Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Lathif Prasetyo
"Perkembangan pemanfaatan gas alam sebagai sumber energi semakin meningkat dengan dorongan bauran energi nasional di indonesia. Pemanfaatan proyek gas alam sebagi energi listrik di indonesia skala besar sudah dimulai dan diimplementasikan. Pengemmbangan pembangkit gas skala kecil saat ini sudah mulai disusun kajian-kajian proyek namun belum ada yang terealisasi. Faktor penting dalam pengembangan LNG skala kecil adalah transportasi laut yang layak sebagai upaya hilirisasi agar gas dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan gas pada daerah-daerah direa timur indonesia. Penulisan ini bertujuan untuk mempertajam kajian transportasi gas alam mengunakan SLNGC dengan melakukan optimasi agar kajian yang dilakukan dapat meningkatkan kelayakan proyek SLNGC. Dengan mengambil studi kasus pengankutan gas di wilayh timur indonesia diharapkan penelitian ini mendapatkan hasil bahwa SLNGC layak untuk direalisasikan dari berbagai aspek kajian. Peneletian ini juga menjelaskan konsep desain kapal yang layak untuk digunakan seperti apa. Dari hasil kajian yang sudah diteliti mendadpatkan bahwa optimasi dapat berdampak cukup signifikan dan berkontriburi banyak dalam meningkatkan kelayakan investasi SLNGC pada studi kasus yang dikaji.
......The development of the use of natural gas as an energy source is increasing with the encouragement of the national energy mix in Indonesia. Utilization of natural gas projects as electrical energy in Indonesia on a large scale has been started and implemented. At present, the development of small-scale gas plants has begun to be compiled, but project studies have not yet been realized. An important factor in developing small-scale LNG is creating proper sea transportation as a downstream fleet so that gas can be utilized for gas fulfillment in areas in eastern Indonesia. This writing aims to sharpen the study of natural gas transportation using SLNGC by optimizing so that the studies carried out can increase the feasibility of the SLNGC project by taking a case study of gas transportation in eastern Indonesia, it is hoped that this research will get results that SLNGC is feasible to be realized from various aspects of the study. This research also explains what ship design concepts are suitable for use. From the results of the studies that have been researched, it is found that hull optimization can have a significant impact and contribute a lot in increasing the feasibility of SLNGC investments in the case studies."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Afdal Afwan
"
ABSTRAKProfil penegar memiliki peran penting untuk memperkuat konstruksi kapal, karena dapat memecah beban yang diterima oleh lambung kapal. Terdapat berbagai jenis profil penegar yang dapat diterapkan pada kapal seperti jenis L, I, T dan bulb. Untuk mendapatkan jenis profil penegar yang paling optimum pada konstruksi kapal maka diperlukanlah optimasi. Proses optimasi dilakukan terhadap konstruksi midship section kapal small LNG carrier 5000 CBM. Optimasi dilakukan dengan menggunakan metode analitik rules IACS CSR penegar dan numerik simulasi ANSYS dengan variasi jenis profil penegar. Pada penelitian ini dihasilkan bahwa profil penegar L merupakan profil yang paling optimum diterapkan pada konstruksi midship section kapal small LNG carrier 5000 CBM. Hal ini karena profil penegar jenis ini memiliki massa yang ringan, fatigue life yang besar, serta tegangan dan regangan yang kecil.
ABSTRACTSteffener has an important role to strength of ship construction, because it can dispart the load received by the hull of ship. There are different types of stiffener that can be applied to ships such as L, I, T and bulb types. To get the most optimum type of stiffener in the vessel construction, optimization is required. The optimization process is carried out on the construction of midship section of small LNG carrier 5000 CBM. The optimization is done by using analytical method rules IACS CSR numerical assignment ANSYS simulation with variations of stiffeners. In this research, it is found that stifeener L is the most optimum profile applied in the construction of midship section of small LNG carrier 5000 CBM. This is because the profile has a light mass, a large fatigue life, as well as a small stress and strain. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library