Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Raden Muhamad Rizza Fahlevi
"Penggunaan BBM Indonesia di sektor transportasi cukup besar yang tumbuh 5.36% pertahun yang masih menggunakan bensin serta digunakan pada kendaraan sepeda motor dan mobil pada umumnya. Penelitian ini berfokus untuk menghilangkan impor BBM dengan mensubtitusi dari kendaraan sepeda motor konvensional menuju sepeda motor listrik dan memberikan gambaran penerapan sepeda motor listrik di Indonesia dengan diterapkannya kebijakan-kebijakan terkait. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisa proses penerapan sepeda motor listrik dan metode kuantitatif untuk membuktikan bahwa penerapan sepeda motor listrik dapat menghilangkan import BBM per hari di Indonesia. Hasil penelitian didapatkan penggunaan BBM pada sepeda motor tahun 2018 sebesar 388793.25 BBL/hari dan impor BBM sebesar 320904.74 BBL/Hari untuk memenuhi kebutuhan nasional, maka dapat dikatakan bahwa apabila penggunaan sepeda motor listrik diterapkan untuk menggantikan sepeda motor konvensional dapat menghilangkan import BBM/hari.
The used of Indonesian fuel in the transportation sector is quite large, which is grows 5.36% per years, which is still use gasoline and used in motorcycles and cars general. The research is focus on eliminating import fuel by substituting from conventional motorcycles to electric motorcycles and provides an overview of the application of electric motorcycles in Indonesia with the implementation of related policies. This research use qualitative methods to analyze the process of applying electric motorcycles and quantitative methods to prove that application of electric motorcycles can eliminate the import of fuel a day in Indonesia. The results showed the use of fuel of motorcycles in 2018 was 388793.25 BBL/day and imported fuel was 320904.74 BBL/day to complete national needs, so it can be said that if the use of electric motorcycles is apply to replaced conventional motorcycles, it can eliminate the import of fuel/day."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Syafira Nurin Aqmarina
"Tingkat adopsi motor listrik di Indonesia masih rendah, termasuk di kota-kota besar seperti Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan memberikan rekomendasi kepada pemerintah dan pelaku bisnis motor listrik di Indonesia mengenai prioritas penanganan dalam ekosistem motor listrik. Prioritas ini mencakup alokasi sumber daya terhadap atribut-atribut motor listrik yang dapat menjadi penghambat atau pendorong adopsi, yang dievaluasi dari sudut pandang pengguna dan non-pengguna motor listrik menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA). Melalui pemetaan IPA, penelitian ini mengidentifikasi bahwa atribut-atribut yang menjadi pendorong (Driver) adopsi motor listrik memiliki persepsi kinerja (Performance) yang baik di mata pengguna. Namun, atribut-atribut yang menjadi penghambat (Barrier) terhadap adopsi motor listrik perlu mendapatkan prioritas dalam penanggulangan. Hal ini berarti bahwa pemerintah dan industri perlu fokus pada mengatasi hambatan-hambatan ini untuk meningkatkan adopsi motor listrik. Penelitian ini juga melakukan komparasi persepsi antara pengguna dan non-pengguna motor listrik terkait barrier dan driver adopsi motor listrik. Hasilnya menunjukkan adanya perbedaan persepsi yang signifikan antara kedua kelompok responden dalam hal Importance dan Performance atribut-atribut tertentu. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis preferensi masyarakat dari segi teknis motor listrik untuk memberikan wawasan lebih mendalam dari perspektif masyarakat. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan landasan untuk pengembangan strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan tingkat adopsi kendaraan listrik di lingkungan perkotaan seperti Jakarta.
The adoption rate of electric motorcycles in Indonesia remains low, including in major cities like Jakarta. This study aims to address this issue by providing recommendations to the government and electric motorcycle businesses in Indonesia regarding priority handling within the electric motorcycle ecosystem. These priorities include resource allocation towards attributes that can either hinder or drive adoption, evaluated from the perspectives of both users and non-users of electric motorcycles using the Importance-Performance Analysis (IPA) method. Through IPA mapping, this study identifies that the attributes driving electric motorcycle adoption have a good performance perception among users. However, the attributes that hinder adoption need to be prioritized for mitigation. This means that the government and industry should focus on addressing these barriers to increase electric motorcycle adoption. The study also compares the perceptions of users and non-users regarding the barriers and drivers of electric motorcycle adoption. The results show significant differences in the importance and performance ratings of certain attributes between the two groups of respondents. Additionally, this study analyzes technical preferences from the public's perspective to provide deeper insights. Through this research, it is hoped to provide a foundation for developing more effective strategies to increase the adoption rate of electric vehicles in urban environments like Jakarta"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library