Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Delong, Thomas
Boston: McGraw-Hill Irwin, 2003
658 DEL p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Burhanuddin
"ABSTRAK
Sebagai perekonomian negara sedang berkembang di Indonesia sektor jasa masih sangat tertinggal. Anggapan yang melatar belakangi penelitian dan penulisan tesis ini ialah ketertinggalan sektor jasa itu. termasuk jasa profesional ( Professional Servicess ) tidak saja dikarenakan belum maju dan berkembangnya keahlian dan keterampilan profesional. Tetapi juga karena kelembagaan organisasi yang mendukung pelayanan jasa profesional belum cukup dapat dihandalkan. lni karena belum meluasnya kesadaran keunggulan bersaing sangat ditentukan oleh "organization capability", sehingga organisasi dipandang sebagai alat saja.
Karena itu tesis ini, usaha melakukan deskripsi permasalahan kelembagaan organisasi kemitraan profesional secara medasar, yaitu berkenaan dengan " Professional Turnover " dari perspektif organisasi. Dengan tujuan agar melalui perspektif itu dapat diungkap berapa besar tingkat "turnover" organisasi kemitraan profesional, apa yang mendorong terjadinya, bagaimana kondisi internal organisasi yang mengalami "turnover" itu, apa yang dilakukan atau dapat dilakukan agar tingkat "turnover" itu dapat ditekan. Sehingga tidak menjadi "emergent system" bagi organisasi kemitraan profesional. Ternyata "turnover" organisasi kemitraan profesional dapat dikatakan sangat tinggi. Dengan Cara perhitungan menggunakan total anggota tahun terakhir penelitian saja munculnya angka 48,0-persen mitra ( Partners ) keluar dan angka 71,0-persen mitra baru. Kalau perhitungan dilakukan menggunakan persentase keluar tiap tahun angka-angka itu akan jauh lebih besar, yaitu 52,0-persen mitra keluar. Sehingga dalam 10-tahun dapat dikatakan tiap organisasi keritraan sudah merupakan organisasi baru sama sekali, karena semua orang baru.
Tingkat "turnover" seperti itu tidak tampak ganjil jika dikaitkan dengan keadaan pasar tenaga kerja profesional di Jakakarta sebagai Iingkungan mikro dari organisasi kemitraan profesional itu di mana surplus penawaran tenaga kerja profesional muncul bersamaan dengan tidak tecisinya sejumlah kesempatan kerja, atau ada jurang kualitas tenaga kerja tersedia dengan kualifrkasi kerja yang tersedia. Di pihak lain pendidikan mitra yang tinggi mendorong tenaga kerja profesional cenderung oportunistik
Internal organisasi kemitraan profesional ternyata masih Iemah terutama pada aspek kapasitas pelayanan dan keseuaian internalnya ( servicess capacity and internal compatibility ). Tetapi dari aspek struktur, komunikasi atau relasi sudah cukup memadai.
Sementara itu pada faktor strategik, ternyata organisasi kemitraan profesional belum sepenuhnya memberikan otonomi yang dibutuhkan kegiatan profesional, masih terdapat tekanan yang mengganggu penyelenggaraan kegitan profesional para mitra. Belum ada sistim imbalan yang berdekatan di antara organisasi sehingga cenderung mendorong tenaga kerja berprilaku kutu loncat, ini terbukti dari jarak penggajian yang begitu besar antara organisasi yang satu dengan yang lainnya. Dan dari segi loyalitas, pada dasarnya di dalam organisasi kemitraan profesional sudah demikian baik."
