Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Valdi Sina Ilman
"ABSTRAK
Seiring dengan berkembangnya organisasi dan bisnis saat ini, perusahaan
membutuhkan suatu evaluasi performa untuk mengetahui apakah kinerja mereka
sudah sesuai dengan harapan stakeholder internal maupun eksternal. Pengukuran
performa tersebut juga dapat mengetahui keadaaan perusahaan saat ini sehingga
akan digunakan oleh top management dalam menentukan strategi yang tepat bagi
perusahaan. MBNQA merupakan suatu bingkai kerja yang mengarahkan
manajemen agar sesuai dengan keinginan pelanggan dan karyawan melalui
manajemen aktif dari service quality dan performa. MBNQA terdiri dari tujuh
aspek yaitu Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Measurement
Analysis and Knowledge Management, Workforce Focus, Process Management
dan Result (Outcomes). Pada tesis ini dilakukan studi mengenai pengaruh penerapan
MBNQA pada performa organisasi di industri hilir gas bumi di indonesia. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 6 kriteria MBNQA yang terdiri dari Leadership,
Strategic Planning, Customer Focus, Measurement Analysis and Knowledge
Management, Workforce Focus, Process Management tidak berpengaruh
signifikan terhadap Result (Outcomes). Salah satu faktor yang menyebabkan hal
tersebut adalah Environment, Relationship and Challanges. Seperti diketahui saat
ini terjadi penurunan harga minyak dan gas bumi di seluruh dunia yang
menyebabkan performa perusahaan menjadi tidak maksimal. Untuk itu perlu
dilakukan penelitian lebih lanjut apabila kondisi global minyak dan gas dunia
kembali normal untuk mengonfirmasi hasil penelitian ini

ABSTRACT
Along with the development of organizations and businesses today, companies need a
performance evaluation to determine whether their performance is in accordance with
internal and external stakeholder expectations. The performance measurements could also
find out the circumstances of companies today that will be used by top management in
determining the right strategy for the company. MBNQA is a framework that directs
management to fit the desires of customers and employees through active management of
service quality and performance. MBNQA consists of seven aspects: Leadership,
Strategic Planning, Customer Focus, Measurement Analysis and Knowledge
Management, Workforce Focus, Process Management and Result (Outcomes). In this
thesis, a study concerning the impact of MBNQA on the performance of the organization
in the downstream gas industry in Indonesia. The results showed that the 6 criterias of
MBNQA consisting of Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Measurement
Analysis and Knowledge Management, Workforce Focus, Process Management
Performance have no significant effect on Result (Outcomes). One of the factors that
cause this is Environment, Relationship and Challanges. As is known at this time decline
in the price of oil and gas around the world that led to the company's performance to be
not optimal. For that we need to do further research if global conditions of oil and gas the
world returns to normal to confirm these results"
2016
T45723
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Guspianto
"Implementasi manajemen mutu menjadi sangat penting khususnya bagi organisasi rumah sakit guna meningkatkan proses, memecahkan masalah, mengurangi variasi dan kesalahan dalam pelayanan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model manajemen mutu rumah sakit yang terintegrasi dari TQM dan Six Sigma sebagai ?Model Aliansi Manajemen Mutu (QMA)? meliputi enam konstruk: Praktek Manajemen (MP); Praktek Infrastruktur TQM (IPTQM); Praktek Inti TQM (CPTQM); Praktek Infrastruktur Six Sigma (IPSS); Praktek Inti Six Sigma (CPSS); dan Kinerja Rumah Sakit (KRS).
Desain studi adalah cross sectional dengan sampel sebanyak 863 responden yaitu karyawan dari delapan rumah sakit di provinsi Jambi yang diambil secara acak proporsional. Pengumpulan data melalui survei menggunakan kuesioner yang diisi sendiri oleh responden dan dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM).
