Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abdullah Idi
"Sosiologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang membahas proses interaksi sosial anak-anak melalui keluarga, masa sekolah sampai dewasa dengan kondisi-kondisi sosio-kultural yang terdapat di dalam masyarakat dan negara. Dalam praktiknya sosiologi pendidikan sangat terkait erat dengan sekolah, khususnya sistem pendidikan dalam masyarakat, termasuk pengembangan pendidikan secara berkelanjutan. Sosiolog berpendapat bahwa struktur kekuasaan dan kebutuhan masyarakat individu menentukan arah pendidikan. Konsep Sosiologi dapat lebih membantu memahami masalah pendidikan, sebab Sosiologi memiliki alat-alat dan teknik ilmiah untuk mempelajari pendidikan dan dapat memberikan sumbangan berharga kepada sistem pendidikan dalam masyarakat. Melalui analisis hubungan dan interaksi manusia dalam pendidikan, akan diperoleh prinsip-prinsip dan generalisasi hubungan manusia dalam sistem pendidikan. Sosiologi pendidikan merupakan analisis ilmiah atas proses sosial dan pola-pola sosial yang terdapat dalam sistem pendidikan. Dengan demikian, para pendidik diharapkan dapat mengenal sosiologi dan memanfaatkannya, walaupun ia bukanlah ahli sosiologi. Bagi seorang pendidik/guru, pengetahuan tentang perubahan sosial dan pendidikan serta berbagai dinamika perubahan sosial diperlukan sebagai upaya antisipatif dan responsif terhadap perubahan tersebut yang diharapkan berdampak positif dalam proses pembelajaran. Buku Sosiologi Pendidikan ini memuat konsep-konsep sosiologis yang menjadi alat analisa bagi para pendidik/guru untuk memudahkan proses belajar mengajar dan pengembangan pendidikan. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 di kalangan ilmu Pendidikan dan tentu saja bagi para praktisi pendidikan."
Depok: Rajawali Press, 2019
370.19 ABD s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Abdullah Idi
Jakarta: Rajawali, 2011
370.19 ABD s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rakhmat Hidayat
"uku ini berupaya memetakan pemikiran Durkheim dalam studi sosiologi pendidikan dan memiliki dua tujuan penting (1) menjadi pintu masuk untuk memperkuat diskursus sosiologi pendidikan dalam perspektif Durkhemian di Indonesia. Sebagai pintu masuk, sangat memungkinkan untuk mengembangkan terjadinya dialektika secara intensif dalam produksi wacana dan gagasan tentang studi sosiologi pendidikan Durkheim, (2) buku ini berupaya merangkai berbagai referensi primer Durkheim yang ditulis dalam bahasa Prancis maupun referensi sekunder yang ditulis berbagai sosiolog mancanegara tentang analisis Durkheim dalam sosiologi pendidikan. Hal ini dalam upaya mengatasi keterbatasan referensi tentang Sosiologi Pendidikan menurut Durkheim. Buku ini sekaligus juga di dalamnya tergambarkan dinamika pemikiran sosiologi di Prancis yang sangat dinamis."
Depok: Rajawali Press, 2016
370.19 RAK s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Murphy, Raymond
Toronto: McGraw-Hill , 1979
370.15 MUR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Zvi Bekerman
"Migrants and minorities respond to these difficulties in multiple ways, as active agents in the pedagogical, political, social, and scientific processes that position them in this or that cultural sphere. On the one hand, they reject ascribed cultural attributes while striving towards integration in a variety of social spheres, e.g. school and workplace, in order to achieve social mobility. On the other hand, they articulate demands for cultural self-determination. This discursive duality is met with suspicion by the majority culture. The contributions of this edited volume enhance the knowledge in the field of migrant/minority education, with a special emphasis on the meaning of culture and social learning for educational processes.
"
Dordrecht, Netherlands: Springer, 2012
e20400259
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Stephen Pratama
"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terjadinya kekerasan simbolis terhadap peserta didik miskin melalui pengajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini mengambil kasus di sebuah Sekolah Menengah Pertama di Jakarta. Kerangka pemikiran Pierre Bourdieu menjadi dasar untuk melakukan analisis atas temuan penelitian. Untuk memperoleh data temuan, maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik miskin tidak memiliki kapital budaya dan habitus yang sesuai dengan tuntutan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di arena pendidikan. Mereka mengalami kekerasan simbolis karena dipaksa untuk menguasai Bahasa Inggris yang melampaui kapasitas mereka lalu mengalami kegagalan berulang kali dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Kekerasan simbolis yang terjadi beroperasi melalui enam elemen, yakni Sistem Pendidikan, Otoritas Sekolah, Aksi Pedagogis, Praktik Persekolahan, Praktik Pedagogis, dan Otoritas Pedagogis.

This research aims to describe symbolic violence towards poor students through english teaching. Therefore this research took place at a Junior High School in Jakarta where the case was located. This research utilized Pierre Bourdieu's framework of thought to analyze all research findings. To gather all data this research used qualitative method with case study model. This research found that poor students don't have enough cultural capital and suitable habitus to adjust to the standard of English Subject at the field of education. They experienced a symbolic violence because they were imposed to reach the standard of English that exceeded their capacity which was the source of their recuring failure. Symbolic violence occured through six elements that are Educational System, School Authority, Pedagogic Action, Work of Schooling, Pedagogic Work, and Pedagogic Authority.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library