Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irwan Suryana
Abstrak :
Pengelasan merupakan salah satu metode penyambungan dalam bidang manufaktur untuk digunakan dalam suatu proses pembuatan produk. Pengelasan adalah penyambungan logam dengan mencairkan logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah menghasilkan sambungan pada logam tersebut. Micro Friction Stir Spot Welding MFSSW adalah jenis pengelasan skala mikro yang menggunakan proses gesekan pada suatu titik dalam pengelasannya. Pada penelitian ini mencari pengaruh geometri lasan dari hasil pengelasan MFSSW terhadap sifat mekanik pada Plat Aluminium AA1100. Diperoleh bahwa besaran geometri yaitu, diameter belakang back diamater, luas selimut dan kedalaman hasil pengelasan plunge depth berbanding lurus dengan beban puncak gaya geser Shear Load. Semakin luas, semakin dalam, dan semakin besar diameter belakang back diameter hasil pengelasan maka nilai beban puncak semakin besar, sementara itu untuk deviasi diameter keyhole akibat adanya vibrasi tidak menunjukan pengaruh terhadap shear load. ......Welding is one of joining method in the field of manufacturing which is used in a product manufacturing process. Welding is the bonding of metal by liquefying the parent metal and filler metal with or without pressure and with or without the adder metal resulting in a connection to the metal. Micro Friction Stir Spot Welding MFSSW is a type of micro scale welding that uses the friction process at a point in its welding. In this research looking for the influence of weld geometry from MFSSW welding result to mechanical properties on AA1100 Aluminum Plate. It is found that the magnitude of the geometry ie, back diameter, blanket width and the depth of the weld plunge depth is directly proportional to the shear load peak. The wider, deeper, and larger back diameter the higher peak load value, meanwhile for the deviation of the keyhole diameter due to vibration, does not show the effect on the shear load.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Giandra Ahmadira Syahri
Abstrak :

Resistance spot welding adalah proses pengelasan lembaran logam dengan paduan pemanasan joule dan tekanan menggunakan elektroda las. Micro resistance spot welding adalah pengelasan spot welding dengan skala micro, yang digunakan untuk proses pengelasan pelat tipis. Pada penelitian ini, fokus utama tertuju pada pencarian pengaruh posisi pengelasan chain straight dan zig zag terhadap kekuatan tekuk dan geser pada produk struktur ringan corrugated core sandwich panels. Produk tersebut menggunakan material Aluminium AA100 dalam bentuk pelat dengan ketebalan 0.43mm. Proses pengelasan mRSW pada penelitian ini menggunakan diameter elektroda truncated core 4mm dan 6mm yang digerakkan oleh pneumatic piston. Lalu dilakukan pengujian destruktif pada produk dengan standar ASTM C393 untuk pengujian tekuk dan ASTM C273 untuk pengujian geser. Pengujian tekuk menunjukkan bahwa pengelasan menggunakan diameter elektroda 6mm dengan posisi pengelasan zig-zag menghasilkan produk struktur ringan corrugated core honeycomb sandwich panels yang paling baik dibandingkan dengan diameter elektroda 4mm dan posisi pengelasan chain-straight sedangkan pada pengujian tarik, hasil diameter 6mm dengan posisi pengelasan zig-zag juga menunjukkan hasil yang lebih baik namun tidak signifikan.

 


Resistance spot welding is a sheet material welding process which use the heat generated by the resistance from the current transferred by copper electrodes through the material. Micro resistance spot welding is a micro scaled welding process, mainly used to join thin plates. In this research, the main focus is to find the effects of welding position (chain-straight and zig-zag) to the shear strength and bending strength of the corrugated core honeycomb sandwich lightweight panels. The product consists of AA1100 Aluminum 0.43mm thick plates. The welding process uses the truncated core 4mm and 6mm in diameters copper electrodes powered by pneumatic pistons. The ASTM C273 and ASTM C393 are used for the shear and bending test respectively. The bending tests show that the welding with 6mm electrodes and zig-zag welding position creates the better strength products than it is with 4mm electrodes and chain-straight welding position. Meanwhile, in the shear tests, the 6mm electrode and zig-zag position had a slightly better results.

