Hasil Pencarian  ::  Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harvald, Svend Aage, author
Surabaya: Airlangga University Press, 1992
623.8 HAR rt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Muhyi, author
ABSTRAK
Kapal dengan lambung banyak (multihull) telah banyak digunakan untuk sarana transportasi laut, salah satunya adalah kapal berlambung empat (quadramaran). Salah satu konfigurasi kapal quadramaran adalah susunan diamond yang mempunyai dua lambung-dalam (mainhull) dan dua lambung-luar (sidehulls). Secara umum kapal multihull pada kecepatan tinggi mempunyai efisiensi hidrodinamik yang lebih baik dari...
2015
T44401
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Ketut Suastika, author
The relative significance of the parallel middle body and stern form in the wake formation of single-screw large ships and their contribution to the ship?s viscous resistance are studied by using computational fluid dynamics (CFD). A 10450-DWT tanker is considered by varying the ratio of the parallel-middle-body?s length to the ship?s length (Lmb/L) and...
2017
J-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Mathias Bimo P., author
Peningkatan kecepatan kapal dengan daya yang sama merupakan peningkatan efektivitas dan memberikan konservasi energi dalam perjalanan kapal. Dewasa ini telah dipelajari bahwa kecepatan kapal dapat ditingkatkan dengan melakukan biomimetic kulit ikan hiu pada lambungnya. Modifikasi yang lebih dikenal dengan teknologi mikro-riblet ini, memiliki bentuk pola bilik ndash; bilik yang dapat...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66158
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Aprian Hidayat, author
Kapal multihull memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kapal monohull dalam hal stabilitas yang baik, draft yang lebih kecil, dan area dek yang lebih luas. Kapal multihull juga memiliki area permukaan basah yang lebih besar daripada kapal monohull, namun, resistensi yang dihasilkan tetap lebih kecil karena gangguan gelombang yang dihasilkan oleh masing-masing...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Ketut Suastika, author
The relative significance of the parallel middle body and stern form in the wake formation of single-screw large ships and their contribution to the ship’s viscous resistance are studied by using computational fluid dynamics (CFD). A 10450-DWT tanker is considered by varying the ratio of the parallel-middle-body’s length to the...
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ammar Mahardika, author
Salah satu aspek paling esensial dalam kapal adalah hambatannya. Telah dilakukan riset-riset untuk menganalisis reduksi hambatan dalam rangka mendapatkan performa yang baik; ternyata multihull masih menjadi salah satu bahasan untuk mendapat konfigurasi terbaik yang menarik mdash;untuk menghasilkan hambatan yang kecil. Riset ini adalah studi eksperimental untuk mendapatkan konfigurasi paling bagus...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Yudha Prawira, author
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi dalam pembangunan nasional. Salah satunya adalah dengan adanya industri perkapalan. Pada industri perkapalan, pengurangan hambatan pada kapal akan mengurangi energi yang dibutuhkan pada kapal dan akan mengurangi emisi CO2. Pengurangan hambatan dilakakukan dengan penambahan appendix berupa stern foil pada kapal. Stern foil digunakan untuk...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Ketut Suastika, author
The effects of the application of a stern hydrofoil on ship resistance were studied numerically using computational fluid dynamics (CFD) and were verified using data from model tests. A 40 m planing-hull Orela crew boat, with target top speed of 28 knots (Froude number, Fr = 0.73), was considered. The...
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:7 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library