM apps in Indonesia. This design science research (1) analyzes the effect of gamification and psychological factors on users' behavioral intention to use the PFM app Finku by employing the theory of planned behavior and the technology acceptance model; (2) determines requirements and design principles needed to be implemented to solve relevant users' financial behavior issues and app issues; (3) designs a prototype based on determined requirements and design principles; and (4) evaluates the resulted prototype design. Results of this study include (1) the understanding that users' attitude towards the Finku app is the most important determinant of behavioral intention to use the app in financial management, followed by gamification and perceived usefulness; (2) eight requirements and four design principles to solve 20 financial behavior issues and app issues; (3) a new Finku app prototype with a new gamification implementation based on the Octalysis framework; and (4) a SUS score of 78.9 based on seven prototype use scenarios. This research is expected to fill existing research gaps related to gamification in the financial domain, contribute to design theory and research design science, and provide recommendations that Finku app developers can implement."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Maulydia Trivania
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ayila Adzkiya Sucahyo
"Personal Financial Management (PFM) merupakan suatu konsep bagaimana seseorang dapat mengelola keuangan pribadi seperti mengatur pemasukan, pengeluaran, dan tabungan. Terjadinya peningkatan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pengelolaan keuangan pribadi membuat PT Bank Negara Indonesia berinovasi untuk mengimplementasikan PFM pada omnichannel. Omnichannel merupakan platform digital banking yang sedang dikembangkan oleh PT Bank Negara Indonesia. Hal ini menjadi salah satu pendorong dilakukannya penelitian untuk mendapatkan tujuan dan kebutuhan pengguna terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Hasil analisis kebutuhan pengguna menghasilkan solusi desain untuk fitur PFM. Penelitian ini merupakan mixed methods research, yaitu penelitian yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara daring dan metode kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring. Pendekatan pengembangan desain yang digunakan pada penelitian ini adalah User-Centered Design (UCD) yang menghasilkan rancangan desain fitur PFM berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selanjutnya, usability dari rancangan desain tersebut dievaluasi melalui tahap remote usability testing dan expert review. Hasil evaluasi kuantitatif dari tahap remote usability testing menunjukkan rata-rata tingkat keberhasilan tugas sebesar 86,57%. Selain itu, hasil evaluasi kualitatif menunjukkan beberapa umpan balik positif dan juga saran sebagai pertimbangan rekomendasi perbaikan desain lebih lanjut.
Personal Financial Management (PFM) is a concept of managing personal finances, such as income, expenses, and savings. The increasing Indonesian public awareness of personal financial management has prompted PT Bank Negara Indonesia to innovate to implement PFM on the omnichannel. Omnichannel is a digital banking platform that PT Bank Negara Indonesia is developing. This has become one of the motivations for researching to obtain the goals and needs of users for personal financial management. The results of the user requirements analysis produce alternative design solutions for PFM features. This research is a mixed methods research, namely research that combines qualitative and quantitative methods. The qualitative method is carried out by conducting online interviews and the quantitative method is carried out by distributing online questionnaires. The design development approach used in this study is User-Centered Design (UCD) which produces web-based PFM feature designs that suit user needs. Consequently, the design's usability goes through the remote usability testing and expert review stage. The quantitative evaluation results of the remote usability testing stage show an average task success rate of 86.57%. In addition, the qualitative evaluation results showed some positive feedback and suggestions for consideration of recommendations for further design improvements."
Depok: fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ayila Adzkiya Sucahyo
"Personal Financial Management (PFM) merupakan suatu konsep bagaimana seseorang dapat mengelola keuangan pribadi seperti mengatur pemasukan, pengeluaran, dan tabungan. PFM hadir untuk memberikan kebebasan kepada individu dalam hal perencanaan strategi keuangan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Terjadinya peningkatan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pengelolaan keuangan pribadi membuat PT Bank Negara Indonesia berinovasi untuk mengimplementasikan PFM pada omnichannel. Omnichannel merupakan platform digital banking yang sedang dikembangkan oleh PT Bank Negara Indonesia. Hal ini menjadi salah satu pendorong dilakukannya penelitian untuk mendapatkan tujuan dan kebutuhan pengguna terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Hasil analisis kebutuhan pengguna menghasilkan solusi desain untuk fitur PFM. Penelitian ini merupakan mixed methods research, yaitu penelitian yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara daring dan metode kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring. Pendekatan pengembangan desain yang digunakan pada penelitian ini adalah User-Centered Design (UCD). Melalui pendekatan UCD, dihasilkan rancangan desain fitur PFM berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selanjutnya, usability dari rancangan desain tersebut dievaluasi melalui tahap remote usability testing dan expert review. Berdasarkan kedua tahap tersebut didapatkan hasil analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi kuantitatif dari tahap remote usability testing menunjukkan rata-rata tingkat keberhasilan tugas sebesar 86,57%. Selain itu, hasil evaluasi kualitatif menunjukkan beberapa umpan balik positif dan juga saran sebagai pertimbangan rekomendasi perbaikan desain lebih lanjut.
Personal Financial Management (PFM) is how a person can manage personal finances, such as income, expenses, and savings. PFM also gives freedom to individuals in terms of planning financial strategies both in the short and long term. The increasing awareness of the Indonesian people towards personal financial management has made PT Bank Negara Indonesia implement PFM on omnichannel. Omnichannel is a digital banking platform that PT Bank Negara Indonesia is developing. This development has become one of the driving forces for doing this research to obtain user goals and needs when managing their finances. The results of the user requirements analysis produce alternative design solutions for PFM features. This research is a mixed methods research that combines qualitative and quantitative methods. The qualitative method is carried out by conducting online interviews. At the same time, the quantitative method is done by distributing online questionnaires. The design development approach used in this research is User-Centered Design (UCD). Through the UCD approach, web-based PFM feature design is generated in accordance with user needs. Consequently, the design's usability goes through the remote usability testing and expert review stage. The quantitative and qualitative analysis results were obtained based on the evaluation process. The quantitative evaluation of the remote usability testing stage showed an average task success rate of 86.57%. In addition, the qualitative evaluation results show some feedback and suggestions to be considered for further design improvements."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library