Penelitian ini membuktikan bahwa model QMA layak dan dapat diterapkan untuk mengukur implementasi manajemen mutu rumah sakit di Provinsi Jambi, dengan model pengukuran fit, dan variabel serta indikator yang valid dan reliabel. Hasil analisis model struktural, diperoleh sebelas kerangka hubungan yang signifikan yaitu MP terhadap IPTQM (t=11,17); IPTQM terhadap CPTQM (t=2,10); IPTQM terhadap KRS (t=4,23); CPTQM terhadap KRS (t=3,36); MP terhadap IPSS (t=20,94); IPSS terhadap CPSS (t=11,77); CPSS terhadap KRS (t=7,27); IPTQM terhadap CPSS (t=15,90); IPSS terhadap IPTQM (t=10,03); IPSS terhadap CPTQM (t=2,41); CPSS terhadap CPTQM (t=3,77), sedangkan kerangka hubungan yang tidak signifikan adalah CPSS terhadap KRS (t=0,29).
Studi ini merekomendasikan kepada manajemen rumah sakit untuk dapat menerapkan Model QMA secara optimal guna meningkatkan kinerja, dan memanfaatkannya sebagai instrumen evaluasi (self assessment) pelaksanaan manajemen mutu untuk membangun budaya mutu dan membantu memenuhi standar akreditasi rumah sakit.

Implementation of quality management is particularly important for hospital organizations to improve processes, solve problems, reduce variations and errors in service. This research aims to develop a hospital quality management model is an integrated of TQM and Six Sigma as "Model Alliance Quality Management (QMA)" includes six constructs: Practice Management (MP); Infrastructure Practice TQM (IPTQM); Core Practice TQM (CPTQM); Infrastructure Practice Six Sigma (IPSS); Core Practice Six Sigma (CPSS); Hospital Performance (KRS).
The study design was cross-sectional with a sample of 863 respondents are employees of eight hospitals in Jambi Province are taken random proportionally. Data collection through survey using questionnaires filled out by the respondents and analyzed using Structural Equation Model (SEM).
This study proves that the model QMA feasible and can be applied to measure hospital quality management implementation in Jambi Province with the measurement model fit, and the variables and indicators are valid and reliable. The results of the structural model analysis, found eleven significant relationship framework that MP to IPTQM (t=11.17); IPTQM to CPTQM (t=2.10); IPTQM to KRS (t=4.23); CPTQM to KRS (t=3.36); MP to the IPSS (t=20.94); IPSS to CPSS (t=11.77); CPSS to KRS (t=7.27); IPTQM to CPSS (t=15.90); IPSS to IPTQM (t=10.03); IPSS to CPTQM (t=2.41); CPSS to CPTQM (t=3.77), whereas no significant relationship framework is CPSS to KRS (t=0.29).
The study recommends to the hospital management to implement the model QMA optimally to improve performance, and using it as an instrument of self-assessment for implementation of quality management to build a quality culture and to meet accreditation standard hospital.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
D2127
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifa Rachmania
"Industri perbankan merupakan salah satu industri dengan turnover yang tinggi disebabkan oleh beban kerja yang tinggi. Disisi lain, perusahaan berusaha mempertahankan karyawannya agar meningkatkan kinerja dan profit perusahaan keseluruhan, termasuk juga bank. Perusahan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan organizational commitment agar dapat menurunkan turnover intention, salah satunya melalui organizational learning culture dan perceived leader-member exchange quality.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara organizational learning culture, perceived leader-member exchange quality terhadap turnover intention yang dimediasi oleh organizational commitment pada karyawan bank. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel karyawan Bank ABC di Jakarta. dan Depok. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation modeling dengan software LISREL 8.51.
Hasil penelitian ini menjelaskan terdapat hubungan antara organizational learning culture dengan perceived leader-member exchange quality terhadap turnover intention yang dimediasi oleh organizational commitment. Namun, tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara organizational learning culture dengan organizational commitment.

