Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anom Sejogati
"Indonesia menjadi negara dengan jumlah startup mencapai 2.339, akan tetapi jumlah tersebut tidak diimbangi dengan keberlangsungan dari startup tersebut. Umumnya startup hanya mampu bertahan kurang dari dua tahun. Salah satu penyebabnya adalah 35% produk atau solusi yang ditawarkan belum sesuai kebutuhan pasar. Hal ini karena belum optimalnya validasi pasar terkait produk yang akan dikembangkan. Salah satu cara untuk memvalidasi pasar adalah dengan membuat minimum viable product (MVP) yang diujicobakan kepada target segmen pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis MVP dengan value proposition yang menjawab kebutuhan pelanggan sehingga dapat dicapai produt-market fit. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk mengetahui permasalahan dan harapan pelanggan serta menguji ide produk. Permasalahan dan harapan ini digunakan untuk menganalisis value proposition yang tepat untuk pelanggan menggunakan value proposition canvas (VPC). Value proposition ini menjadi masukan untuk hipotesis model bisnis awal menggunakan Lean Canvas dan menjadi landasan fitur MVP. Metode customer development dipilih agar fitur MVP yang dikembangkan selaras dengan model bisnis dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang guru, 8 orang tua, dan 4 siswa. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi model bisnis dalam bentuk Lean Canvas dan MVP dalam bentuk aplikasi prototipe sebagai dasar untuk membangun sebuah produk startup yaitu platform pembelajaran berbasis jejaring sosial. Berdasarkan umpan balik penggunaan aplikasi prototipe didapatkan conversion rate sebesar 91.7%. Hal ini menunjukkan MVP tersebut layak untuk dikembangkan ke tahap customer creation dan company building.
......Indonesia is a country with a number of startups reaching 2,339, but this number is not matched by the sustainability of these startups. Generally, startups can only last less than two years. One of the reasons is that 35% of the products or solutions offered are not following market needs. This is because the market validation has not been optimal regarding the product to be developed. One way to validate the market is to create a minimum viable product (MVP) that is piloted to target customer segments. This study aims to analyze MVP with a value proposition that answers customer needs so that product-market fit can be achieved. A qualitative approach is used to find out the pains and gains of customers and to test product ideas. These pains and gains are used to analyze the right value proposition for customers using the value proposition canvas (VPC). This value proposition becomes the input for the initial business model hypothesis using Lean Canvas and becomes the basis for the MVP feature. The customer development method was chosen so that the MVP features developed are in line with the business model and meet customer needs. Respondents in this study consisted of 12 teachers, 8 parents, and 4 students. This research produces business model recommendations in the form of Lean Canvas and MVP in the form of a prototype application as the basis for building a startup product, namely a social network-based learning platform. Based on the feedback using the prototype application, the conversion rate was 91.7%. This shows that the MVP made is feasible to be developed for the customer creation and company building stages."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Amir Perdana
"ABSTRAK
Permasalahan paling dominan yang dialami sub sektor ekonomi kreatif di Indonesia adalah pembiayaan. Crowdfunding adalah cara baru untuk mendapatkan pendanaan melalui internet. Berdasarkan pengamatan, hampir semua reward-based crowdfunding di dunia ditujukan untuk kampanye industri kreatif, sehingga reward-based crowdfunding diyakini mampu membantu perkembangan industri kreatif di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu mendapatkan rancangan situs web reward-based crowdfunding yang sesuai dengan kebutuhan pengguna di Indonesia. Pendekatan Lean Product Process, yang merupakan pengembangan dari Lean Startup, digunakan untuk mendapatkan rancangan situs web yang tepat. Terdapat enam tahapan pada kerangka kerja Lean Product Process dengan masing-masing metode yang berbeda disetiap tahapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Persona untuk menentukan target pengguna, Kano Model untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna, Product Value Proposition untuk menentukan nilai tambah, User Stories untuk menentukan fitur set MVP, User Experience Design Framework untuk membuat rancangan purwarupa, dan Usability Testing untuk menguji purwarupa. Penelitian ini melakukan dua kali iterasi. Pada iterasi pertama diperoleh rancangan situs web clickable mockup, sedangkan pada iterasi kedua diperoleh rancangan situs web interactive prototype.

ABSTRACT
The most dominant problem experienced by sub sector of creative economy in Indonesia is funding. Crowdfunding is a new way to get funds via internet. Based on observations, almost all of the world 39 s reward based crowdfunding is intended for creative industry campaigns, so reward based crowdfunding is believed to help the development of creative industry in Indonesia. The purpose of this research is to get the design of reward based crowdfunding website that suits user needs in Indonesia. The Lean Product Process approach, which is the development of Lean Startup, is used to get the appropriate website design. There are six stages in the Lean Product Process framework with different methods in each stage. The methods used in this study were Persona to determine user target, Kano Model to identify user needs, Product Value Proposition to determine the added value, User Stories to determine the feature set of MVP, User Experience Design Framework to create prototype design, and Usability Testing to test the prototypes. This study conducted two time iteration. In the first iteration, website design of clickable mockup was obtained, while in the second iteration web site design of interactive prototype was obtained."
2017
T48666
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library