Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
June Anggraini
"ABSTRAK
The purpose of this thesis is to assess the applicability of the methodology Risk
Based Audit ( RBA ) in the Assurance. The method used in this study is field and
literature studies. Results of this study concluded that the application of the RBA
methodology implemented in the assurance by Internal Audit activity has
generally been in accordance with best practices.
Tujuan tesis ini adalah untuk menilai penerapan metodologi Risk Based Audit
(RBA) dalam Kegiatan Assurance. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah studi lapangan dan studi literatur. Hasil penelitian ini menyimpulkan
bahwa penerapan metodologi RBA yang dilaksanakan dalam kegiatan assurance
oleh Internal Audit secara umum telah sesuai dengan praktik terbaik. Namun
demikian, Manajemen Risiko masih belum matang sehingga tidak dapat
digunakan sepenuhnya oleh Internal audit, tetapi hal ini sudah diantisipasi oleh
Internal Audit dengan membuat risk control matrix (RCM) yang diupdate secara
berkala dalam risk register dengan diskusi bersama dengan auditee melalui entry
meeting dengan menggunakan audit memorandum. Dengan dilakukannya audit
berbasis risiko pada kegiatan assurance, telah terbukti bahwa pemilihan objek
audit berbasis risiko dapat memberikan nilai tambah kepada perusahaan. Dengan
mengetahui area audit yang memiliki risiko tinggi, telah memfokuskan Internal
Audit dalam melakukan kegiatan assurance pada objek audit yang tepat.

ABSTRACT
However, risk management is
still immature and therefore can not be used fully by the Internal audit , but it is
already anticipated by Internal Audit to make risk control matrix (RCM) in a
regularly updated risk register with a discussion with the auditee entry through
the meeting by using audit memorandum. The effect on the risk -based audit
assurance activities , it has been proven that the risk -based audit selection of
objects can provide added value to the company. By knowing the audit area that
has a high risk has focused Internal Audit in conducting audit assurance on the
right object ."
2013
T53287
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeniusi Ratri Arindi
"Penelitian ini bertujuan untuk menilai gambaran efektifitas dari peranan audit, proses manajemen risiko serta proses audit internal berbasis risiko pada PT PPN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, data diperoleh, dianalisis dan dibandingkan dengan berbagai teori yang ada. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa efektifitas audit internal PT PPN masih harus mengalami penyempurnaan dengan menambah jumlah personil audit internal dan terus mengembangkan kualifikasi audit internal. Proses pengendalian manajemen risiko belum berjalan efektif karena audit internal masih ikut terlibat dalam proses manajemen risiko untuk menghasilkan riks register yang akan dipergunakan audit internal saat melaksanakan tugas auditnya. Hal ini membuat proses audit berbasis risiko belum berjalan optimal di dalam perusahaan. Dengan dilakukannya Penerapan Metode Risk based Audit dapat membantu audit internal untuk memfokuskan sumber daya yang dimiliki untuk melakukan audit terhadap area yang berisiko tinggi sehingga risiko dapat dikelola dan dimitigasi dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk menilai gambaran efektifitas dari peranan audit, proses manajemen risiko serta proses audit internal berbasis risiko pada PT PPN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, data diperoleh, dianalisis dan dibandingkan dengan berbagai teori yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa efektifitas audit internal PT PPN masih harus mengalami penyempurnaan dengan menambah jumlah personil audit internal dan terus mengembangkan kualifikasi audit internal. Proses pengendalian manajemen risiko belum berjalan efektif karena audit internal masih ikut terlibat dalam proses manajemen risiko untuk menghasilkan riks register yang akan dipergunakan audit internal saat melaksanakan tugas auditnya. Hal ini membuat proses audit berbasis risiko belum berjalan optimal di dalam perusahaan. Dengan dilakukannya Penerapan Metode Risk based Audit dapat membantu audit internal untuk memfokuskan sumber daya yang dimiliki untuk melakukan audit terhadap area yang berisiko tinggi sehingga risiko dapat dikelola dan dimitigasi dengan baik."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ribka Setiawati
"Laporan magang ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur audit atas utang usaha pada PT IMT yang dilakukan oleh KAP PCX untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2017. Dalam laporan ini penulis akan menganalisis kesesuaian kebijakan akuntansi yang diterapkan PT IMT dengan kebijakan akuntansi yang berlaku serta praktik audit yang dilakukan oleh KAP PCX. Penulis juga akan menganalisis temuan audit yang ditemukan selama proses audit oleh KAP PCX berjalan. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kebijakan akuntansi yang diterapkan PT IMT serta praktik audit KAP PCX telah sesuai dengan standar dan kebijakan yang berlaku. Kemudian dapat disimpulkan pula bahwa akun utang usaha PT IMT telah disajikan secara wajar dan sesuai dengan standar yang berlaku.

