Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kwon, Tae-hwan
Soul : Soul Taehakkyo Chulpanbu , 2001
KOR 305.519 KWO s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yusuf Effendi
"Kemiskinan dan keterbelakangan adalah wajah buram umat Islam saat ini. Keburaman itu terpotret jelas dalam berbagai indeks yang lazim digunakan untuk mengukur kondisi suatu negara atau masyarakat. Lantas apa yang bisa dilakukan?"
Jakarta: Noura Books, 2015
297.06 YUS k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dhea Rizkie Liesya
"Terdapat dua bahasa isyarat di Indonesia, yaitu Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). SIBI telah diresmikan oleh pemerintah sebagai bahasa untuk Tuli di SLB-B pada tahun 2001. Padahal sebelumnya Tuli telah memiliki bahasa, yaitu bahasa isyarat yang berasal dari Tuli secara alami. Bahasa alami Tuli tersebut diresmikan oleh komunitas Tuli pada tahun 2008 dengan nama Bisindo. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana identitas Tuli ditunjukkan dalam Bisindo. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan melakukan observasi partisipan dan wawancara mendalam di komunitas Tuli dan lembaga lainnya yang berperan mengembangkan Bisindo. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukan bahwa Tuli lebih memilih untuk menggunakan Bisindo daripada SIBI karena Bisindo merupakan Identitas bagi Tuli. Penelitian ini lalu menemukan bahwa Tuli menggunakan Bisindo sebagai alat dalam pergerakan sosial menuju kesetaraan Tuli di masyarakat.

There are two sign languages in Indonesia, namely the Indonesian Sign Language System (SIBI) and the Indonesian Sign Language (Bisindo). The SIBI was formalized by the government as the language for the Deaf in SLB-B in 2001. Even though Deaf already has language, which is sign language that comes from Deaf naturally. The Deaf natural language was formalized by the Deaf community in 2008 under the name Bisindo.This study aims to illustrate how Deaf's identity is shown in Bisindo.This study uses ethnographic methods by conducting participant observation and in-depth interviews in the Deaf community and other institutions that play a role in developing Bisindo.The results of this study indicate that Deaf prefers to use Bisindo rather than SIBI because Bisindo is the Identity for the Deaf.This research then found that Deaf uses Bisindo as a tool in social movements towards Deaf equality in society."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Retno Hapsari
"ABSTRAK
Fokus disertasi ini melakukan analisis struktur jaringan komunikasi dalam gerakan sosial
lingkungan pada komunitas adat Samin di Pati Jawa Tengah, khususnya analisis faktor-faktor
yang mempengaruhi sentralitas jaringan komunikasi dan kontribusinya untuk mendorong
partisipasi masyarakat dalam suatu gerakan sosial lingkungan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dan kualitatif, mencakup analisis struktur jaringan komunikasi dengan
UCINET dan analisis statistik dengan Path Analysis. Hasil temuan penelitian menunjukkan
bahwa (1) struktur jaringan yang terbentuk pada Komunitas Adat Samin di Dukuh Bombong,
terkait isu rencana pendirian pabrik semen memiliki kohesifitas yang rendah, pola jaringan
komunikasi yang terbentuk menyebar dan mengalami fragmentasi, (2) faktor-faktor yang
mempengaruhi tingkat sentralitas jaringan yaitu persepsi individu dan tingkat political
engagement, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi dalam gerakan sosial
yaitu tingkat political engagement, tingkat keterlibatan dalam afiliasi, dan tingkat sentralitas.
Dengan demikian, terbukti bahwa sentralitas jaringan komunikasi memiliki pengaruh
terhadap partisipasi masyarakat dalam gerakan sosial ?tolak pabrik semen?.

