Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahmat Azizil Hakim
Abstrak :
Peningkatan persaingan industri khususnya bidang manufaktur, membuat perusahaan dituntut terus melakukan perbaikan dan peningkatan terhadap performa perusahaan. Aliran dokumen merupakan salah satu komponen paling penting dalam menjalankan perusahaan karena jika aliran dokumen tersendat, maka keseluruhan proses bisnis perusahaan tersendat pula. Maka sangatlah penting untuk meningkatkan dan memperbaiki performa dari aliran dokumen untuk menyokong kegiatan perusahaan. Perbaikan aliran dokumen adalah hal yangdibahas pada penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan terhadap kinerja aliran dokumen dengan melakukan simplifikasi terhadapa aliran dokumen. Hal tersebut dilakukan dengan terlebih dahulu memetakan proses aliran dokumen yang terjadi. Dengan melakukan pemetaan maka dapat dilakukan analisis dengan lebih mudah. Dengan berbasis pada analisis maka dapat dilakukan simplifikasi aliran dokumen sehingga dapat meningkatkan kinerja dan performa aliran dokumen. Dalam memetakan aliran dokumen, terdapat lima proses bisnis yang diteliti yaitu penerimaan order, persiapan produksi, produksi, warehousing, dan delivery, dimana kedua proses terakhir dilakukan penggabungan. Kelima proses bisnis tersebut adalah proses utama perusahaan dan penelitian terfokus pada kelima proses tersebut. Simplifikasi aliran dokumen dilakukan agar waktu siklus aliran dokumen dapat berkurang. Setelah dilakukan simplifikasi diperoleh penurunan waktu siklus sebesar 22,92%. Proses warehousing & delivery tidak dilakukan simplifikasi karena proses tersebut dirasakan tidak menemui kendala dan dirasakan sudah cukup sederhana.
Manufacturing industry is growing rapidly throughout the past years. In order to compete, companies have to make constant improvements in their performance. Document flow is one of the most important component in business, without good system of document flow, business will not work well. Therefore, it is very important to improve document flow to support business' activites. This research is mainly about document flow improvement. The aim of this research is to make improvements in document flow by doing simplification. It is done by doing some mapping of the existing document flow. By doing so, analysis will be done easier. With analysis, document flow simplification can be done, and therefore, improved document flow's performance. There are five business process involved in mapping document flow, the first is receiving orders, production set-up, production, warehousing, and delivery. The last two process, warehousing and delivery, was bundled together. Those five business process are the main company's process, therefore, this research focused on those process. Document flow simplification were done to cut the time of document flow's cycle. After simplification was made, the cycle time was cut by 22.92%. However, there was no simplification done in the warehousing and delivery process, because researcher found that those two processes are simple enough, and thus, do not need simplification.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50280
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Nisle Purada
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan menganalisis proses discharge pasien rawat inap di RS St. Elisabeth Bekasi dengan menggunakan pendekatan Lean Six Sigma melalui metode kualitatif dengan pengamatan pada 6 unit yang terlibat. Pendekatan Six Sigma mencoba mengurangi variasi waktu pada setiap tahapan discharge di masing-masing unit tersebut, pendekatan Lean mengidentifikasi aktifitas yang tidak menambah nilai dan berusaha menguranginya. Hasil penelitian diperoleh, rat-rata waktu proses discharge pasien rawat inap adalah 238 menit dan faktor yang paling berperan untuk menurunkan waktu tersebut adalah disiapkannya instruksi pemulangan pasien oleh dokter, sehari sebelum pasien dipulangkan.
With the aim of streamlining the inpatient's discharge process at the Elizabeth Hospital Bekasi, this study analyzed the efficiency of discharge process using the Lean Six Sigma method. Six Sigma method tries to reduce time variation in each step of the discharge process followed by identifying the appropriate time. The Lean method identifies the non values activities (waste) to be reduced. For that, qualitative approach using observation was implied. The study resulted with 238 minute as average total timing of discharge and the greatest impact to reduce it will be the one day earlier written discharge instruction prepared by the physician.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42252
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library