Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewanti Kurniaputri
Abstrak :
Bisnis bacaan terutama komik telah berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan. Dunia bisnis komik telah diperkaya dengan unculnya format baru komik, yaitu majalah komik. Salah satunya adalah Majalah komik Hanalala, yang kini sudah berada di dunia bisnis perkomikan selama dua tahun. Tentunya telah menarik banyak konsumen bahkan ada yang menjadi pembaca setia. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai segmentasi majalah komik Hanalala ini. Beberapa kategori segmentasi telah ditetapkan sebagai dasar untuk melakukan analisis segmentasi, yaitu Demografis, Psikologis, Psikografis dan Benefit. Dari keempat Kategori segmentasi itu dibagi lagi menjadi 28 variabel, yang akhirnya menghasilkan 3 segmen yang mewakili konsumen majalah komik Hanalala.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gultom, Saut Maruarar
Abstrak :
ABSTRAK
Pemilihan tugas akhir ini dilatar belakangi oleh rasa ingin tahu terhadap intensitas kompetisi sesama media majalah khususnya majalah yang beredar di Jakarta. Karena setelah era reformasi bergulir, pemerintah tidak lagi membatasi penerbitan jumlah SIUPP. Sebagai akibatnya banyak majalah-majalah baru seperti Gamma, Garda, Tropis dan lain-lain, yang tampaknya menjangkau target pasar yang sama dengan majalah yang sudah ada terlebih dahulu seperti Gatra, Tempo, Forum, dan lain-lain.

Gejala-gejala persaingan di atas dapat di paparkan secara objektif dengan melakukan pengelompokkan majalah yang memiliki sifat relatif sama. Dengan bantuan teknik analisis data multivariabel dapat diperoleh informasi yang nantinya dapat digunakan oleh penerbit menganalisa posisi relatif suatu majalah terhadap para pesaingnya.

Salah satu bentuk analisa data multivariabel adalah analisis gerombol (Cluster Analysis), yang merupakan suatu teknik penggerombolan melalui pengidentifikasian ciri ciri gerombol berdasarkan karaktenstik yang dimiliki.

Penelitian ¡ni menggunakan sebelas jenis berita sebagai variabel yang mewakili karakteristik penggerombolan, yaitu : (1) Surat Pembaca, (2) Politik & Keamanan, (3) Ekonomi & Keuangan, (4) Hukum, (5) Seni & Musik, (6) Kesehatan & Olahraga, (7) Pendidikan & Iptek, (8) Luar Negeri (9) Lingkungan, (10) Budaya, dan (11) Fiktif Pemilihan ke-11 jenis berita sebagai variabel pengukuran diperoleh melalui Penciutan 53 buah karakteristik berita dan ke-19 majalah berita yang beredar di Jakarta yang merupakan subjek penelitian. Adapun kriteria penciutan dari 53 buah karakteristik menjadi 11 komponen (variabeI) adalah :

1. Memilih hanya jenis beritanya saja dan memasukkan karakteristik berita menjadi variabel jenis berita. Misalkan : Karakteristik wawancara tokoh Polkam, tulisan pakar polkam, dan tokoh polkam digabungkan menjadi variabel Polkam.

2. Berdasarkan data dan departemen-departemen yang terdapat pada ke-19 majalah sebagai subjek penelilian. Data ini diperoteh sebagai hasil wawancara dengan pemimpin redaksi atau redaktur pelaksana berbagai majalah.

3. Penelusuran terhadap karakteristik tipe berita, misalkan rubrik undang-undang, kriminilitas, dan penyelundupan digabungkan menjadi variabel Hukum, sedangkan musik, fashion, digabung menjadi variabel Seni & Musik.

Penelitian ini berhasil menggerombolkan ke-19 majalah menjadi 5 buah gerombol yang anggotanya terdiri dari rnajalah-majalah dengan cri-ciri tertentu, Diperoleh pula bahwa dari ke 11 vaniabel pengukuran hanya enam variabel saja yang cukup signifikan membedakan antara gerombol, yakni : (1) Ekonomi & Keuangan, (2) Seni & Musik, (3) Iuar Negeri, (4) Budaya, (5) Kesehatan & Olahraga, dan (6) Fiktif

Dengan demikian hasil pengelompokkan ke-19 majalah dapat digunakan oleh Penerbit majalah untuk mengetahui majalah-majalah mana saja yang memiliki karakteristik hampir sama dan majalah mana saja yang memiliki karakteristik berbeda. ini berguna bagi penerbit majalah untuk melakukan diferensiasi atau diversifikasi penerbitan sebagal upaya mengkreasikan strateginya apakah Investasi untuk bertahan. Investasi untuk berkembang investasi untuk memperoleh kembali, atau investasi untuk Keluar
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000
T1961
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wasis Gunarto
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam bisnis media cetak, selain adanya pendapatan dari jumlah pelanggan dan pembeli eceran juga ada pendapatan yang lebih signifikan kepada media tersebut yaitu pendapatan iklan (Oetama, 1987). Dalam hal ini pengaruh besar kecilnya pendapatan iklan tidak lepas dari para perencana media, yaitu orang yang memberikan saran kepada pengiklan untuk memasang iklannya di media cetak tertentu.

Oleh karena itu, untuk melihat atribut-atribut apa saja yang dipilih oleh perencana media sehingga mereka menyarankan kepada pengiklan agar memasang iklan di majalah tertentu maka peneliti mengambil sampel kepada enam (6) majalah berita mingguan, yaitu; Forum. Garda, Gatra. Gamma, Panji, dart Tempo.

Dengan alat analisa correspondence ditemukan hasil berupa posisi relatif majalah berita mingguan yang menggerombol pada suatu posisi tertentu sedangkan tiga (3) majalah variabel kontrol posisinya relatif berjauhan dari majalah berita mingguan. Sehingga dapat disimpulkan tidak ada perbedaan yang cukup tajam di antara majalah-majalah berita mingguan tersebut. Dengan analisa m1 pula diternukan hasil bahwa majalah yang mendapat pemasukan iklan cukup baik harus memihki atribut-atribut tertentu, antara lain; adanya daya beli dari sasaran pembaca, memiliki kualitas cetak iklan yang bagus, sampul menarik, dan media kit memuat data-data yang lengkap dan dapat dipercaya.
2001
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library