Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Alif Fatih Rahman
"Seiring dengan perkembangan zaman, seluruh aktivitas manusia tidak dapat terlepas dari peran energi listrik. DKI Jakarta merupakan kota terbesar di Indonesia yang memiliki beban puncak terbesar, yaitu senilai 4.355 MW. Beban puncak yang besar tersebut terjadi saat momen Lebaran 2023. Selain itu, terhitung sejak H-7 hingga H-1 Lebaran 2023, setidaknya terdapat 557 ribu kendaraan yang meninggalkan DKI Jakarta untuk pergi mudik ke kampung halaman. Jika peristiwa ini dikaitkan dengan beban puncak DKI Jakarta, yaitu suplai energi listrik yang besar tidak diikuti dengan permintaan energi listrik yang besar juga, maka akan menimbulkan masalah dalam sistem tenaga listrik, yaitu tegangan lebih atau overvoltage. Permasalahan overvoltage tersebut dapat diselesaikan melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan memasang perangkat pengendali daya reaktif atau var control. Perangkat pengendali daya reaktif yang kini menjadi tren di sistem tenaga listrik adalah Flexible AC Transmission System (FACTS). Agar penggunaan perangkat FACTS menjadi efektif dan efisien, maka hal yang perlu dilakukan adalah menentukan lokasi penempatan dan kapasitas perangkat FACTS tersebut. Proses penentuan kedua parameter tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan algoritma optimisasi metaheuristik. Firefly Algorithm (FA) merupakan salah satu jenis algoritma optimisasi metaheuristic yang menirukan fenomena biologis yang terjadi pada sekelompok kunang-kunang (firefly). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan FA untuk menentukan lokasi penempatan dan kapasitas perangkat FACTS, yaitu Static VAR Compensator (SVC), maka lokasi serta lokasi yang paling optimal adalah pada bus 1PGSAN/I-5 dan sebesar 784.8829 MVAR. Penggunaan SVC tersebut menyebabkan penurunan deviasi tegangan seluruh bus sistem menjadi 6.5395%.

As time goes by, all human activities cannot be separated from the role of electrical energy. DKI Jakarta is the largest city in Indonesia which has the largest peak load, namely 4,355 MW. This large peak load occurred during Eid 2023. Apart from that, starting from D-7 to D-1 of Eid 2023, at least 557 thousand vehicles left DKI Jakarta to go home to their hometowns. If this event is associated with DKI Jakarta's peak load, namely a large supply of electrical energy that is not accompanied by a large demand for electrical energy, it will cause problems in the electrical power system, namely overvoltage. The overvoltage problem can be solved in various ways, one of which is by installing a reactive power control device or var control. The reactive power control device that is currently becoming a trend in electric power systems is the Flexible AC Transmission System (FACTS). In order for the use of the FACTS device to be effective and efficient, what needs to be done is to determine the placement location and capacity of the FACTS device. The process of determining these two parameters can be done using a metaheuristic optimization algorithm. Firefly Algorithm (FA) is a type of metaheuristic optimization algorithm that imitates biological phenomena that occur in a group of fireflies. The research results show that using FA to determine the placement location and capacity of the FACTS device, namely the Static VAR Compensator (SVC), the most optimal location and capacity is on the 1PGSAN/I-5 bus and is 784.8829 MVAR. The use of SVC causes a decrease in voltage deviation for all system buses to 6.5395%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arandhya Wikrama Wardana
"Penetrasi PLTS yang tinggi dapat mengganggu nilai tegangan pada distribusi jaringan tegangan rendah. Pada jaringan distribusi tersebut, nilai tegangan akan menurun pada ujung feeder. Penurunan tersebut juga bisa terjadi akibat beban yang besar. Akan tetapi, apabila di ujung feeder tersebut terdapat penetrasi PLTS yang tinggi, maka tegangan di ujung feeder akan mengalami kenaikan. Selain itu, PLTS hanya dapat beroperasi pada siang hari ketika terdapat sinar matahari. Akibatnya, pada siang hari dengan beban rendah, tegangan cenderung meningkat, sedangkan pada malam hari dengan beban tinggi, tegangan akan menurun. Oleh karena itu, diperlukan pengendalian daya reaktif pada sistem distribusi tersebut agar tegangan dapat terkontrol dengan baik. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk pengendalian daya reaktif adalah SVC atau Static VAR Compensator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan SVC secara efektif meningkatkan kualitas tegangan. Sebelum pemasangan SVC, tegangan berkisar antara 104,84% - 105,59% pada siang hari. Setelah pemasangan SVC, tegangan menurun di rentang 99,93% - 100,76% pada siang hari. Analisis lebih lanjut pada skenario penambahan beban dan penambahan daya PLTS menunjukkan bahwa kombinasi antara SVC dan tap transformator dapat meningkatkan kualitas tegangan secara signifikan. Kapasitas induktif dan kapasitif SVC yang digunakan pada berbagai skenario dirancang sesuai kebutuhan sistem untuk memastikan kualitas tegangan optimal.