 

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gunawan Tri Nugroho
Abstrak :
[Baja Bake Hardening (BH) merupakan baja baru yang mulai digunakan pada industri otomotif karena material ini menjadi solusi dari proses pembentukan panel mobil yang mudah dan keinginan hasil akhir berupa panel yang kuat. Sifat material BH ini yaitu akan menjadi lebih kuat dengan kenaikan yield strength sebesar 30-40 MPa hanya dengan mendapatkan pre-strain / regangan awal minimal 2% dan pemanasan 170°C selama 20 menit. Dalam proses pembuatan mobil, regangan awal didapat saat proses pembentukan panel mobil atau tekanan saat spot welding dan pemanasan didapat saat oven rangka mobil di proses pengecatan. Pada penelitian ini, perubahan parameter arus dan proses pemanasan di teliti dan didapatkan bahwa kekuatan spot welding akan naik setelah mendaptkan pemanasan dan arus yang optimal pada 11kA karena lebih dari itu akan turun. Serta pada arus 8kA sebelum pemanasan tidak terbentuk nugget (cold weld) namun bisa diperbaiki kualitas nuggetnya dengan pemanasan. Hal ini tidak terjadi pada material bukan BH. Dan secara kekerasan, mulai Base Metal-HAZ-Nugget juga mengalami kenaikan setelah oven. Secara mikrostruktur, berubah mulai dari dominasi ferrite menjadi ferrite-perlite dan pada nugget terdapat bainit walapun dalam jumlah yang kecil.;Bake Hardening Steel is a new material has been using in automotive industry because this material become solution for easy forming panel car and last product is good strength. Characteristic material will increase yield strength until 30-40MPa only by get pre strain minimum 2% and get baking on temperature 170°C at 20 minutes. In Manufacturing Cars, pre-strain get from forming process panel or pressure during spot welding process and for baking get during oven process body car on painting process. On this research, variation welding current and baking process had been studied and get result strength of spot welding will increase after get baking process and parameter optimal in current 11kA and if current more than 11kA, strength will decrease. Also for current parameter 8kA before baking nugget not occurred but can be improve after baking. For hardness, from base metal-HAZ-Nugget also increase after baking. And for microstructure, change from dominant ferrite become ferrite-perlite and on nugget small area had bainit., Bake Hardening Steel is a new material has been using in automotive industry because this material become solution for easy forming panel car and last product is good strength. Characteristic material will increase yield strength until 30-40MPa only by get pre strain minimum 2% and get baking on temperature 170°C at 20 minutes. In Manufacturing Cars, pre-strain get from forming process panel or pressure during spot welding process and for baking get during oven process body car on painting process. On this research, variation welding current and baking process had been studied dan get result strength of spot welding will increase after get baking process and parameter optimal in current 11kA and if current more than 11kA, strength will decrease. Also for current parameter 8kA before baking nugget not occurred but can be improve after baking. For hardness, from base metal-HAZ-Nugget also increase after baking. And for microstructure, change from dominant ferrite become ferrite-perlite and on nugget small area had bainit.]
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44326
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fikri Arifardi
Abstrak :
ABSTRAK
Resistance Spot Welding (RSW) merupakan proses menyambung logam dengan menggunakan arus dan sifat physical properties logam. Sehingga diperlukan gabungan analisis Electrical-Themal-Mechanical untuk mempelajari hasil las yang memiliki qualitas yang baik. Untuk memprediksi besar nugget las, simulasi RSW model 2D axissymetric dikembangkan dengan menggunakan sifat dari Electrical Contact Resistace (ECR). Tujuan penelitian ini adalah mempelajari pengaruh initial value ECR dan ketebalan ECR terhadap formasi nugget las. Variasi parameter pada penelitian ini adalah arus, ketebalan permukaan kontak, dan initial value ECR. Pada penelitian ini menunjukan bahwa untuk mendapatkan hasil nugget las yang berbentuk elips dan dapat menyambung antar plat metal yaitu dengan menentukan initial value ECR dan ketebalan ECR pada permukaan kontak antar plat metal (Al-Al) lebih besar dibandingkan dengan permukaan plat metal dan elektroda (Al-Cu). Setelah melakukan perbandingan dengan hasil experimen, simulasi RSW dengan menggunakan arus 8 kA dan initial value ECR dari permukaan kontak antar plat metal (Al-Al) dan plat - elektroda (Al-Cu) yaitu 230-28.75 µΩ memiliki selisih rata-rata 4.8 %. Dengan gaya elektroda 500 N dan expansi thermal yang terjadi pada specimen, stress maksimal yang dihasilkan sebesar 4 GPa.
