Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yogi Vidyattama
"Starting from January 1, 2001, the provincial governments in Indonesia suddenly faced a huge problem in managing their public finance. The management of certain sectors and their budgeting were, including education, decentralized. Government regulation No. 25 in 2007 gave the local governments more freedom to establish a suitable education system for their respective regions. This paper will attempt to analyse the performance of secondary schools across regions. The production function theory will be used due to the government's intention to make the secondary school {years 7-12) the compulsory minimum level of education for the Indonesian people. The results show that the government budget cannot significantly affect the efficiency in the secondary school industry because the inputs that are financed are not significant for inducing efficiency. Instead, external factors like population and also fhe existence of financial loans is likely to be significant. The policy on loans has to be reconsidered to see the cost benefit or- the comparison between returns on human capital improvement through secondary schools and the interest rate of the loan"
2005
EFIN-52-1-April2004-67
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Izzaty
"Studi ini meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi Partisipasi Sekolah Anak Jenjang SMP dan SMA di Sumbar menggunakan data Susenas 2005 dan PoDes 2006. Pertama, faktor jenis kelamin anak, pendidikan orang tua, sektor pekerjaan bapak, kemiskinan mempengaruhi partisipasi sekolah anak, sedangkan daerah tempat tinggal, jenis kelamin KRT, ibu bekerja, biaya pendidikan, jenis perkerasan jalan dan penghasilan utama penduduk mempengaruhi partisipasi sekolah SMA saja. Kedua, tidak ditemukan disparitas gender dalam partisipasi sekolah anak SMP dan SMA.;Tidak ada ;Tidak ada "
Depok: Universitas Indonesia, 2009
T26280
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
La Ode Muhamad Sety
"Angka kematian bayi (AKB) di Indonesia hingga saat ini masih tinggi dimana tetanus neonatorum merupakan salah satu penyebab utama kematian bayi yang menempati urutan ke-5 (Depkes, 2001). Upaya eliminasi tetanus neonatorum (EN) di Indonesia terus dilakukan oleh Departemen Kesehatan baik dengan program jangka pendek dan menengah dengan sasaran wanita usia subur (WUS) maupun program jangka panjang dengan sasaran bayi, balita dan murid SD. Upaya akselerasi eliminasi tetanus neonatorum tersebut ditargetkan dapat menurunkan insiden tetanus neonatorum hingga < 1 per 1000 kelahiran hidup pada tahun 2005.
Berdasarkan hasil evaluasi tahun 2003, cakupan imunisasi TT bagi wanita usia subur di Indonesia masih dibawah UCI (<80%). Tanpa upaya akselerasi, diperkirakan Indonesia harus menunggu sampai tahun 2027 untuk dapat menghentikan imunisasi pada ibu hamil dan calon pengantin. Oleh karena itu pada tahun 2003 secara serempak seluruh Indonesia dilakukan imunisasi TT kepada seluruh wanita usia subur termasuk siswa SLTA, agar seluruh WUS memiliki status imunisasi TT minimal 172. Pelaksanaan akselerasi TN tersebut dilaksanakan dua putaran pada tahun 2003 hingga 2004. Berdasarkan hasil kegiatan putaran pertama pelaksanaan imunisasi TT siswi SLTA, Kabupaten Muna hanya dapat menjaring 40,5% dari total siswi yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan status imunisasi TT siswi SLTA di Kabupaten Muna tahun 2004. Desain penelitian adalah cross sectional, dengan sampel adalah siswa/siswi SLTA pada 18 kecamatan di Kabupaten Muna yang tergolong risiko tinggi TN. Kriteria sampel adalah siswi dengan status terdaftar dan terpilih sebagai sampel. Responden terdiri dari 730 orang. Variabel yang diteliti meliputi pengetahuan, sikap, kepercayaan, tempat tinggal, pendidikan ibu, pendidikan ayah, sumber informasi, intensitas informasi, kebutuhan, peran teman sebaya, peran guru dan status imunisasi TT siswi SLTA.
