Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Al Amien
Abstrak :
Karakteristik Gesekan dan keausan pada bahan non-metal khususnya bahan komposit berpenguat serat (fiber reinforce composite) masih memerlukan banyak penelitian, karena belum banyak diketahui oleh para ahli. Penelitian yang dilakukan tentang keausan bahan komposit karbon / vinyl ester pada kondisi kering. Pengamatan yang dilakukan adalah pengaruh struktur, arah struktur, volume serat terhadap laju keausan. Selain hal ini, juga dilakukan analisa pengaruh beban terhadap laju keausan, dan hubungan antara modulus elastisitas terhdap laju keausan, serta mengamati mekanisme keausan tersebut berlangsung. Struktur yang diamati adalah uni-directional, bi-directional dan tri-directional dengan arah yang berbeda dari tiap struktur. Adapun variasi volume serat yaitu 0 %, 14,3 %, 28,5 %, dan 42,8 % dengan satu arah struktur. Kemudian dalam penelitian ini variasi beban yang diberikan adalah 5,886 N, 8, 829 N, 11,76 N dan 14, 7 N. Dalam eksperimen ini, pengujian ketahanan aus menggunakan mesin uji aus abrasif dengan system pin on disc dan untuk mengamati mekanisme keausan abrasif digunakan SEM ( Scaning Electron Microscope).;Friction and wear characteristic at material non-metallic, especially to fiber-reinforced composite are discussed here.
The experiment is about dry abrasive wear behavior carbon/vinyl ester composite material. The influence of parameter such as: fiber structure, its orientation, effect of amount fiber to the wear rate was observed. Analyze influence of load and elastic modulus to the wear rate and the resulting wear mechanisms are microscopically observed and categorized. Behavior structure of uni-directional, bi-directional and tri-directional with different direction were studied. Variation of volume fraction fiber are 0 %, 14,3 %, 28,5 %, and 42,8 % with one structure and direction fiber. Load 5,886 N, 8, 829 N, 11,76 N and 14, 7 N were applied on the sample while studying the effect of load on wear. The experiment of wear rate were made using a pin-on-disc machine and wear mechanism of dry abrasive wear observed using SEM (Scanning Electron Microscope).
Depok: Universitas Indonesia, 1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Andre Yosi
Abstrak :
Dewasa ini, penggunaan material komposit polimer berpenguat serat karbon (carbon fiber reinforced polymer, CFRP) dalam berbagai bidang semakin populer dan berkembang. Hal ini dikarenakan nilai ekonomis serta sifat mekanik yang baik yang mampu dihasilkan oleh material komposit tersebut. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi sifat/ karakteristik material komposit CFRP, diantaranya adalah arah orientasi serat karbon serta perlakuan panas. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh orientasi serat anyam karbon dan temperatur perlakuan panas terhadap sifat mekanik material komposit laminate bermatrik polimer. Komposit CFRP dimanufaktur dengan menggunakan metode hand lay-up dengan variasi orientasi [00 or 900]s, [00 or 900]/[±450] dan [±450]s. Spesimen komposit selanjutnya dilakukan pemanasan pada variasi temperatur lalu dilakukan pengujian berupa pengujian tarik, tekuk, impak, dan FTIR. Kekuatan tarik tertinggi diperoleh pada orientasi [0o or 90o]s dengan pemanasan 200 oC selama 3 jam, kekuatan tekuk tertinggi diperoleh pada orientasi [0o or 90o]s dengan pemanasan 100 oC selama 3 jam, serta energi impak tertinggi diperoleh pada orientasi [0o or 90o]s dengan pemanasan 100 oC selama 3 jam. Hasil pengujian FTIR menunujukkan gugus fungsi polimer yang dihasilkan dari Unsaturated Polyester Resin setelah pemanasan pada temperature curing adalah ikatan C=O (ester) dan