This internship report aims to explain the audit procedures performed by KAP PCX on account payables of PT IMT for the period ended December 31, 2017. Author analyzes the conformity of accounting policies applied by PT IMT as well as the audit practices applied by KAP PCX with the prevailing standards and regulations. Author also analyzes audit findings based on the audit process done by KAP PCX. Based on the analysis, the author concludes that both PT IMT and KAP PCX have complied all the accounting and auditing standards. And also based on the analysis, author also concludes that the audit findings related to account payables is not material and therefore the account payables of PT IMT has been presented fairly.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Meilani Tri Nugraheni
"Risk-Based Audit (RBA) is an audit method that applies a risk approach in its implementation. By applying the RBA method, it is expected that an audit can be performed effectively and efficiently, thus producing maximum audit results. This study aims to analyze the implementation of RBA upon audits conducted by The Audit Board of Indonesia (BPK). Furthermore, this study analyzes the preparation of an Audit Program in line with the previously determined RBA. The research framework uses Agency Theory which emphasizes the relationship between management and principal. To ensure that management does not perform any manipulation, an independent third party must conduct the audit. This study applied a qualitative research methodology with a case study approach at BPK. The author expects to dig deeper into the application and implementation of RBA within BPK by using the case study approach support by audit documents and interviews with BPK Audit Team. The results showed that the implementation, performance, and monitoring of RBA by the BPK Audit Team were in line with the instructions and guidelines set by BPK."
Jakarta: Badan Pemeriksa Keuangan Direktorat Penelitian dan Pengembangan, 2021
332 JTKAKN 7:1 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Pardamean, Octamarva
"ABSTRAK
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk memberikan rekomendasi terhadap perencanaan audit tahunan pada Inspektorat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dalam rangka meningkatkan efektivitas, efisiensi dan ekonomisnya perencanaan audit tahunan dan memberikan gambaran akan pentingnya perencanaan audit tahunan menggunakan pendekatan berbasis risiko. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada penugasan pada perencanaan audit tahunan pada tahun 2015 yang dapat tidak perlu dilakukan audit setiap tahunnya sehingga dapat menghemat waktu dan anggaran penugasan. Penelitian ini menggunakan analisis perencanaan audit tahunan berbasis risiko. Penelitian ini menyarankan kepada Inspektorat BPKP agar menerapkan risk based audit pada penyusunan perencanaan audit tahunannya sehingga penugasan lebih fokus pada area yang berisiko tinggi sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.

