Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yanuar Jinu Satiti
Abstrak :
ABSTRAK
Pada tesis ini dibahas mengenai pengembangan model slot time untuk mengatur penggunaan runway dan gate seefisien mungkin dengan memperhatikan kepentingan maskapai penerbangan yaitu dengan meminimalisir waktu taxi, waktu tunggu di udara, waktu tunggu di darat. Metode yang digunakan adalah Network Representative yaitu merepresentasikan masalah penggunaan Runway dan Gate ke dalam bentuk masalah arus jaringan menggunakan Minimum Cost Flow (MCF) Problem. Bandara yang dijadikan objek penelitian adalah Bandara Ngurah Rai Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan permodelan ini maka penggunaan slot time di runway dan di gate lebih optimal.
Abstract
This thesis is aimed to develop model to set the time slot of using runway and gate as efficiently as possible by consider the objective of the airlines to minimize taxi time, waiting time in the air, and waiting time on the ground. The method used is the Network Representative. This method represent, the problem of Runway and Gate assignment into the form of a network flow problem, namely a Minimum Cost Flow (MCF) problem. Ngurah Rai Airport is used as the object of case study of this research. The results of this model shows that both the runway time slot and gate time slot could be optimized in term that the capacity of the runway and gate are utilized more efficiently.
2012
T30902
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Satryo Wibisono
Abstrak :
Tingginya angka permintaan transportasi udara memicu dibutuhkannya suatu sistem pengaturan volume penerbangan yang disebut slot time. Slot Time adalah izin suatu pesawat untuk beroperasi yang sudah diberikan oleh pihak berwenang dengan tujuan untuk mengatur dan menjaga ketepatan waktu dari suatu penerbangan. Diterapkannya sistem slot time tidak menjadikan keterlambatan tidak terjadi. Penelitian ini mengambil lokasi di bandar udara tersibuk nomor 3 di Indonesia, yaitu I Gusti Ngurah Rai. Dalam penelitian ini juga menganalisa jenis keterlambatan berdasarkan intenstias permintaan izin keterlambatan untuk kemudian diklasifikasikan menjadi keterlambatan yang bersifat acak atau sudah menjadi sistemik. Semua data yang didapatkan merupakan data yang dikeluarkan oleh Airnav cabang Denpasar kemudian pengolahan data yang dilakukan menggunakan pendekatan statistik dengan bantuan aplkasi SPSS 23. Adanya hubungan positif antara volume slot time dengan lama waktu keterlambatan serta adanya keterlambatan sistemik adalah hasil dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penerbangan yang ada melalui peningkatan dari kualitas sistem slot time yang dilaksanakan. ......The high level of the demand of air transportation make a system to control the number of flights is needed. The system itself called slot time. Slot time is a permit of an airline to operate that given from the authorities. The purpose of slot time is to control and to keep the punctuality of a flight. Although the slot time system has been applied, doesn't mean there's no delay at all. The high volume of flights make there are some volume diffarances at certain hours. This volume will analyse the correlation between the volume of slot time and the length of delay time during peak time and normal time. This study takes place at the third busiest airport in Indonesia, I Gusti Ngurah Rai airport. In this study also analyze the type of delay in to random delay or systemic delay. All data obtained is the data issued by Airnav Denpasar then processing with SPSS23. There is a correlation and slightly a systemic delay during this observation. The result of this study is expected to improve the quality of existing flight through the improvement quality of the slot time system.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64757
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library