ikatan ikatan C=C (cincin aromatik). ......Nowadays, the use of carbon fiber reinforced polymer (CFRP) composite in various fields is getting more popular and fast growing. This is due to the economic value and good mechanical properties of the composite materials can produce. There are many factors that affect the characteristics of CFRP composite materials, including orientation of the carbon fiber and heat treatment. This study discusses the effect of the orientation of carbon woven fibers and the temperature of heat treatment on the mechanical properties of polymer matrix composite laminates. CFRP composites were manufactured using the hand lay-up method with various orientations [0 or 90o]s, [0 or 90o] / [± 45o] and [± 45o]s. The composite specimens were then heating at various temperatures. Characteristics of the composites were examined in the form of tensile test, bending test, impact test and FTIR analysis. The highest tensile strength was obtained at orientation [0o or 90o]s followed by heating at 200 oC for 3 hours. The highest bending strength was obtained at orientation [0o or 90o]s followed by heating at 100 oC for 3 hours, whereas the highest impact energy was obtained at orientation [0o or 90o]s followed by heating at 100 oC for 3 hours. FTIR test showed that the polymer functional groups from unsaturated polyester resin after heating at curing temperature are C=O bonds (ester) and C=C bonds (aromatic rings).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fredina Destyorini
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang proses pembuatan dan karakterisasi kertas karbon komposit berbasis bahan karbon dari serabut kelapa untuk aplikasi Gas Diffusion Layer (GDL) PEMFC. Kertas karbon komposit harus berpori, bersifat konduktif, dan hidrofobik agar dapat berfungsi sebagai GDL. Proses pembuatan kertas karbon komposit terdiri dari 3 tahap. Pada tahap pertama, bahan karbon berbentuk serat dengan panjang ± 1 mm dan serbuk karbon 200 mesh dihasilkan dari proses karbonisasi dan pirolisis serabut kelapa hingga suhu 1300°C. Pembuatan kertas karbon komposit pada tahap kedua dilakukan dengan cara mencampurkan serat dan serbuk karbon yang dihasilkan pada tahap pertama dengan polimer ethylene vinyl acetate (EVA) dan poly ethylene glycol (PEG) sebagai binder ke dalam pelarut xylene. Komposisi penggunaan antara serat dan serbuk karbon divariasi dari 0 wt% hingga 80 wt%. Proses pencampuran dilakukan pada suhu 90°C hingga membentuk slurry, dan dilanjutkan dengan proses pencetakan dengan teknik hand lay-up casting dan calendering. Berdasarkan hasil pengujian konduktivitas listrik, kertas karbon komposit dengan 70 wt% serat karbon dan 10 wt% serbuk karbon memiliki nilai konduktivitas tertinggi yaitu sebesar 2,22 S/cm. Kombinasi penggunaan serat karbon dengan aspek rasio yang lebih tinggi dan serbuk karbon menghasilkan efek sinergi yang dapat meningkatkan konduktivitas listrik kertas karbon komposit. Proses dilanjutkan dengan pelapisan bahan hidrofobik polytetrafluoroethylene (PTFE) pada tahap ketiga dengan cara merendam kertas karbon dalam suspensi PTFE selama 30 menit kemudian dipanaskan hingga suhu 350°C. Konsentrasi suspensi PTFE divariasi dari 0 wt%, 10 wt%, 20 wt%, dan 30 wt% untuk menghasilkan kertas karbon dengan sifat yang optimum. Berdasarkan hasil karakterisasi dan analisis kertas karbon dengan 10 wt% PTFE memiliki konduktivitas listrik tertinggi sebesar 2,09 S/cm, porositas tertinggi sebesar 73,63%, densitas sebesar 0,42 gram/cm3, bersifat hidrofobik dengan sudut kontak sebesar 128,9o, namun sifat mekaniknya masih rendah dengan kekuatan tarik sebesar 0,02 kN/m dan Modulus Young sebesar 4,57 kN/m.