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Fransiscus
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25393
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ryan Triwardhana
"ABSTRAK
Kesuksesan suatu perusahaan penyedia jasa konsultasi dapat terhitung dari jumlah proyek konsultasi yang dapat terselesaikan tepat waktu, sesuai anggaran dan dengan kualitas yang diharapkan. Akan tetapi baik kapabilitas dan keahlian yang dimiliki oleh personil setiap perusahaan konsultan berbeda-beda, terdapat proses penyampaian yang terstandar dan ada juga yang masih bergantung ke individu tertentu.Untuk itu dibutuhkan suatu prosedur untuk menstandarkan proses yang menjadi ciri khas perusahaan konsultasi, prosedur ini juga dibutuhkan agar proses penyediaan konsultasi yang disampaikan tidak bergantung sepenuhnya pada suatu individu tertentu.Penelitian ini bertujuan untuk merancang prosedur yang bertujuan meningkatkan kapabilitas penyampaian jasa konsultasi pada perusahaan pemberi jasa konsultasi yaitu PT Equine Global. Untuk keperluan penelitian ini, prosedur yang disusun akan mencakup proses service delivery IT Service Management, yang menjadi portofolio jasa konsultasi yang diandalkan oleh PT Equine Global. Hasil yang diberikan dari penelitian ini adalah sebuah rancangan prosedur terstandar untuk menyampaikan jasa layanan konsultasi kepada klien PT Equine Global. PT Equine Global membutuhkan prosedur ini untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas mereka selaku perusahaan penyedia jasa konsultasi. Untuk mendapatkan sebuah rancangan prosedur yang mencerminkan ciri khas dari PT Equine Global, beserta penyampaian jasa konsultasi ITSM sesuai best practice yang diacu ITIL V3. Penulis mengambil sudut pandang para ahli ITSM, tim service delivery dan manajemen PT Equine Global untuk mendapatkan ciri khas yang ingin terdapat dalam prosedur yang disusun ini.Hasil ini diharapkan dapat memperbaiki permasalahan kapabilitas yang dialami oleh salah satu unit bisnis PT Equine Global, yaitu Equine Advisory Services dan menjadi acuan untuk penyusunan prosedur unit bisnis dan layanan lainnya yang diberikan kedepannya nanti.

ABSTRACT
The success of a consultancy company can be measured on the number of consultancy project which are delivered on time, on budget and based on expected quality. However, both the capability and skills owned by personnel on every consultancy company different from each other, some have standardized procedures to guide them in delivering services to clients, while some still rely on leadership skills owned by certain individuals.For that, procedures as a media to standardize the Business Process is required to deliver service which possess the uniqueness of the consultancy companies. This procedures are also required so that the consultancy services dose not fully depend on certain individuals.This research aim to devise procedures which are used to increase the capability of service delivery on one of consultancy company in Indonesia which is PT Equine Global. For this research purpose, the procedures devised will only cover IT Service management service delivery which becomes a top consultancy service portfolio owned by PT Equine Global.The result of this research will be a standardized procedure which required to deliver consultancy services to the clients of PT Equine Global, since PT Equine Global will require this procedures to increase both of their quality and capability as a consultancy services company.In order to obtain procedures which reflect the identity and uniqueness of PT Equine Global and the delivery of ITSM consultancy services based on ITIL V3. The writer capture the viewpoint and opinion of ITSM experts, service delivery team and management of PT Equine Global to acquire the uniqueness which want to be included within procedures being devised.The result of this research hopefully could improve both the capability and quality being delivered by Equine Advisory Service as one of PT Equine Global Business unit which have capability issue back in 2015. Later the devised procedure hopefully can become references for other PT Equine Global Business units which require procedures to standardize their services."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Raditya Shinta Hanifati
"Praktik akuntan di Indonesia mayoritas masih berkonsep traditional accounting firms di tengah tuntutan lingkungan bisnis untuk meningkatkan pemberdayaan akuntan berpraktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses transformasi praktik yang dilakukan oleh KJA X serta pengaruhnya terhadap kinerja KJA. Penelitian ini meggunakan pendekatan studi kasus dengan melalui wawancara dan analisis dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa proses transformasi praktik yang terjadi pada KJA X terdiri dari beberapa tahap penting yang mengarah pada praktik professional service firms. Pertama, mengidentifikasi faktor pendorong transformasi yang berasal dari aspek internal dan eksternal. Kedua, menyusun strategi transformasi praktik KJA yang mencakup strategi sumberdaya manusia, strategi pemasaran dan branding, strategi diversifikasi jasa, dan strategi penetapan harga. Ketiga, mengimplementasikan strategi transformasi tersebut dengan pendekatan top-down change. Penelitian ini juga menemukan bahwa upaya transformasi dan inovasi praktik KJA X mampu meningkatkan kinerja KJA X yang ditandai dengan adanya peningkatan pertumbuhan pendapatan dan peningkatan tingkat retensi klien KJA X selama 3 tahun beroperasi. Hasil penelitian ini dapat menyediakan literasi tambahan bagi akuntan berpraktik yang memiliki KJA berbentuk perseorangan dalam mengembangkan manajemen praktiknya.