ABSTRACT
The focus of this dissertation is to analyze the structure of the communication networks in the
environmental social movement in Samin indigenous communities in Pati, Central Java, to
analyze the factors affecting communication networks centrality and its contribution to
promote public participation in a enviromental movement. This study used quantitative and
qualitative approach, used structural analysis with UCINET communications networks and
statistical analysis with Path Analysis. The results of this study showed that (1) network
structure formed in Samin Indigenous Communities related to the establishment of cement
factory had a low cohesiveness, patterns communication networks had a spread and
fragmented shaped, (2) factors that affect the level of the centrality of the network that is the
perception of the individual and the level of political engagement, (3) the factors that
influence the level of participation in social movements, namely the level of political
engagement, the level of involvement in the affiliate, and the degree of centrality. Thus, it is
evident that the centrality of communication networks had an influence on people's
participation in social movements "Tolak Pabrik Semen"."
2016
D2199
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eni Susanti
"Penelitian ini mendeskripsikan tentang 'teman ahok' sebagai pelopor relawan muda yang memanfaatkan media sosial untuk mengkampanyekan segala kegiatan dan kinerja Gubenrur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama Ahok dan menyikapi permasalahan yang terjadi selama proses pencalonan terhadap Basuki Tjahaja Purnama Ahok agar dapat maju dalam Pilgub DKI Jakarta Tahun 2017. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa 'teman ahok' termasuk dalam kategori kepeloporan, hal tersebut sesuai dengan indikator yang dimiliki 'teman ahok' dalam definisi kepeloporan menurut kemenpora.
Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa media sosial memiliki peran yang cukup signifikan dalam sebuah gerakan sosial untuk mendorong perubahan sosial. Serupa dengan penelitian ini yang mencoba melihat pemanfaatan media sosial yang digunakan sebagai salah satu strategi dalam gerakan sosial dengan harapan akan mendorong terciptanya perubahan sosial. Dalam konteks penelitian ini, peneliti berusaha melihat sejauh mana penggunaan media sosial oleh 'Teman Ahok' sebagai salah satu strategi untuk mengkampanyekan segala kegiatan dan kinerja Gubenrur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama Ahok untuk maju dalam Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017.

This study describes the Ahok rsquo s Supporters that are called Teman Ahok Ahok rsquo s Friends as pioneers of young volunteers who use social media to campaign all the activities and performance ofthe Jakarta Governor Basuki Tjahaja Purnama Ahok and for addressing the problems that occur during the nomination process to Basuki Tjahaja Purnama Ahok in order to advance in election of Governor DKI Jakarta in 2017. This study is a qualitative research with descriptive design. The results of this study also show that the Teman Ahok is included in the category of pioneering.It is in line with indicators that belong to Teman Ahok in the definition of pioneering according to The Ministry of Youth and Sports Kemenpora.
The results of this study also show that social media has a significant role in a social movement to encourage a social change. Similar to this study that tries to see the use of social media which is used as a strategy in the social movements in the hope of encouraging the creation of social change. In the context of this study, the researcher tried to see the extent to which the use of social media by the Friends Ahok is a strategy to campaign all the activities and performance of the Jakarta Governor Basuki Tjahaja Purnama Ahok to advance in the election of Governor and Vice Governor of the Jakarta in 2017.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Grabe, Shelly
"The Movimiento Autónomo de Mujeres (Womens Autonomous Movement) in Nicaragua emerged, like many other Latin American social movements in the 1970s and 1980s in the context of dictatorial regimes, as a marginalized and restricted movement. It is now characterized as expansive and diverse, with feminist agendas being found in multiple sectors (e.g., civil society, legal, nongovernmental, agricultural). Although much has been written about social movements from a sociological perspective, this book examines the psychology of resistance: the psychological mechanisms and methodologies that emerge from the margins that determine the kind of social action that leads to justice. Psychology, in particular, is positioned to engage in a systematic exploration of the links between social and political conditions that determine how, why, and under what circumstances resistance leads to the development of subjectivity that is necessary for enacting political activity required for social transformation. This book documents voices within the womens Movimiento in Nicaragua-a coordinated mobilization of women that has weathered unremitting power differentials characterized by patriarchy and capitalism-to examine how psychological processes that emerge in response to sociopolitical oppression can lead to gendered justice. Nine testimonios of leaders within the Movimiento are used to analyze the relation of personal narratives to methodologies that lead individuals from positions of marginalization to greater subjectivity. Psychological theories and transnational feminisms are drawn on to examine how citizen subjects-people who can and do use their social locations to create transformative change-engage individual and collective efforts in transformative praxis."