ABSTRACT
The aim of this thesis is to provide recommendations on the planning of the annual audit in the Inspectorate of Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan in order to improve the effectiveness, efficiency and economic planning of the annual audit and provide an overview of the importance of the annual audit plan using a risk based. The results of this study stated that there were assignments in the planning of the annual audit in 2015 that did not need to be audited each year so as to save time and budget assignment. This study uses the analysis of annual risk based audit planning. The author suggested to the Inspectorate BPKP to implement risk based audit on the preparation of its annual audit planning so that the assignment is more focus on high risk areas so that organizational goals can be achieved."
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Imam Purnama
"Analisa mengenai penerapan audit berbasis risiko (Risk Based Audit) oleh kepatuhan intemal pada perusahaan bank dengan studi kasus pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dalam tesis ini dilakukan dengan cara sebagai berikut: (1) Menganalisa terhadap tahapan risk assessment dalam risk based audit (2) Menganalisa terhadap identifikasi dan kesesuaian risk factor yang digunakan
sebagai representasi indikator-indikator dalam menetapkan tingkat risiko dari auditable activities. (3) Menganalisa terhadap perhitungan risk score dalam risk based audit. Kepatuhan internal BNI menggunakan pengertian dan maksud review dengan lebih luas, maka terminologi review menjadi dapat disamakan dengan audit dan bukan dalam pengertian yang terbatas sebagai bagian dari prosedur audit lagi
Analysis on risk based audit implementation by intemal compliance in the company bank, case study in PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk in this thesis was performed by the following means: (1) Analyzing risk assessment stage in risk based audit (2) Analyzing the identification and appropriateness of risk factor used as indicators represcntative in determining risk level of the auditable activities (3) Analyzing risk score calculation in risk based audit. For the internal compliance BNI uses the understanding and meaning of review in broader term thus review terminology may be equalized with audit and not in its limited meaning as part of another audit procedure."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Clara Stephanie
"Skripsi ini berisi tentang implementasi perencanaan audit berbasis risiko sesuai International Standards on Auditing dalam industri broadcasting (studi kasus: PT ABC). Indonesia sebagai bagian dari G20 dan IFAC, berkomitmen untuk sepenuhnya mengadopsi ISA pada 1 Januari 2013. Konsekuensi dari adopsi ISA adalah perubahan mendasar terhadap cara pandang, cara berpikir dan cara bekerja auditor di Indonesia. Perbedaan utama antara ISA dan standar terdahulu ialah tekanan pada berpikir kritis. Penulis memfokuskan laporannya pada proses perencanaan audit yang dilakukan oleh auditor di dalam melakukan audit atas industri penyiaran. Kesimpulan yang didapat adalah tahapan cara audit berbasis risiko dan isu-isu kritis di dalam akuntansi dan audit sebuah perusahaan penyiaran, seperti isu pendapatan, persediaan dan uang muka.

This thesis describes the implementation of risk-based audit planning appropriate to international standards on auditing in the broadcasting industry (Case study: PT ABC). Indonesia as part of the G20 and IFAC, committed to fully adopt ISA on January 1, 2013. The consequences of the adoption ISA is a fundamental change to the way of looking, thinking and how to work the auditor in Indonesia. The main difference between the previous standard is in the pressure on critical thinking. The author focuses on the audit planning process undertaken by the auditor in the audit of broadcasting industry. The conclusion was the process of risk-based audit method and the critical issues in accounting and auditing in a broadcasting company such as the issue of revenue, inventory and advances.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S58388
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stella Hie
"ABSTRAK
Laporan magang ini bertujuan membahas prosedur audit secara rinci menurut fase-fase proses audit atas akun kas dan setara kas PT HIE yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyewaan alat-alat pertambangan untuk periode 31 Desember 2016. Prosedur audit dilaksanakan berdasarkan Pedoman Audit KAP RWT sesuai dengan standar SPAP. Proses perencanaan audit telah dilakukan untuk mengetahui pengendalian yang memadai yang kemudian dijadikan acuan dalam menentukan pengujian substantif serta pengumpulan bukti-bukti yang diperlukan dalam mendukung opini audit. Besarnya saldo akun kas dan setara kas PT HIE telah dicermati dan tidak menunjukkan adanya temuan audit yang signifikan. Secara keseluruhan, akun kas dan setara kas PT HIE telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material.

ABSTRACT
This report aims to explain the audit procedure in details according to the audit process phases of cash and cash equivalent of PT HIE, which is a company that operates in mining equipment rental service industry for the period of 31 December 2016. Audit procedures are conducted based on KAP RWT Audit Guide that appropriate with SPAP standard. Audit planning process has ensured appropriate control and become the reference for determining substantive test and evidence needed to support audit opinion issued. The big amount of cash and cash equivalent has been analyzed and show no significant misstatement. Overall, cash and cash equivalent account has been presented fairly in all material respects."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Ramadhani
"Laporan magang ini membahas prosedur audit berbasis risiko atas akun aset tetap PT ACD yang ditujukan untuk mengevaluasi akun berdasarkan PSAK 16 dan membandingkan implementasi prosedur audit dengan general audit method KAP MMM, teori pengauditan dan ISA. Hasil audit menunjukkan akun aset tetap pada laporan keuangan PT ACD tahun 2019 telah sesuai dengan PSAK 16. Tidak ada penyimpangan pada implementasi prosedur sehingga bukti audit yang dihasilkan cukup memadai bagi auditor untuk menyimpulkan keadaan akun aset tetap PT ACD.