The banking industry is one of industries with high turnover due to high workload. On the other hand, companies trying to keep their employees in order to improve overall performance and profitability, as well as banks. Bank make efforts to improve organizational commitment for decreasing turnover intention rate, one of their efforts through organizational learning culture and perceived leader-member exchange quality.
This study aims to analyze the relationship between organizational learning culture, perceived leader-member exchange quality on turnover intention is mediated by organizational commitment to the bank employees. This research is conducted using a sample of employees of Bank ABC in Jakarta. and Depok. This research used a structural equation modeling with LISREL software 8.51.
The results of this study describes the relationship between organizational learning culture and perceived leader-member exchange quality with turnover intention is mediated by organizational commitment. But, there isn’t significant positive relationship between organizational learning culture with the organizational commitment.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57404
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Askia Esa Aulia
"Integrasi jaringan antarmoda darat dam laut kepulauan yang ada di Provinsi Jakarta, Indonesia merupakan hal sangat penting untuk medukung distribusi perjalanan yang ada. Berdasarkan perhitungan bangkitan perjalanan dan tarikan perjalanan penumpang di setiap zona di Kabupaten Kepulauan Seribu, Zona Jakarta memiliki tingkat bangkitan dan tarikan perjalanan penumpang yang paling tinggi (Mahardika, 2020). Studi yang dilakukan adalah untuk mengevaluasi kinerja integrasi antarmoda yang ada berdasarkan pengguna transportasi umum dan transportasi pribadi dan pengusulkan desain system transfer yang memperhatikan keintegrasian. Metode yang digunakan yaitu Analisis Structural Equation Model (SEM) Partial Least Square (PLS) yang digunakan untuk menguji data setelah dinyatakan valid dan reliabilitasnya, yang memberikan indikator dengan signifikansi 67% antara variabel independen dan dependen (signifikansi kuat). Hasil yang didapat diolah Kembali dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) sehingga menghasilkan indikator yang menjadi fokus untuk perbaikan pelayanan, waktu, dan fasilitas. Hasil antara pengguna transportasi umum dan transportasi pribadi berbeda dikarenakan kepentingan dan kebiasaan pelayanan yang mereka dapatkan. Hasil dari IPA tersebut menjadi acuan untuk desain sistem transfer yang memperhatikan keintegrasian antarmoda.

The integration of intermodal land and sea networks in Jakarta Province, Indonesia is very important to support the existing distribution of trips. Based on the calculation of trip generation and attraction of passenger trips in each zone in the Seribu Islands Regency, the Jakarta Zone has the highest level of passenger trip generation and attraction (Mahardika, 2020). The study was conducted to evaluate the performance of existing intermodal integration based on users of public transportation and private transportation and to propose a transfer system design that pays attention to integration. The method used is Partial Least Square (PLS) Structural Equation Model (SEM) analysis which is used to test the data after it is declared valid and its reliability, which gives an indicator with a significance of 67% between the independent and dependent variables (strong significance). The results obtained were processed again using the Importance Performance Analysis (IPA) method so as to produce indicators that became the focus for service, time and facility improvements. The results between users of public transportation and private transportation differ due to the interests and habits of the services they get. The results of the IPA are a reference for the design of a transfer system that takes into account intermodal integration."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Robert Cornelis Richard Gorlitz