ABSTRACT
Resistance Spot Welding (RSW) is a process of joining metals using current and the physical properties of metals. A coupled of Electrical-Thermal-Mechanical analysis is needed to study welding results that have good quality. To predict the size of the welding nugget, the RSW simulation of the 2D axisymmetric model was developed using the properties of the Electrical Contact Resistance (ECR). The purpose of this study was to investigate the effect of the initial value ECR and ECR thickness on the formation of weld nuggets. The parameter variations in this study were current, contact surface thickness, and initial value of ECR. The results of this study showed that in order to achieve weld nuggets that could join metal sheets with ellipse formation weld nugget, the simulation used initial value ECR and ECR thickness of between metal sheets (Al-Al) greater than the contact surface of metal sheet and electrode (Al-Al). By making comparisons with experimental results, welding simulations by using 8 kA current and the initial ECR value of the contact surface between metal sheets (Al-Al) and the metal sheet-electrode (Al-Cu) with 230-28.75 µΩ, had an average error of 4.8%. By using electrode force 500 N and occurring thermal expansion, the maximum generated stress was 4 GPa.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hakam Muzakki
Abstrak :
Proses penyambungan logam dengan proses pengelasan merupakan proses penyambungan permanen yang masih sangat diperlukan dan terus dikembangkan pada proses manufaktur. Dengan memanfaatkan kelebihan sifat mekanik yang dimiliki masing-masing logam menjadikan latar belakang pengembangan pengelasan logam berbeda tipe dan jenis dissimilar welding , Resistance spot welding RSW salah satu teknologi pengelasan yang bisa dipakai untuk mengelas logam berbeda. Konsep efesiensi energi menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam membuat konstruksi dengan konsep dimensi besar, mempunyai kekuatan yang dibutuhkan akan tetapi lebih ringan. Dengan demikian diperlukan pengembangan konstruksi ringan, konstruksi ringan sarang lebah honeycomb dari logam yang tipis dibuat dengan teknologi mikro RSW. Plat alumunium tebal 0,4 mm dapat disambung dengan sempurna menggunakan proses mikro RSW, parameter pengelasan yang paling optimal yaitu arus pengelasaan diatas 5 kV, waktu pengelasan 6 CT keatas, dan gaya elektrode lebih dari 343 N. Mikro RSW mampu menyambung plat baja tahan karat SS 301 ketebalan 0,2 mm dengan plat aluminium AA 1100 tebal 0,4 mm, akan tetapi sifat lebih rapuh. Mikro RSW mampu menyambung plat baja 0,2 mm, plat baja lapis seng 0,2 mm, dan plat alumunium 0,4 mm. Mikro RSW bisa dipergunakan untuk membuat konstruksi ringan dari plat-plat tipis, baja tebal 0,2 mm, baja lapis seng tebal 0,2 mm, dan aluminium tebal 0,4 mm. Konstruksi ini mampu menahan beban uji tarik lebih dari 5.000 N tanpa merusak sambungan lasan, konstruksi juga mampu menahan beban tekan mendekati 10.000 N, dengan 7 sambungan lasan robek, 9 sambungan retak. ......Metal joining process with welding technology is a permanent join which is still needed and is still developed in manufacturing industries. Advantage of mechanical properties from each metal can be joined together to get a great joint. RSW is one of some weld technologies used to weld dissimilar metals. An efficiency energy concept in a product design is a design concept to get a lightening product so a lightweight construction one of solution to reduce energy consume. A honeycomb construction in this study is a lightweight construction developed form stainless steel 0.2 mm of thin, galvanized zinc 0.2 mm, and aluminum 0.4 mm. Welding parameter optimized with welding current more than 5 kV, welding time more than 6 CT, and electrode force more than 343 N. Micro RSW could join SS 301 thin 0.2 mm with AA 1100 0.4 mm, however brittle weld nugget. Micro RSW can be used to join aluminum, zinc galvanized steel, and stainless steel in a honeycomb construction. Honeycomb has mechanical performance when withstand tensile load more than 5.000 N, weld nugget in the honeycomb was not failure moreover based metal or AA 1100 was tear. Honeycomb was joined by Micro RSW could hold compression load more 10.000 N, 7 tear and 9 crack of weld nugget.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
D2459
