Search Result  ::  Save as CSV :: Back

Search Result

Found 4 Document(s) match with the query
cover
Mutiara Ramadhanti
"Makalah ini menganalisa masalah yang dihadapi oleh layanan streaming musik dalam memasuki pasar musik Jepang. Di era revolusi digital dan sebagai pasar musik terbesar kedua di dunia, transisi konsumsi musik Jepang ke streaming platform lebih lambat dibandingkan negara lain. Di dalam makalah ini, penulis menjelaskan tentang situasi musik Jepang saat ini dan membahas beberapa faktor yang menyebabkan sulitnya memasuki pasar dan rekomendasikan beberapa solusi.

This paper analyze the problems that digital streaming services encounter in breaking through Japan`s music market. In the digital revolution era and as the second largest music market in the world, Japan transition to streaming platform is considered to be slow compared to other countries. In this paper, the author explains the current situation of Japan`s music industry and discuss some of the factors that causing the difficulty in entering the market and recommend a few solutions.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fikri Aulia
"ABSTRAK
Kehadiran internet merubah kegiatan manusia, terutama kegiatan pemasaran. Internet memudahkan kita untuk terhubung dengan orang di seluruh dunia. Hal tersebut
membantu para pemasar dalam bidang musik mempunyai cara tersendiri untuk
memasarkan karyanya. Densky9 sebagai producer atau beat maker memanfaatkan
kemudahan akses internet untuk berjejaring dengan producer atau beat maker dan pegiat
industri musik di dunia. Densky9 memanfaatkan playlist publisher dalam kegiatan peer
to peer marketing dan dibantu oleh platform music streaming untuk memasarkan
karyanya. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana Densky9
memanfaatkan internet untuk melakukan peer to peer marketing dan untuk mengetahui
bagaimana platform music streaming membantu Densky9 dalam memasarkan karyanya.
Hasil analisis memperlihatkan bahwa penggunaan playlist publisher dalam memasarkan
karyanya dirasa perlu adanya negosiasi yang lebih baik, dan platform music streaming
mempunyai peran yang efektif dalam membantu memasarkan karya Densky9.

ABSTRACT
The presence of the internet has change human activities, especially marketing
activities. The internet facilitate us to connect with people around the world. This helps
music marketers have their own ways to market their work. Densky9 as music producers
or beat maker utilizes the facility of internet access to network with producers or beat
makers and player in the music industry around the world. Denksy9 utilizes playlist
publisher in peer to peer marketing activity and assisted by music streaming platform to
market his work. The purpose of this paper is to know how Densky9 utilizes the internet
to do peer to peer marketing and to know how music streaming platform assisted Densky9
in marketing his work. The results of analysis show that the use of playlist publisher in
marketing his work is considered necessary for better negotiations and music streaming
platform has an effective role in assisted marketing his work."
2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Aprilio Kurniawan
"ABSTRACT
Kepercayaan terhadap pesan iklan kini telah tergeser oleh tingginya kepercayaan pada pesan yang dari word of mouth. Penelitian ini menganalisis bagaimana word of mouth mempengaruhi tahapan proses pengambilan keputusan pada konteks layanan streaming musik Spotify, di mana word of mouth pada penelitian ini ditinjau melalui aspek pendorongnya yang berasal dari karakteristik brand. Penelitian kuantitatif ini menggunakan kuesioner online yang diambil menggunakan teknik convenience sampling pada generasi millennials di Jabodetabek. Pengujian dilakukan dengan uji analisis faktor dan regresi yang memiliki hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara word of mouth terhadap tahapan proses pengambilan keputusan. Ditemukan bahwa word of mouth terdiri dari faktor rasional dan emosional sedangkan proses pengambilan keputusan yang terjadi adalah tahap pencarian informasi dan pemenuhan kebutuhan.

ABSTRACT
A person rsquo s trust on the messages delivered by advertising nowadays has been replaced by word of mouth. This research focuses on analyzing the influence of a person rsquo s decision making process on using Spotify, a music streaming service, through word of mouth that is derived from its brand characteristics drivers. This quantitative research uses online questionnaires targeting the millennials generation in Jabodetabek region by using convenience sampling technique. The analysis that is conducted by using factor analysis and regression test finds that the influence of word of mouth towards the steps of consumer decision making process is significant. It was found that word of mouth is composed of rational and emotional factors while decision making process that occurs is the information search and needs fulfillment."
2017
S66685
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ruth Pinorsinta Febriani
"Indonesia memiliki potensi yang besar dalam industri musik. Salah satunya, pada sektor musik independen. Fenomena musik independen menjadi minat baru di tengah masyarakat karena dianggap berbeda dan menimbulkan eksklusivitas seni. Musisi yang memilih untuk berada di jalur independen, dapat menciptakan karya musik sesuai dengan selera yang mereka sukai bahkan menghasilkan berbagai genre dalam lagunya. Salah satu yang disoroti adalah musikalitas independen pada genre folk pop. Adhitia Sofyan dan Pamungkas merupakan dua musisi independen yang mengadopsi genre tersebut ke dalam musiknya. Keduanya, berhasil menyentuh berbagai kalangan dalam pasar musik industri baik lokal maupun global. Kemudahan yang ditawarkan oleh perkembangan digital saat ini menjadi faktor yang sangat mendukung mereka dalam melakukan strategi komunikasi pemasarannya. Hadirnya berbagai platform digital dimanfaatkan sebagai potensi untuk mengimplementasi elemen bauran pemasaran sebagai strategi komunikasi pemasaran yang mereka lakukan. Contohnya, pada berbagai layanan streaming musik seperti Spotify, Joox, Youtube Music, Deezer dan sebagainya yang dijadikan saluran untuk mendistribusikan hasil rilisan musik mereka.

Indonesia has great potential in the music industry. One of them is in the independent music sector. The phenomenon of independent music has become a new interest in society because it
is considered different and generate exclusivity in art. Musicians who choose to be independent can create music according to their preferences and even produce some genres in their songs. One of the highlight is independent musicality in the folk pop genre. Adhitia Sofyan and Pamungkas are two independent musicians who have adopted this genre into their music. Both of them have successfully approached various circles in the industrial music market in local and global. The convenience offered by digital developments is currently a factor that really supports them in carrying out their marketing communication strategies. The presence of any digital platforms is used as a potential for implementing marketing mix elements as their marketing communication strategy. For example, some music streaming services such as Spotify, Joox, Youtube Music, Deezer and etc. used as channels to distribute their music releases.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library