Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anggun Astuti
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai peran pustakawan dalam memenuhi kebutuhan informasi siswa SMK Negeri 27 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran pustakawan SMK Negeri 27 Jakarta dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan SMK Negeri 27 Jakarta sudah menjalankan perannya sebagai guru teacher , mitra instruksional instruksional partner , penyedia informasi information specialist , administrasi program perpustakaan program administrator , dan pemimpin leader dalam memenuhi kebutuhan informasi siswa SMK Negeri 27 Jakarta. Pustakawan SMK Negeri 27 Jakarta menjalankan peran tersebut dengan cara menyesesuaikan antara kebutuhan informasi siswa dengan bidang kompetensinya. Adapun bidang kompetensi yang berada di SMK Negeri 27 Jakarta, antara lain: Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana, Tata Kecantikan Kulit, Tata Kecantikan Rambut, Patiseri, dan Usaha Perjalanan Wisata. Dalam menjalankan perannya, pustakawan melakukan kerjasama dengan guru dan bagian teknologi sekolah. Sarana dan program yang ada di perpustakaan SMK Negeri 27 Jakarta sudah membantu pustakawan SMK Negeri 27 dalam menjalankan perannya untuk memenuhi kebutuhan informasi siswa. Namun koleksi yang ada dalam perpustakaan SMK Negeri 27 Jakarta masih harus dikembangkan dan pustakawan harus lebih aktif dan perlu memaksimalkan serta mengevaluasi program yang ada agar dapat memaksimalkan layanan di Perpustakaan SMK Negeri 27 Jakarta.

ABSTRACT
This study discusses the role of librarians in serving the information needs of students in SMK Negeri 27 Jakarta. This study aims to identify the role of librarian of SMK Negeri 27 Jakarta in order to meet the needs of student information. This research is qualitative research with case study method. The results showed that the librarian of SMK Negeri 27 Jakarta has performed its role as teacher, instructional partner, information specialist, program administration, and leader in fulfilling the information needs of students of SMK Negeri 27 Jakarta. Facilities and programs in the library SMK Negeri 27 Jakarta has helped librarian of SMK Negeri 27 Jakarta in carrying out its role to serving the needs of student information, although there are some collections to be added and programs that need to be improved to maximize the role of librarian better."
2017
S69550
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ajeng Prahastuty Nawangsari
"Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa menengah terhadap pustakawan yang bekerja di perpustakaan sekolah. Penelitian ini dilakukan di perpustakaan SMP/SMU Labschool Jakarta terhadap 110 sampel /responden tanpa membedakan apakah mereka pemakai atau pengguna perpustakaan sekolah atau bukan.
Tujuan penelitian adalah (1) Mendapatkan gambaran mengenai persepsi siswa terhadap pustakawan sekolah di SMP/SMU Labschool Jakarta; (2) Mengetahui gambaran persepsi siswa mengenai aspek kualitatif dan kuantitatif dari pustakawan sekolah; (3) Mengetahui gambaran persepsi siswa mengenai eksistensi pustakawan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan ditunjang tiga teknik lain yaitu wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Pemilihan sampel dilakukan secara aksidental.
Hasil penelitian menunjukkan, sebagian besar siswa SMP/SMU Labschool Jakarta menganggap pustakawan adalah orang yang mengumpulkan, mengelola, menyimpan dan menyebarluaskan informasi, umumnya siswa mengangap sikap pustakawan cukup ramah, dalam memberikan bantuan juga cukup baik, walaupun siswa tidak sering meminta bantuan pada pustakawan. Alasan yang dikemukakan oleh siswa yang belum pernah meminta bantuan pada pustakawan adalah karena mereka sudah bisa mendapatkan sendiri apa yang dibutuhkan tanpa bantuan pustakawan. Siswa beranggapan bahwa tugas pustakawan berkaitan dengan kegiatan sirkulasi dan menyediakan sumber informasi, namun mereka tidak memiliki pendapat apakah tugas tersebut dapat dilakukan oleh semua orang. Persepsi siswa terhadap tingkat pendidikan pustakawan masih rendah, tetapi mcreka berpendapat bahwa ada keahlian yang perlu dimiliki oleh pustakawan sekolah yaitu ilmu pcrpustakaan, pengetahuan umum dan pendidikan. Menurut siswa jumlah pustakawan dan staf yang bekerja di perpustakaan saat ini sudah memadai.
Terakhir adalah, pada umumnya siswa mengakui eksistensi pustakawan sekolah sangat penting, ditinjau dari keberadaan mereka di perpustakaan, peranannya dalam proses bclajar mengajar, kerja sama dengan guru dan staf lainnya serta status pustakawan yang sejajar dcngan guru."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15172
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library