ABSTRACT This study discusses the process of manufacture and characterization of carbon composite paper based on carbon material of coconut fibers for Gas Diffusion Layer (GDL) of PEMFC. Carbon composite paper should be porous, conductive, and hydrophobic in order to serve as GDL. The manufacturing process of carbon composite paper consists of three stages. In the first stage, carbon fiber with a length of ± 1 mm and carbon powder of 200 mesh produced from pyrolysis and carbonization process of coconut fibers at 1300°C. Manufacture of carbon composite paper at the second stage conducted by mixing the carbon fibers and carbon powder produced in the first stage with ethylene vinyl acetate (EVA) and poly ethylene glycol (PEG) as binder in the xylene as solvent. The composition of carbon fibers and carbon powder was varied from 0 wt% to 80 wt%. The mixing process is carried out at 90°C to form a slurry, followed by the hand lay-up casting and calendaring to form a sheet of paper. Based on the results of electrical conductivity test, carbon paper composite with 70 wt% carbon fiber and 10 wt% carbon powder has the highest conductivity of 2,22 S / cm. Combination of carbon fiber with a higher aspect ratio and carbon powder generates synergy effects which increase the electrical conductivity of carbon composite paper. The process is continued with a hydrophobic treatment in the third stage by immersing carbon paper in a suspension of polytetrafluoroethylene (PTFE) for 30 minutes and then heated to a temperature of 350°C. PTFE suspension concentration was varied from 0 wt%, 10 wt%, 20 wt% and 30 wt% to produce the carbon paper with optimum properties. Based on the results of characterization and analysis, carbon paper with 10 wt% PTFE has the highest electrical conductivity of 2,09 S/cm, the highest porosity of 73,63%, density of 0,42 g/cm3, contact angle of 128,9o, but the mechanical properties are still low with the tensile strength of 0,02 kN/m and Young's modulus of 4,57 kN/m
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T45569
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Pandu Wicaksono
Abstrak :
Bahan anti peluru berfungsi untuk menahan serangan peluru dengan menahan penetrasi dan tumbukan yang dihasilkan oleh peluru yang ditembakan. Dalam perkembangannya, material komposit sudah sering digunakan sebagai bahan rompi antipeluru karena sifatnya yang kaku, kuat, dan memiliki densitas yang rendah. Material komposit serat karbon/epoksi dan serat grafit/epoksi diuji coba dalam penelitian kali ini dengan tujuan untuk mendapatkan jumlah lapisan serat karbon dan serat grafit yang dapat menahan penetrasi peluru Tipe I 38 Spesial Round Nose. Simulasi uji balistik dilakukan dengan perangkat lunak Abaqus/Eksplisit. Berdasarkan hasil simulasi, 14 lapis serat karbon/epoksi dengan ketebalan 4,2 mm dan 10 lapis serat grafit/epoksi dengan ketebalan 30 mm mampu menahan penetrasi peluru. 14 Lapis serat karbon/epoksi menyerap energi kinetik sebesar 130 Joule dan meneruskan energi kinetic sebesar 48 Joule. 10 Lapis serat grafit/epoksi menyerap energi kinetik sebesar 140,6 Joule dan meneruskan energi kinetik sebesar 32,4 Joule. Kerusakan yang terjadi pada serat karbon/epoksi berbentuk radial fracture, sedangkan pada grafit/epoksi berbentuk brittle fracture. Perubahan bentuk peluru pada simulasi 14 lapis serat karbon/epoksi berebentuk bulat sedangkan pada simulasi 10 lapis grafit/epoksi berbentuk jamur. ......The bulletproof material serves to withstand the bullet attack by holding back the penetration and impact produced by the shot bullets. During its development, composite materials have often been used as bulletproof vest materials because of their rigid, strong, and low-density properties. Carbon fiber/epoxy and graphite fiber/epoxy composite material were tested in this study with the aim of obtaining the number of layers of carbon fiber and graphite fiber that can withstand the penetration of bullet type I 38 Special Round Nose. Ballistic test simulation is done by Abaqus / Explicit software. Based on the simulation results, 14 layers of carbon/epoxy fiber with the thickness of 4.2 mm and 10 layers of graphite fiber/epoxy with the thickness of 3 mm can withstand bullet penetration. 14 carbon/epoxy layers absorb 130 Joules of kinetic energy and transmit 48 Joules of energy. 10 Layers of graphite/epoxy fibers absorb kinetic energy of 140.6 Joules and transmit energy of 32.4 Joules. The damage that occurs in carbon fiber/epoxy is in the form of radial fracture, whereas in graphite/epoxy it is in the form of brittle fracture. Bullet shape changes in the simulation of 14 layers of carbon fiber/epoxy in a round shape while in the simulation of 10 layers of graphite/epoxy in the shape of a mushroom.