Oxford: Oxford University Press, 2017
e20470571
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Trezadigjaya
"ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta tentang kemiskinan dan bencana kemanusiaan yang memerlukan keterlibatan masyarakat. Permasalahan tersebut tidak hanya menjadi tanggungjawab Negara, melainkan pula masyarakat. Salah satu yang merespon permasalahan tersebut yaitu Aksi Cepat Tanggap ACT , yang bergerak dalam bidang filantropi dengan cara melakukan penggalangan dana sosial dari masyarakat, dan juga aktivitas kerelawanan lainnya. Beragam aktivitas dilakukan oleh ACT guna melakukan aktivitas kemanusiaan seperti penggalangan sosial dan kerelawanan, sebagai bagian dari gerakan sosial di tengah masyarakat. Di tengah lahirnya lembaga kemanusiaan serupa, ACT kemudian harus meningkatkan sumber daya lembaga sehingga tetap dapat memfasilitasi partisipasi sosial masyarakat. Hal tersebut mendasari penelitian ini yang bertujuan untuk menjelaskan modal sosial yang dibangun oleh ACT dalam memfasilitasi partisipasi sosial masyarakat guna membantu penyelesaian masalah sosial kemanusiaan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data dengan observasi, studi pustaka, wawancara mendalam, observasi, serta dokumen ndash; dokumen audio visual. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa : 1 ACT sebagai gerakan sosial dapat memfasilitasi partisipasi masyarakat melalui aktivitas donasi serta kerelawanan dengan berlandasakan nilai ndash; nilai ke-Islaman dan nasionalisme serta mengedepankan prinsip kemanusiaan yang bertujuan untuk membangun solidaritas kemanusiaan serta meningkatkan kepedulian masyarakat guna tercipta perubahan sosial di masyarakat; 2 Manajemen isu oleh ACT menarik simpati masyarakat sehingga masyarakat tertarik untuk berpartisipasi dalam program - program ACT; 3 ACT memiliki modal sosial yang dapat menggerakkan tindakan kolektif dari masyarakat sehingga mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat.

ABSTRACT
This research is based on the facts about poverty and humanitarian disasters requiring involvement of societies. The problems are not only for the state to be responsible but also for the societies. One of the responses toward the problems comes from the Aksi Cepat Tanggap ACT , a foundation working on philanthropic works by doing social fund raising as well as other volunteering activities. Various activities are undertaken by the ACT to carry out humanitarian activities such as social gathering charities and volunteering programmes, as parts of social movement of the societies. In the midst of the birth of similar humanitarian foundations, the ACT needs to improve the institutional resources so it can still facilitate the social participations of the community. Therefore, this consideration is underlying the study which aims to explain the social capital built by the ACT from which the social participations are facilitated as efforts of helping to solve social problems of humanity. By using qualitative approach, the data of this study were collected through observations, study of literature, in depth interviews and audio visual documents. The study found that 1 The ACT, as a social movement, facilitates the community participations by doing donation activities and volunteering based on Islamic values and nationalism. It also promotes humanitarian principles aiming at building humanitarian solidarity and increasing public awareness to create positive changes in societies. 2 The management of issues by the ACT draws public sympathy and thus people are interested in participating the ACT programmes. 3 The ACT has social capital that can mobilise collective massive actions and in consequence can encourage more trust gained from the societies."
2018
T51297
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diddah Annissaa`atul Shalihah
"Internet di Jepang memiliki banyak peran penting dalam kehidupan sosial masyarakat Jepang pada umumnya. Salah satu perannya adalah menjadi media untuk menuliskan pengalaman aborsi yang dilakukan beberapa wanita Jepang. Aborsi adalah pengalaman yang sulit diceritakan di depan publik. Dengan menggunakan identitas lain dan anonim, mereka dapat menceritakan pengalamannya tanpa khawatir tindakannya mempengaruhi kehidupan mereka di dunia nyata.
