Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bintang Satrya Leksono
"

Penelitian ini berfokus kepada bagaimana video game genre RPG dapat menghasilkan sebuah kesadaran dalam diri pemain bahwa mereka ‘ada’ dalam dunia virtual game RPG tersebut dan bagaimana keberadaan kesadaran ini dapat berdampak secara eksistensial kepada pemain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pemikiran tokoh eksistensialisme virtual Stefano Gualeni, yang menamakan kesadaran atas keberadaan dalam dunia virtual ini dengan subjektivitas virtual. Dengan menggunakan metode penelitian kajian kualitatif, yaitu metode kajian literatur, penulis mengumpulkan berbagai karya literasi sebagai sumber data. Hasil dari penelitian terhadap subjektivitas virtual dalam video game genre RPG melalui pemikiran eksistensial virtual Stefano Gualeni ini menunjukkan bahwa video game RPG dapat menghasilkan dampak eksistensialis pada pemainnya melalui subjektivitas virtual. Melalui subjektivitas virtual ini, pemain dapat merefleksikan nilai dan keyakinan yang dia miliki, merasakan subjektivitas baru, dan mengambil sikap reflektif terhadap keberadaan dan subjektivitas aktual mereka. Namun, kendati dampak yang dihasilkan dapat bermakna positif bagi pemain, terdapat pula kemungkinan dimana mereka menjadi terlalu terikat dengan subjektivitas virtual mereka, sehingga menyebabkan pemain untuk meninggalkan subjektivitas aktual mereka. Aspek positif dan negatif dari subjektivitas virtual ini merupakan dua hal yang saling terikat, sehingga interaksi dengan subjektivitas virtual ini perlu dilakukan dengan hati-hati.


This research focuses on how Role-Playing video games can produce an awareness in the players that they 'exist' in the virtual world of the game and how the presence of this awareness can have an existential impact on players. This research is conducted using the thoughts of virtual existentialism thinker Stefano Gualeni, who refers to the awareness of existence in this virtual world as virtual subjectivity. By using a qualitative study research method, namely the literature review method, the author collects various literary works as data sources. The results of this research on virtual subjectivity in RPG genre video games through Stefano Gualeni’s virtual existential thinking show that RPG video games can produce an existential impact on players through virtual subjectivity. Through this virtual subjectivity, the player can reflect on the values and beliefs he or she holds, experience new subjectivities, and take a reflective stance toward their actual existence and subjectivity. However, although the resulting impact can be positive for players, there is also the possibility that they become too attached to their virtual subjectivity, causing players to abandon their actual subjectivity. The positive and negative aspects of virtual subjectivity are two things that are interrelated, so interactions with virtual subjectivity need to be done carefully.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Afi Muhammad Dhaffa Prima Agung
"Penelitian ini mengeksplorasi persoalan realitas identitas pemain dalam gim Kingdom Hearts. Keterkaitan antara pemain dengan karakter Roxas pada gim dianalisis secara eksistensial berdasarkan konsep keterlemparan, subjektivitas virtual, kebebasan, dan tanggung jawab. Penelitian ini memanfaatkan metode analisis literatur dan observasi langsung terhadap gameplay untuk memahami bagaimana gim video dapat menjadi medium reflektif untuk proses pencarian makna hidup pemain. Roxas, sebagai "Nobody" yang lahir tanpa hati, menjadi alegori dari pandangan Jean-Paul Sartre bahwa eksistensi mendahului esensi. Proses bad faith, perjuangan eksistensial, dan projektualitas, menjadi bagian dari pembuktian dari pencarian karakter menemukan identitasnya, sehingga memberikan pelajaran kepada pemain tentang kebebasan dan tanggung jawab dalam dunia nyata. Studi ini menegaskan bahwa gim video tidak hanya berfungsi sebagai hiburan tetapi juga sebagai medium untuk refleksi filosofis yang mendalam, menawarkan wawasan baru tentang dinamika identitas manusia di era digital.

This research explores the issue of the reality of player’s identity in the Kingdom Hearts game. The relationship between players and the character Roxas in the game is analyzed existentially based on the concepts of thrownness, virtual subjectivity, freedom, and responsibility. This study utilizes the methods of literature analysis and direct observation of gameplay to understand how video games can be a reflective medium for the process of searching for the meaning of life for players. Roxas, as a "Nobody" who was born without a heart, becomes an allegory of Jean-Paul Sartre's view that existence precedes essence. The process of bad faith, existential struggle, and projectuality, become part of the proof of the character's search for his identity, thus providing lessons to players about freedom and responsibility in the real world. This study emphasizes that video games not only function as entertainment but also as a medium for deep philosophical reflection, offering new insights into the dynamics of human identity in the digital era."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library