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Muzakki
Abstrak :
Salah satu komponen penting kendaraan adalah rangka atau chassis. Rangka merupakan bagian kendaraan yang berfungsi melindungi pengendara dari benturan. Rangka yang nantinya akan didesain tersebut dirancang dengan bobot seringan mungkin dan tetap memerhatikan factor keamanan yang sesuai dengan regulasi Shell Eco-Marathon. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk merancang struktur rangka komposit serat karbon mobil untuk kompetisi Shell Eco-Marathon dengan sumber energi penggerak yaitu motor pembakaran dalam atau ICE (Internal Combustion Engine) dan motor listrik. Skripsi difokuskan untuk mendesain struktur rangka komposit untuk mobil hemat energi konsep urban berbahan bakar gasoline dan listrik dengan material komposit serat karbon.Jenis serat karbon yang digunakan yaitu woven wet dengan matriks epoxy serta core material yang digunakan yaitu divinycell h-100. Pembuatan desain struktur menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor 2022 dan Solidworks 2018, penetapan struktur komposit menggunakan Ansys ACP Workbench 19.2, dan simulasi beban menggunakan Ansys Static Stuctural Workbench 19.2. Besar beban pada simulasi didapatkan dengan mengambil data torsi dan daya mobil hemat energi ICE dan listrik tim Universitas Indonesia Supermileage Vehicle (UI-SMV) dengan dynamometer dan shaft dynamometer sebagai data acuan torsi dan daya yang dibutuhkan oleh mobil hemat energi. Uji simulasi kekuatan chassis yaitu beban vertikal, beban puntir, beban pengereman, beban rollbar sebesar 700 N, beban lateral dan beban traksi. Simulasi kekuatan pada perangkat lunak tersebut untuk menemukan hasil berupa tegangan von-mises, faktor keamanan, total deformasi dan massa. Data hasil simulasi akan dijadikan acuan untuk mendesain rangka komposit serat karbon mobil hemat energi dengan mempertimbangkan deformasi maksimal dan safety faktor juga. Massa yang diperoleh dari hasil simulasi untuk mobil ICE sebesar 18,742 kg sedangkan mobil listrik sebesar 19,1 kg. Kemudian untuk target kekakuan dan kekuatan kedua desain chassis mobil layak atau aman untuk digunakan. ......One of the important components of the vehicle is the frame or chassis. The frame is the part of the vehicle that serves to protect the driver from collisions. The frame that will be designed will be designed with the lightest possible weight and still pay attention to the safety factor in accordance with the Shell Eco-Marathon regulations. This thesis research aims to design a car carbon fiber composite frame structure for the Shell Eco-Marathon competition with a driving energy source, namely an internal combustion engine or ICE (Internal Combustion Engine) and an electric motor. The thesis is focused on designing a composite frame structure for an energy-efficient urban concept car using gasoline and electricity with carbon fiber composite material. The type of carbon fiber used is woven wet with an epoxy matrix and the core material used is divinycell h-100. The structure design was made using Autodesk Inventor 2022 and Solidworks 2018 software, the determination of the composite structure using Ansys ACP Workbench 19.2, and load simulation using Ansys Static Stuctural Workbench 19.2. The magnitude of the load in the simulation is obtained by taking the torque and power data of the ICE energy-efficient car and the electricity of the Universitas Indonesia Supermileage Vehicle (UI-SMV) team with a dynamometer and shaft dynamometer as reference data for torque and power required by energy-efficient cars. The chassis strength simulation tests are vertical loads, torsional loads, braking loads, rollbar loads of 700 N, lateral loads and traction loads. Strength simulation in the software to find results in the form of von-mises stress, safety factor, total deformation and mass. The data from the simulation results will be used as a reference for designing a carbon fiber composite frame for energy-efficient cars by considering maximum deformation and safety factors as well. The mass obtained from the simulation results for the ICE car is 18.742 kg while the electric car is 19.1 kg. Then to target the stiffness and strength of both the car chassis design is feasible or safe to use.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mahfud Ibadi
Abstrak :
