Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Wike Wijayanti
"
ABSTRAKTesis ini membahas pesan persuasif Iklan Layanan Masyarakat dalam program sosialisasi pembangunan PLTN di Indonesia. Rencana pembangunan PLTN merupakan sebuah program yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat, meskipun dipersuasikan dalam bentuk iklan layanan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan dengan analisis wacana kritis Norman Fairclough melalui tiga level analisis. Pada tataran teks menggunakan analisa framing Robert N Entman. Pada tataran produksi, dengan wawancara mendalam dan pada praktek sosial-budaya peneliti melakukan kajian literatur. Kesimpulan penelitian menemukan fakta bahawa BATAN mencoba meyakinkan masyarakat untuk mengubah sikap atas isu nuklir melalui pengiriman pesan yang ditayangkan dalam ILM PLTN. Pesan nuklir yang ditonjolkan dalam iklan merupakan isu-isu yang selalu dipertanyakan oleh masyarakat yaitu aspek kesiapan, aspek keamanan, aspek ekonomi dan aspek lingkungan. Penggambaran pesan nuklir dalam ILM PLTN dari tahun ke tahun tidak terlepas dari situasi yang terjadi pada waktu iklan tersebut diproduksi
ABSTRACTThis thesis discusses the persuasive message in the socialization Public Service Programe of The Nuclear Power Plant in Indonesia. The Plan of The Nuclear Power Plant is a program that is scary for most people, although in the form of public service announcements (PSA) persuasively. This study is a qualitative research with a critical discourse analysis Norman Fairclough through three levels of analysis. At the level of the text using the framing analysis Robert N Entman. At the production level, with in-depth interviews and on socio-cultural practices investigation conducted within literature review. The study found the fact that BATAN trying to convince people to change attitudes on the nuclear issue through the delivery of messages that display in the PSA. Nuclear message highlighted in the advertisements are issues that have always been questioned by the public, namely aspects of preparedness, security aspects, economic aspects and environmental aspects. Depictions of nuclear message in PSA from year to year can not be separated from the situation that occurred at the time the advertisement was produced."
2015
T44546
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Regina Ghaida Irnadianis Sulaeman
"
ABSTRAKBerdasarkan data tahun 2013, Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok tertinggi ketiga di dunia dan 36.3% diantaranya merupakan perokok remaja. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes RI) membuat suatu kampanye anti-rokok dengan membuat suatu iklan layanan masyarakat bertemakan ?Berhenti menikmati rokok sebelum rokok menikmatimu?. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi angka perokok terutama perokok remaja di Indonesia, dengan harapan melalui kampanye ini, para remaja tidak melakukan kegiatan merokok. Iklan layanan masyarakat yang ditujukan kepada anak muda di Indonesia ini, sengaja dikemas dengan menggunakan pendekatan fear appeal untuk menyampaikan pesan bahaya yang ditimbulkan karena merokok. Pada praktiknya, iklan layanan masyarakat tersebut menampilkan visual yang tergolong pada extreme fear appeal. Namun, hal ini ternyata tidak menjadikan perokok remaja di Indonesia untuk merubah perilakunya untuk berhenti merokok.
ABSTRACTBased on the data in 2013, Indonesia is a country with the third highest number of smokers in the world and 36.3% of them are young smokers. Therefore, the Indonesian Ministry of Health (Kemenkes RI) making an antismoking campaign to create a public service announcement entitled "Berhenti menikmati rokok sebelum rokok menikmatimu". It aims to reduce the number of smokers, especially the young smokers in Indonesia, with the hope through this campaign, young people are not conducting smoke. Public service ads aimed at young people in Indonesia, deliberately packaged using fear approach appeals to deliver the message of the dangers posed by smoking. In practice, the public service announcements visualizing some kind of extreme fear appeal. But eventually, it did not make young smokers in Indonesia to change their behaviour to stop smoking."
2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library