Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Desi Arisandi
"Perkembangan Teknologi Informasi (TI) dan meningkatnya penggunaan TI oleh organisasi, baik bisnis maupun non bisnis dapat menunjukkan bahwa peran TI dalam mendukung kegiatan bisnis dan mencapai tujuan organisasi semakin meningkat. Dalam industri penerbangan, IT sangat berperan dalam mendukung proses bisnis. PT. M sebagai salah satu perusahaan penerbangan di Indonesia juga memanfaatkan IT dalam menjalankan proses bisnisnya, banyaknya aplikasi IT yang digunakan dalam menjalankan proses bisnis menunjukkan investasi perusahaan terhadap IT cukup besar. Investasi terhadap IT seharusnya disertai dengan adanya tata kelola (IT Governance) yang baik agar investasi IT dapat memberikan hasil yaitu adanya keselarasan antara kegiatan bisnis dan IT dalam mencapai tujuan perusahaan.
Tujuan penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan dan memetakan IT Governance pada PT. M sehingga memperoleh gambaran umum bagaimana pelaksanaan IT Governance perusahaan. Dalam melakukan pemetaan terdapat IT Governance Framework yang digunakan, yaitu model Van Grambergen untuk memetakan bagaimana Struktur, Proses dan Mekanisme Relasional IT Governance pada PT. M. Selain itu terdapat beberapa framework lain yang digunakan yaitu Weill & Ross, ITGI dan AS-8015. Laporan penelitian ini akan menguraikan bagaimana penerapan masing-masing framework tersebut untuk pengelolaan IT di PT. M. Berdasarkan hasil pemetaan terhadap beberapa framework tersebut, diketahui beberapa gejala yang menyebabkan terhambatnya IT Governance pada PT. M. Hal ini menyebabkan munculnya beberapa masalah yang ditimbulkan karena belum berjalannya IT Governance di PT. M. Beberapa masalah tersebut antara lain adalah tidak tercapainya strategic alignment antara bisnis dan IT, kurangnya akuntabilitas penggunaan sumber daya IT dan tidak adanya competitive advantage dari IT.

Information Technology expansion and more IT usage is raising by organization that run in business or non business can show that IT character as business support can gain an advance objective for organization. In airline business where IT is really associate for business support, PT. M as one of airlines business in Indonesia also use IT to perform their business process, lot of IT Applications used in business process show that large IT investment in their company. IT investment should be follow with good IT Governance; therefore IT investment can gain alignment between business activity and IT within reach company objective.
Objective of this research is to describe and mapping of IT Governance in PT. M until have a general picture of how IT Governance implement in company. Within mapping, it have IT Governance Framework used such as; Van Grembergen model for how mapping Structure, Process, and Relational Mechanisms of IT Governance on PT. M. In addition also have other framework that used as Weill & Ross, ITGI and AS-8015. This thesis will explain about how to utilize for each IT Governance framework in PT. M. As result of this mapping toward those several frameworks there are known some symptom that cumber IT Governance of PT. M. From those several symptoms, causes several problems such as less of bussiness - IT strategic alignment, less of accountability in IT usability and loss of competitive advantage from IT."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Emeralda Aryuni
"Pentingnya taktik sosialisasi memberikan organisasi keunggulan kompetitif dan anggota berkomitmen tinggi, seperti produktivitas tinggi dan rendahnya tingkat turnover di antara para anggota. Oleh karena itu, organisasi dengan berbagai ukuran dan tipe rela berinvestasi pada kebijakan dan praktik organisasi yang mendorong komitmen anggotanya. Perusahaan startup menjadi konteks dalam penelitian ini karena mereka telah menerima perhatian selama beberapa dekade terakhir. Selain itu, mereka dianggap sebagai kekuatan pendorong baru untuk pertumbuhan ekonomi di dunia dan termasuk negara-negara berkembang seperti Indonesia. Studi ini menguji pengaruh taktik sosialisasi pada komitmen organisasi pendatang baru melalui mekanisme relasional dengan melihat sejauh mana pendatang baru merasakan dukungan dan bantuan dari organisasi dalam proses adaptasi terhadap lingkungan kerja baru (perceived organizational suppor (POS)) dan pada sejauh mana pendatang baru memiliki jaringan hubungan dengan anggota organisasi lainnya (job embeddedness). Data dikumpulkan dari 188 karyawan baru perusahaan startup di sekitar Jakarta (Jabodetabek). Konsisten dengan hipotesis penelitian, taktik sosialisasi memengaruhi komitmen organisasi pendatang baru melalui perceived organizational support (POS) dan job embeddedness. Hasil penelitian ini mendukung hubungan antara taktik sosialisasi dan komitmen melalui mekanisme relasional yang ditangkap oleh perceived organizational (POS) yang dirasakan pendatang baru dan job embeddedness.

The importance of socialization tactics provides organization members with high commitment and competitive advantage, such as high productivity and love turnover among employees. Therefore, organization of various sizes and types are willing to invest in organizational policies and practices that can encourage the commitment of their members. Start-up companies become the context in this study since they have received considerable attention in recent decades. Moreover, they are considered as a new driving force for economic growth in the world and including developing countries like Indonesia. This study examines influence of socialization tactics on newcomer`s organizational commitment through relational mechanism by looking at the extent to which newcomers feel he support and assistance from organization in the process of adaptation to the new work environment (perceived organizational support/POS) and at the extent to which newcomers have a network of relationships with other organization members (job embeddedness). Data Collected from 188 new employees of start-up companies around Jakarta. Consistent with our hypotheses, organization tactics influence newcomer`s organizational commitment through perceived organizational support (POS) and job embeddedness. The result supports the relationship between socialization tactics and commitment through relational mechanism which is captured by newcomer`s perceived organizational support (POS) and job embeddedness."
2019
T53936
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library