Roket adalah kendaraan peluncur yang mampu mengangkut muatan ke tujuan yang diinginkan. Nosel merupakan komponen struktural terberat, yaitu menyumbang sekitar 30 % dari berat keseluruhan struktur roket sehingga sangat terbuka kemungkinan untuk mereduksi beratnya, dalam mendesain nosel juga harus memperhatikan beban mekanik dan termal yang cukup tinggi akibat dari pembakaran propelan untuk menghasilkan gaya dorong (thrust) roket. Salah satu alternatif untuk mereduksi berat adalah penggunaan material Komposit Polimer Berpenguat Serat Karbon, untuk mengaplikasikan material komposit tersebut terhadap nozzle case, perlu dilakukan karakterisasi sifat-sifat mekanik. Salah satu pengujian yang paling sering dilakukan yaitu uji tarik (tensile test), pengujian ini memiliki fungsi untuk mendapatkan nilai kekuatan, modulus elastisitas, dan failure mode. Pengujian Tarik dilakukan melalui dua tahapan untuk menyeleksi material yang mampu menerima beban termal. Pengujian tarik tahap pertama dilakukan dengan rentang temperatur dari RT sampai 200°C menggunakan mesin Shimadzu AG-50KNX PLUS Machine untuk seleksi material antara komposit C/LY5052 dengan C/ARMC berdasarkan ketangguhan pada temperature yang diuji. Selanjutnya material yang terpilih diteruskan ke pengujian tahap dua, dimana material terpilih di uji Tarik pada rentang temperatur RT sampai 800°C dengan interval 100°C menggunakan mesin SCHENK TREBEL Machine. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini, untuk gangguan mekanik pada nozzle case maksimum sebesar 7 MPa, beban mekanik ini sangat kecil jika dibandingkan dengan kekuatan tarik yang dimiliki komposit C/LY5052 dan C/ARMC, untuk beban termal pada Nozzle Case, pemanasan maksimum yang terjadi pada nozzle Case dengan rentang temperature 550ºC hingga 700°C, pada temperatur ini komposit C/LY5052 tidak bisa diterapkan karena hanya mampu bertahan sampai temperatur 200 ºC, hasil berbeda pada komposit C/ARMC pada saat rentang temperatur ini masih tangguh, maka dari hasil tersebut komposit C/ARMC dalam penelitian ini dapat dijadikan acuan sebagai alternatif material Nozzle Case. Namun ketika mendesain nozzle case dengan material komposit C/ARMC harus diperhatikan mode kegagalannya terutama mode kegagalan delaminasi. ......A rocket is a launch vehicle capable of transporting payload to the desired destination. The nozzle is the heaviest structural component, which contributes about 30% of the total weight of the rocket structure so it is very possible to reduce the weight. In designing the nozzle, one must also pay attention to the mechanical and thermal loads that are quite high due to the combustion of the propellant to produce rocket thrust. One alternative to reduce weight is the use of Carbon Fiber Reinforced Polymer Composite materials, to apply these composite materials to the nozzle case, it is necessary to characterize the mechanical properties. One of the most frequently performed tests is the tensile test. This test has a function to obtain values for strength, modulus of elasticity, and failure mode. Tensile testing is carried out in two stages to select materials that are capable of receiving thermal loads. The first stage of the tensile test was carried out with a temperature range from RT to 200°C using the Shimadzu AG-50KNX PLUS Machine for material selection between C/LY5052 and C/ARMC composites based on toughness at the temperature tested. Then the selected material is continued to the second stage of testing, where the selected material is tested in Tensile at a temperature range of RT to 800°C with intervals of 100°C using the SCHENK TREBEL Machine. The results obtained in this study, for maximum mechanical disturbance in the nozzle case of 7 MPa, this mechanical load is very small when compared to the tensile strength of the C/LY5052 and C/ARMC composites, for the thermal load on the Nozzle Case, the maximum heating that occurs on the Case nozzle with a temperature range of 550ºC to 700°C, at this temperature the C/LY5052 composite cannot be applied because it can only survive up to a temperature of 200 ºC, the results are different for the C/ARMC composite when this temperature range is still tough, so from these results, The C/ARMC composite in this study can be used as a reference as an alternative nozzle case material. However, when designing the nozzle case with C/ARMC composite material, the failure mode must be considered, especially the delamination failure mode.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Marta Nurjaya
Abstrak :