The majority of accountants practice in Indonesia still has the concept of traditional accounting firms in the midst of the business demands to increase the empowerment of practicing accountants. This study aims to determine how the process of practice transformation carried out by small accounting firm (KJA) and its influence on the performance of KJA. This study uses a case study approach through interviews and documentation analysis. This study found that the process of practice transformation that occurred at KJA X consisted of several important stages that led to the practice of professional service firms. First, it identified the motivating factors originating from internal and external aspects. Second, it develop a practice transformation strategies that includes human resource strategy, marketing and branding strategy, service diversification strategy, and pricing strategy. Third, it implemented the transformation strategy with a top-down change approach. This study also found that the efforts in transforming and innovating its practice were able to improve KJA X's performance which was marked by an increase in revenue growth and an increase in client retention rates for 3 years of operation. The results of this study can provide additional literacy for practicing accountants who have an individual firm in developing their management practices."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Alyssa Leadi
"ABSTRAK
Tingkat pertumbuhan industri di Indonesia yang cenderung tinggi menuntut setiap industri untuk memiliki performa yang baik sehingga mampu bersaing secara kompetitif. Performa perusahaan yang baik dipengaruhi oleh produktivitas pekerja yang dipengaruhi oleh tingkat Job Satisfaction yang dimiliki oleh setiap pegawai. Secara langsung maupun tidak langsung Job Satisfaction dapat mempengaruhi banyak aspek bagi suatu perusahaan termasuk Customer Satisfaction yang merupakan focus utama bagi perusahan yang bergerak di bidang service. Ada banyak teori yang mendukung mengenai pentingnya meningkatkan Job Satisfaction bagi suatu perusahaan. Salah satunya Herzberg‟s Two Factors Theory yang menekankan bahwa terdapat 2 faktor utama yang dapat mempengaruhi Job Satisfaction pegawai yaitu Motivators dan Hygiene Factors. Pada penelitian ini, penulis melakukan pengujian Herzberg‟s Two Factors Theory pada salah satu Professional Service Firm di Indonesia. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap 156 responden melalui kusioner Job Descriptive Index dan kuisioner berlandaskan Herzberg‟s Two Factors Theory.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat Job Satisfaction pegawai dan mencari faktor dominan yang mempengaruhi Job Satisfaction pegawai. Setelah itu penelitian ini juga dilanjutkan dengan perancangan strategi menggunakan System Analysis Tools (SAT) guna meningkatkan Job Satisfaction pegawai di Professional Service Firm tersebut.

ABSTRACT
The growth rate of Industries in Indonesia has grown so significance that made this country has to increase its industrial performance that influence industrial competiveness. Industrial performance influenced by workers' productivity. Many aspects that influence workers' productivity organization commitment, work engagement and Job Satisfaction. Job Satisfaction has a big impact for a company espescially for service company since Job Satisfaction affects Customer Sarisfaction. There are many theories that support the importance of improve Job Satisfaction for company. Herzberg?s Two Factors theory explained about the factors that affecting Employee Job Satisfaction. They are Motivator Factors and Hygiene Factors. This research examined Herzberg?s Two Factors Theory in Professional Service Firm in Indonesia. There are about 156 respondends that participate in this research. The dominant factors were found through Job Descriptive Index and questionnaire that related with Herzberg‟s Two Factors Theory were used in this research. At the end, based on the results, researchers was trying to make a strategy to imptove Job Satisfaction Level in Professional Service Firm"
2016
S63915
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library