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathnan Fat-Ham Mubiina
Abstrak :
Resistance spot welding (RSW) merupakan metode pengelasan yang sudah banyak digunakan dalam dunia industri terutama industri otomotif. RSW menggabungkan dua pelat metal menggunakan panas yang berasal dari arus elektrik. Untuk mengurangi biaya yang digunakan untuk melakukan eksperimen secara langsung, simulasi RSW mulai dikembangkan. Simulasi RSW membutuhkan Initial Value dari electric contact resistance yang terdapat pada RSW. Penelitian ini bertujuan untuk mencari Initial Value tersebut agar simulasi dapat dilaksanakan. Initial value yang ditemukan akan digunakan untuk simulasi selanjutnya. Penelitian dilakukan menggunakan eksperimen dan juga simulasi untuk dapat membandingkan hasil dari dua metode tersebut. Pada eksperimen RSW, parameter yang divariasikan adalah cycle time. Cycle Time divariasikan sebanyak 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 10 . Pada simulasi RSW, parameter yang divariasikan adalah waktu pengelasan yaitu selama 20ms, 40ms, 60ms, 80ms, 100ms, 120ms, 140ms, 160ms, 180ms, dan 200ms. Hasil las berupa ukuran nugget dari dua metode tersebut akan dibandingkan. Perbandingan hasil menunjukkan bahwa simulasi dengan initial value 200 memiliki ukuran nugget yang paling mendekati rata-rata ukuran nugget eksperimen. ......Resistance spot welding (RSW) is a commonly used welding method in industry, especially in automotive industry. RSW joins two metal plates using heat generated from electric current. To reduce the experiment cost, RSW simulation developed. RSW simulation needs Initial Value from electric contact resistance that consists on RSW. This research is conducted to find the initial value needed for RSW simulation. The initial value will be used for the next simulation Both experiments and simulations will be conducted in this research to compare the results. In RSW experiment, the variated parameter is cycle Time. The cycle time is variated as 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 10. In RSW simulation, the variated parameter is welding Time as 20ms, 40ms, 60ms, 80ms, 100ms, 120ms, 140ms, 160ms, 180ms, and 200ms. The welding result of the nugget size of the two methods above will be compared. Comparison results show that simulation with initial value of 200 has the closest nugget diameter result with experiment.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Edyanto
Abstrak :
ABSTRAK
Resistance spot welding (RSW) merupakan proses pengelasan yang sering digunakan untuk menyambung pelat logam umumnya pada industri otomotif dan penerbangan. Proses pengelasan RSW (Resistance Spot Welding) melibatkan fenomena kelistrikan, termal-mekanik, metalurgi, dan permukaan yang kompleks. Tidak seperti proses pengelasan lainnya, peristiwa terbentuknya sambungan las pada proses RSW terjadi sangat cepat (dalam mili-detik) dan mengambil tempat diantara benda kerja yang tumpang tindih satu sama lain. Simulasi pengelasan memungkinkan pemeriksaan visual terhadap sambungan las tanpa harus melakukan eksperimen yang mahal. Ukuran nugget las merupakan parameter yang paling penting dalam menentukan perilaku mekanik dari sambungan las RSW karena kualitas dan kekuatan sambungan las RSW secara dominan ditentukan oleh bentuk dan ukuran dari nugget las. Simulasi pemodelan proses pengelasan RSW dilakukan menggunakan modul ANSYS Parametric Design Language (APDL) berbasis metode elemen hingga (finite element method) yang tersedia, dalam ANSYS. Interaksi elektrikal dan termal dikembangkan untuk mempelajari pertumbuhan nugget pada pengelasan pelat aluminium A1100 dengan ketebalan masing-masing 0.4 mm. Dengan menggunakan pendekatan model simulasi ini, ukuran diameter nugget dapat diprediksi dengan baik melalui distribusi temperatur yang terbentuk selama proses pengelasan berlangsung. Pengelasan dilakukan dengan membuat variasi pada pemberian kuat arus (1kA dan 2kA) dan waktu pengelasan untuk masing-masing kuat arus yaitu 0.5, 1.0, dan 1.5 CT (cycle time). Diamater nugget untuk masing-masing parameter pengelasan yang didapat melalui simulasi pemodelan adalah, 4.276 mm, 4.372 mm, 4.668 mm, 5.616 mm, dan 5.896 mm. Pada spesimen dengan kuat arus 2 kA dan waktu pengelasan 1.5 CT, weld expulsion terjadi dan ditandai dengan menurunnya kekuatan tarik-geser dari spesimen tersebut dalam eksperimen.