ABSTRACT
This report focuses on the risk-based audit procedures performed on fixed asset account of PT ACD to evaluate compliance with PSAK 16 and to compare the implementation of the procedures with general audit method of KAP MMM, auditing theory and ISA. The audit results show the fixed asset account on PT ACD`s 2019 financial report complies with PSAK 16. The implementation of the audit procedures conform to the standards, and the audit evidence gathered is sufficient and appropriate for the auditor to draw a conclusion related to the fixed asset account reported."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Resti Wikandi Putri
"Perkembangan bisnis Bank XX yang tumbuh dengan cepat ditengah persaingan yang sangat ketat serta pengelolaan yang kompleks menuntut sistem yang efektif dan efisien agar Bank dapat dikelola secara sehat dan aman. Untuk membangun kapabilitas manajemen risiko di seluruh jajaran dan proses bisnis perusahaan, konsep the three line of defence harus dapat diaplikasikan dengan baik. Penelitian bertujuan menganalisis praktek penerapan konsep the three line of defence dan mengetahui kesesuaian implementasinya dengan best practice IIA pada 32 Unit Kerja Operasional dalam satu wilayah Bank XX pada tahun 2013. Terkait dengan first line of defence sebanyak 60% UKO Bank XX belum mampu memitigasi risiko secara efektif terlihat dari banyaknya temuan audit tidak sesuai dengan Risk Control Self Assesment (RCSA) sehingga tingkat dan jenis risiko tidak terprofile dengan baik dengan kata lain risk owner belum menyadari risikonya dengan baik. Second line of defense telah terdapat struktur dan alat untuk memprofile risiko secara menyeluruh namun masih belum digunakan secara optimal oleh first line untuk membantu mengelola risikonya. Dalam hal pelaksanaan manajemen risiko menjadi validator. Proses RBIA telah melalui empat tahapan proses yaitu perencanaan audit tahunan, pelaksanaan audit individu, pelaporan dan quality assurance.Pada tahapan proses audit tahunan, audit intern menggunakan data dan profil risiko dari hasil audit sebelumnya. Audit intern menggunakan data dan profil risiko dari Divisi Manajemen Risiko seperti IRU, MI dan FMR hanya sebatas sebagai data tambahan pada pelaksanaan audit. Jenis produk, layanan dan proses di Bank XX sangat beragam yang meliputi layanan mikro banking hingga layanan prioritas banking menyebabkan obyek audit sangat banyak dan ditambah dengan pengisian RCSA yang tidak akurat menyebabkan pelaksanaan RBAI dan proses manajemen risiko belum optimal.

The development of the Bank's business is growing rapidly XX amid fierce competition and the management of complex systems requires an effective and efficient for the Bank to be managed in a healthy and safe. To build capability across a broad array of risk management and enterprise business processes, the concept of the three line of defense should be applied properly. The study aims to analyze the practical application of the concept of the three line of defense and knowing conformity with best practice implementation IIA Operational Work on Unit 32 in the area of ??XX Bank in 2013. Related to the first line of defense as much as 60% UKO XX Bank has not been able to mitigate risk effectively seen from the audit findings are not in accordance with the risk Control Self Assessment (RCSA) so that the level and types of risk are not well being profile other words risk owner is not aware of the risks properly. Second line of defense has been there the structure and tools for overall but still not used optimally by the first line to help manage risk. In terms of the implementation of risk management into the validator. RBIA process has gone through four stages of the process, namely the annual audit planning, execution of individual audits, reporting and quality assurance. On stages of the annual audit process, internal audit and risk profile using data from the results of previous audits. Internal audit and risk profile using data from the Risk Management Division as IRU, MI and FMR merely as additional data for the audit. Types of products, services and processes in highly diverse XX Bank which includes micro banking services to priority banking services lead audit object very much and coupled with inaccurate charging RCSA cause RBAI implementation and risk management process is not optimal.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2014
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>