Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Boss, Suzie
Abstrak :
"Reinventing Project-Based Learning" offers educators an accessible guide for maximizing the benefits of project-based learning in today's technology-rich learning environment. This reader-friendly book speaks directly to educators, administrators, and professional development specialists who want to transform learning into a more active, student-driven experience, using technology tools for inquiry, collaboration, and connection to the world beyond the classroom. Examples from educators in many different countries showcase this new vision of instructional design. Features of the book include: (1) a guided process for designing and implementing effective projects; (2) collaborative activities in each chapter, appropriate for shared reading, lesson study, and other professional development activities; and (3) A focus on the essential learning functions of digital tools, the Internet, and Web 2.0.
Washington: ISTE (International Society for technology in education), 2007
371.36 BOS r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Meszieshan Dhenati Monikasari
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Pembelajaran Berbasis Proyek dan keterlibatan siswa berdasarkan ciri-ciri kepribadian mereka dalam kelas Bahasa Inggris, Prodi Inggris, Universitas Indonesia. Aspek keterlibatan termasuk keterlibatan perilaku, emosional, dan kognitif. Penelitian-penelitian sebelumnya mengacu pada generalisasi terhadap ciri kepribadian siswa ketika berbicara tentang keterlibatan siswa. Dalam penelitian ini, siswa diklasifikasikan menjadi dua sifat yang berbeda, yaitu ekstrovert dan introvert. Penelitian ini menunjukkan perbedaan keterlibatan siswa dalam belajar menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek dimana perbedaan tersebut didasari oleh perbedan kepribadian siswa. Peserta dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 7. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kepribadian yang tersedia online, survei skala keterlibatan siswa secara online, dan pertanyaan wawancara. Data dianalisa berdasarkan tiga aspek, yaitu perilaku, emosional, dan kognitif. Keterlibatan secara perilaku dan kognitif baik ekstrovert dan introvert cenderung sama. Perbedaannya terletak pada keterlibatan secara emosional. Meskipun hasilnya tidak terlalu signifikan, penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrovert memiliki keterlibatan yang lebih tinggi daripada introvert ketika Pembelajaran Berbasis Proyek digunakan di kelas.
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine how Project-based Learning PBL influenced students 39; engagement based on their personality traits in English as Foreign Language EFL class, English Studies, Universitas Indonesia. The aspects of the engagement were including behavioral, emotional, and cognitive engagement. Most previous research studies referred to a generalization of students when speaking of student engagement. In this research, the students were classified into two different traits, extrovert and introvert. The participants were the 7th-semester students. The instruments used in this research were personality test provided online, online student engagement scale survey, and the questions of the interview. The data were examined based on the three aspects. Behavioral and cognitive engagement of both extrovert and introvert remained similar. The difference was on the emotional engagement. Although the result was slightly significant, it indicated that the extrovert had higher engagement than the introvert when Project-based Learning was used in class.
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Maulana
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah dalam penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM; (2) mendeskripsikan hasil belajar Fisika peserta didik dengan menggunakan model PjBL berbasis STEM; dan (3) menguraikan dampak positif dari penerapan model PjBL berbasis STEM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 April sampai dengan 20 Mei 2019 pada pembelajaran Fisika di kelas X Peminatan IPA SMAN 9 Tebo, Jambi. Pengumpulan data dengan metode teknik tes, observasi, dokumentasi dan penilaian proyek/produk. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika peserta didik pada aspek kognitif mengalami peningkatan yang cukup baik, dari rata-rata 58.00 menjadi ratarata 77.16, di mana rata-rata hasil belajarnya mencapai nilai KKM (65). Rata-rata hasil belajar pada ranah sikap memperoleh predikat sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada aspek keterampilan memperoleh nilai 82.13. Dengan demikian, pendekatan STEM dapat menunjukkan kepada peserta didik bagaimana konsep, prinsip, sains, teknologi, teknik, dan matematika digunakan secara terintegrasi untuk mengembangkan produk, proses, dan sistem yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Penerapan Model PjBL berbasis STEM ini memerlukan persiapan yang cukup lama. Oleh karena itu, guru sebaiknya dapat merancang pembelajaran dengan langkah-langkah yang tepat sehingga pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.
Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2020
371 TEKNODIK 24:1 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Angga Oktavianto
Abstrak :
Pembelajaran geografi berguna untuk membekali siswa keterampilan berpikir spasial. Pembelajaran geografi harus diarahkan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik perlu memanfaatkan perkembangan teknologi terutama teknologi berbasis geospasial, salah satunya berupa Google earth. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis proyek berbantuan Google earth terhadap keterampilan berpikir spasial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan desain quasi experimental berupa pretest-posttest nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan pada Kelas X IPS SMA Negeri 1 Salam Babaris, Kabupaten Tapin. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur keterampilan berpikir spasial berupa modifikasi dari Spatial Thinking Ability Test (STAT), Analisis data melalui t test dengan menggunakan SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek berbantuan Google Earth berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir spasial siswa. Beberapa kelebihan dari pembelajaran ini antara lain adalah: (1) 88% siswa menjadi tertantang untuk menyelesaikan permasalahan nyata melalui kegiatan proyek, (2) 100% siswa semakin aktif dalam pembelajaran, (3) 96% kinerja siswa dalam menyelesaikan proyek lebih teratur, (4) 100% siswa merasa memiliki keleluasaan lebih untuk menyelesaikan proyek, (5) 98% siswa termotivasi berkompetisi menghasilkan produk yang terbaik,dan (6) 89% siswa mengalami peningkatan keterampilan berpikir spasial.
