Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Budianto
Abstrak :
Kenyamanan dalam berkendara merupakan salah satu hal penting yang dikembangkan pada industri otomotif. Salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam memberikan rasa nyaman bagi pengemudi saat berkendara adalah sistem suspensi, salah satu jenisnya adalah sistem suspensi semi-aktif. Sumber tenaga eksternal tidak diperlukan pada sistem suspensi semi aktif dimana nilai damping coefficient dapat diubah untuk mengendalikan disipasi energi pada damper. Karakteristik sistem suspensi semi-aktif yang hanya dapat mendisipasikan energi menjadi constraint sinyal kendali sesuai dengan state dari sistem. Kontur jalan juga menjadi gangguan pada sistem suspensi yang akan mempengaruhi kinerja sistem, oleh karena itu diperlukan pengendali yang prediktif. Pengendali model predictive control (MPC) dengan constraint digunakan untuk mengendalikan sistem suspensi semi-aktif diskrit hasil identifikasi dari sistem kontinu dengan menggunakan metode identifikasi least square. Perancangan pengendali MPC dilakukan dengan menentukan panjang prediction horizon, control horizon serta matriks bobot Q dan R. Uji pengendalian sistem suspensi semi-aktif menggunakan pengendali MPC dengan constraint dilakukan dengan mengamati kinerja pengendalian perpindahan sprung mass dari sistem suspensi semi-aktif dengan road profile sebagai gangguan sistem. Hasil pengendalian sistem suspensi semi-aktif kontinu dengan half car model yang dilakukan dengan simulasi menunjukkan kinerja pengendalian perpindahan sprung mass yang baik untuk berbagai jenis road profile.
Ride comfort is one of the important things in automotive industry. The component which took the responsibility in ride comfort are suspension system, one of them is semi-active suspension. An external power source is not needed in semi-active suspension system where the damping coefficient value is adjusted to control the amount of dissipated energy by damper. The characteristics of semi-active suspension system which only can dissipate energy become constraints to control signal appropriate with the state of system. The height of road surface also affect suspension system?s performance as disturbances so in order to overcome that problem a predictive controller is needed. Controller with model predictive control (MPC) strategy with constraints is used to control discrete semi-active suspension system from identification result of continuous system by using least square identification method. Design of MPC controller is done by determine the length of prediction horizon, control horizon and weight matrix Q and R. The test of semi-active suspension system control using MPC controller with constraints is determined by sprung mass displacement control performance of semi-active suspension system with road profile as disturbances. Simulation result of the control of continuous semi-active suspension system with half car model show that the sprung mass displacement control performance is good for many kinds of road profiles.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64652
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beby Zelvia
Abstrak :
ABSTRAK
Pada era modern ini, banyak perangkat lunak yang mendukung pembelajaran khususnya dibidang teknik dalam melakukan simulasi sebelum diimplementasikan pada keadaan sebenarnya dengan tujuan untuk mengetahui parameter-parameter yang dibutuhkan agar suatu alat agar bisa bekerja dengan baik, stabil tanpa harus melakukan percobaan di medan sebenarnya dengan resiko yang tinggi. CarSim , sebuah perangkat lunak yang berfokus pada uji dan analisa dinamika kendaraan, dalam skripsi ini akan dicoba untuk membuat profil jalan dengan tujuan untuk dapat dijadikan simulator uji dinamikan kendaraan di lingkungan kampus Universitas Indonesia. Jalan yang akan dibangun dibuat mirip dengan aslinya mulai dari jalur, ketinggian, serta bangunan disekitarnya agar terlihat realistis. Minimnya sumber acuan untuk memahami perangkat lunak CarSim di internet tidak membuat hal ini menjadi tidak mungkin. Dengan pemahaman dasar, percobaan panjang secara mandiri serta membaca berbagai sumber literatur, perancangan simulator jalan Universitas Indonesia berhasil dibangun. Simulator ini juga masih memiliki kemungkinan besar untuk dapat dikembangkan lebih lanjut kedepannya.
ABSTRACT
In this modern era, many softwares are provided to support learning process especially in the field of engineering in doing a simulation before a tool can be implemented in the actual situation with the aim to know the parameters needed without having to conduct experiments in the real field with high risks. CarSim , a software that focuses on vehicle dynamics tests and analysis, in this paper will be tried to create a road profile with the aim to become a simulator to analyze a vehicle dynamics behavior in University of Indonesia. The path that is about to built is made as close as possible to its real form, whether from its path, elevation, and buildings to make it look realistic. The lack of a reference source in understanding CarSim on the internet does not make this experiments impossible. With a basic understanding, a long independent research and reading literatures, University of Indonesia simulator has successfully been built. This simulator also still has a great possibility to be developed in the future.
2017
S69621
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Kenas Ashari
Abstrak :
Penggunaan komponen pasif pada sistem suspensi kendaraan mempunyai beberapa kelemahan, yaitu sistem tidak dapat menyesuaikan dengan kondisi permukaan jalan yang mengurangi kenyamanan serta keamanan dalam berkendara. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan komponen aktif pada sistem suspensi pasif, yang kemudian lebih dikenal dengan sistem suspensi semi-aktif. Sumber tenaga eksternal tidak diperlukan pada suspensi semi-aktif, sehingga hanya perlu mengubah damping koefisien pada damper. Dengan mengendalikan output berupa suspension deflection dari gangguan eksternal berupa kontur jalan pada model kendaraan full car diperlukan pengendali yang prediktif. Salah satu pengendali prediktif yang umum digunakan dan sudah teruji adalah Model Predictive Control (MPC). MPC digunakan untuk mengendalikan sistem suspensi semi-aktif hasil dari identifikasi sistem dengan metode identifikasi least square bertingkat. Pada laporan skripsi ini diajukan metode simulasi untuk hasil kinerja dari sistem yang akan diuji dengan menggunakan perangkat lunak MATLAB. Sedangkan untuk pengambilan data dan melihat hasil kinerja simulasi pada model kendaraan dengan menggunakan simulator Carsim. ......The use of passive components in vehicle suspension systems has several disadvantages, one of them is the system cannot adjust to road surface conditions that reduce comfort and safety in driving. To overcome this problem can be done by adding active components to the passive suspension system, which is then better known as a semi-active suspension system. External power sources are not required for semi-active suspensions, so only need to change the damping coefficient on the damper. By controlling the output in the form of suspension deflection from external disturbances in the form of road contours on a full car vehicle model, a predictive controller is needed. One predictive controller that is commonly used and tested is the Model Predictive Control (MPC). MPC is used to control the semi-active suspension system as a result of identifying the system with the multistage least square identification method. In this thesis report, a simulation method is proposed for the performance results of the system to be tested using MATLAB software. Meanwhile, to data collecting and see the performance results on vehicle models using the Carsim simulator.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library