"Bencana banjir merupakan, bencana yang kerap dialami warga DKI Jakarta hampir setiap tahunnya. Ditengah perkembangan digitalisasi saat ini, pemerintah juga terus melakukan inovasi-inovasi dalam bidang teknologi informasi. Masyarakat juga dapat berperan aktif dalam pencegahan dan mitigasi banjir, salah satunya meminta bantuan pemerintah dengan mengetahui informasi banjir real time untuk meminimalisir korban dan kerugian materil. dalam pengendalian banjir Jakarta, Pemprov DKI Jakarta dalam hal ini membentuk sebuah wadah sistem informasi bagi masyarakat yang bernama JAKI khususnya fitur JakPantau. Namun begitu, faktanya menyatakan bahwa jumlah users installer aplikasi JAKI melalui system android maupun ios, dinilai masih rendah. Dengan minimnya jumlah user installer JAKI otomatis akan berdampak pada jumlah penerimaan fitur JakPantau yang juga minim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan fitur JakPantau sebagai upaya untuk penanggulangan banjir di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dengan System Characteristic dan individual Factors sebagai konstruksi eksternal variabel TAM. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa mix method melalui wawancara mendalam terhadap beberapa narasumber yang bersangkutan dan penyebaran kuesioner dengan menggunakan teknik analisis data Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat 9 hipotesis yang ditolak dari total 13 hipotesis pada penelitian ini. Hipotesis yang diterima adalah System Quality berpengaruh signifikan terhadap Perceived Ease of Use, Accesibility berpengaruh signifikan terhadap Perceive Usefulness dengan, Accesibility berpengaruh signifikan terhadap Perceived Ease of Use, Perceived Ease of Use

Flood disaster is a disaster that is often experienced by residents of DKI Jakarta almost every year. In the midst of the current development of digitalization, the government also continues to make innovations in the field of information technology. The community can also play an active role in flood prevention and mitigation, one of which is asking the government for help by knowing real time flood information to minimize casualties and material losses. In controlling the Jakarta flood, the DKI Jakarta Provincial Government in this case has formed an information system platform for the public called JAKI, especially the JakPantau feature. However, the fact is that the number of users installing the JAKI application through the Android and iOS systems is still considered low. With the minimal number of JAKI installer users, it will automatically have an impact on the minimal number of JakPantau feature acceptance. This study aims to analyze the factors that influence the acceptance of the JakPantau feature as an effort to overcome floods in DKI Jakarta. This study uses the theory of Technology Acceptance Model (TAM) with System Characteristics and Individual Factors as the external construction of the TAM variable. The approach in this study uses a quantitative approach with data collection techniques in the form of a mix method through in- depth interviews with several relevant informants and distributing questionnaires using Structural Equation Model (SEM) data analysis techniques. The results"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ario Teguh Prasetya
"Peningkatan rasio kewirausahaan di berbagai sektor pada penduduk usia produktif dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ini juga dapat membantu mengurangi permasalahan sosial yang ada. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendukung program perusahaan rintisan atau startup. Di Indonesia, startup sudah ada dimana-mana dalam satu dekade terakhir. Namun, terlepas dari potensi yang dapat dihasilkan, startup-startup tersebut menghadapi berbagai permasalahan yang menghalangi mereka untuk tumbuh dan berkembang, seperti kehabisan modal dan terbatasnya akses terhadap pendanaan, masalah keterampilan dan pengetahuan, masalah regulasi, dan kesalahan strategis. Dengan menggunakan Structural Equation Model, penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mendukung startup yang dan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap Sustainable Business Startups adalah Business Environment, Network, Startup Internal Factors, dan Training Programs dari inkubator bisnis. Hasil ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pengambil kebijakan dalam pengambilan keputusan.