High penetration of solar power plants can disrupt voltage values in low-voltage distribution networks. In these distribution networks, the voltage value will drop at the end of the feeder. This decrease can also occur due to large loads. However, if there is a high penetration of PLTS at the end of the feeder, the voltage at the end of the feeder will increase. In addition, PLTS can only operate during the day when there is sunlight. As a result, during the day with low load, the voltage tends to increase, while at night with high load, the voltage will decrease. Therefore, it is necessary to control reactive power in the distribution system so that the voltage can be controlled properly. One method that can be used to control reactive power is SVC or Static VAR Compensator. The results show that the use of SVC effectively improves voltage quality. Before the installation of SVC, the voltage ranged from 104.84% - 105.59% during the day. After the installation of SVC, the voltage decreased in the range of 99.93% - 100.76% during the day. Further analysis on the scenario of additional load and additional solar power shows that the combination of SVC and tap transformer can significantly improve the voltage quality. The inductive and capacitive capacities of SVCs used in various scenarios are designed according to the system requirements to ensure optimal voltage quality.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rinaldy Dalimi
"Changing the toad will affect to the value of the voltage at the customer side. In general, the voltage is very sensitive to the increasing or decreasing of the toad So that, it is needed to have the voltage regulator. The static VAR Compensator (SVC) can be used as a voltage regulator, which is responsive and accurate to maintain the voltage constant if the toad is changed."
2001
JUTE-15-2-Jun2001-189
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kresna Bayu Erlangga
"Electric Arc Furnace (EAF) merupakan beban nonlinier yang bervariasi seiring waktu, sehingga dapat menyebabkan masalah pada kualitas sistem tenaga listrik, seperti overvoltage dan undervoltage. Salah satu cara untuk menjaga kestabilan tegangan adalah mengompensasi daya reaktif karena daya reaktif yang dikirimkan ke suatu sistem tenaga listrik akan memengaruhi tegangan di sisi penerima. Static Var Compensator (SVC) adalah salah satu kompensator daya reaktif yang akan memberikan atau menyerap daya reaktif, sehingga mempengaruhi tegangan dan faktor daya sistem. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan SVC, evaluasi dilakukan dengan load flow analysis di Bus yang terhubung dengan masukan transformator electric arc furnace, yaitu Bus 9 dan 10. Berdasarkan simulasi, SVC sebesar 210 MVAR pada Bus 9 dan 25 MVAR pada Bus 10 dapat meningkatkan persentase kedua Bus, yaitu Bus 9 dari 96.605% menjadi 98.348% dan Bus 10 dari 94.166% menjadi 96.97%. Selain itu, SVC juga meningkatkan nilai faktor daya kedua Bus, yaitu Bus 9 dari 0.744 menjadi 0.952 dan Bus 10 dari 0.851 menjadi 0.952.