Hasil penelitian menunjukkan proporsi siswi SLTA yang belum memperoleh imunisasi TT sebanyak 47%, imunisasi TT satu kali 48,1% dan yang memperoleh imunisasi TT dua kali 4,9%. Variabel yang berhubungan bermakna dengan status imunisasi TT siswi SLTA (p<0,05) adalah kepercayaan (OR=5,83), intensitas informasi (OR:1,93), kebutuhan(OR=1,49), teman sebaya (0R=1,61). Sedangkan pengetahuan, sikap, tempat tinggal, pendidikan ibu, pendidikan ayah, sumber informasi dan peran guru, tidak menunjukkan hubungan yang signifikan (p>0,05). Faktor yang paling dominan mempengaruhi status imunisasi TT siswi SLTA adalah kepercayaan.
Berdasarkan hasil penelitian, untuk meningkatkan cakupan imunisasi TT siswi SLTA hendaknya memperhatikan faktor kepercayaan masyarakat setempat, informasi yang berkembang, kebutuhan dan peran teman sebaya siswi. Meningkatkan kerja sama lintas sektor termasuk kepada guru dan tokoh masyarakat dalam menyebarluaskan informasi yang benar tentang kegunaan imunisasi TT. Kualitas shining perlu ditingkatkan untuk menjaring WUS termasuk siswi SLTA yang belum memperoleh imunisasi, menentukan status imunisasi dengan interval pemberian yang tepat guna efisiensi dan efektivitas anggaran sehingga dapat dihentikan imunisasi kepada ibu hamil dan calon pengantin sedini mungkin. Dukungan kebijakan dan anggaran dari pemerintah daerah sangat dibutuhkan guna kelancaran pelaksanaan program akselerasi eliminasi TN di Kabupaten Muna. Perlunya kajian lebih lanjut pada skala nasional dengan disain penelitian yang lebih baik, misalnya kohor, sehingga diperoleh informasi yang lebih lengkap dengan bias yang lebih kecil.
Referensi: 56(1980 - 2003)

Factors Contributed to Tetanus Toxoid Immunization Status among Female Student at the Secondary School in Muna District, 2004Infant mortality rate is considerably still high in Indonesia where neonatorum tetanus as the fifth mayor cause of infant deaths in Indonesia (Ministry of Health, 2001). The Ministry of Health has been adopting various efforts to eliminate neonatorum tetanus in Indonesia to short and mid range target is child bearing age women (CBAW) and also long range target is infant, child under 5 years, and children elementary school. The Eliminate neonatorum tetanus targeted reducing of neonatal tetanus incidence rate down to bellow I per 1000 live births by the end of 2005.
Evaluate in 2003, immoriation coverage among child bearing age women in Indonesia is under universal child immunization (<80%). Without acceleration, forecasted have to wait for 2027 to discontinuing toxoid tetanus immunize for pregnant women and candidate bridge. Therefore in 2003, the tetanus toxoid immunization program ran concurently for child bearing age women inclusive of children elementary school, so that all TT immunization CBAW status is minimum TT2. The neonatorum tetanus acceleration program consisted of two times in 2003 till 2004. Result of program activity 1'h, Muna district can only net 40,5% from all female student.
The objective of this study is to identify the factors contributing to TT immunization status among female student at the secondary school in Muna district, 2004. The research design was cross sectional study and sample was all female student at the secondary school of 18 subdistrict high risk neonatorum tetanus in Muna district The sample criteria was registered and become sample. This survey included 730 female student The study factors were knowledge, attitude, believe, residence, mother educational level, father educational level, information source, information intensity, need for TT immunization, role of friend coeval, teacher role and TT immunization Stahis.