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017
371 TEKNODIK 21:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This study examined university students? attitudes towards and skill levels of using social networking sites to promote public health information online. Data were collected from the student participants who were health professionals from six different countries. The participants were given surveys before and after their training. The surveys assessed: (1) their comfort levels in using social networking sites, (2) their attitudes towards online health information dissemination, and (3) their ability to create effective online health information sites. A Health Sciences faculty member worked with an instructional designer and technologist to create a training video and guidelines for designing effective online websites. Training materials were posted to the online course area. Working in collaborative teams, the student participants developed online health social networking sites that targeted global health education issues. Competence and skill level of students were assessed using project-based learning criteria. Results of the study reveal: (1) participants have a high comfort level in using social networking sites, (2) participants, in general, have positive attitudes toward online health information, and (3) participants are highly competent in creating online health information sites.
370 JPP 44 (1-3) 2011
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Milhatul Hikmah
Abstrak :
Partisipasi siswa pada proses pembelajaran Pemrograman Dasar kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Cerme, Kabupaten Gresik sangat kurang. Hal ini karena mereka merasa kesulitan dalam memahami bahasa pemrograman yang belum pernah mereka dapatkan pada pendidikan sebelumnya. Dari hasil pre test yang dilakukan, tidak ada seorang siswa pun yang menguasai secara tuntas. Alasan lain dari kesulitan mereka adalah bahwa metode pembelajaran yang dilakukan selama ini adalah dengan metode ceramah, bukan berpusat pada siswa. Hasil akhir dari mata pelajaran ini adalah bahwa siswa dapat menghasilkan sebuah proyek berupa program. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Satu siklus berisi tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; dan (3) pengamatan dan refleksi. Menurut hasil wawancara, observasi siswa, dan refleksi siswa, ditemukan bahwa akar masalahnya adalah proses pembelajaran yang hanya menggunakan ceramah. Ada tindakan dalam upaya pemecahan masalah yaitu: (1) peningkatan partisipasi siswa dengan menghubungkan langsung materi pembelajaran dengan kehidupan nyata; dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan pemahaman melalui praktik. Melalui penerapan model Project Based Learning, pembelajaran dapat berlangsung kondusif. Siswa menunjukkan respons positif dan hasil belajarnya meningkat. Berdasarkan analisis data selama siklus I, kemampuan siswa dalam memahami algoritma dan pemrograman adalah 19,3% tuntas; 32,2% cukup; dan 48,4% belum tuntas. Oleh karena itu, dilakukan refleksi untuk menuju ke siklus II, di mana pada siklus II ini didapatkan hasil belajar siswa sebesar 51,6% tuntas; 48,4% cukup; dan 0% belum tuntas. Pembelajaran melalui model Project Based Learning ini sangat membantu peningkatan partisipasi belajar siswa, yang kemudian meningkatkan hasil belajar mereka.
Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2020
371 TEKNODIK 24:1 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This book explains how Taylors University implemented a curriculum in their engineering program that prepares students to address challenges facing the world. Aim is to enable Engineers put their knowledge into application to meet the 14 challenges of the century as outlined by the National Academy of Engineering (NAE) of the United States. The research groups are organized around the 14 grand challenges for engineering The structure of their syllabi is organized in a way that they address the 5 core competencies: Research Experience, Entrepreneurship, Service Learning, Interdisciplinary Curriculum, Global Dimension. It uses the CDIO educational framework, a project-based learning approach that provides students with the big picture of engineering. Through this method, students are able to: Master a deeper working knowledge of the fundamentals of engineering Lead in the creation and operation of new products and system Understand the importance and strategic value of research work
Singapore: Springer Nature, 2019
e20508263
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Septiani Putri
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbandingan persepsi atas manfaat metode Student Centered Learning (SCL) terhadap pengembangan soft skills mahasiswa akuntansi. Soft skills mahasiswa akuntansi diukur dengan penilaian (persepsi) mahasiswa akuntansi terhadap manfaat soft skills yang diperoleh melalui metode SCL, yaitu melalui metode Collaborative Learning (CL), Case Based Learning (CBL), dan Project Based Learning (PjBL). Pengujian perbandingan manfaat metode SCL dilakukan menggunakan One Way ANOVA. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SCL memberikan manfaat pengembangan soft skills pada mahasiswa akuntansi dimana metode PjBL unggul dibandingkan metode CL dan metode CBL. ......The purpose of this research is to see the comparison of perceptions on the benefits of Student Centered Learning (SCL) methods to accounting students‟ soft skills development. Accounting students‟ soft skills are measured by accounting students‟ assessment (perception) to soft skills benefits that were acquired through SCL methods, such as Collaborative Learning (CL), Case Based Learning (CBL), and Project Based Learning (PjBL). Comparison testing of the benefits of SCL methods is using One Way ANOVA. Overall results reveal that SCL methods facilitate the development of accounting students‟ soft skills and PjBL method was superior than CL method and CBL method.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S58751
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library