Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kokom Komalasari
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran sejelas-jelasnya mengenai minat baca dan minat nonton televisi pada siswa Sekolah Dasar Negeri 09 pagi Kayu Putih 1 Siemens Jakarta Timur. Untuk itu penelitian ini bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi dan sampel adalah siswa kelas V sebanyak 62 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Pengolahan dan analisis data menggunakan rumus P = FIN x 100%.
Hasil penelitian bahwa responden Iebih berminat pada Janis buku komik, fiksi dan non fiksi. Tema-tema yang diminati seperti petulangan, misteeri, ditektif, persahabatan, dan seni budaya. Waktu yang digunakan untuk membaca dalam sehari rata-rata kurang dari 1 jam dan 1 sampai 2 jam sehari. Tujuan membaca adalah untuk menambah wawasan. Hampir seluruh responden mempunyai koleksi bacaan dan cara mendapatkan koleksi bacaan tersebut adalah dengan cara membeli. Responden lebih berminat nonton televisi, hal ini dapat dilihat dari kegiatan waktu luang responden. Waktu yang digunakan untuk nonton televisi dalam sehari rata-rata lebih dari 3 jam sehari. Tujuan nonton rata-rata untuk mendapatkan hiburan dan mendapatkan pengetahuan, dan acara paling banyak ditonton adalah acara yang bersifat hiburan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15487
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Mulyani
" Masalah yang mendorong penelitian ini adalah : Bagaimana minat dan kebiasaan membaca anggota YISC Al-Azhar terhadap jenis terbitan tertentu yaitu : buku, koran, majalah dan tabloid serta peran perpustakaan dalam membina minat dan kebiasaan membaca mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Minat dan kebiasaan membaca anggota YISC Al-Azhar Jakarta terhadap jenis terbitan tertentu yaitu : buku, koran, majalah dan tabloid, serta mengetahui peran perpustakaan dalam membina minat dan kebiasaan membaca anggota YISC Al-Azhar. Ruang lingkup penelitian dibatasi pada anggota YISC Al-Azhar yang pada saat penelitian berlangsung masih aktif mengikuti berbagai kegiatan dan atau sedang berada di lingkungan organisasi YISC Al-azhar. Minat dan kebiasaan membaca yang diteliti tidak dikaitkan atau dihubungkan dengan jangka waktu, situasi, atau kondisi tertentu. Pembatasan ini dilakukan karena terbatasnya waktu, tenaga, dan biaya yang tersedia. Data yang dikumpulkan bukan merupakan data tentang perilaku responden yang sesungguhnya melainkan laporan tentang perilaku responden oleh responden sendiri (berdasarkan pengakuan yang diwujudkan dalam bentuk jawaban terhadap kuesioner). Populasi untuk pengisian kuesioner adalah seluruh civitas YISC AL-Azhar yang hadir di lingkungan Al-Azhar pada waktu kegiatan rutin organisasi ini berlangsung, dan sampel yang ditentukan adalah 10 % dari jumlah populasi (+ 700 orang), yaitu 70 orang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat dan kebiasaan membaca anggota YISC Al-Azhar sudah baik, dilihat dari waktu yang disisihkan tiap harinya untuk membaca yang sudah memadai yaitu hampir separuh responden membaca selama lebih dari 2 jam sehari serta tujuan utama responden membaca adalah untuk memperluas wawasan mereka. Untuk subjek atau topik yang umum, begitu banyak variasi bacaan yang mereka baca dan jenisnya tidak hanya ilmiah tapi juga yang hiburan, populer dan sebagainya. Untuk subjek khusus Agama Islam, ternyata memang terbukti dari hasil survai melalui kuesioner yang mereka isi yaitu minat dan kebiasaan membaca subjek Agama Islam cukup tinggi karena untuk beberapa jenis bacaan mereka memilih subjek Agama Islam atau Keagamaan sebagai jawaban tertinggi yang dipilih responden. Kendala dalam minat dan kebiasaan membaca yang utama adalah karena alasan tidak ada waktu karena sibuk. Untk pendapat tentang kondisi perpustakaan YISC Al-Azhar saat ini dalam mendukung minat dan kebiasaan membaca para anggotanya, hasil"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15428
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Prianti Yasti
"Penelitian ini membahas mengenai minat baca anak di Sekolah Citra Alam Jakarta. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu minat baca anak pada usia masa tengah dan akhir yang berusia 8 ndash; 10 tahun yang memiliki nilai Bahasa Indonesia tertinggi dan terendah di kelas berdasarkan aspek-aspek minat baca anak yaitu keterampilan membaca, ketertarikan anak dalam membaca, lingkungan, tingkat ekonomi, tempat tinggal, usia, dan gender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat anak dalam membaca di Sekolah Citra Alam.
Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan dan ketersediaan bahan bacaan merupakan faktor dominan yang memengaruhi minat baca anak. Sedangkan untuk aspek tingkat ekonomi tidak berpengaruh terhadap minat baca anak di Sekolah Citra Alam.

This study discusses the children's interest in the Sekolah Alam Jakarta. Issues discussed in this research that children's interest in ages past middle and end were aged 8 10 years have a value of Indonesian highs and lows in the classroom based on aspects of children's interest in which reading skills, child's interest in reading, the environment, economic level, place of residence, age, and gender. This study aimed to analyze the factors that affect a child's interest in reading in the Sekolah Citra Alam.
The approach used in this study is qualitative case study method. The results of this study indicate that the environment and the availability of reading materials is the dominant factor affecting children's interest. As for the aspects of economic levels do not affect the children's interest in the Sekolah Citra Alam.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S66156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saricks, Joyce G.
"This revised edition provides a way of understanding the vast universe of genre fiction in an easy-to-use format. Expert readers? advisor Joyce Saricks offers groundbreaking reconsideration of the connections among genres, providing
?Key authors and themes within 15 genres
?An explanation as to how the different genres overlap
?The elements of fiction most likely to entice readers
Provocative and spirited, The Readers' Advisory Guide to Genre Fiction, 2nd Edition offers hands-on strategies for librarians who want to become experts at figuring out what their readers are seeking and how to match books with those interests."
Chicago: [American Management Association, ], 2009
e20437724
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Pubianasari
"Dalam penelitian mengenai Minat dan Kebiasaan Membaca Pelajar Sekolah Menengah Umum di Jakarta Timur, penulis mengkaji aspek-aspek seperti waktu untuk membaca, jenis bahan bacaan yang dibaca, cara-cara siswa mendapatkan bahan bacaannya, topik atau subyek bacaan yang disukai siswa dan alasan para pelajar membaca bahan-bahan bacaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode survei, di mana pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner kepada 200 siswa yang dipilih sebagai sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa belum menjadikan kegiatan membaca sebagai suatu kebiasaan, karena dalam kesehariannya mereka lebih banyak menggunakan waktunya untuk menonton televisi daripada untuk membaca. Adapun jenis bacaan yang dibaca mencakup koran, majalah, buku fiksi dan non fiksi, serta tabloid. Topik atau tema yang dipilih oleh responden berkisar pada subyak-subyek seperti hiburan, olahraga, kesenian, petualangan dan kisah-kisah tentang remaja secara umum. Alasan para pelajar membaca untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Sedikit banyak menunjukkan kesadaran para siswa bahwa membaca dapat memperluas cakrawala pengetahuan mereka. Terdapat korelasi antara alasan para pelajar untuk membaca dengan cara mereka mendapatkan bahan bacaannya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S14852
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library