Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fadel Muhammad Riziq
"Praktik Kerja Profesi Apoteker meupakan salah satu persyaratan bagi mahasiswa Program Studi Apoteker untuk mendapatkan gelar profesi. Praktik Kerja ini dilakukan di lima instansi yang berbeda agar lulusan apoteker mengetahui apa yang akan dikontribusikan setelah mendapatkan gelar mereka dan mendapatkan pengalaman kerja di bidang farmasi. Praktik Kerja dilakukan selama delapan bulan, Maret 2022 sampai Oktober 2022. Pada Maret 2022 bertempat di Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan dengan Tugas Khusus dengan topik utama SIPNAP. Pada April 2022 dilakukan di PT SamMarie Tramedifa yang merupakan Pedagang Besar Farmasi dengan topik Tugas Khusus Distribusi Sediaan Farmasi di PBF. Slanjutnya dari Mei-Juni 2022 dilaksanakan di RSUI dengan topik Tugas Khusus Pemusnahan Obat-obat Tertentu, Prekursor, Psikotropika, dan Narkotika. Tempat selanjutnya adalah Apotek Kimia Farma 382 di Bulan Agustus 2022 dengan topik Tugas Khusus Perencanaan Pengadaan Sediaan Farmasi. Tempat terakhir PKPA pada Bulan September-Oktober 2022 di PT CKD-Otto Pharmaceuticals, Industi Farmasi, dengan topik Tugas Khusus Kualifikasi Desain di Industri Farmasi. Penulis telah berhasil melaksanakan PKPA dengan baik di tempat-tempat yang telah disebutkan. Selama melakukan PKPA banyak sekali pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan.
...... Pharmacist Professional Work Practice is one of the requirements for Pharmacist Study Program students to obtain a professional degree. This work practice is carried out in five different institutions so that pharmacist graduates know what they will contribute after getting their degree and gaining work experience in the pharmaceutical field. Work Practices will be carried out for eight months, March 2022 to October 2022. In March 2022, they will be held at the South Jakarta Health Sub-Department with the main topic of Special Task is SIPNAP. In April 2022 it was held at PT SamMarie Tramedifa which is a Pharmaceutical Wholesaler with the topic of Special Tasks for Distribution of Pharmaceutical Preparations at PBF. Furthermore, from May-June 2022 it was held at RSUI with the topic of Special Task for the Destruction of Certain Drugs, Precursors, Psychotropics and Narcotics. The next place is Kimia Farma 382 Pharmacy in August 2022 with the topic of Special Tasks for Planning the Procurement of Pharmaceutical Preparations. The final place for PKPA will be in September-October 2022 at PT CKD-Otto Pharmaceuticals, a Pharmaceutical Industry, with the topic of Special Task is Design Qualification in the Pharmaceutical Industry. The author has succeeded in implementing PKPA in each place mentioned. While doing PKPA, the author gains a lot of knowledge and experience."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sekar Ayu Kinasih
"Apotek merupakan sarana atau fasilitas pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker. Salah satu pelayanan kefarmasian yang dilakukan di apotek adalah pelayanan resep. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016, lama waktu pelayanan Resep antara 15-30 menit. Berdasarkan SOP Apotek Kimia Farma, waktu tunggu pasien resep non racikan adalah antara 5-10 menit. Untuk mengevaluasi mutu pelayanan resep di apotek, perlu dilakukan perhitungan durasi waktu tunggu pelayanan resep. Hingga saat ini, waktu tunggu pelayanan resep masih menjadi masalah. Hal tersebut terjadi karena kurangnya efisiensi waktu pelayanan yang dilakukan oleh Apoteker maupun tenaga teknis kefarmasian (TTK) dan antrian pasien yang hendak menebus resep di apotek. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis waktu tunggu pelayanan resep di apotek untuk mencapai kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Penelitian dilakukan dengan metode observasi. Observasi dilakukan terhadap resep kredit dan resep tunai pasien di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, rata-rata waktu pelayanan resep kredit di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia adalah 17 menit, sedangkan rata-rata waktu pelayanan resep kredit di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia adalah 6 menit. Rata-rata waktu pelayanan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Namun, rata-rata waktu pelayanan resep kredit tidak sesuai dengan SOP Apotek Kimia Farma.
......Pharmacy/drugstore is a pharmaceutical service facility or facility where pharmacists practice pharmacy. One of the pharmaceutical services carried out in a pharmacy is a prescription service. Based on Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016, prescription service time is between 15- 30 minutes. Based on the SOP of Apotek Kimia Farma, the waiting time for non- concoction prescription patients is between 5-10 minutes. To evaluate the quality of prescription services in pharmacies, it is necessary to calculate the waiting time for prescription services. Until now, the waiting time for prescription services is still a problem. This happens due to the lack of time efficiency for services performed by pharmacists and pharmaceutical technical personnel (TTK) and the queues of patients who want to redeem prescriptions at the pharmacy. Therefore, it is necessary to analyze the waiting time for prescription services at the pharmacy to achieve patient satisfaction with prescription services at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. The research was conducted by observation method. Observations were made on credit prescriptions and cash prescriptions for patients at the Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Based on the results of the analysis that has been carried out, the average credit prescription service time at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia is 17 minutes, while the average credit prescription service time at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia is 6 minutes. The average service time is in accordance with Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 concerning Pharmaceutical Service Standards in Pharmacies. However, the average credit prescription service time is not in accordance with the SOP of Kimia Farma Pharmacy."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library