Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mirani Arlan
Abstrak :
ABSTRAK
Pertumbuhan jumlah penduduk di Kota Depok setiap tahunnya memicu terjadinya pertambahan jumlah kendaraan bermotor yang berdampak pada peningkatan kebisingan. Peningkatan jumlah volume kendaraan mengakibatkan berkurangnya kapasitas jalan sehingga memaksa pemerintah untuk melakukan pelebaran jalan guna menghindari terjadinya kemacetan seperti yang terjadi pada ruas Jalan Margonda Raya, Depok yang membentang di wilayah Kelurahan Pondok Cina, Depok. Pelebaran jalan memaksa wilayah pemukiman yang telah ada semakin berdekatan dengan lokasi jalur transportasi sehingga menimbulkan dampak akibat kebisingan bagi penduduk. Pelebaran jalur transportasi mengakibatkan terjadinya perubahan daerah rawan kebisingan. Pemukiman yang berjarak kurang dari 5 meter dari jalan Margonda Raya termasuk ke dalam Daerah Resiko Bising (DRB). Sedangkan pemukiman penduduk yang terletak pada jarak 5 hingga 15 meter terletak pada Daerah Moderat Bising (DMB). Berdasarkan hasil penelitian diketahui, kebisingan di wilayah pemukiman penduduk di Kelurahan Pondok Cina, Depok telah menimbulkan berbagai dampak bagi penduduk. Seperti gangguan pada tidur dan berkurangnya kemampuan pendengaran. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi yang dapat digunakan untuk mereduksi kebisingan. Solusi yang diterapkan berupa solusi jangka pendek yaitu perbaikan sistem manajemen transportasi, solusi jangka menengah berupa penanaman pohon di sepanjang Jalan Margonda Raya dan solusi jangka panjang berupa pengadaan transportasi umum yang dapat menampung kebutuhan transportasi penduduk.
ABSTRACT
Growth of population in Depok every year resulted the increase in the number of motor vehicles that have an impact on increasing the noise pollution. An increasing number of vehicles resulted in the reduced of road capacity, so compulsion the government to do road enlargement to avoid traffic jam as occurs in segment of St. Margonda Raya. Road enlargement compulsion residential area that have built being trapped cause of transportation sector so it make impact of noise to the inhabitant. Road enlargement forcing the existing residential areas adjacent to the location of the transportation path, giving rise to noise impacts for residential. Enlargement of traffic lane cause the change of noise disturbed place. Settlement location with distance less than 5 meters from St. Margonda Raya includes to Noise Risk Location (NRL). Whereas the settlement location that place between 5 to 15 meter includes to Noise Moderate Location (NML). Based on research ascertainable, noise polluston can impact to the inhabitant in Kelurahan Pondok Cina, Depok like nuisance to the sleep activity and hearing loss. Because of that, we need solution that can use to noise reduction. The solution that we use are sort-term solution is improved the transport management system, medium-term solution with planting the trees over in St. Margonda Raya and long-term solution with supplying public transportation which can accommodate transportation demand of the population.
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1476
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lily Septarina
Abstrak :
ABSTRAK Peningkatan jumlah pengguna park and ride diikuti peningkatan kebutuhan ruang parkir pada stasiun Pondok Cina, disebabkan adanya masyarakat yang setiap harinya memarkirkan kendaraan pribadi mereka dan menggunakan kereta api sebagai moda transportasi untuk menuju ke tempat kerja. Penelitian ini membahas mengenai analisa kebutuhan ruang parkir sepeda motor berdasarkan perubahan tarif dan penambahan luas lahan park and ride Pondok Cina. Metode pengumpulan data dengan survei langsung ke lapangan dengan cara melakukan wawancara dengan metode stated preference untuk mendapatkan data karakteristik responden, data kedatangan dan keberangkatan serta data stated preference. Hasil penelitian menunjukkan probabilitas terbesar yaitu sebesar 0,408 serta nilai utilitas sebesar -0,371 dengan perubahan tarif pakir sebesar 9000 dan luas lahan 1856 m2 dengan kemampuan maksimum ruang parkir dalam menampung kendaraan yang parkir yaitu sebesar 1332 kendaraan. Pengguna fasilitas mendapatakan manfaat dari segi biaya perjalanan lebih murah Rp. 8000,- dibandingkan menggunakan sepeda motor langsung. Penelitian ini juga mendapatkan data asal perjalanan responden berdasarkan alamat responden tersebar sejauh 4,2 km kearah sisi barat dan sejauh 10,8 km kearah sisi timur serta 2,4 km pada sisi utara dan 9,6 km pada sisi selatan.