The objective of this study indicate that the female student proportion which not yet obtained to TT immunization are 47%, first TT immunization 48,1% and second Ti' immunization 4,9%. Several variables are having significant relationship with TT immunization female student at the secondary school status (p<0,05) are believe (OR=5,83), information intensity (ORA'.I,93), need for Ti' immunization (OR=1,49) and role of friend coeval (OR=1,61). Other variables such as knowledge, attitude, residence, mother educational level, father educational level, information source, and teacher role in this study do not show significant influence to TT immunization status (p>0,05). Factor most dominant influence to TT immunization status in this study is believe.
Thesis study recommends to increase TT immunization coverage, factors believe, information, need and role of friend coeval require to get attention. Increase to cooperation pass by quickly related sector to the right information about benefit TT immunization. Screening quality have to be improved to net CBAW included female student at the secondary school which not yet obtained to TT immunization, determining immunization status by the gift right interval to efficiency and effectiveness so that pregnant women and candidate bridge immunization can be earlier discontinued. Budget and policy support from local government very required to continuity of acceleration TN elimination program in Muna district. While researches are expected to conduct studies on this issue with national scale and better study methodology, such as conducting cohor to have more complete result and minimize study bias.
References : 56(1980 - 2003)
"
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T12817
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lisa Sulistiowati
"DKI telah mengalokasikan dana pendidikan sesuai amanat konstitusi, DKI Jakarta juga sudah mengimplementasikan berbagai skema pendanaan untuk menanggulangi masalah biaya sekolah. Walaupun demikian angka putus sekolah pendidikan menengah di ibukota negara ini cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah aspek biaya pendidikan masih mendominasi alasan siswa untuk putus sekolah pada jenjang pendidikan menengah di DKI Jakarta serta menelaah faktor-faktor lain yang memengaruhi siswa putus sekolah di propinsi tersebut. Dengan menggunakan analisis statistik deksriptif dan regresi logit, hasil studi ini menunjukkan bahwa alasan siswa putus sekolah di tingkat pendidikan menengah di DKI Jakarta pada tahun 2017 didominasi oleh kendala-kendala non-biaya. Tiga kendala teratas yang menjadi alasan putus sekolah adalah tidak minat/bosan, tidak naik kelas dan dikeluarkan dari sekolah. Sedangkan hasil regresi menunjukkan bahwa pandangan terhadap pendidikan dan kualitas hubungan siswa dengan guru mampu menurunkan probabilitas siswa putus sekolah dengan alasan kendala non-biaya dan memiliki teman yang putus sekolah. Untuk itu, Pemerintah Daerah DKI Jakarta perlu melihat berbagai faktor, tidak sebatas biaya pendidikan guna menurunkan angka putus sekolah di jenjang pendidikan menengah.
......Abiding the constitutional mandate, DKI Jakarta has allocated 20% of its budget for  the sector of Education. In addition, the province has also implement various funding schemes to eliminate the issue of tuition in accessing education. In spite of those efforts, the dropout rates for secondary education tends to increase. This study aims to find out whether the issue of tuition or cost of education in general still dominating factor for drop out from school at the secondary education level in DKI Jakarta. In addition, the study  also examines the factors that influence students dropping out of school. Based on the data, this study finds that reasons for 2017 secondary school dropouts in DKI Jakarta is dominated by non-cost constraints. The top three reasons for dropout are not interested/bored, failed in study and expelled from school. Regression results showed, favorable students perception of education, good quality of student-teacher relation and not having friends who drop out of school decreases the probability of students dropping out of school on the grounds of non-cost constraints. The result of this study suggests that to decrease secondary school dropout rates, the local government of DKI Jakarta needs to use more holistic approach and not merely focus on the issue of cost of education."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmad Yazid Nugraha