Increasing the ratio of entrepreneurship in various sectors among the productive age population could encourage the economic growth. This growth can also help reduce existing social problems. One of the ways that can be done is by supporting startup programs. In Indonesia, startups have been everywhere in the last decade. However, despite the potential that can be generated, these startups encounter various problems that prevent them from growing and developing, such as running out of capital and limited access to funding, skills and knowledge problems, regulatory issues, and strategic errors. Using Structural Equation Model, research was carried out to identify factors that can support successful and sustainable startups. Result shows that the variables that have a significant influence on Sustainable Business Startups are Business Environment, Network, Startup Internal Factors, and Training Programs from business incubator. These results could improve current understanding of the policymakers in decision making."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samijan
"Selama beberapa dekade terakhir Kereta Cepat telah dan sedang berkembang cukup pesat di berbagai belahan dunia. Namun banyak Proyek Kereta Cepat yang tidak sesukses seperti yang diharapkan. Kebanyakan faktor penyebabnya adalah over- estimate demand dan cost-overrun. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi dalam rangka meningkatkan demand Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan menginvestigasi faktor-faktor pengembangan wilayah, individu dan aktivitas, internal operator dan eksternal operator. Penelitian ini merupakan studi quantitative-cross sectional. Pengumpulan data primer dilakukan dengan survey stated preference kuisioner. Analisis data menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan bantuan software Lisrel. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa faktor yang berpengaruh cukup kuat terhadap demand Kereta Cepat Jakarta- Bandung adalah faktor pengembangan wilayah dan eksternal operator. Hasil ini bermanfaat bagi para perencana sebagai referensi dalam perencanaan proyek sejenis berikutnya. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan yang terkait dengan kelayakan proyek secara ekonomi, sosial dan lingkungan.

For the last few decades the High-Speed Rail has been growing quite rapidly in various parts of the world. However, many High-Speed Rail Projects were not as successful as expected. Most of the contributing factors were over-estimate demand and cost-overrun. This study aims to formulate a strategy in order to increase the demand for the Jakarta-Bandung High-Speed Rail by investigating the factors of region development, individuals and activities, internal operators and external operators. This research is a quantitative-cross sectional study. The primary data collection was done by using a stated preference questionnaire. The data analysis used the structural equation modeling (SEM) method with the help of Lisrel software. The analysis results concluded that the factors that have a strong enough influence on the demand for the Jakarta-Bandung High-Speed Rail are region development and external operators. This result is useful as a reference for planners in planning the next similar project. Further research needs to be carried out regarding the economic, social and environmental feasibility of the project "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Rahma Srimulyani
"Penerapan layanan SKCK online merupakan salah satu upaya Polres Metro Depok dalam menyelenggarakan inovasi pelayanan publik berbasis elektronik. Layanan SKCK Online Polres Metro Depok sendiri memiliki keunggulan melalui penyediaan website registrasi/pendaftaran permohonan SKCK secara online yang dapat diakses di https://polrestadepok.skckonline.id. Dengan adanya website ini pemohon dapat mengisikan informasi data diri lebih awal dan mendapatkan kode booking pengajuan SKCK untuk kemudian melakukan verifikasi data dan penerbitan SKCK di kantor Polres Metro Depok. Namun, data menunjukkan bahwa layanan SKCK ini masih ditemui sejumlah kekurangan dimana hingga saat ini belum mampu mengakomodir layanan secara online dari hulu ke hilir, sehingga terkadang menimbulkan keluhan dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor dalam model sukses sistem informasi menurut DeLone dan McLean (2003) pada penerapan SKCK Online Polres Metro Depok berdasarkan persepsi pengguna. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data mix method melalui penyebaran kuesioner dan wawancara mendalam, sedangkan teknik analisis data nya menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan layanan SKCK Online Polres Metro Depok berdasarkan model sukses sistem informasi DeLone & McLean. Faktor tersebut yaitu, (1) System Quality (SQ) berpengaruh signifikan terhadap Intention to Use (IU), (2) System Quality (SQ) berpengaruh signifikan terhadap User Satisfaction (US), (3) Information Quality (IQ) berpengaruh signifikan terhadap User Satisfaction (US), (4) Service Quality (SEQ) berpengaruh signifikan terhadap User Satisfaction (US), (5) User Satisfaction (US) berpengaruh signifikan terhadap Intention to Use (IU), (6) User Satisfaction (US) berpengaruh signifikan terhadap Benefit (B), dan (7) Intention to Use (IU) berpengaruh signifikan terhadap Benefit (B).