The Electric Arc Furnace (EAF) is a nonlinear load that varies over time, which can cause problems with the quality of the power system, such as overvoltage and undervoltage. One way to maintain voltage stability is by compensating for reactive power because the reactive power supplied to a power system will affect the voltage at the receiving end. The Static Var Compensator (SVC) is one of the reactive power compensators that will provide or absorb reactive power, thereby affecting the voltage and power factor of the system. To determine the effect of SVC usage, an evaluation is conducted using load flow analysis at the Bus connected to the input of the electric arc furnace transformer, which is Bus 9 and 10. Based on the simulation, an SVC of 210 MVAR at Bus 9 and 25 MVAR at Bus 10 can increase the percentages of both buses, with Bus 9 increasing from 96.605% to 98.348% and Bus 10 increasing from 94.166% to 96.97%. Additionally, the SVC also increases the power factor values of both buses, with Bus 9 increasing from 0.744 to 0.952 and Bus 10 increasing from 0.851 to 0.952."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irham Muslim
"Sistem tenaga listrik merupakan sistem yang dapat mengalirkan daya listrik dari pusat pembangkit ke konsumen melalui 3 subsistem (pembangkit listrik, sistem transmisi, dan sistem distribusi). Ketika daya listrik melewati saluran transmisi yang panjang maka akan terjadi tegangan jatuh pada saluran transmisi. Namun, saat kondisi beban rendah seperti Perayaan Hari Raya Idul Fitri, tegangan di sisi penerima pada saluran transmisi masih tetap tinggi sehingga menimbulkan permasalahan, yaitu tegangan lebih. Hal tersebut disebabkan karena arus beban lebih kecil daripada arus pengisian (arus kapasitor) pada saluran transmisi. Tegangan lebih dapat diselesaikan dengan menggunakan static var compensator (SVC) karena SVC dapat menyerap daya reaktif dari bus pada sistem menggunakan thyristor controlled reactor (TCR). Penelitian ini menggunakan algoritma particle swarm optimization (PSO) dalam menentukan kapasitas SVC yang optimal untuk tujuh skenario yang telah ditentukan berdasarkan lokasi peletakan. Penelitian ini menghasilkan dua keluaran, yaitu profil tegangan di seluruh bus dan total rugi-rugi daya aktif pada saluran transmisi. Seluruh skenario berhasil memperbaiki profil tegangan di seluruh bus pada Subsistem Mandirancan. Total rugi-rugi daya aktif di saluran transmisi pada Subsistem Mandirancan mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 4.97% saat mengatur kapasitas SVC 1, 4.97% saat mengatur kapasitas SVC 2, 5.20% saat mengatur kapasitas SVC 3, 4.98% saat mengatur kapasitas SVC 1 dan SVC 2, 3.54% saat mengatur kapasitas SVC 1 dan SVC 3, 3.62% saat mengatur kapasitas SVC 2 dan SVC 3, dan 3.02% saat mengatur kapasitas SVC 1, SVC 2, dan SVC 3.