ABSTRAK
Resistance spot welding (RSW), generally which is one of the most often used to joint metal plate in the automotive and aviation industries. RSW welding process involves electrical, thermal-mechanical, metallurgy, and complex surface phenomenon. Unlike the other welding processes, weld joint formation in RSW process occurs very quick (in milli-seconds) and took place between the workpieces overlap each other. Welding simulation allows visual examination of the weld joint without having to perform an expensive experiment. Weld nugget size is the most important parameter in determining the mechanical behavior of welded joints in RSW process. The quality and strength of the weld joint in RSW process is predominantly determined by the shape and size of the weld nugget. Simulation modeling of RSW process performed using ANSYS Parametric Design Language (APDL) module based on the finite element method (FEM), embedded in ANSYS Workbench. Electrical and transient-thermal interaction was developed to study the weld nugget growth on resistance spot welding of aluminum A1100 metal plate with a thickness of 0.4 mm respectively. Weld nugget diameter can be well predicted by using this simulation model from the temperature distribution during the welding process. Welding is performed by varying the weld current (1 kA and 2 kA) and the welding time for each electric current which are start from 0.5, 1.0, and 1.5 cycle time. Nugget diameter for each of the welding parameters from the simulation modelling were 4,276 mm, 4,372 mm, 4,668 mm, 5,616 mm and 5,896 mm. Weld expulsion occurred for the specimen with welding current 2 kA and welding time 1.5 cycle time, characterized by the decreasing of the tensile-shear strength of the specimen.
2016
S63626
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Barly Joshua Djaja
Abstrak :

Resistance Spot Welding (RSW) adalah salah satu metode pengelasan yang meleburkan metal itu sendiri menggunakan arus listrik serta tekanan pneumatik. RSW sangat sering dijumpai di berbagai industri terutama industri otomotif dan industri dirgantara dimana diperlukan kecepatan untuk las titik serta temperatur yang terpusat. Elektroda dari tembaga biasanya adalah pilihan utama sebagai sumber penyalur arus listrik dan penekan. Bentuk dari elektroda itu sendiri berpengaruh atas ukuran nugget yang tercipta. Investigasi kali ini mencari dampak perubahan sudut elektroda terhadap besar nugget dengan memvariasikan bentuk elektroda dengan sudut kemiringan 30°, 45â?°, 60° terhadap benda kerja, serta bentuk Lab DTM. Nilai dari initial value contact resitance adalah 230 dengan menggunakan simulasi dari perangkat lunak ANSYS. Ditemukan hubungan bahwa semakin besar sudut elektroda terhadap benda kerja (semakin lancip elektroda) maka semakin besar juga diameter nugget yang tercipta. Hal ini dikarenakan ukuran elektroda yang mengecil sehingga current density dapat menjadi lebih terpusat. Hasil ini secara konsisten ditunjukan dengan berbagai variasi initial value. Didapati juga bahwa semakin besar initial value contact resistance, maka semakin besar juga diameter nugget.


Resistance spot welding (RSW) is one of a few method of welding which melt its own metal using electric current and pneumatic pressure. RSW often found in various industry especially in otomotif industry and aeroplane industry where speed and temperatur distribution is really needed. Electrode made from copper usually is the main option for source of electric conductor and pressure. Shape of electrode itself affect the nugget size of the weld. This investigation will found the effect of changing the angle of attack of electrode for the weld nugget size with varying the angle from 30â?°, 45°, 60â?°, and DTM lab electrode. Value from initial value contact resistance will also be 230 using simulation with ANSYS APDL software. It was found that the bigger the angle (more pointed) electrode will produce a bigger weld nugget diameter. This is because of the electrode size getting smaller therefore creating a more focused current density resulting in bigger nugget weld. This result is consistent eventhough the initial value was changed. It was also found that the higher the inital value contact resistance, the nugget diameter would also got bigger.