Digunakan satu situs, www.chuzetu.com yang merupakan situs portal untuk wanita Jepang yang ingin mengkomunikasikan pengalaman aborsinya dengan orang yang memiliki kesamaan pengalaman, dan pengunjung lainnya yang berniat akan melakukan aborsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan tipe penelitiannya adalah fenomenologi. Teori yang digunakan adalah masyarakat jaringan yang difokuskan pada gerakan sosial oleh Manuell Castells, dan teori Japanese Behaviour oleh Takie Sugiyama Lebra untuk membantu menjelaskan fenomena menjadikan www.chuzetu.com sebagai media alternatif dalam mengkomunikasikan pengalaman aborsi.
Dalam penelitian ini, ditemukan faktor yang mendorong mereka melakukan aborsi, yaitu pendidikan, ekonomi, psikologis, pertimbangan sosial, dan kesehatan. Sedangkan tiga peran media sebagai tempat wanita Jepang mengkomunikasikan pengalaman aborsinya, yaitu membuat gerakan sosial di internet, media alternatif dalam mengkomunikasikan pengalaman aborsi, dan pemberi motivasi bagi wanita Jepang yang pernah melakukan aborsi. Dari kedua temuan itu, fenomena menjadikan www.chuzetu.com sebagai tempat mengkomunikasikan pengalaman aborsi adalah bagian dari tindakan kampanye #MeToo.

Internet in Japan has many important roles in the social life of Japanese society in general. One of its roles is to become a media to write about the experiences of abortions performed by several Japanese women. Abortion is an experience that is difficult to tell in public. By using another identity and anonymous identity, they can share their experiences without worrying about their actions will affect their lives in the real world.
One site is used, www.chuzetu.com which is a portal site for Japanese women who want to communicate their abortion experience with people who have similar experiences, and other visitors who intend to have an abortion. This study uses qualitative methods and the type of research is phenomenology. Using network society theory to focus on social movements by Manuell Castells, and Japanese Behavior theory by Takie Sugiyama Lebra to help explain the phenomenon of making www.chuzetu.com as an alternative media in communicating abortion experiences.
In this study, three factors founded that encourage them to have an abortion, they are (1) education, economics, psychology, (2) social considerations, (3) and health. Moreover, three media roles as places for Japanese women communicate their abortion experiences, first is making social movements on the internet, second is as an alternative media in communicating abortion experiences, and third is to motivate Japanese women who had had an abortion. From these two findings, the phenomenon of making www.chuzetu.com as a place to communicate the experience of abortion is part of the MeToo campaign action.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2019
T53949
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Eka Oktavia Suryani
"Gagasan mengenai Islamisasi Ilmu Pengetahuan selalu dibahas dalam tataran konsep
namun jarang sekali dibahas dalam tataran proses perkembangan ide tersebut sebagai
sebuah gerakan dalam masyarakat sipil Islam. Melihat hal tersebut, diperlukan penelitian
mengenai gerakan Islamisasi Ilmu secara empiris melalui proses perkembangan gerakan
Islamisasi Ilmu di dalam tataran komunitas dalam civitas akademik. Untuk itulah,
penelitian ini menjelaskan mengenai gerakan Islamisasi Ilmu Pengetahuan yang dikaji
melalui komunitas DISC (Depok Islamic Study Circle) Masjid UI. Penelitian ini
menggunakan metodologi kualitatif untuk menggambarkan perkembangan Islamisasi
Ilmu Pengetahuan dengan perspektif gerakan sosial. Perspektif yang digunakan
menekankan pada dua faktor pembentuk gerakan sosial, yaitu proses framing (diagnostic
framing, prognostic framing dan motivational framing) dan proses resources mobilization
untuk melihat gerakan sebuah komunitas dalam perkembangan kajian Islamisasi Ilmu di
ranah kampus. Hasil dari studi ini mengungkapkan bahwa DISC Masjid UI tengah
berupaya mengusung penyebaran gagasan Islamisasi Ilmu Pengetahuan yang berbeda
dengan gerakan Islam lainnya dengan pembentukan framing yang cukup kuat dan
dikemas secara akademik serta mampu mengerahkan kapasitas sumber daya yang mampu
meneguhkan kedudukannya sebagai sebuah gerakan pemikiran Islam.