ABSTRACT The increase in the number of users of park and ride followed by an increased need for parking spaces at the station Pondok China, due to their communities every day to park their personal vehicles and use the train as a mode of transportation to get to work. This study discusses the analysis of motorcycle parking space needs based on changes in tariff and the land area of the park and ride Pondok Cina. Data were collected by the survey directly into the field by conducting interviews with the stated preference methods to get the data characteristics of the respondents, the data of arrival and departure as well as the data stated preference. Results showed the greatest probability is equal to 0.408 and the utility value of 0.371 with Pakir tariff changes of 9000 and a land area of 1856 m2 with a maximum capacity of parking spaces to accommodate the parking of vehicles in the amount of 1332 vehicles. Users benefit from having the facilities in terms of cheaper travel costs Rp. 8000 compared to a motorbike directly. The study also obtain travel origin data by address respondents respondents spread as far as 4.2 km towards the west and as far as 10.8 km to the east side and 2.4 km in the north and 9.6 km on the south side.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Exa Heydemans
Abstrak :
ABSTRAK
Antusiasme masyarakat terhadap kereta rel listrik KRL di Jabodetabek saat ini terbilang cukup tinggi dengan adanya penambahan jumlah penumpang setiap tahunnya. Seiring dengan penambahan jumlah penumpang, stasiun KRL juga harus bisa mengakomodir banyaknya jumlah penumpang tersebut. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui kelayakan dari platform stasiun KRL Pondok Cina demi menampung penambahan jumlah penumpang dalam hal ini tingkat pelayanan Level of Service fasilitas pejalan kaki merupakan parameter kelayakan stasiun yang akan dipelajari.Penelitian dilakukan dengan membandingkan kondisi eksisting platform St. KRL Pondok Cina dengan kondisi rencana pada tahun mendatang. Kondisi eksisting dipelajari dengan melakukan pengambilan data dilapangan secara langsung lalu diolah secara manual sehingga mendapatkan tingkat pelayanan pejalan kaki. Kondisi rencana dibuat dalam model PTV Viswalk yang disimulasikan untuk mendapat gambaran pada tahun ndash; tahun mendatang. Parameter ndash; parameter model diestimasi berdasarkan parameter ndash; parameter kondisi eksisting dan target penumpang.Hasil penelitian ini menunjukan desain stasiun eksisting tidak akan mampu mengakomodir jumlah penumpang rencana. Tingkat pelayanan pejalan kaki platform St. KRL Pondok Cina saat ini sudah cukup buruk dan tidak akan mampu menampung penambahan jumlah penumpang nantinya, oleh karena itu desain stasiun rencana perlu direalisasikan untuk memenuhi permintaan penumpang sehingga tingkat pelayanan pejalan kaki yang dipengaruhi oleh ukuran luas daerah pejalan kaki dan jumlah akses keluar masuk bisa lebih baik.
ABSTRACT
The public 39s enthusiasm for commuter lane light train in Jabodetabek is now quite high with the addition of the number of passengers every year. Along with the addition of the number of passengers, train stations must also be able to accommodate the number of passengers. Therefore, the authors conducted a study to determine the feasibility of the platform in St. Pondok Cina for accommodating the addition of the number of passengers, in this case pedestrians level of service is a feasibility parameter of the station. The study was conducted by comparing the existing condition of St. Pondok Cina rsquo s platform with the future condition in coming years. Existing condition is learned by survey in the field and then processed manually for determining the pedestrian rsquo s level of service. The future condition is made in simulating model and processed by PTV Viswalk to get an overview in the coming years. Model parameters are estimated based on existing condition parameters and passenger targets.The results of this study show the existing station design will not be able to accommodate the number of passenger plans. Level of service St. KRL Pondok Cina is bad enough and will not be able to accommodate the additional number of passengers later, therefore the design of the plan station needs to be realized to meet the demand of passengers so the pedestrian rsquo s level of service, which are influenced by the size of the pedestrian area and the number of incoming access, can be preferable.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Bangun, Ernalem
Abstrak :