"Hubungan yang terjalin antara guru dengan siswa merupakan faktor terpenting yang membentuk teacher wellbeing O Connor, 2008. Akan tetapi, terdapat faktor penting lainnya yang dapat mempengaruhi teacher wellbeing guru, yang diperkirakan dipengaruhi oleh status kepegawaian guru (guru tetap dan guru honorer) (Setiyawan, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hubungan guru- iswa dan status kepegawaian guru dapat memprediksi teacher wellbeing pada guru di jenjang sekolah menengah. Penelitian ini dilakukan pada guru sekolah menengah (N = 284; 65.8% Perempuan; M-usia = 38.58 tahun) dengan alat ukur berupa skala Teacher Subjective Wellbeing Questionnaire (TSWQ) yang dikembangkan oleh Renshaw, Long, dan Cook (2015) dan skala Student-Teacher Relationship Scale (STRS) yang dikembangkan oleh Aldrup, Klusmann, Lüdtke, Göllner, dan Trautwein 2018. Kedua alat ukur sudah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia dan memiliki hasil uji psikometrik yang baik. Diketahui bahwa hubungan guru siswa dan status kepegawaian guru sebagai prediktor terhadap teacher wellbeing sebagai variabel terikat menunjukkan hasil yang signifikan F2,281 = 78,118, p < .0005. Hasil ini menunjukkan bahwa hubungan guru siswa dapat memprediksi teacher wellbeing pada guru sekolah menengah secara positif dan status kepegawaian guru juga akan memprediksi teacher wellbeing pada guru jenjang sekolah menengah, dimana guru tetap memiliki teacher wellbeing yang lebih baik dibandingkan guru honorer.

The relationship that is bonded between teachers and their pupil is the most crucial factor of teacher wellbeing O Connor, 2008. However, there is another important predictor beside student-teacher relationship which could affect teachers wellbeing. Teachers employment status is regarded as another important predictor towards teacher wellbeing and it is shown as to whether the teacher is permanently employed or is a temporary teacher (Setiyawan, 2017). This research aims to see whether student-teacher relationship and teachers employment status could predict teacher wellbeing amongst teachers of secondary level of education. The subjects of this study were secondary teachers (N = 284; 65.8% Female; M-age = 38.58 years old). The instrument used in this research were Teacher Subjective Wellbeing Questionnaire (TSWQ) developed by Renshaw, Long, and Cook 2015 and Student Teacher Relationship Scale (STRS) developed by Aldrup, Klusmann, Lüdtke, Göllner, and Trautwein 2018. Both instruments were adapted to Bahasa Indonesia and showed having good psychometrical attributes. Multiple Regression Analysis were deployed to test both predictors and the result indicates both predictors successfully predict teacher wellbeing amongst secondary teacher F(2,281) = 78,118, p < .0005. The result indicates that student teacher relationship predicts teacher wellbeing positively and teachers employment status also predicts teacher wellbeing which permanent teachers show better teacher wellbeing than temporary teachers."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indira Utama Pramasta
"ABSTRAK
Terdapat pengaruh dari hubungan yang terjalin dari guru dengan siswanya terhadap bagaimana seorang guru mempersepsikan dirinya berkaitan dengan fungsi kesuksesan dan kesehatannya dalam pekerjaannya di sekolah atau biasa disebut dengan teacher well-being. Namun dalam pengaruh tersebut terdapat kaitan yang menarik dengan jenis kelamin guru pada jenjang sekolah menengah. Untuk itu peneliti ingin untuk melihat apakah jenis kelamin guru memoderasi pengaruh dari hubungan guru-siswa terhadap teacher well-being pada guru sekolah menengah. Alat ukur yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Teacher Subjective Well-being Questionnaire (TSWQ) dan Student-Teacher Relationship Scale (STRS). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 284 guru sekolah menengah yang terdiri dari guru laki laki dan perempuan. Hasil analisis statistik menggunakan macro PROCESS menyatakan hasil bahwa jenis kelamin memoderasi pengaruh dari hubungan guru-siswa terhadap teacher well-being (b3 = -0,272; t = -2,055; p = 0,041 [-0,533; -0,012]). Dengan demikian jenis kelamin pada guru memperkuat atau memperlemah pengaruh dari hubungan guru-siswa terhadap teacher well-being."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library