The power system is a system that can deliver electrical power from the generating center to consumers through 3 subsystems (power plant, transmission system, and distribution system). When electric power passes through a long transmission line, there will be a voltage drop on the transmission line. However, during low load conditions such as the Eid Celebration, the voltage on the receiving side of the transmission line is still high, causing problem, namely overvoltage. This is because the load current is smaller than the charging current (capacitor current) on the transmission line. Overvoltage can be solved by using a static var compensator (SVC) because SVC can absorb reactive power from the bus in the system using a thyristor controlled reactor (TCR). This study uses the particle swarm optimization (PSO) algorithm to determine the optimal SVC capacity for seven scenarios that have been determined based on the location of the placement. This study produces two outputs, which are voltage profiles at all buses and total active power losses on transmission lines. All scenarios succeeded in improving the voltage profile at all buses in the Mandirancan Subsystem. The total active power losses on the transmission line in the Mandirancan Subsystem increased from the initial condition of 4.97% when setting the sizing of SVC 1, 4.97% when setting the sizing of SVC 2, 5.20% when setting the sizing of SVC 3, 4.98% when setting the sizing of SVC 1 and SVC 2, 3.54% when setting the sizing of SVC 1 and SVC 3, 3.62% when setting the sizing of SVC 2 and SVC 3, and 3.02% when setting the sizing of SVC 1, SVC 2, and SVC 3."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Brian Na'iman Hadi
"Perubahan kondisi pembebanan dapat mempengaruhi kapasitas dan kemampuan pengiriman daya (power transfer capability) pada sistem tenaga listrik. Ketika kondisi pembebanan rendah, sistem tenaga listrik mengalami tegangan lebih akibat kelebihan suplai daya reaktif pada sistem. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat menjadi penyebab penurunan kualitas daya pada saluran akibat deviasi tegangan yang melampaui batas nominal sesuai standar yang berlaku. Oleh sebab itu, peralatan Flexible AC Transmission System (FACTS) diperlukan untuk memperbaiki dan memitigasi permasalahan yang terjadi. Pada penelitian ini, peralatan FACTS yang dipasang yaitu Static VAR Compensator (SVC) dengan tujuan untuk memperbaiki profil tegangan dan tetap menjaga kondisi kestabilan tegangan di sistem transmisi DI Yogyakarta 150 kV ketika kondisi beban rendah Idul Adha 2023. Lokasi pemasangan SVC yang optimal ditentukan melalui Metode Novel Collapse Prediction Index (NCPI). Sementara itu, penentuan kapasitas optimal SVC akan dilakukan dengan beberapa variasi kapasitas TCR dan kemudian divalidasi dengan QV Curve pada busbar yang telah ditentukan. Pada penelitian ini, lokasi pemasangan SVC dilakukan pada tiga lokasi busbar, yaitu KNTUNG/1 dengan kapasitas 161.5696 Mvar, BNTUL/2 dengan kapasitas 180.0023 Mvar, BNTUL/1 dengan kapasitas 245.0698 Mvar. Pemasangan SVC di beberapa lokasi tersebut berhasil menurunkan tegangan sebesar 5.499% pada busbar KNTUNG/1, 7.988% pada busbar BNTUL/2, dan 7.608% pada busbar BNTUL/1. Walaupun kondisi kestabilan tegangan terjaga, pemasangan SVC dapat menurunkan reactive power margin sebesar 20.47331% pada busbar KNTUNG/1, 27.96022% pada busbar BNTUL/2, dan 27.18405% pada busbar BNTUL/1.

Loading conditions can affect the power system's capacity and power transfer capability. The power system experiences overvoltage in low-loading conditions due to an excess reactive power supply. In addition, this condition can also cause a decrease in power quality on the line due to voltage deviations that exceed nominal limits according to applicable standards. Therefore, Flexible AC Transmission System (FACTS) equipment is needed to improve and mitigate the problems. In this study, the FACTS equipment installed is the Static VAR Compensator (SVC) to improve the voltage profile and maintain voltage stability in the DI Yogyakarta 150 kV transmission system during low load conditions Eid al-Adha 2023. The Novel Collapse Prediction Index (NCPI) method determines the optimal SVC installation location. Meanwhile, the optimal SVC capacity will be determined with several variations of TCR capacity and then validated with the QV Curve on the specified busbar. In this study, the SVC installation location was carried out at three busbar locations, namely KNTUNG/1 with a capacity of 161.5696 Mvar, BNTUL/2 with a capacity of 180.0023 Mvar, BNTUL/1 with a capacity of 245.0698 Mvar. Installing SVC at some locations reduced the voltage by 5.499% at the KNTUNG/1 busbar, 7.988% at the BNTUL/2 busbar, and 7.608% at the BNTUL/1 busbar. Although the voltage stability condition is maintained, the installation of SVC can reduce the reactive power margin by 20.47331% on the KNTUNG/1 busbar, 27.96022% on the BNTUL/2 busbar, and 27.18405% on the BNTUL/1 busbar."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library