The idea of the Islamization of Knowledge always discussed the concept level but is
rarely addressed at the level of the idea development process as a civil society movement
within Islam. Thus, an empirical research regarding the Islamization of Knowledge
movement through the movement development process of Islamization of Knowledge at
the community level in the academic community is necessary. For this reason, this study
explains the Islamization of Knowledge movement studied through DISC Community
(Depok Islamic Study Circle) at UI Mosque. This study uses qualitative methodology to
describe the development of Islamization of Knowledge with the perspective of social
movements. Perspective adopted focuses on two factors of social movements
establishment, such as framing process (the diagnostic framing, prognostic and
motivational framing) and resources mobilization process to look at the community
movement in the realm of studies Islamization of Knowledge at campus. The results of
this study revealed that DISC at UI Mosque is trying to carry the spread of Islamization
of Knowledge idea that is different from other Islamic movements with a powerful and
academically-packed framing formation and capable of mobilizing the capacity resource
having power in affirming its position as a movement of Islamic thought.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nuurul Fajari Fadhilla
"ABSTRAK
Kelompok keagamaan Ahmadiyah telah masuk ke Indonesia sejak tahun 1920-an. Kelompok ini terbagi menjadi dua subkelompok yang berbeda, yaitu Gerakan Ahmadiyah Indonesia GAI dan Jemaat Ahmadiyah Indonesia JAI . Setelah masa reformasi, komunitas JAI dihadapkan pada situasi yang kurang menguntungkan. Fatwa Kesesatan yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia MUI pada tahun 1980 membuat posisi kelompok ini semakin sulit. Pemerintah pascareformasi bahkan seakan memberikan ruang gerak yang lebih besar kepada kelompok-kelompok Islam dominan antiahmadiyah untuk melakukan kekerasan terhadap kelompok ini. Komunitas-komunitas JAI di berbagai daerah mengalami diskriminasi dan kekerasan, seperti penutupan masjid, penyerangan, dan pengusiran. Menyikapi hal ini, JAI yang memiliki dasar ajaran Islam yang damai mengembangkan pendekatan-pendekatan kultural yang bersifat persuasif agar mereka dapat bertahan dan selanjutnya diterima oleh masyarakat luas. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis JAI sebagai gerakan sosial baru berdasarkan pendekatan kultural yang dikembangkannya untuk dapat mempertahankan eksistensinya di tengah masyarakat. Upaya ini selanjutnya mencerminkan terjadinya kebangkitan identitas kolektif yang juga menjadi ciri dari gerakan ini.

ABSTRACT
Ahmadiyah religious group had entered Indonesia since 1920s. This group is divided into two different subgroups, namely Gerakan Ahmadiyah Indonesia GAI and Jemaat Ahmadiyah Indonesia JAI . Since the post reform period, JAI community has to face a less favorable situation. Fatwa Kesesatan issued by Majelis Ulama Indonesia MUI in 1980 had put this group into an even more difficult position. The post reform government seemed like gave a greater space to the Islamic antiahmadiyah dominant groups to express violence towards this group. JAI communities in various areas experienced many forms of discrimination and violence, such as the closure of mosque, assault, and expulsion. Dealing with this situation, JAI with their belief of peaceful Islam, tried to develop persuasive cultural approaches to survive and subsequently accepted by the society. This article aims to analyze JAI as a new social movement based on their cultural approaches to maintain their existence in the society. These efforts reflects the occurence of the revival of collective identity, which also becomes the characteristics of this movement."
2017
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>