Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Exa Heydemans
Abstrak :
ABSTRAK
Antusiasme masyarakat terhadap kereta rel listrik KRL di Jabodetabek saat ini terbilang cukup tinggi dengan adanya penambahan jumlah penumpang setiap tahunnya. Seiring dengan penambahan jumlah penumpang, stasiun KRL juga harus bisa mengakomodir banyaknya jumlah penumpang tersebut. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui kelayakan dari platform stasiun KRL Pondok Cina demi menampung penambahan jumlah penumpang dalam hal ini tingkat pelayanan Level of Service fasilitas pejalan kaki merupakan parameter kelayakan stasiun yang akan dipelajari.Penelitian dilakukan dengan membandingkan kondisi eksisting platform St. KRL Pondok Cina dengan kondisi rencana pada tahun mendatang. Kondisi eksisting dipelajari dengan melakukan pengambilan data dilapangan secara langsung lalu diolah secara manual sehingga mendapatkan tingkat pelayanan pejalan kaki. Kondisi rencana dibuat dalam model PTV Viswalk yang disimulasikan untuk mendapat gambaran pada tahun ndash; tahun mendatang. Parameter ndash; parameter model diestimasi berdasarkan parameter ndash; parameter kondisi eksisting dan target penumpang.Hasil penelitian ini menunjukan desain stasiun eksisting tidak akan mampu mengakomodir jumlah penumpang rencana. Tingkat pelayanan pejalan kaki platform St. KRL Pondok Cina saat ini sudah cukup buruk dan tidak akan mampu menampung penambahan jumlah penumpang nantinya, oleh karena itu desain stasiun rencana perlu direalisasikan untuk memenuhi permintaan penumpang sehingga tingkat pelayanan pejalan kaki yang dipengaruhi oleh ukuran luas daerah pejalan kaki dan jumlah akses keluar masuk bisa lebih baik.
ABSTRACT
The public 39s enthusiasm for commuter lane light train in Jabodetabek is now quite high with the addition of the number of passengers every year. Along with the addition of the number of passengers, train stations must also be able to accommodate the number of passengers. Therefore, the authors conducted a study to determine the feasibility of the platform in St. Pondok Cina for accommodating the addition of the number of passengers, in this case pedestrians level of service is a feasibility parameter of the station. The study was conducted by comparing the existing condition of St. Pondok Cina rsquo s platform with the future condition in coming years. Existing condition is learned by survey in the field and then processed manually for determining the pedestrian rsquo s level of service. The future condition is made in simulating model and processed by PTV Viswalk to get an overview in the coming years. Model parameters are estimated based on existing condition parameters and passenger targets.The results of this study show the existing station design will not be able to accommodate the number of passenger plans. Level of service St. KRL Pondok Cina is bad enough and will not be able to accommodate the additional number of passengers later, therefore the design of the plan station needs to be realized to meet the demand of passengers so the pedestrian rsquo s level of service, which are influenced by the size of the pedestrian area and the number of incoming access, can be preferable.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Faisal Abbas
Abstrak :
Sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan di Kota Bogor, Pemerintah Kota Bogor bersama dengan Kementerian BUMN merencanakan pembangunan Trem Bogor dalam kota agar dapat menghubungkan konektivitas antar moda transportasi lainnya. Salah satunya yaitu dapat menghubungkan dengan Kereta Rel Listrik (KRL) yang berada di Stasiun KRL Bogor. Namun hal tersebut juga dapat berpotensi menimbulkan masalah baru yang disebabkan oleh volume calon penumpang yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pemodelan rencana pergerakan dan fasilitas pejalan kaki di Stasiun KRL Bogor akibat Pembangunan Trem Bogor dan menemukan solusi terbaik untuk memperbaiki tingkat pelayanan. Peneliti menggunakan aplikasi perangkat lunak PTV Vissim untuk mempermudah dalam pembuatan model searah penelitian. Sehingga didapat hasil yang menjadi validasi untuk membandingkan kondisi aktual di lapangan dengan hasil model yang telah dibuat. Sehingga tingkat pelayanan (Level of Service) Pejalan kaki yang akan menjadi standar acuan untuk menentukan kelayakan. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui LOS akibat adanya Trem Bogor berkisar dari LOS A sampai LOS C yang menunjukkan masih layak walaupun terdapat sedikit hambatan.   ......As an effort to overcome traffic jams in the city of Bogor, the Bogor City Government together with the Ministry of BUMN is planning to build Bogor Inner City Tram so that it can connect connectivity between other modes of transportation. One of them can be connected to the Electric Rail Train (KRL) at the Bogor KRL Station. However, this also has the potential to create new problems caused by the increasing volume of prospective passengers. This study aims to analyze the modeling of movement plans and pedestrian facilities at the Bogor KRL Station as a result of the Bogor Tram Construction and find the best solution to improve service levels. Researchers use the PTV Vissim software application to facilitate model creation in the direction of research. So that the results become validation to compare the actual conditions in the field with the results of the model that has been made. So that the level of service for Pedestrians will become the reference standard for determining eligibility. Based on the results of the study, it is known that the LOS due to the Bogor Tram ranges from LOS A to LOS C which shows that it is still feasible even though there are few obstacles. 
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library