Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Hanifatul Haq Ratri
"
ABSTRAKLaporan magang ini membahas mengenai analisis pengendalian internal atas piutang dagang pada PT XYZ. Analisis difokuskan pada prosedur perusahaan yang tertulis di dalam standar operasional terkait piutang dagang, apakah sudah cukup lengkap untuk dapat meminimalkan risiko berdasarkan teori pengendalian internal terkait piutang dagang serta kesesuaiannya dengan praktik yang terjadi di perusahaan.
Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa prosedur yang tertulis dalam standar operasional terkait piutang dagang pada PT XYZ telah sesuai dengan teori terkait sehingga diharapkan dapat meminimalkan risiko piutang dagang perusahaan. Akan tetapi, lingkungan pengendalian serta lemahnya pengawasan pada praktiknya membuat prosedur yang baik ini tidak berjalan optimal dalam usaha meminimalkan risiko terkait piutang dagang tersebut. Ini dibuktikan dengan buruknya rasio perputaran piutang dan umur piutang perusahaan pada tiga tahun terakhir.
ABSTRACTThe internship report discusses about the analysis of internal control of PT XYZ trade receivable. The analysis focuses on the company procedures written on the operational standard, whether its complete enough to be able to minimize the related risks to the company trade receivable referring to internal control theories as well as the congruence of its practice in PT XYZ.The results of this internship report concludes that PT XYZ procedures in its operational standard has complied to related internal control theories to minimize trade receivable related risks. However, due to lack of company control environment and supervision in practice, the well-built procedures are not performing properly to minimize trade receivable related risks. This proved by the bad receivable turnover ratio and aging of receivable the company has in the last three years."
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Daniel Hakim
"Laporan Magang ini membahas tentang perubahan dari proses yang dilakukan dalam bagian pengadaan SOP keuangan PT. XYZ disebabkan oleh perubahan struktur organisasi dan ekspansi bisnis yang meningkatkan kompleksitas kegiatan operasional PT. XYZ. Dalam proses update, ada analisis melalui pengendalian internal berbasis COSO guidance dalam sistem internal monitoring, kemungkinan risiko yang bisa timbul, dan prosedur yang dilakukan. Proses update yang dilakukan yaitu dengan melakukan wawancara dan walkthrough pada anggota Person in Charge atau penanggung jawab dari proses yang dioperasikan oleh PT. XYZ dalam beberapa kali dan membuat koreksi SOP keuangan yang ada.
Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa setelah memperbarui SOP keuangan terhadap proses pengadaan, ada perubahan yang cukup signifikan mengenai proses dioperasikan pada siklus saat ini menuju ke siklus sebelumnya pada proses pengadaan. Sebagian besar perubahan dalam sub proses SOP Procurement adalah dalam kegiatan, diagram alur, dokumen, dan juga mengubah nama judul penanggung jawab. Beberapa SOP juga terjadi perubahan dalam instruksi kerja. Mengenai Format SOP yang digunakan oleh PT. XYZ, telah sesuai dengan format yang umum digunakan oleh perusahaan, dan terlebih lagi sudah menjelaskan poin-poin penting yang perlu ditekankan dalam SOP, sehingga tidak akan menimbulkan kebingungan dalam proses ketika dieksekusi. Selain itu, SOP keuangan yang dimiliki oleh PT. XYZ juga masih perlu perbaikan juga.
This Internship Report discusses about the change of processes performed in financial SOP procurement section of PT. XYZ caused by the change of organization structure and business expansion that enhances the complexity of operational activites of PT. XYZ. In updating process, there is analysis through the internal control based on COSO guidance on monitoring internal systems, the possibility of the risks that could be arising, and the procedures done. The updating process performed by doing interview and walkthrough the Person In Charge members from the processes operated by PT. XYZ in recent times and make correction of the existing financial SOP. The result of this internship report concludes that after updating the financial SOP towards procurement process, there is a quite significant changes regarding the processes operated on this current cycle towards to previous cycle on procurement process. Most of the sub processes in Procurement SOP changes in activities, flowcharts, documents, and also changes the title name of person in charge. Some SOP also occured changes in work instructions. Regarding SOP format used by PT. XYZ, it has been in accordance with the general format used by the company, and moreover already explained the key points that need to be emphasized in the SOP, so it will not lead to confusion in the process when it is executed. In addition, financial SOP owned by PT. XYZ is also still need of improvement too."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57666
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library