Abu terbang hasil dari pembakaran batubara dapat digunakan sebagai prekursor geopolimer. Pengisi berupa serbuk alumina, serat asikular wolastonit, serat karbon dan serat kaca ditambahkan untuk menghasilkan komposit matrik geopolimer. Campuran prekursor dan aktivator dikarakterisasi dengan mesin uji viskositas dinamik Brookfield dan peralatan Vicat Needle. Sintesa geopolimersasi diamati dengan menggunakan XRD, FTIR dan pengamatan SEM, sedangkan pengujian mekanis menggunakan mesin uji tarik universal. Temperatur awal pembekuan dari campuran memberikan pengaruh besar terhadap kekuatan mekanis dari resin yang dihasilkan. Penambahan pengisi serat asikular wolastonit sebanyak 2,50 persen berat mampu meningkatkan kekuatan fleksural sebesar 13,52 persen dan penambahan pengisi alumina sebesar 7,50 persen mampu meningkatkan kekuatan tekan sebesar 26,62 persen. Setelah ekspos panas, komposit berpengisi serat kaca mampu menghasilkan kekuatan mekanis terbaik. ......Fly ash from coal combustion can be used as a geopolymer precursor. Fillers such as alumina powder, acicullar wolastonit, carbon fibers and glass fibers are added to produce geopolymer matrix composites. The mixture of precursors and activators characterized by Brookfield dynamic viscosity tester and Vicat Needle apparatus. Geopolymerisation syntesa observed using XRD, FTIR and SEM, while the mechanical testing using a universal tensile testing machine. The initial temperature of the mixture gives a major influence on the mechanical strength of the resin produced. The addition of acicullar wollastonite fillers as much as 2.50 percent by weight can improve the flexural strength of 13.52 percent and the addition of 7.50 percent alumina can improve the compressive strength of 26.62 percent. Upon heat exposure, composite using glass fiber as filler able to produce the best mechanical strength.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
D2195
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edward Yahya
Abstrak :
ABSTRAK
Perkuatan struktur dengan menggunakan serat karbon merupakan suatu metode yang efektif untuk memperbaiki struktur yang mengalami penurunan kapasitas. Material Fibre Reinforced Polymer (FRP) dari bahan karbon ini yang disebut Carbon Fibre Reinforced Polymer (CFRP) memp unyai kekuatan tarik hingga 4900 MPa dengan bentuk pelat maupun lemba ran sehingga apabila digunakan secara komposit pada struktur beton dapa t berperan secara efektif dalam meningkatkan kekuatan tarik dari eleme n struktur. Akan tetapi, untuk daerah tumpuan balok sering kali menemui kesulitan karena adanya kolom yang tidak memungkinkan untuk memberika n panjang penyaluran yang cukup untuk material CFRP. Hal ini terutama untuk pelat CFRP karena tidak memungkinkan untuk ditekuk dan diikatkan ke kolom.

Pe ne litian kali ini dilakukan terhadap penggunaan lembaran CFRP yang biasa di gunakan untuk perkuatan geser dimana lembaran CFRP ini digunakan untuk perkuatan lentur daerah tumpuan dengan mengikatkan material ke kolom sehingga memberikan panjang penyaluran yang cukup. Benda uji yang digunakan adalah struktur balok kolom dengan kuat tekan beton be rkisar 30 MPa dimana sebelumnya telah dilakukan uji kuat lentur terhada p struktur dengan pembebanan monotonik hingga dicapai batas ultimit nya. Benda uji ini kemudian dibiarkan selama kurang lebih 2 tahun sebelum dilakukan perbaikan dengan menggunakan injeksi resin produksi PT Sika Indonesia dengan nama Sikadur 31 dan Sikadur 752 serta diperkuat dengan menggunakan lembaran serat karbon produksi PT Sika Indonesia dengan nama Sikawrap 231-C dan Sikadur 330 kemudian dilakukan uji kuat lentur menggunakan pembebanan monotonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t erjadi peningkatan kapasitas lentur yang cukup signifikan hingga sekitar 50% lebih dari kapasitas mula-mula.
ABSTRACT
Struc ture reinforcement using carbon fibre is an effective method to retrofit the structure decreased in capacity. Fibre Reinforced Polymer (FRP) materia l based on carbon called Carbon Fibre Reinforced Polymer (CFRP) has a tensile strength up to 4900 MPa in plate and wrap, so when used in the compos ite concrete structure will play a role in providing a large tensile strength effectively. Otherwise, a support area of beam often has difficulties to g ive a good development length of material because of the column. The difficulti es happened in CFRP plate that cannot be buckle and belt to the column.