Disertasi ini merupakan studi mengenai variasi identitas etnik di dalam sebuah komunitas sosial di mana tiap-tiap anggotanya menampilkan kesamaan sekaligus keberagaman dalam merepresentasikan identitas mereka. Komunitas yang menjadi subjek penelitian ini mengidentifikasi diri mereka sebagai “Cina Pondok Cina”. Mereka tinggal di Depok, Jawa Barat. Dengan menggunakan etnografi, penelitian ini menyelisik Imlek sebagai pintu untuk memahami konstruksi identitas orang Cina Pondok Cina. Adapun teori strukturasi Giddens yang dilengkapi dengan teori populasonal kebudayaan Durham dan pemikiran Ross tentang pengaruh lingkungan terhadap transmisi informasi, digunakan sebagai kerangka pemikiran. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa di balik variasi dalam perayaan Imlek, ikatan kekerabatan dan bakti (xiao) dalam bentuk pemujaan leluhur tetap bertahan dan menjaga keberlangsungan tradisi Cina pada komunitas Cina Pondok Cina. Hal ini menunjukkan bahwa transformasi dan kontinuitas telah terjadi secara bersamaan. Lebih dari itu, transformasi memungkinkan kontinuitas pada aspek-aspek esensial dari identitas Cina Pondok Cina, dan pada waktu yang sama, kontinuitas memungkinkan aspek-aspek yang berubah tetap memiliki makna. ......This is a study of ethnic identity variation of a Chinese community whose members display both similarities and heterogeneity in representing their identities. The community identifies themselves “Cina Pondok Cina” (literally the Chinese of Pondok Cina, who settled in Depok, West Java). Employing ethnographic approach, this study focuses on Imlek, the Chinese New Year celebration, to understand the construction of Chinese identity among them. Imlek is the most visible representation of their “Chinese-ness”. This study uses Giddens’ theory of structuration, Durham’s populational theory of culture, and Ross’ thought abouut environmental influences to transmission of information, as theoretical frameworks. This study found that in spite of the variation of Imlek celebration, kinship ties and devotion (xiao) to ancestor worship continue to hold and preserve the so-called Chinese tradition. It shows that transformation and continuity has been occurring together. Furthermore, transformation makes possible the continuity of essential aspects of Cina Pondok Cina identity, and at the same time, continuity makes the changed aspects meaningful.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Farhani Ramadhan
Abstrak :
Guna menyediakan layanan yang dapat mempermudah mobilisasi untuk warga Kota Depok serta mengurangi kemacetan di kota tersebut, pemerintah Kota Depok merencanakan untuk menyediakan layanan berbasis rel Cibubur-Pondok Cina (LRT Cibubur-Pondok Cina). Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis faktor yang paling berpengaruh dalam menentukan potensi permintaan, menganalisis tarif yang paling sesuai, membuat model yang paling sesuai, dan menganalisis tingkat potensi permintaan dari penyelenggaraan LRT Cibubur-Pondok Cina. Metode analisis yng digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model logit binomial dengan pembangunan fungsi utilitas melalui pendekatan analisis regresi logistik. Proses pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan menggunakan metode survei Revealed Preference dan Stated Preference. Kuesioner tersebut kemudian diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Data yang didapatkan dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok data. Setiap kelompok data dilakukan uji korelasi dengan metode Rank Spearman dan dilakukan pula metode Stepwise untuk menentukkan variabel bebas yang masuk ke dalam pemodelan. Setelah itu, dilakukan proses pembentukan fungsi utilitas, uji kelayakan, dan uji validasi serta dilakukan pemilihan model terbaik. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap potensi perminataan LRT Cibubur-Pondok Cina adalah Biaya 1 Kali Perjalanan, Tarif LRT, dan Penghematan Waktu, dengan tarif yang paling sesuai menurut preferensi responden adalah sebesar Rp10.000,00. Model yang digunakan dalam menentukan potensi permintaan diantaranya U = -0.472 + 0.289X11, U = 5.944 - 1.503X16, dan U = 1.328 - 0.309X17. Potensi permintaan penyelenggaraan LRT Cibubur-Pondok Cina berdasarkan preferensi tarif sebesar Rp10.000,00 adalah 80.77%. ......In order to provide services that can facilitate mobilization for Depok City residents and reduce congestion in the city, the Depok City government plans to provide Cibubur-Pondok Cina rail-based services (Cibubur-Pondok Cina LRT). This study aims to analyze the most influential factors in determining potential demand, analyze the most suitable tariff, create the most suitable model, and analyze the level of potential demand for the implementation of the Cibubur-Pondok Cina LRT. The analytical method used in this study is to use a binomial logit model with the construction of a utility function through a logistic regression analysis approach. The data collection process was carried out by distributing questionnaires using the Revealed Preference and Stated Preference survey methods. The questionnaire was then tested using validity and reliability tests. The data obtained were grouped into several data groups. Each group of data was tested