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Nanda Ghalib Almahdi
Abstrak :
Micro Friction Stir Spot Welding (μFSSW) adalah pengelasan titik yang menggunakan pembangkitan panas pada pahat berputar dengan kedalaman pada skala mikron untuk menyambungkan benda. Perkembangan sistem mikro yang semakin padat dan canggih memerlukan metode penyambungan yang berkualitas tinggi, akurat dan presisi. Proses μFSSW memiliki keuntungan densitas energi yang lebih baik daripada laser dapat menjadi alternatif penyambungan pada skala mikron. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai fenomena yang terjadi ketika pengelasan μFSSW berlangsung. Pada penelitian ini dibahas tentang desain fixture spesimen yang akan digunakan untuk meneliti fenomena pengelasan. Desain fixture spesimen yang dibuat dianalisis dari bentuk, pemilihan sensor, serta karakteristik termal dan pembebanannya ketika proses pengelasan berlangsung untuk mengetahui keakuratan fixture spesimen tersebut dalam menangkap fenomena pengelasan yang terjadi. ......Micro Friction Stir Spot Welding (µFSSW) is a spot-welding method that uses heat generation from a spinning tool at micro level depth to join materials. The advancement in micro system requires a sophisticated joining method with high precision and high accuracy. µFSSW process has better energy density than laser welding, which opens a new opportunity for µFSSW to become the spot-welding method at micro level. This and other advantages are the reason there should be more research about µFSSW, including a research on the welding phenomenon that occurs as the welding process commenced. In this research, the design of specimen fixture that is going to be used in the research about welding phenomenon is analyzed. The fixture design is analyzed by the mechanism and the use of sensor. The thermal and loading characteristic is also analyzed using simulation. The analysis is commenced to determine the feasibility of using the fixture to obtain data.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faundra Ihsan Pratama
Abstrak :
Proses Micro Friction Stir Spot Welding (MFSSW) merupakan sebuah teknik pengelasan pelat logam dengan ketebalan pelat yang relatif tipis. Keunggulan dari pengelasan ini adalah kualitas hasil pengelasan yang lebih tinggi dan deformasi yang relatif rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bentuk pahat dan kedalaman tusuk pahat kepada kecenderungan aliran material pada struktur makro hasil lasan yang dihasilkan pada teknik Micro Stir Spot Welding (MFSSW) dengan menggunakan pelat tipis Alumunium AA1100. Pada penelitian ini parameter yang diubah adalah geometri pahat dan kedalaman pahat. Dalam penelitian ini parameter geometri pahat dibagi menjadi 7 jenis geometri pahat dan parameter kedalaman tusuk dibagi menjadi 3 kedalaman (200 mikron, 400 mikron dan 600 mikron). Uji makro dilakukan untuk mengetahui kedalaman lasan, profil kontur, dan makrostruktur bentangan dari hasil lasan. Hasil uji makro akan digunakan untuk menganalisis hubungan hook pada setiap zona lasan pada hasil pengelasan dari setiap tools yang ada. ......The Micro Friction Stir Spot Welding (MFSSW) process is a metal plate welding technique with a relatively thin plate thickness. The advantages of this welding are the higher quality of the welds and the relatively low deformation. The purpose of this study was to determine the effect of the chisel shape and the depth of the chisel on the material flow tendency in the macrostructure of the welds produced in the Micro Stir Spot Welding (MFSSW) technique using a thin plate of aluminum AA1100. In this research, the parameters that are changed are the tool geometry and plunge depth. In this study, the tool geometry parameters were divided into 7 types of tool geometries and the plunge depth parameters were divided into 3 depths (200 microns, 400 microns, and 600 microns). A macro test is performed to determine the depth of the weld, the contour profile, and the macrostructure of the expanse of the weld. The macro test results will be used to analyze the hook relationship at each weld zone on the welding results of each existing tool
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>