One of the many efforts of Polres Metro Depok in innovating public service based on electronics is implementing the SKCK online service. The SKCK online service of Polres Metro Depok has one benefit as it provides an online website https://polrestadepok.skckonline.id where people can submit their request to have SKCK online. With this website, people can fill in their personal data information early and get a booking code for their SKCK request, which they can use for data verification and the printing process of SKCK at the Polres Metro Depok office. However, data showed that the SKCK service was not able to accommodate the online service from start to finish so that people sometimes complained about it. This study aimed to analyze the factors of the success model of information systems based on DeLone and McLean (2003) in the implementation of SKCK Online at Polres Metro Depok based on the user perception. This study used a quantitative approach with a mixed method of distributing questionnaires and in-depth interviews to collect data. This study used Structural Equation Model (SEM) to analyze data. The result of the study showed that there were a lot of factors that influence the implementation of SKCK service at Polres Metro Depok based on the factors of the success model of the information system based on DeLone and McLean (2003). Those factors are (1) System Quality (SQ) significantly influenced Intention of Use (IU), (2) System Quality (SQ) significantly influenced User Satisfaction (US), (3) Information Quality (IQ) significantly influenced User Satisfaction (US), (4) Service Quality (SEQ) significantly influenced User Satisfaction (US), (5) User Satisfaction (US) significantly influenced User Satisfaction (US), (6) User Satisfaction (US) significantly influenced Benefit (B), and (7) Intention to Use (IU) significantly influenced Benefit (B).
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akmal Catur Wibowo
"Penerapan aplikasi JAKI sebagai salah satu kanal pengaduan berbasis geo – tagging merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyelenggarakan pemerintahan berbasis sistem elektronik khususnya dalam layanan laporan pengaduan masyarakat sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan laporan pengaduan dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengatasi berbagai permasalahan perkotaan. Dibandingkan dengan kanal pengaduan lain, aplikasi JAKI memiliki kelebihan dalam hal kelengkapan fitur seperti berbasis geo – tagging, fitur pemantauan tindak lanjut laporan pengaduan, dan fitur diskusi laporan dengan SKPD terkait. Namun, data menunjukkan bahwa pada tahun 2020, angka penggunaan aplikasi JAKI dapat dikatakan belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi JAKI sebagai salah satu kanal laporan pengaduan masyarakat di Jakarta. Penelitian ini menggunakan kombinasi teori antara model sukses sistem informasi menurut DeLone dan McLean dan Technology Acceptance Model (TAM). Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa mix method melalui wawancara mendalam terhadap beberapa narasumber yang bersangkutan dan penyebaran kuesioner dengan menggunakan teknik analisis data Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat 3 hipotesis yang ditolak dari total 9 hipotesis pada penelitian ini. Hipotesis yang ditolak tersebut mencakup information quality tidak berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness, system quality tidak berpengaruh signifikan terhadap perceived ease of use, dan service quality tidak berpengaruh signifikan pada perceived usefulness.

The practice of the JAKI apps as a geo-tagging-based complaint channel is one of the efforts of the DKI Jakarta Provincial Government in organizing an electronic system-based government, especially in public complaint reporting services so that it can make it easier for the public to report complaints and increase public participation to overcome various urban problems. Compared to other complaint channels, the JAKI apps has advantages in terms of completeness of features such as geo-tagging-based, follow-up monitoring features for complaints reports, and report discussion features with related SKPDs. However, data shows that in 2020, the number of JAKI apps usage can be said to have not been maximized. This study aims to identify the factors that influence the use of the JAKI apps as a channel for reporting public complaints in Jakarta. This study uses a combination of theories between the successful model of information systems according to DeLone and McLean and the Technology Acceptance Model (TAM). This study uses a quantitative approach with data collection techniques in the form of a mix method through in-depth interviews with several relevant informants and distributing questionnaires using Structural Equation Model (SEM) data analysis techniques. The results showed that there were 3 rejected hypotheses from a total of 9 hypotheses in this study. The rejected hypotheses include that information quality has no significant effect on perceived usefulness, system quality has no significant effect on perceived ease of use, and service quality has no significant effect on perceived usefulness."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library