I n this research, CFRP wrap that commonly use to give shear reinforcement will be used to give flexural reinforcement in a support area where the materia l will be belt to the column so can give a good development length to the mate rial. The samples used are beam column structure which has a compre ssive strength of concrete around 30MPa where the structure tested in fle xural strength with monotonic loading until reach its ultimate limit. The samples leave for 2 years before repaired with resin injection produc tion of PT Sika Indonesia called Sikadur 31 and Sikadur 752 and streng thened with CFRP wrap production of PT Sika Indonesia called Sikawrap 231-C and Sikadur 330 and then tested in flexural with monotonic loading. The results of this research indicate that there is a significant increasing moment capacity around 50% more than its original capacity.
2010
S50611
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Muhammad Andira Mulia
Abstrak :
ABSTRAK
Dewasa ini, material komposit banyak digunakan dalam berbagai aplikasi karena memiliki sifat mekanik yang lebih bagus dari pada logam, memiliki kekuatan pembentukan yang tinggi, memiliki ketahanan yang baik, memiliki kekuatan jenis dan kekakuan jenis (modulus Young) yang lebih tinggi daripada logam. Namun demikian, material komposit rentan terhadap degradasi termal pada temperatur tinggi. Oleh karena itu, penelitian dalam tesis ini bertujuan untuk meningkatkan ketahan termal dan sifat mampu bakar material komposit dengan mencampurkan zat tahan api berbasis halogen jenis brominated bisphenol A ke dalam material komposit serat karbon dengan dua variasi densitas serat, yaitu 200 dan 240 gr/m2. Penelitian yang dilakukan berbasis pada eksperimen skala laboratorium menggunakan kalorimeter kerucut. Fenomena pembakaran yang terjadi adalah piloted ignition dengan fluks kalor pembakaran dibatasi sampai dengan 25 kW/m2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel komposit serat karbon terbakar karena vaporisasi dari resinnya, sedangkan serat karbonnya sendiri hanya mengalami pengarangan (charring). Eksperimen pada fluks kalor 21,12 kW/m2, menunjukkan bahwa kebeadaan kandungan brominated bisphenol A di dalam sampel komposit serat karbon mampu menekan puncak laju produksi kalor dari sekitar 125 kW/m2 menjadi hanya sekitar 80 kW/m2. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan zat tahan api (fire retardant) mampu menunda waktu penyalaan api pembakaran dan memberikan ketahana termal yang lebih baik kepada material komposit
ABSTRACT
Nowadays, carbon fiber reinforced epoxy-acrylate composite (CFRE) is used in various applications such as in aircraft and industrial applications including pressure vessels, civil engineering/construction-related uses, ship manufacturing, and automobile. That is because of its characteristics such as lightweight and high-strength. Nevertheless CFRE is very easy to be burned after preheating in a low heat flux, moreover with the presence of an external energy source. Hence, this study aimed to find out the effects of brominated bisphenol A as fire retardant agent on fire retardancy of CFRE using cone calorimeter with a spark igniter as a trigger to represent an amount of external energy source. Carbon fibers used in this study have density of 200 gr/m2 and 240 gr/m2. The parameter studied in this research includes density of carbon fiber, time to ignition, heat release rate and density of smoke production. In this initial work, the heat flux was limited up to 25 kW/m2 with piloted ignition. The measured temperatures of CFRE’s ignition range from 450oC to 575oC at atmospheric pressure. The initial result shows that the ignition of CFRE is strongly depend on the density of carbon fiber, the existing of an external energy source and the condition of gas mixture. For the density of of 200 gr/m2, CFRE starts to ignite under heat flux of 14.2 kW/m2 with peak heat release rate of 163.4 kW/m2. While for the density of of 240 gr/m2, CFRE starts to ignite under heat flux of 16.7 kW/m2 with peak heat release rate of 98 kW/m2. Combustion mechanism of CFRE started when a spark igniter is turned on after preheating at a certain sufficient heat flux, causing a flaming condition on the surface of CFRE. Next, vaporization of its resin causing a sustain flaming condition until reaching a decay period. When it burned, the resin vapor is forced out of the fiber pores, causing the material to swell and increased its volume. The effects of brominated bisphenol A as fire retardant agent in the CFRE give a significant impact to fire retardancy of the CFRE, especially in time to ignition and heat release rate aspect.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42229
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>