using the Rank Spearman method and the Stepwise method was also used to determine the independent variables included in the modeling. After that, the process of forming a utility function, feasibility test, and validation test is carried out and the best model is selected. Based on the data processing that has been done, it is known that the variables that have the most influence on the potential demand for the Cibubur-Pondok Cina LRT are the Cost of 1 Trip, LRT Tarrifs, and Time Savings, with the most suitable tariff according to respondents' preferences being IDR 10,000.00. The models used in determining potential demand include U = -0.472+0.289X11, U = 5.944-1.503X16, and U = 1.328-0.309X17. The potential demand for the implementation of the Cibubur-Pondok Cina LRT based on tariff preferences of Rp10,000.00 is 80.77%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiji Astuti
Abstrak :
Berbagai macam perilaku filantropi dilatarbelakangi oleh berbagai bentuk situasi, seperti sosial, ekonomi, politik dan agama. Skripsi ini akan membahas sebuah perilaku filantropi yang dimiliki oleh Muhammadiyah, yaitu satu bentuk perilaku filantropi yang berdasarkan pada nilai Islam yang kemudian di invensi tradisikan dalam bentuk amal usaha, dengan mengambil studi kasus pada TK Aisyiyah 3 Pondokcina. Tulisan ini ingin memperlihatkan bagaimana sebuah aktivitas flantropi Islam dimanifestasikan dengan menggunakan cara Muhammadiyah. Di sisi lain juga memperlihatkan bagaimana amal usaha memberikan dorongan bagi anggota organisasi Muhammadiyah dan guru memiliki perilaku filantropi Islam yang aktif dan produktif. ......Various kinds of philanthropic behaviour are motivated by various forms of situations, such as social economic, political and religious. This studies will discuss about philanthropic behaviour by Muhammadiyah that is a form of behaviour based on Islamic values which is then invented tradition in the form of amal usaha, by taking a case study at TK Aisyiyah 3 Pondokcina . This paper wants to shows an Islamic philanthropic activity is realized using the Muhammadiyah method. On the other hand, also how amal usaha provide Muhammadiyah members organizations and teachers to have active and productive Islamic philanthropic behaviour.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Randy As Ad Pradana
Abstrak :
ABSTRAK
Pembangunan apartemen TOD pada stasiun Pondok Cina akan berdampak kepada tingkat layanan di tempat tersebut. Hal tersebut berdampak positif karena terdapat peningkatan pengguna KRL, tetapi hal tersebut juga berpotensi menimbulkan masalah disebabkan oleh volume yang meningkat. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak pembangunan apartemen TOD stasiun Pondok Cina terhadap tingkat pelayanan stasiun pada kondisi tahun 2022 serta menemukan solusi terbaik untuk memperbaiki tingkat pelayanan. Model stasiun dibuat menggunakan perangkat lunak PTV VISWALK 10. Pengujian validasi dibutuhkan untuk menentukan model dapat diterima atau tidak dengan cara membandingkan hasil model dan kondisi aktual di lapangan. Analisa tingkat pelayanan menggunakan HCM sebagai acuan. Terdapat beberapa model yang dilakukan, antara lain kondisi eksiting tahun 2018, kondisi tahun 2022 tanpa apartement, kondisi 2022 dengan apartemen, dan kondisi alternatif. Kondisi alternatif berupa perubahan total di stasiun Pondok Cina. Berdasarkan simulasi, dengan adanya pengaruh dari apartement, jika tidak dilakukan apapun maka tingkat pelayanan memburuk dari LOS B ke LOS E sedangkan travel time meningkat drastis dari 78 detik menjadi 429 detik pada tahun 2022.
ABSTRACT
The construction of the TOD apartment at the Pondok Cina Station will have an impact on the level of service at the venue. This has a positive impact because there is an increase in KRL users, but it also has the potential to cause problems due to the increased volume. This study aims to analyze the impact of TOD station Pondok Cina apartment development on station service level in 2022 condition and find the best solution to improve service level. The station model is created using PTV VISWALK 10. Validation testing is needed to determine the model is acceptable or not by comparing the model results and actual conditions in the field. Analysis of service level using HCM as a reference. There are several models performed, such as the condition of existing year 2018, condition year 2022 without apartment, condition 2022 with apartment, and alternative condition. Alternative conditions of total change in Pondok Cina station. After the simulation, see the performance of all models based on service level and travel time. The result show given the influence of the apartement, if nothing is done then the level of service worsens from LOS B to LOS E while travel time increases drastically from 78 seconds to 429 seconds by 2022.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library